Gratis Ongkir minimum Rp 300.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Rupa-rupa | May 7, 2018

Ini Kisaran Pengasuh Anak di Jabodetabek

Bagikan



Moms yang punya anak kecil pasti pernah dipusingkan dengan susahnya mencari pengasuh anak yang cocok. Baik secara attitude, skill, dan tentunya cocok di kantong juga.

Saat memikirkan untuk menggunakan jasa pengasuh anak, hal pertama yang terlintas dalam pikiran Moms pasti soal gaji. Berapa ya gaji ideal untuk pengasuh anak

Pengasuh profesional atau baby sitter yang berada di bawah naungan yayasan biasanya sudah punya standar gaji tersendiri.

Untuk di Jakarta misalnya, gaji standar baby sitter berada di kisaran Rp 2-2,5 juta per bulannya. Untuk mengambil dari yayasan, Moms juga harus menyediakan uang tebusan sampai Rp 1 juta.

Nah, bagaimana dengan gaji pengasuh anak lainnya? Berikut ini cerita pengalaman beberapa Moms yang dirangkum dari Forum Orami.

Baca Juga : 7 Cara Pintar Memilih Pengasuh Anak

Jakarta

Pemilik akun akatika yang tinggal di kawasan Prapanca, Jakarta Selatan, mengaku menggaji baby sitter-nya sebesar Rp 2 jutaan. Karena kebetulan tinggal di apartemen, baby sitter akatika mau sekalian dimintai tolong mengurus rumah. Seperti mencuci baju dan berbenah rumah.

“Tapi ya namanya dia baby sitter, soal pegang anak sih memang andal dan terampil. Tapi untuk utusan rumah agak kurang. Ya saya maklumin saja. Kadang, saya juga yang jadinya beres-beres rumah,” kata akatika.

Pemilik akun viladev mengatakan hal yang tidak jauh beda. Besaran gaji standar untuk baby sitter di Jakarta berada di kisaran Rp 2-2,5 juta. Dia menambahkan, jika tidak menggunakan baby sitter dan lebih memilih ART untuk mengasuh anak, gajinya di bawah standar tersebut. Sekitar Rp 1,5-1,8 juta.

Viladev juga mengingatkan untuk mengambil baby sitter atau ART dari yayasan yang terpercaya. jika tidak, Moms bisa-bisa kena tipu. “Banyak yayasan yang sudah banyak permainannya. Jadi nanti suster/ART yang kita ambil hanya bertahan 2-3 bulan. Setelah itu keluar,” tutur viladev.

Bogor

Untuk Moms yang tinggal di Bogor, pemilik akun femfemyfemoy memberikan info bahwa standar gaji pengasuh anak di Bogor berada di kisaran Rp 1-1,5 juta per bulannya. Mereka biasanya hanya mau menjaga anak. Mereka tidak mau mengerjakan pekerjaan rumah tangga lainnya.

“Jadi, mending aku pakainya ART. Dengan gaji sama, bisa nyuci, nyetrika, masak juga, Tinggal tambahin dikit aja. Peralatan mandi biasanya aku kasih sekalian belanja bulanan. pulsa juga aku kasih. Minggu libur,” terangnya.

Pengalaman yang sama juga dirasakan Karina. Dia menggaji pengasuh anak-anaknya Rp 1,2 juta per bulannya. Pengasuh yang diambilnya dari agen penyalur ART itu hanya mau memegang satu anak. Karena Karina memiliki anak kembar, dia harus mempekerjakan dua pengasuh sekaligus.

“Jadi satu orang pegang satu anak. Mereka cuma ngurus anak, nyapu, ngepel, cuci piring anak, dan setrika baju anak,” ungkapnya perempuan yang tinggal di kawasan Sentul itu.

Tangerang

Nittasarrie yang tinggal di Tangerang mengatakan bahwa gaji ART di sana berkisar antara Rp 1,5-2 juta per bulannya. Itu pun pekerjaan utamanya hanya mengurus anak. Tapi, kadang juga dimintai tolong untuk beres-beres rumah.

“Itu masih dikasih uang jajan Rp 30 ribu per hari. Liburnya setiap Minggu. Biasanya dipakai untuk pulang ke rumahnya,” tutur dia.

Aderyani yang tinggal di Tangerang Selatan menuturkan bahwa dia menggaji ART-nya sebesar Rp 1,5 juta. Selain mengasuh anak, ART-nya juga melakukan pekerjaan rumah tangga. Seperti beres-beres rumah, mencuci baju, hingga memasak.

“Di luar itu, saya juga memberi pulsa dan peralatan mandi. Saya memberinya jatah cuti tiga bulan sekali. Biasanya dia gunakan saat Lebaran dan tahun baru. Selebihnya tetap menginap di rumah,” jelasnya.

Bekasi

Viladev mengatakan, di Pondok Gede, Bekasi, ada sebuah yayasan yang mematok standar gaji ART di kisaran Rp 1,3-1,5 juta per bulannya. Tapi, itu masih bisa ditawar. Moms juga bisa nego untuk jobdesc yang akan dikerjakannya nanti. Karena mengambil dari yayasan, uang tebusan pun harus disediakan.

“Update terakhir, uang tebusannya Rp 1,3 juta. Belum tentu ART-nya betah. lebih baik nyari ART dari kampung saja. lebih terjamin dan belum dipengaruhi yang aneh-aneh,” tuturnya.

Itulah kisaran gaji untuk pengasuh anak dan ART di Jabotabek Moms. Semoga informasinya bermanfaat ya.

(AND)

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.