Jalan-jalan

4 Agustus 2021

15 Makanan Khas Bangka Belitung yang Tidak Boleh Dilewatkan, Unik dan Enak!

Ada juga yang cocok dijadikan oleh-oleh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Bangka Belitung tak hanya terkenal dengan keindahan pantai dan lautnya saja, tetapi juga dengan keragaman kulinernya. Mulai dari makan berat, minuman, hingga camilan yang bisa dibawa pulang ke rumah menjadi jajaran makanan khas Bangka Belitung yang patut dicoba. 

Jika Moms memiliki kesempatan untuk berlibur kesana usai pandemi nanti, jangan lupa untuk mencicipi beberapa makanan khas Bangka Belitung tersebut, ya. Moms bisa mengeksplorasi lidah dengan makanan-makanan khas Melayu, yang biasanya hanya bisa ditemukan dari makanan khas Bangka Belitung.

Melimpahnya makanan khas Bangka Belitung karena bahan-bahan masakan yang digunakan berbeda antara pulau Bangka Belitung dengan pulau Belitung. Ditambah adanya pengaruh dari masyarakat lain, terutama Sumatera Selatan dan juga Tionghoa.

Baca Juga: 7 Rumah Adat Sumatera Utara yang Punya Ciri Khas Unik

Makanan khas Bangka Belitung

Makanan khas Bangka Belitung biasanya didominasi dengan makanan berbahan dasar seafood yang diolah dengan cita rasa Melayu juga Tionghoa. Tentu saja, Moms yang menyukai gurihnya seafood dan rempah-rempah, wajib mencicipi makanan khas Bangka Belitung saat bertandang ke sana.

1. Lempah Kuning

makanan khas bangka belitung

Foto: boleh.id

Buat Moms yang suka makan ikan, Moms bisa mencoba makanan khas Bangka Belitung yang satu ini. Umumnya, lempah adalah masakan berkuah. Sementara Lempah Kuning merupakan makanan serupa sup ikan dengan kuah berwarna kuning. Lempah Kuning ini mengandung banyak rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, cabai merah, lengkuas, juga belacan.

Ada juga lempah kuning yang menambahkan potongan nanas pada lempah untuk menciptakan rasa segar. Untuk makanan khas Bangka Belitung yang satu itu, biasanya disebut dengan Lempah Nanas.

Selain itu, warga setempat biasanya menambahkan sayuran dan kacang kedelai. Biasanya ikan kakap merah atau ikan tenggiri yang digunakan untuk makanan khas Bangka Belitung yang bercitarasa gurih ini.

Baca Juga: Moms dan Keluarga Penyuka Seafood? Wajib Bikin 3 Resep Kepiting Lezat Ini!

2. Belacan

makanan khas bangka belitung

Foto: indonesiakaya.com

Belacan adalah makanan khas Bangka Belitung yang mempunya aroma dan cita rasa yang unik karena terbuat dari fermentasi hasil laut. Makanan khas yang satu ini biasanya digunakan sebagai bumbu tambahan atau penyedap rasa untuk berbagai makanan, seperti sambal.

Belacan memang serupa dengan Terasi. Namun bedanya, terasi terbuat dari udang rebon segar, yang difermentasi, kemudian dikemas

3. Rusip

makanan khas bangka belitung

Foto: ksmtour.com

Berbeda dengan Belacan sebagai bumbu tambahan untuk penyedap sambal dan makanan lain, Rusip justru sebagai lauk tambahan dalam seporsi nasi. Dikutip dari laman Pemerintah Daerah Bangka Tengah, makanan khas Bangka Belitung yang satu ini merupakan sambal yang terbuat dari ikan teri yang difermentasi dengan menggunakan garam, air gula aren, dan air kerak nasi.

Fermentasi ikan ini baru siap dikonsumsi setelah mengeluarkan aroma khas. Jika sudah begitu, tambahkan irisan cabai, bawang merah, dan perasan jeruk sambal. Rusip siap disantap dengan nasi panas, lalapan, dan lauk lainnya.

4. Mie Bangka

makanan khas bangka belitung

Foto: klipingqu.com

Mie adalah salah satu makanan yang paling banyak digemari, tidak terkecuali dengan makanan khas Bangka Belitung yang satu ini, Mie Bangka. Bakmi yang satu ini biasanya disajikan dengan kuah kaldu dari tulang dengan topping daging ayam, daging sapi, serta makanan laut.

Baca Juga: Bukan Hanya Mie, Berikut 16 Makanan Khas Aceh yang Harus Moms Coba

5. Mie Koba

Mie Koba Bangka Belitung.jpeg

Foto: cookpad.com

Varian bakmi yang juga menjadi makanan khas Bangka Belitung adalah Mie Koba. Mie Koba disajikan dengan kuah kaldu yang terbuat dari ikan tenggiri. Ikan tenggiri yang direbus kemudian digiling, lalu ditumis dan direbus lagi bersama bumbu rempah rempah, seperti pala, cengkeh, ketumbar dan gula aren serta kayu manis.

Untuk menambahkan citarasa, bakmi ini biasanya ditambahkan perasan air jeruk kunci, yang serupa dengan jeruk nipis.

6. Sup Gangan

makanan khas bangka belitung

Foto: indonesiakaya.com

Makanan khas Bangka Belitung berkuah yang mengandung ikan lainnya adalah Sup Gangan. Buat Moms penggemar ikan wajib mencicipi makanan yang satu ini.

Bahan utama dari Sup Gangan adalah ikan tenggiri segar, yang diolah bersama rempah cabai, bawang, lengkuas, dan kunyit. Selain gurih, makanan khas Bangka Belitung yang satu ini juga memiliki citarasa pedas yang menggugah selera.

Moms juga tak perlu khawatir, dengan rempah-rempahnya sup yang satu ini juga tidak memiliki aroma amis sama sekali. Selain menggunakan ikan, Sup Gangan juga bisa diolah dengan menggunakan daging sapi, yang disebut dengan Gangan Darat.

7. Lakso

Lakso Bangka Belitung.jpeg

Foto: cookpad.com

Pecinta mie juga sebaiknya tidak melewatkan makanan khas Bangka Belitung yang satu ini, Lakso. Namun berbeda dengan kebanyakan mie yang menggunakan terigu, Lakso dibuat dengan tepung beras yang dicampur tepung sagu.

Bahan dasar itu membuat warna mie yang satu ini menjadi putih, seperti Pantiaw. Lakso biasanya disajikan dengan kuah ikan dicampur santan kuning yang membuat rasanya menjadi gurih.

Sementara rempah-rempah seperti ketumbar, kemiri, bawang merah, kunyit membuat aroma dan rasanya semakin kaya. Menurut cerita masyarakat setempat, Lakso dibuat pertama kali oleh warga Melayu di Pulau Bangka sebagai camilan. Namun, kemudian makanan yang kini menjadi makanan khas Bangka Belitung ini dikembangkan oleh warga keturunan Tiongkok hingga menjadi makanan berat.

Baca Juga: Selain Sate Padang dan Rendang, Ini 5 Kuliner Khas Sumatra Barat Lainnya

8. Pantiaw

makanan khas bangka belitung

Foto: blogspot.com

Ingin mencoba mie kwetiaw yang menjadi makanan khas Bangka Belitung? Moms bisa mencicipi Pantiaw yang  bentuk mienya lebar dan gepeng, warnanya seputih susu, dengan tekstur yang kenyal.

Biasanya Pantiaw disajikan bumbu yang terbuat ikan giling sebagai topping, kemudian disiram dengan rebusan kuah bakwan. Atau, Moms juga bisa menikmatinya tanpa kuah bersama bumbu ikan giling, taburan bawang goreng, dan seledri.

Berbeda dengan kwetiaw, makanan khas Bangka Belitung yang satu ini terbuat dari tepung beras atau tepung gandum. Tepung inilah yang membuat warna Pantiaw menjadi seputih susu.

9. Berego

Berego.jpeg

Foto: https: budaya-indonesia.org

Moms penggemar lontong opor mungkin perlu mencicipi Berego sebagai salah satu makanan khas Bangka Belitung saat berkunjung ke pulau tersebut.

Bedanya dengan lontong yang terbuat dari beras, Berego dibuat dengan menggunakan campuran tepung beras dan sagu. Kemudian disantap bersama kuah kari ikan.

Biasanya warga Bangka Belitung menyajikan Berego bersama makanan khas Bangka Belitung lainnya seperti Gangan, Lakso, dan lainnya.

10. Siput Gonggong

Siput Gonggong.jpeg

Foto: commons.wikimedia.org

Saat mengunjungi Bangka Belitung, Moms juga bisa mencicipi kuliner yang satu ini, Siput Gonggong, yang cukup mudah ditemukan karena banyak yang menjajakan makanan yang satu ini. Sesuai namanya, makanan khas Bangka Belitung yang satu ini berupa siput yang diolah dengan direbus atau digoreng kemudian dinikmati bersama sambal. 

Namun, berbeda dengan kebanyakan siput yang hidup di darat, Siput Gonggong merupakan salah satu hewan laut. Cara mengkonsumsi siput ini cukup mudah, keluarkan siput tersebut dengan menggunakan tusuk gigi, kemudian oleskan pada kuah sambal yang sudah disiapkan.

Baca Juga: 13 Manfaat Kerang Hijau, Seafood yang Banyak Penggemarnya!

Makanan Khas Bangka Belitung untuk Oleh-oleh

Saat bertandang ke Bangka Belitung dan menikmati berbagai macam kuliner khasnya, rasanya tidak lengkap jika pulang dengan tangan kosong. Untuk mengobati rasa kangen Moms pada makanan khas Bangka Belitung di rumah, Moms bisa membawa pulang berbagai camilan khas untuk dinikmati bersama keluarga maupun teman-teman.

Berikut adalah 5 makanan khas Bangka Belitung yang berupa cemilan dan dapat Moms jadikan buah tangan.

11. Sambal Likung

makanan khas bangka belitung

Foto: daerahkita.com

Sambal Likung adalah salah satu makanan khas Bangka Belitung yang bisa Moms bawa pulang untuk oleh-oleh. Bentuk dan teksturnya seperti abon, namun terbuat dari berbagai ikan seperti ikan hiu kecil, ikan parang, ikan tenggiri, atau ikan mayong.

Ikan-ikan tersebut diolah dengan cara dikukus atau direbus kemudian dihaluskan dan kemudian ditumis dengan berbagai bumbu rempah. Sambal Likung bisa dijadikan teman makan nasi panas atau dapat dijadikan isian lemper dan roti.

12. Bong Li Piang

makanan khas bangka belitung

Foto: indonesiakaya.com

Moms juga bisa membawa pulang makanan khas Bangka Belitung yang satu ini, Bong Li Piang untuk oleh-oleh sahabat maupun keluarga. Kue yang satu ini memiliki tekstur yang lembut seperti bantal dengan rasa yang manis.

Terbuat dari tepung terigu, santan, gula aren, dan nanas. Biasanya makanan ini berisikan selai nanas. Saat ini ada cukup banyak varian isi dari Bong Li Piang.

Baca Juga: 6 Oleh-oleh Makanan Khas Surabaya yang Tak Boleh Terlewatkan

13. Kricu

Kricu.jpeg

Foto: zonabangkabelitung.blogspot.com

Makanan khas Bangka Belitung yang bisa Moms jadikan oleh-oleh maupun camilan lainnya adalah Kricu, yang terbuat dari telur cumi. Makanan bertekstur renyah dengan citarasa gurih ini berbahan dasar adonan telur cumi, sagu, telur ayam, garam dan penyedap.

14. Lempok Cempedak

makanan khas bangka belitung

Foto: tfmanasek.com

Lempok Cempedak menjadi salah satu makanan khas Bangka Belitung yang paling banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh atau camilan di rumah. Sesuai dengan namanya, lempok atau dodol ini terbuat dari buah cempedak yang memiliki citasa rasa legit dengan tekstur yang kenyal.

Moms bisa dengan mudah mendapatkan makanan khas yang satu ini karena banyak tersedia di pusat oleh-oleh Bangka Belitung.

15. Sirup Jeruk Kunci

makanan khas bangka belitung

Foto: omiyago.com

Jeruk Kunci adalah salah satu buah khas Bangka Belitung yang berkhasiat karena kandungan vitamin C nya melimpah. Kandungan vitamin C jeruk yang satu ini bahkan dipercaya lebih kaya dibanding jenis jeruk lainnya.

Jeruk kunci kerap dicari untuk dijadikan sebagai campuran obat batuk, obat pilek, dan obat masuk angin bagi anak-anak dengan cara direbus bersama dengan kayu putih dan dioleskan ke punggung dan dada anak. Jeruk Kunci juga kerap dijadikan sirup oleh warga Bangka Belitung sebagai buah tangan untuk para wisatawan yang berkunjung ke sana. 
Baca Juga: 6 Makanan Ringan Khas Indonesia yang Terbuat Dari Bahan Kelapa

Itulah 15 makanan khas Bangka Belitung yang berupa makanan berat untuk Moms coba saat mengunjungi Bangka Belitung. Terdapat pula makanan khas Bangka Belitung berupa makanan ringan untuk Moms jadikan buah tangan. 

  • https://pariwisataindonesia.id/kuliner/5-kuliner-khas-bangka-belitung/
  • https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-bangka/
  • https://bangkatengahkab.go.id/halaman/detail/rusip#:~:text=Rusip%20merupakan%20salah%20satu%20dari,daun%20singkong%2C%20mentimun%20dan%20sebagainya.
  • https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-bangka/mie-koba-dengan-gurihnya-kuah-ikan-tenggiri-khas-bangka.html
  • https://ksmtour.com/wisata-kuliner/kuliner-belitung/sup-gangan-citarasa-spesial-kuliner-belitung.html
  • http://beautiful-indonesia.umm.ac.id/id/foto/jelajah-daerah/bangka-belitung/lakso-bangka-kuliner-mie-kuah-santan-khas-bangka-belitung.html
  • https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-bangka/
  • https://www.gotravelly.com/blog/makanan-khas-belitung/
  • https://dapobud.kemdikbud.go.id/detail/makanan-minuman/603b6efdfbb67b3c53ed480b
  • https://pariwisataindonesia.id/kuliner/5-kuliner-khas-bangka-belitung/
  • https://ksmtour.com/pusat-oleh-oleh/oleh-oleh-khas-bangka-belitung/kricu-oleh-oleh-khas-bangka-berbahan-telur-cumi.html
  • https://www.gotravelly.com/blog/oleh-oleh-khas-bangka-belitung/
  • http://cybex.pertanian.go.id/artikel/93516/jeruk-kunci-tanaman-khas-bangka-belitung-kaya-nutrisi/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait