Kesehatan

17 April 2021

Kunci Bahagia, Ini 8 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Kehidupan akan dipenuhi tantangan yang membuat seseorang kerap berpikir negatif
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms mungkin pernah menciptakan pikiran negatif, seperti mengkhawatirkan masa depan, mengulang peristiwa di masa lalu, atau berfokus pada bagian-bagian kehidupan yang membuat tidak puas. Bila Moms mengalaminya, berarti Moms perlu tahu cara menghilangkan pikiran negatif agar tidak semakin buruk.

Menjadi terjebak dengan pikiran negatif sendiri bisa menjadi sangat melelahkan, membuat fokus utama teralihkan, dan sulit menikmati pengalaman menyenangkan.

Namun, dengan latihan dan pengelolaan diri yang baik, Moms dapat mengetahui cara menghilangkan pikiran negatif sehingga dapat memberikan kebahagiaan dan kenyamanan untuk aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Meditasi Berjalan untuk Menjernihkan Pikiran, Bagaimana Cara Melakukannya?

Memiliki pikiran negatif terhadap orang lain pasti pernah dirasakan. Merasa orang lain lebih baik dari kita atau berpikiran buruk yang belum tentu kebenarannya membuat seseorang menjadi pribadi yang tidak percaya diri.

Pikiran negatif dapat meningkatkan kekhawatiran atau ketakutan seseorang, apalagi bagi mereka yang menderita anxiety disoder, menurut Michigan Medicine.

Faktor Terbentuknya Pikiran Negatif

Cara menghilangkan pikiran negatif.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Rethink Mental Illness menjabarkan bahwa berpikir negatif adalah sebuah pola berpikir negatif tentang diri sendiri dan sekitar.

Meski setiap orang pasti pernah punya pikiran negatif, tapi pikiran negatif yang menganggu pekerjaan, pandangan terhadap diri sendiri, hubungan dengan orang-orang sekitar, dan aktivitas sehari-hari bisa menjadi tanda gangguan mental.

Penyebab berpikiran negatif berlebihan dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan mental seperti depresi, gangguan kecemasan, gangguan obsesif kompulsif (OCD), dan schizophrenia.

Dalam Journal of Personality and Social Psychology dijelaskan bahwa kombinasi antara faktor kebiasaan dan respons otomatis, menjadikan pikiran negatif sebuah bentuk kebiasaan mental yang susah diubah.

Contohnya, bila melihat ada orang yang sedang mengobrol, Moms otomatis langsung berpikir, "Mereka pasti sedang membicarakanku," padahal pikiran tersebut hanyalah respons otomatis karena Moms terbiasa berpikiran negatif pada segala hal.

Moms memiliki anggapan negatif terhadap sesuatu dan memercayai narasi yang Moms buat sendiri di kepala, padahal itu bukanlah fakta yang sebenarnya.

Pikiran negatif memiliki banyak faktor penyebab, dan penyebab ini bisa berbeda untuk setiap orang.

Beberapa penyebab umum berpikir negatif di antaranya:

  • Menganalisis berlebihan: Menganalisis sebuah kejadian berlebihan dapat membuat kita terobsesi. Kita akan sulit mengambil keputusan karena terlanjur membayangkan kemungkinan terburuk yang belum tentu akan terjadi.
  • Berpikir berlebihan: Berpikir dan melakukan refleksi diri memang baik, terutama berpikir tentang masa depan. Namun, ketika pikiran-pikiran itu menjadi negatif dan dipikirkan terlalu lama, hal itu akan menyerap energi kita.
  • Rasa marah: Kita pasti pernah mendapatkan perlakuan tidak menyenangkan dari orang lain, mungkin dari keluarga, teman, atau bahkan orang asing. Dalam beberapa kasus, pengalaman tersebut bisa membentuk opini negatif terhadap orang lain. Kita jadi menganggap semua orang sama buruknya dan kita merasa marah pada dunia. Kesinisan itu pun membuat pikiran jadi terus-terusan negatif.

Dengan mengetahui faktor penyebab pikiran negatif, maka Moms akan mempelajari bagaimana cara menghilangkan pikiran negatif.

Baca Juga: 6 Manfaat Mendengarkan Musik untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Cara Menghilangkan Pikiran Negatif

Cara menghilangkan pikiran negatif terhadap orang lain.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Ada banyak cara menghilangkan pikiran negatif terhadap orang lain dan diri sendiri.

Pikiran negatif memang melelahkan dan membuang energi secara sia-sia. Namun tenang Moms, ada beberapa cara untuk menghilangkan pikiran negatif ini agar menjadi pribadi yang lebih baik.

Berikut ini adalah cara menghilangkan pikiran negatif terhadap orang lain dan diri sendiri, dicoba ya Moms.

1. Perasaan Negatif Tidak Semuanya Buruk

Jika Moms memiliki perasaan negatif dan kemudian menyalahkan diri sendiri karena perasaan tersebut, Moms telah menciptakan banyak energi negatif yang tidak berguna.

Sebaliknya, ingatlah bahwa emosi negatif sebenarnya wajar. "Emosi membantu kita terhubung dengan pengalaman kita sendiri dan dengan orang lain," kata psikoterapis di Chicago, Sarah Farris, mengutip Bustle.

"Sayangnya, banyak orang mungkin merasakan tekanan dari orang lain untuk tidak menunjukkan perasaan mereka atau dikritik ketika memiliki perasaan negatif," lanjutnya.

2. Tuliskan Pikiran Negatif

Jika Moms memiliki pikiran negatif, menuliskannya secara harfiah dan membuangnya mungkin tampak konyol, tetapi kegiatan tersebut bisa membuat perbedaan besar dan salah satu cara menghilangkan pikiran negatif terhadap orang lain.

"Sebagian besar dari kita membiarkan pikiran negatif tersebut terjadi dan menerimanya tanpa repot-repot percaya bahwa kita bisa untuk mengubahnya," kata psikologis Deborah E. Dyer, Ph.D mengutip Bustle.

"Ketika mendengar suara negatif, segera tulis. Ini sebagai dokumentasi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang apa yang dikatakan pada diri sendiri dan hal yang dirasakan," saran Deborah.

3. Pergi ke Luar Rumah

Menghabiskan waktu di luar rumah adalah metode yang bagus untuk membersihkan pikiran dan cara menghilangkan pikiran negatif.

"Ini bukan tentang aktivitas fisik, melainkan menjauh dari kekacauan hidup untuk menghabiskan waktu dengan tenang, sehingga dapat berhubungan kembali dengan alam," kata Heather Debreceni, Pelatih Pemberdayaan dan Perceraian Wanita.

Dengan pergi ke luar rumah, taman, rumah teman atau kafe dapat menjadi tempat untuk meluangkan waktu cara menghilangkan pikiran negatif terhadap orang lain.

Moms bisa mengajak teman terpercaya untuk meluahkan perasaan dan pikiran negatif yang mengganjal di hati.

Baca Juga: Ibu Pilih Kasih? Ini 3 Efek Negatif yang Akan Dialami Anak

4. Berhenti Melakukan Penilaian

Setiap orang melakukan penilaian terhadap diri kita sendiri dan orang lain, terus membandingkan diri sendiri dengan orang lain atau membandingkan hidup dengan rasa ketidakpuasan, baik itu secara sadar atau tidak.

Ketika Moms bisa melepaskan penilaian atau judgement terhadap diri sendiri dan orang lain, hal ini kemungkinan akan membuat diri sendiri merasa lebih nyaman dan bebas dari pikiran negatif.

Patricia Halterneck, PhD, MBA, psikolog senior, menyebutkan beberapa cara untuk bisa membuat seseorang berhenti melakukan penilaian dan menghakimi diri sendiri.

"Beristirahatlah dari pemikiran yang menghakimi, termasuk mengenali reaksi sendiri, mengamatinya, dan kemudian melepaskannya," saran Patricia mengutip Psychology Today.

Sebagai cara menghilangkan pikiran negatif lainnya, Moms juga bisa membuat penilaian yang positif dalam diri sendiri, terhadap orang lain, atau ketika berada dalam sebuah situasi.

5. Fokus pada Kekuatan

Sudah menjadi sifat manusia untuk memikirkan yang negatif dan mengabaikan yang positif.

Semakin Moms dapat berlatih untuk fokus pada kekuatan diri dan tidak memikirkan kesalahan yang dibuat, semakin mudah untuk merasa positif tentang diri sendiri dan arah yang akan diambil dalam hidup.

Jika sering mendapati diri sendiri berpikir keras tentang karakter atau tindakan, luangkan waktu sejenak untuk berhenti dan pikirkan sesuatu yang disukai tentang diri masing-masing.

Belajar untuk fokus pada minat atau tujuan kita, maka ini salah satu cara menghilangkan pikiran negatif.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Stres Sebagai Working Moms

Cobalah lakukan aktivitas atau membuat gambaran hidup. Tak perlu memikirkan kesulitan atau tantangan yang akan dihadapi, fokus pada apa yang disuka dan percaya dapat meraihnya.

6. Jangan Khawatir Berlebihan

Memikirkan perasaan orang lain atau mengira tindakan kita salah adalah salah satu pemicu pikiran negatif itu muncul.

Menurut Anxiety and Depression Association of America, bukan fakta atau informasi yang dapat membuat kira berpikiran negatif. Namun kita terlalu khawatir berlebihan dan menganggap itu serius.

Cara menghilangkan pikiran negatif tehadap orang lain adalah mulai untuk berpikiran santai dan beranggapan bahwa pikiran atau ide-ide yang muncul terlintas adalah tidak begitu penting.

Pikiran hanyalah pikiran semata dan itu bukanlah fakta. Isi pikiran negatif kita tidak penting dan tidak benar.

Hal terpenting adalah bagaimana kita memperlakukan pikiran dengan matang dan positif. Tidak terlalu mempercayai pikiran negatif yang muncul dan menyebabkan gangguan kecemasan.

7. Meditasi

Jika meluahkan perasaan dan pikiran adalah cara menghilangkan pikiran negatif yang tidak cocok untuk Moms, cobalah untuk meditasi.

Menurut Help Guide International, meditasi adalah salah satu cara menghilangkan pikiran negatif terhadap orang lain adalah dengan mengalihkan fokus pada peristiwa yang terjadi saat ini. Dengan terlibatnya fokus pada diri sendiri, maka pikiran negatif akan berangsur pergi.

Coba untuk duduk sila dan menyalakan lilin aroma terapi. Pilih aroma lavender untuk lebih menghasilkan ketenangan dan aroma lembut. Lakukan ini di tempat yang hening dan sepi, tentunya bisa diiringi lagu-lagu relaksasi.

Baca Juga: Hilangkan Stres dengan Meditasi Cokelat, Begini Caranya

8. Menjalani Gaya Hidup Sehat

Menurut Mayo Clinic, pikiran negatif berasal dari gaya hidup tidak sehat yang dapat menurunkan rasa kepercayaan diri seseorang.

Seperti berpikiran negatif terhadap orang lain, larut dalam kesedihan dalam waktu lama, serta tidak dapat mengontrol emosi.

Cara menghilangkan pikiran negatif dapat dimulai dengan menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat tak hanya untuk kesehatan fisik, namun juga untuk emosional.

Olahraga salah satu aktivitas fisik yang dapat memengaruhi mood seseorang, lho. Dengan berolahraga pikiran akan lebih rileks dan positif. Serta cara ini dapat mengurangi tingkat stres.

Konsumsi makanan sehat dan bergizi juga dapat menambahkan imunitas tubuh. Pastikan nutrisi selalu tercukupi dengan varian sumber makanan seperti sayur, buah, daging, kacang-kacangan dan susu.

Baca Juga: Hubungan Antara Depresi dan Gangguan Makan, Ketahui Gejalanya

Pikiran-pikiran negatif adalah sesuatu yang selalu dihadapi oleh semua orang.

Ketimbang marah pada diri sendiri, atau berpikiran negatif terhadap orang lain, terimalah pikiran negatif tersebut dan coba untuk menyelesaikannya.

Memang, cara menghilangkan pikiran negatif tidak mudah, tapi cara-cara di atas dapat dijalani dan hasilnya akan terlihat seiring berjalannya waktu.

  • https://www.uofmhealth.org/health-library/uf9897
  • https://www.researchgate.net/publication/6453738_Mental_Habits_Metacognitive_Reflection_on_Negative_Self-Thinking
  • https://share.baptisthealth.com/negative-thinking-patterns/
  • https://www.rethink.org/advice-and-information/about-mental-illness/learn-more-about-symptoms/negative-thinking/
  • https://adaa.org/learn-from-us/from-the-experts/blog-posts/consumer/thoughts-are-just-thoughts
  • https://www.helpguide.org/articles/anxiety/how-to-stop-worrying.htm
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/stress-management/in-depth/positive-thinking/art-20043950
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait