Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Childcare | Sep 20, 2018

Cara Merawat Tali Pusar sampai Mengenali Tinja Bayi Baru Lahir

Bagikan


Apakah ada sekolah untuk para ibu bagaimana cara merawat anak bayi baru lahir? Mungkin ada training atau pelatihan informal di rumah sakit bersalin atau di kelas prenatal.

Tetapi, apakah itu menjamin para ibu menjadi expert dalam memandikan bayi baru lahir, mengurus tali pusar bayi yang belum lepas, mengenali warna tinja bayi, sampai mengetahui apa itu kolik?

Masih banyak pertanyaan lain, dan masih banyak hal yang akan ditemui dalam merawat bayi baru lahir. Tentu sangat menantang, bahkan bisa membuat ibu baru mengalami baby blues yang mengarah ke depresi.

Setelah melahirkan anak pertama, banyak ibu tidak tahu bagaimana memandikan bayi yang begitu kecil, lucu, dan rapuh. Terkadang, berdasarkan modal nekat sambil berdoa supaya si kecil tidak tenggelam di dalam bak, sang ibu akhirnya berhasil memandikan bayi berkat pernah sekali melihat peragaan suster di rumah sakit dan intuisinya sendiri.

Cara Merawat Tali Pusar Bayi

Bagaimana dengan tali pusar bayi yang belum lepas alias belum puput? Kapan, ya, pusarnya menjadi bersih? Sebenarnya waktu tali pusar lepas bervariasi, Moms. Bisa jadi di hari keempat setelah dilahirkan, hari ketujuh, atau bahkan ke-13.

Cara merawatnyapun mudah. Sebelum lepas, cukup usapkan kasa steril yang sudah dituangi alkohol (sekarang sudah ada kasa steril mengandung alkohol dalam kemasan satuan) dua kali sehari.

Setelah tali pusar bayi puput, cukup bersihkan pusarnya menggunakan alkohol, kemudian oleskan Betadine. Setelah itu, pusar sang bayi bersih dan tidak perlu perawatan ekstra. Cukup bersihkan seminggu sekali menggunakan cotton buds dan baby oil.

Baca Juga : Cara Merawat Bayi Prematur

Mengenali Warna Tinja Bayi Baru Lahir

Bagaimana dengan warna dan tekstur tinja bayi? Katanya, bayi yang sehat akan memiliki tekstur tinja yang berbiji dan berwarna kuning keemasan. Kalau tinja berwarna hijau, artinya si bayi masuk angin. Bagaimana dengan feses berwarna hitam? Simak jawabannya di sini:

  1. Warna hijau kehitaman – dikenal dengan nama mekonium. Ini merupakan feses normal bayi pada hari-hari awal setelah dilahirkan, biasanya 2-3 hari.
  2. Warna hijau kecoklatan – merupakan kondisi normal feses bayi setelah bayi mengenal ASI atau susu formula.
  3. Warna kuning kecoklatan – kira-kira tiga hari setelah dilahirkan, feses normal bayi yang diberi ASI akan berwarna kuning kecoklatan, berbentuk seperti bubur.
  4. Warna kuning – kira-kira lima hari setelah dilahirkan feses normal bayi yang diberi ASI berubah menjadi kuning atau kuning kehijauan, bentuknya seperti berbiji-biji.
  5. Warna cokelat muda – feses bayi yang diberi susu formula biasanya berwarna coklat muda, lebih padat daripada bayi yang diberi ASI. Kadang bercampur dengan warna kuning, coklat kemerahan (tembaga), atau hijau.
  6. Warna cokelat tua – bayi yang telah diberi makanan padat biasanya memiliki feses berwarna coklat gelap. Terkadang, disertai serpihan makanan yang tidak tercerna.
  7. Warna-warna lain – bayi yang telah diberi makanan padat biasanya memiliki feses dengan warna yang 'tak biasa'. Misalnya, feses bisa jadi berwarna merah setelah makan makanan mengandung bit, mengandung warna biru tua karena makanan yang mengandung blueberry, atau hijau dan oranye karena makanan lain.

Jadi, setelah mengetahui warna dan tekstur tinja bayi, ibu bisa tahu kondisi kesehatan si kecil.

Masih banyak keterampilan yang dibutuhkan dalam mengurus bayi baru lahir. Tetapi, percayalah, semua ibu memiliki intuisi yang sangat membantu dalam merawat buah hatinya. Nikmati setiap momen yang penuh perjuangan, penuh peristiwa seru dan menegangkan. Moms akan merindukan masa-masa tersebut di saat bayi Moms beranjak dewasa. Treasure every moment because every moment is precious.

Moms pernah mengalami sendiri sulitnya merawat bayi baru lahir? Yuk, ceritakan pengalaman Moms lewat kolom komentar!

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.