Kesehatan

15 Mei 2021

Intip Manfaat Daun Kersen, Salah Satunya Mengurangi Tekanan Darah

Simak juga cara mengolah daun kersen untuk mendapatkan manfaatnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms pernah mendengar daun kersen? Sudah tahukah apa saja manfaat daun kersen?

Pohon kersen mudah ditemui di beberapa tempat karena termasuk pohon yang cepat tumbuh. Buahnya sering dijadikan mainan dan camilan oleh anak-anak, dan daunnya sering berguguran begitu saja.

Namun, ternyata daun kersen juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Lalu, apa saja manfaat daun kersen?

Kersen yang secara ilmiah dikenal dengan nama Muntingia calabura adalah cemara kecil yang dapat tumbuh dengan cepat dari turunan tumbuhan genus Muntingia L. (muntingia) dari Elaeocarpaceae (keluarga Elaeocarpus).

Tanaman ini berasal dari Meksiko selatan, Amerika Tengah, Amerika Selatan tropis, Antilles Besar, St. Vincent dan Trinidad.

Kersen dapat dibudidayakan secara luas di daerah yang beriklim hangat seperti di India, Asia Tenggara, Malaysia, Indonesia, dan Filipina.

Tanaman ini dapat dinaturalisasi secara menyeluruh di banyak tempat, sehingga dianggap oleh penduduk setempat sebagai tanaman asli daerahnya.

Beberapa dari nama umum dari tanaman yang populer ini adalah Pohon Strawberry, Panama berry, ceri Jamaika, pohon Bajelly dan ceri Singapura, ceri Sabah, Ceri Panama, Pohon selai, Cotton Candy berry, Calabura, pohon calabur, calabura, capulin, ceri Jamaika, Cherry jepang, cherry hias dan kayu sutra.

Kersen berebentuk seperti cemara kecil yang dapat tumbuh dengan cepat atau pohon yang dapat tumbuh dengan tinggi sekitar 7,5-12 m.

Tanaman ini ditemukan tumbuh di hutan tropis dataran rendah, padang rumput, lahan pertanian, tepi hutan, tanah kosong, di sepanjang tepi jalan dan tepi aliran air.

Daunnya berwarna hijau, lanset atau lonjong, runcing di puncak, miring di pangkalnya.

Daun kersen memiliki panjang 5-12,5 cm, berwarna hijau tua dan berbulu halus di permukaan atas, berambut abu-abu atau coklat di bagian bawah dan bergigi tidak beraturan.

Yuk, simak manfaat daun kersen dan apa saja kandungannya berikut ini.

Baca Juga: Mirip Ceri, Ini 9 Manfaat Buah Kersen yang Wajib Diketahui!

Kandungan Daun Kersen

7 Manfaat Daun Kersen -1.jpg

Foto: Keyserver.lucidcentral.org

Sebelum mengetahui ragam manfaat daun kersen, Moms bisa mencari tahu terlebih dahulu apa saja kandungan pada tanaman, termasuk daun kersen.

Bunga kersen banyak dimakan oleh anak-anak, meskipun agak lengket untuk dipegang. Ini sering dimasak dalam tart dan dibuat menjadi selai.

Bukan hanya itu, buahnya bisa dijadikan campuran dalam infused water dan daunnya dapat diminum sebagai minuman herbal seperti teh.

Menurut Purdue Edu, per 100 g buah kersen mengandung:

  • Kelembapan 77,8 g
  • Protein 0,324 g
  • Lemak 1,56 g
  • Serat 4,6 g
  • Abu 1,14 g
  • Kalsium 124,6 mg
  • Fosfor 84,0 mg
  • Besi 1,18 mg
  • Karoten 0,019 mg
  • Tiamin 0,065 mg
  • Riboflavin 0,037 mg
  • Niasin 0,554 mg
  • Asam askorbat 80,5 mg

Jika dibandingkan dengan bagian bunga dan buahnya, daun kersen terbukti memiliki kadar serat dan karbohidrat yang lebih tinggi.

Baca Juga: Penuhi Kebutuhan Serat Si Kecil dengan Jenis Buah-buahan Ini

Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan

7 Manfaat Daun Kersen -3.jpg

Foto: Depositphotos.com

Sudah menjadi kepercayaan sejak dahulu bahwa manfaat daun kersen akan lebih terasa saat diolah menjadi teh terlebih dahulu.

Ternyata, manfaat daun kersen tersebut memiliki penjelasan ilmiah yang telah melalui sejumlah penelitian. Ini adalah beberapa di antaranya:

1. Mengurangi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi disebabkan oleh banyak hal, misalnya merokok, garam, diet tinggi lemak, dan keturunan.

Ketika pembuluh darah menyempit karena hal-hal ini, darah akan lebih sulit bergerak ke seluruh tubuh dan memberikan tekanan pada pembuluh darah atau istilahnya tekanan darah tinggi.

Ini adalah kondisi berbahaya yang bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke, menurut Nutrition Express.

Karena mengandung sejumlah besar oksida nitrat yakni bahan kimia alami yang melemaskan pembuluh darah, manfaat daun kersen berbentuk teh akan dirasakan karena dapat mengurangi tekanan sehingga darah dapat mengalir dengan leluasa.

2. Bisa Mencegah Kanker

Beberapa penelitian sejauh ini menjanjikan bahwa manfaat daun kersen salah satunya berfungsi untuk mengurangi dan mencegah pertumbuhan tumor kanker, salah satunya yang dilakukan oleh Journal of Clinical and Experimental Pharmacology.

Meski begitu, perlu lebih banyak penelitian yang harus dilakukan.

Hal ini untuk memperkuat kebiasaan masyarakat yang mempercayai konsumsi minum teh daun kersen secara teratur dapat mengurangi kanker karena telah dilakukan sejak lama dan tidak banyak yang terkena kanker pada masa lalu.

3. Bertindak Sebagai Penghambat Nyeri

Meskipun buahnya merupakan pereda nyeri, manfaat daun teh berbentuk teh ternyata dapat menjadi penghambat nyeri.

Seluruh tubuh memiliki sel saraf (neuron) yang akan menerima rangsangan dari rasa sakit misalnya dari luka atau sengatan lebah.

Sel itu mengirim pesan ke sumsum tulang belakang agar merasakan sakit. Teh daun kersen bertugas memblokir pesan-pesan itu agar tidak terkirim, tetapi tanpa efek samping yang buruk.

Teh dari daun kersen ini sangat bagus untuk mengobati sakit kepala, sakit asam urat, dan nyeri sendi rematik lainnya.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bidara. Ternyata Baik untuk Lambung!

4. Mengatur Kadar Gula Darah

Jika Moms penderita diabetes, penting untuk mengatur pola makan dan mengonsumsi makanan yang menurunkan kadar gula darah.

Mengutip Health Benefits Times, buah tanaman kersen terdiri dari zat anti-diabetes seperti asam askorbat, serat, beta-karoten, riboflavin, tiamin, dan niasin yang mengatur kadar gula dan mencegah hiperglikemia.

5. Mengandung Anti-Inflamasi

Masalah yang paling umum saat merasakan peradangan biasa adalah merasakan pembengkakan pada sendi dan jaringan yang juga tidak jarang disertai dengan demam.

Hal ini tentunya menimbulkan rasa yang tidak nyaman saat beraktivitas bahkan menimbulkan nyeri.

Manfaat daun kersen lainnya adalah mengurangi hal-hal seperti itu, sebab daun kersen mengandung Anti-Inflamasi yang kuat.

Hal ini karena orang-orang yang tinggal di daerah di mana pohon ini banyak ditemukan, selalu mengolahnya menjadi teh dan mendapatkan manfaat daun kersen ini.

6. Memiliki Manfaat Kardiovaskular

Saat diolah menjadi teh, daun kersen memiliki antioksidan khusus yang ternyata dapat mencegah jenis peradangan yang dapat menyebabkan infark miokard, atau serangan jantung.

Karena serangan jantung tidak dapat diprediksi, mengkonsumsi daun kersen bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Sebab, bagian otot jantung dapat mengalami kerusakan permanen akibat kurangnya aliran darah saat serangan jantung.

Tentunya hal in bisa berakibat fatal bahkan bisa menyebabkan kematian. Seseorang yang memiliki masalah jantung bisa rutin meminum teh ini untuk mendapatkan manfaat daun kersen.

Baca Juga: Manfaat Daun Selada untuk Kesehatan, Diet, dan Kulit

7. Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Ternyata, manfaat daun kersen lainnya berhubungan dengan pencernaan.

Sebagai organ yang terus bekerja, kesehatan pencernaan harus mendapatkan perhatian. Salah satunya bisa didapatkan dengan rutin mengkonsumsi bunga dan daun kersen.

Moms bisa membuat minuman yang menenangkan dari bunga dan daun kersen dengan merebusnya hingga dua kali.

Minuman ini dapat digunakan untuk menenangkan rasa tidak nyaman akibat sakit perut, kram akibat gas perut, dan gangguan pencernaan lainnya.

Baca Juga: 13 Manfaat Pisang untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa jadi Menu Diet Sehat!

Manfaat Daun Kersen untuk Kecantikan

manfaat daun kersen.jpg

Foto: klikdokter.com

Selain ada manfaat daun kersen untuk kesehatan, ada juga manfaat daun kersen untuk kecantikan yang mungkin belum Moms ketahui. Apa saja? Coba simak berikut ini, Moms.

8. Sebagai Anti Penuaan

Manfaat daun kersen untuk kecantikan bisa sebagai tanaman yang mengandung zat anti penuaan.

Pada penelitian yang dilakukan dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science, menyimpulkan bahwa ekstrak daun berair M. calabura dalam dosis 70 mg/kg memiliki aktivitas anti penuaan dan antioksidan secara in vivo.

Meskipun penelitiannya masih terbatas dan dilakukan pada tikus, tetapi diketahui konsumsi ekstrak daun karsen meningkatkan kadar MDA plasma, dan ada penurunan jumlah fibroblast dan kepadatan kolagen kulit.

9. Anti-jamur dan Anti-bakteri

Para peneliti di University of Philippines menganalisis daun dan batang daun kersen untuk mengetahui adanya senyawa aktif biologis yang disebut fitokimia.

Mereka juga menguji ekstrak etanol daun dan batang dari pohon terhadap empat jenis bakteri dan jamur.

Hasilnya menunjukkan bahwa ekstrak dari daun dan batang kersen memiliki aktivitas antijamur yang signifikan terhadap Candida albicans, yang menyebabkan infeksi jamur di mulut, kulit dan vagina.

Daun dan kulit kayu dari pohon ini juga digunakan di Peru sebagai antiseptik dan untuk mengobati kaki bengkak.

Daunnya sering digunakan di Amerika Latin untuk mengobati sakit maag.

Baca Juga: 9 Manfaat Rebusan Daun Salam dari Ujung Kaki Hingga Ujung Rambut

Manfaat Daun Kersen dan Cara Mengolahnya

7 Manfaat Daun Kersen -2.jpg

Foto: Nparks.gov.sg

Moms sudah mengetahui ragam manfaat daun kersen untuk kesehatan dan kecantikan.

Karena hanya dipercaya untuk pengobatan herbal, belum banyak suplemen kesehatan yang mengandung ekstrak daun kersen.

Meski begitu, Moms bisa membuat sendiri olahan daun kersen yang dapat dilakukan dengan mudah dan sederhana untuk bisa merasakan manfaat daun kersen.

Cuci bersih daun kersen, kemudian sisihkan. Setelah air hilang, Moms bisa menyangrainya hingga kering atau dijemur di bawah sinar matahari yang terik agar mengering.

Setelah kering, Moms bisa menggerus daun kersen tersebu hingga teksturnya mirip daun teh. Seduh dengan air panas.

Ada cara lain agar bisa mendapatkan manfaat daun kersen. Moms juga bisa mengkonsumsinya seperti saat minum teh herbal.

Moms bisa langsung merebus daunnya dalam air panas kemudian diminum saat hangat, atau dapat juga dijadikan sebagai obat luar.

Sementara, bila ingin mengolah buah tanaman kersen, Moms bisa mengolah buahnya menjadi selai, dikonsumsi mentah atau dimasak. Dagingnya yang berair manis, sangat enak dimakan langsung dan dijadikan selai, tart, atau kue pai.

Selain daun dan buahnya, bunga tanaman kersen juga digunakan untuk mengobati sakit kepala dan masuk angin atau sebagai obat penenang, antispasmodik dan anti-dispepsia.

Sementara, menurut pengobatan dalam cerita rakyat Peru, bunga dan kulit kayu tanaman ini digunakan sebagai antiseptik dan untuk mengurangi pembengkakan, sedangkan daunnya baik yang direbus atau direndam dalam air, digunakan untuk mengurangi tukak lambung dan pembengkakan kelenjar prostat, dan mengurangi sakit kepala dan pilek.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai manfaat daun kersen untuk kesehatan yang patut disimak. Karena mudah dilakukan, rasakan manfaat daun kersen dengan cara yang paling enak dan nikmat versi Moms, ya.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait