Kesehatan

14 Juli 2021

9 Buah Pelancar Haid, Coba Yuk Moms!

Melancarkan haid bisa juga dibantu dengan konsumsi buah-buahan ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms, apakah punya siklus menstruasi yang tidak teratur? Beberapa buah pelancar haid bisa mengatasinya, lho.

Siklus menstruasi dihitung dari hari pertama menstruasi ke hari pertama menstruasi berikutnya. Untuk yang normal, siklus ini berlangsung selama 28 hari.

Tetapi, bagi Moms yang siklusnya tidak teratur, siklus ini bisa berlangsung kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari.

Penyebab haid tidak lancar ada banyak sekali. Misalnya ketidakseimbangan hormon, perubahan hormon, penggunaan alat kontrol kehamilan yang tidak cocok, gaya hidup tidak sehat, atau hal-hal lainnya.

Beberapa cara bisa mengatasi siklus menstruasi yang tidak teratur, salah satu buah pelancar haid. Buah ini bisa Moms konsumsi langsung maupun dibuat jus.

Lantas, apa saja buah pelancar haid tersebut? Mari kita simak di bawah ini.

Baca Juga: Selain Hamil, Ini 6 Penyebab Telat Menstruasi yang Harus Diwaspadai

Penyebab Haid tidak Teratur

Moms, sebelum mengetahui buah pelancar haid. Tidak ada salahnya untuk mengetahui penyebab haid tidak teratur.

Ada banyak penyebab menstruasi yang tidak normal, mulai dari stres hingga kondisi medis mendasar yang lebih serius. Berikut penjelasannya:

1. Faktor Stres dan Gaya Hidup

junk-food.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Kenaikan atau penurunan berat badan yang signifikan, diet, perubahan rutinitas olahraga, perjalanan, penyakit, atau gangguan lain dalam rutinitas harian wanita dapat berdampak pada siklus menstruasinya.

2. Pil KB

Kebanyakan pil KB mengandung kombinasi hormon estrogen dan progestin (beberapa mengandung progestin). Pil mencegah kehamilan dengan menjaga ovarium dari melepaskan telur.

Mengaktifkan atau menonaktifkan pil KB dapat memengaruhi menstruasi. Beberapa wanita mengalami menstruasi yang tidak teratur atau terlewat hingga enam bulan setelah menghentikan pil KB.

Ini adalah pertimbangan penting ketika Moms berencana untuk konsepsi dan hamil. Wanita yang mengonsumsi pil KB yang hanya mengandung progestin mungkin mengalami pendarahan di antara periode menstruasi.

3. Polip Rahim

kanker rahim

Foto: Orami Photo Stock

Fibroid atau polip rahim adalah tumor yang menempel pada dinding rahim. Mungkin ada satu atau beberapa fibroid yang berkisar dari sekecil biji apel hingga seukuran jeruk bali.

Tumor ini biasanya jinak, tetapi dapat menyebabkan perdarahan hebat dan nyeri selama menstruasi. Jika fibroid besar, mereka mungkin memberi tekanan pada kandung kemih atau rektum, menyebabkan ketidaknyamanan dan menyebabkan siklus haid yang tidak teratur.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Kanker Darah pada Anak dan Cara Mengatasinya

Penyebab lain dari haid yang tidak normal meliputi:

  • Kanker rahim atau kanker serviks.
  • Obat-obatan, seperti steroid atau obat antikoagulan (pengencer darah).
  • Kondisi medis, seperti gangguan pendarahan, kelenjar tiroid yang kurang atau terlalu aktif, atau gangguan hipofisis yang memengaruhi keseimbangan hormon hormonal.
  • Komplikasi yang terkait dengan kehamilan, termasuk keguguran atau kehamilan ektopik (sel telur yang telah dibuahi ditanamkan di luar rahim; misalnya, di dalam tuba fallopi).

Baca Juga: 6 Tanda Awal dari Kehamilan Selain Telat Menstruasi

Buah Pelancar Haid

Setiap perempuan mengalami siklus haid yang berbeda, ada yang normal ada pula yang tidak lancar. Haid tidak lancar kerap kali membuat nyeri dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Tak heran banyak perempuan mencari tahu mengenai bagaimana cara untuk melancarkan haid. Cara mengatasi tersebut ada yang alami hingga mengonsumsi obat.

Jika Moms takut mengonsumsi obat karena efek sampingnya. Yuk coba untuk mengonsumsi buah pelancar haid di bawah ini secara rutin, Moms juga bisa mengonsumsinya dengan dibikin jus segar.

1. Pepaya

3 Pepaya Peach Yoghurt.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar haid yang pertama adalah pepaya. Selain melancarkan pencernaan, ternyata pepaya juga bisa dijadikan bahan makanan untuk melancarkan haid, lho. Tapi, pepayanya harus yang mentah ya, Moms.

Mengonsumsi pepaya mentah bisa membantu kontraksi serat otot dalam rahim, sehingga mengatur aliran menstruasi.

Pepaya hijau harus dikonsumsi secara teratur selama beberapa bulan untuk memastikan siklus menstruasi Moms jadi teratur tiap bulannya. Tapi, saat sudah menstruasi nanti, disarankan untuk tidak mengonsumsi pepaya, ya.

2. Nanas

Benarkah Makan Nanas Sebabkan Keguguran - senyawa bromelain.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar haid yang selanjutnya adalah nanas. Nanas punya kandungan bromelain, yakni enzim yang dipercaya memengaruhi estrogen dan hormon lainnya, juga bisa menghilangkan kram dan sakit kepala selama menstruasi.

Sebuah penelitian pada tahun 2017 dari Section of Orthopaedics, Department of Surgery, Aga Khan University, Karachi, Pakistan menyebutkan bahwa bromelain bisa membantu mengurangi peradangan, sehingga bisa membantu penyebab menstruasi tidak teratur yang berhubungan dengan peradangan dalam tubuh.

Baca Juga: Benarkah Siklus Menstruasi Tidak Teratur Bikin Susah Hamil?

3. Anggur

anggurr

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelncar haid yang selanjutnya adalah anggur. Anggur mengandung sumber vitamin A, vitamin C, sumber tembaga, potasium, dan serat. Kandungan-kandungan inilah yang dipercaya bisa jadi solusi efektif untuk melancarkan haid Moms.

Untuk melancarkan haid, konsumsi segelas jus anggur selama tiga minggu sebelum masa menstruasi dimulai.

4. Sawo

cara melancarkan haid dengan buah sawo.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar haid yang selanjutnya adalah sawo. Moms tentu tahu buah sawo, kan? Buah ini adalah buah berwarna cokelat dengan rasa yang enak dan manis. Buah ini mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin seperti zat besi, protein, fosfor, karbohidrat, vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B1, dan masih banyak lagi.

Kandungan buah sawo punya banyak manfaat, salah satunya melancarkan haid. Moms juga bisa mengonsumsi buah sawo saat sedang menstruasi untuk mengurangi rasa sakit. Buah sawo bisa dikonsumsi dalam bentuk segar atau diolah menjadi jus.

Baca Juga: Kenali Berbagai Penyebab Siklus Haid Tidak Teratur

5. Jeruk

ini dia manfaat buah jeruk segar

Foto: Orami Photo Stock

Buah pelancar yang selanjutnya adalah jeruk.

Meskipun belum ada bukti ilmiah yang mendukung hal ini, tetapi beberapa orang percaya bahwa vitamin C pada jeruk disebut asam askorbat bisa menginduksi datangnya haid.

Diperkirakan juga vitamin C bisa meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron yang menyebabkan rahim berkontraksi dan lapisan rahim runtuh, hingga akhirnya timbul menstruasi.

6. Mangga

jus-mangga.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Seperti halnya jeruk dan pepaya, mangga juga menjadi salah satu buah pelancar haid, karena banyak mengandung vitamin C. Maka dari itu, mengonsumsi buah mangga akan meningkatkan kadar estrogen dan mengurangi progesteron, yang mendorong kontraksi di rahim.

Baca Juga: 5 Cara Alami Mengatasi Siklus Menstruasi yang Tidak Teratur

7. Wortel

Jus wortel untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Buah untuk melancarkan haid yang selanjutnya adalah wortel. Wortel memang termasuk dalam jenis sayuran, tetapi sangat enak bila dijus apalagi jika dicampur dengan tomat atau jeruk. Nyatanya, wortel pun bisa dikonsumsi untuk melancarkan haid, lho.

Wortel kaya akan zat besi, vitamin A, vitamin K, vitamin C, vitamin B6, vitamin E kalium, folat, fosfor, dan masih banyak lagi. Kandungan dalam wortel bisa meningkatkan fungsi hormon sehingga melancarkan haid.

8. Alpukat

alpukat

Foto: Orami Photo Stock

Alpukat adalah salah satu buah tersehat di dunia dan menjadi salah satu buah pelancar haid. Buah ini kaya akan lemak sehat dan serat.

Melansir Archives of Medical Research, kandungan lemak sehat, serat, magnesium, kalium dan vitamin E dan B6 dapat membantu menyeimbangkan hormon sehingga melancarkan siklus menstruasi.

Alpukat juga dapat membantu menyerap dan menghilangkan prostaglandin (zat kimia nyeri), sehingga mengurangi rasa kram perut dan nyeri saat menstruasi.

9. Strawberry

strawberry

Foto: Orami Photo Stock

Melansir Journal of Clinical and Diagnostic Research for Doctors, stres dapat memengaruhi siklus menstruasi.

Hal ini karena pada saat stres, hormon stres kortisol sebagai produk dari korteks adrenal yang disintesis glukokortioid zona fasciculata dapat mengganggu siklus menstruasi, karena memengaruhi jumlah dari hormon.

Moms, buah strawberry menjadi salah satu buah pelancar haid, lho.

Strawberry mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk fungsi otak, melindungi sel-sel tubuh dan secara positif memengaruhi suasana hati.

Dengan mengonsumsi strawberry, Moms bisa mengurangi stres sehingga siklus haid lancar.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

Nah, Moms, itulah buah pelancar haid yang bisa dikonsumsi. Tapi perlu diingat juga, perubahan pola hidup sehat pun harus dilakukan.

Misalnya dengan mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak serat, rutin olahraga, dan kurangi stres. Mudah-mudahan, menstruasi jadi lancar kembali, ya Moms.

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/28065968
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/8987188/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4413117/
  • https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/14633-abnormal-menstruation-periods
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait