Kesehatan

KESEHATAN
1 April 2021

11 Manfaat Kismis yang Jarang Diketahui

Penyakit ringan atau berbahaya, semua bisa dicegah dengan buah kismis
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Adeline Wahyu

Siapa yang tidak tahu buah kismis dan manfaat kismis? Buah yang selalu muncul dan banyak digandrungi masyarakat kala bulan Ramadan tiba.

Bulan Ramadan sebentar lagi tiba, buah ini akan jadi lebih sering ditemukan di toko swalayan kesayangan Moms.

Banyak orang mengira buah yang memiliki nama raisins dalam bahasa Inggris ini hanya bisa dijadikan sebagai camilan sehat atau dijadikan beberapa olahan makanan saja.

Padahal jika kita mengupas lebih dalam tentang manfaat kismis, buah ini mengandung beragam manfaat yang baik untuk tubuh.

Untuk Moms penggemar buah yang memiliki rasa manis ini, selamat, karena Moms sudah memperolah manfaat kismis seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Baca Juga: 4 Manfaat Bayam untuk Kesehatan

Manfaat Kismis untuk Kegiatan Harian

Apa saja manfaat kismis yang baik dan bisa didapatkan jika kita rutin konsumsi? Yuk tengok, Moms.

1. Bahan Campuran Makanan

manfaat kismis

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kismis yang pertama ternyata hampir semua orang tahu nih! Yup manfaat kismis tentu sebagai bahan campuran makanan. Kismis sering digunakan sebagai buah pelengkap untuk beberapa kue atau bisa juga dijadikan sebagai topping makanan.

Menambahkan kismis pada makanan, tentu akan menambah rasa manis dan lezat yang membuat kita semakin menikmatinya.

Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul Is Eating Raisins Healthy?, meskipin kandungan gula dalam kismis mencapai 60%, beberapa penelitian pun melaporkan manfaat kismis yang luar biasa dari segi kesehatan.

Sebuah studi membuktikan bahwa kismis memiliki indeks glikemik yang rendah hingga sedang dan menjadikannya camilan yang sehat.

2. Mencegah Anemia

Manfaat kismis selanjutnya adalah mencegah anemia. Buah ini diperkaya dengan kandungan zat besi yang tinggi. Nah, zat besi ini bermanfaat untuk mencegah anemia, yaitu kondisi di mana tubuh kita mengalami kekurangan darah.

Gejala anemia seperti mudah lelah, merasa lemas, tidak bersemangat dalam melakukan aktivitas, rentan terhadap penyakit, hingga fungsi organ-organ tubuh yang kurang optimal.

Makanya, di bulan ramadan, Moms yang sedang berpuasa, bisa berbuka dengan kismis, untuk membantu memberikan energi dalam tubuh, setelah puasa seharian penuh. Wah manfaat kismis luar biasa ya!

Baca Juga: Bayi Mama Pucat? Hati-Hati Terkena Anemia Defisiensi Besi!

3. Sebagai Antioksidan

buah kismis

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kismis yang selanjutnya adalah sebagai antioksidan. Antioksidan yang tinggi terkandung dalam buah kismis. Antioksidan ini sangat penting untuk menangkal radikal bebas yang memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh, seperti menyebabkan kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga Alzheimer.

4. Sumber Kalori

Kismis kaya akan kalori yang tinggi. Kalori yang dihasilkan ini beradal dari kandungan gulanya. Nah, kalori inilah yang berfungsi sebagai asupan kalori pada tubuh sehari-hari.

Oleh sebab itu, buah ini mampu memberikan energi tambahan bagi tubuh dan memberikan rasa kenyang saat merasa lapar. Siapa sangka manfaat kismis salah satunya adalah memberikan energi ya, Moms?

5. Mencegah Kanker

manfaat buah kismis

Foto: Orami Photo Stock

Seperti yang telah disebutkan di atas, kismis mengandung antioksidan yang tinggi.

Antioksidan ini bermanfaat untuk mencegah penyebaran dan juga pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Dengan kata lain, manfaat buah ini yang lainnya adalah mencegah penyakit kanker pada tubuh.

Baca Juga: Ini Biaya yang Bisa Dihemat Jika Kanker Payudara Terdeteksi Sejak Dini

6. Obat untuk Lancarkan Buang Air Besar

Moms yang memiliki masalah pencernaan, bisa mengonsumsi kismis sebagai obat alaminya. Mengapa?

Buah kismis mengandung serat yang tinggi. Serat ini merupakan salah satu makanan yang diperlukan oleh tubuh untuk melancarkan BAB atau sembelit.

Dengan rutin memakan buah kismis sebagai camilan, kita sudah bisa mendapatkan manfaat kismis untuk mencegah BAB.

Banyak sekali kan Moms manfaat yang bisa kita peroleh dari buah kismis.

7. Membantu Diet

buah kismis bisa membantu diet

Foto: Orami Photo Stock

Dalam sebuah jurnal yang berjudul Association of Raisin Consumption with Nutrient Intake, Diet Quality, and Health Risk Factors in US Adults, penelitian yang mereka lakukan memiliki hasil, orang-orang yang mengonsumsi kismis memiliki berat badan yang lebih rendah dan lingkar badan yang lebih kecil dibandingkan yang tidak.

Penelitian ini pun mengungkapkan bahwa orang yang mengonsumsi salah satu jenis buah yag dikeringkan ini pun memiliki kemungkinan yang lebih rendah untuk mengalami kelebihan berat badan dan obesitas serta memiliki lingkar badan yang besar.

Mengonsumsi buah kering memang sering dikaitkan dengan memiliki berat badan yang lebih rendah, tidak mengalami obesitas dan lingkar pinggang yang lebih kecil.

8. Membantu Jaga Kesehatan Gigi

Meski buah ini memiliki rasa yang manis, namun salah satu manfaat kismis adalah menjaga kesehatan gigi.

Kismis sendiri memiliki kandungan nutrisi seperti asam oleanolat, asam linoleat, dan asam linolenat, memiliki sifat antimikroba. Sifat antimikroba ini dapat bermanfaat untuk melawan bakteri penyebab masalah pada gigi, seperti gigi berlubang, karang gigi dan juga radang gusi yang bisa muncul kapan saja.

9. Menjaga Kesehatan Kulit

buah kismis

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat kismis selanjutnya adalah memiliki sejumlah antioksidan serta nutrisi penting seperti vitamin C dan zinc pada kismis bisa membantu membuat sel kulit tetap mudah dan bisa memperlambat penuaan.

Tak sampai sana, karena kismis mengandung resveratrol, kandungan tersebut bisa membantu oms untuk menjaga kesehatan kulit.

Tak sampai di sana, kismis juga bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari langsung.

10. Meningkatkan Gairah Seksual

Jika Moms ingin memperbaiki kehidupan di ranjang, jalan alami mungkin bisa dijadikan pilihan dilakukan.

Dari sederet manfaat kismis, siapa sangka bahwa si kecil nan manis ini punya memiliki efek meningkatkan libido.

Ya, salah satu manfaat kismis adalah meningkatkan libido. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam amino arigin yang ada dalam buah kering ini.

Asam amino bisa memicu gairah seks dan bisa membantu Moms dan Dads untuk mengatasi kondisi disfungsi ereksi.

Meski terlihat sederhana, buah ini sangat berguna lho untuk mengatasi penyakit ringan hingga penyakit berbahaya. Mau mulai coba rutin makan buah kismis?

11. Memunculkan Nafsu Makan untuk Ibu Hamil

kismis bagus untuk nafsu makan ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi makanan dalam jumlah yang cukup diperlukan selama kehamilan sehingga kondisi bayi pun sehat karena mendapatkan nutrisi yang cukup.

Kismis memiliki serat, magnesium, dan potasium yang membantu memicu rasa lapar untuk para ibu hamil. Bukan hanya ini, membantu meringankan masalah mual di pagi hari.

Meskipun banyak manfaat kismis untuk ibu hamil, buah tersebut pun dapat berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih, di antaranya:

  • Meningkatkan kadar gula darah dan berkontribusi untuk didiagnosis dengan diabetes gestasional.
  • Berpotensi menyebabkan obesitas pada bayi.
  • Meningkatkan risiko Moms dan bayi terkena diabetes tipe 2.

Kismis ternyata punya kalori lebih banyak yang berasal dari gula jika dibandingkan dengan buah anggur segar.

Kismis pun tidak memiliki fungsi untuk melakukan hidrasi tubuh sebab cairan yang dimilikinya sudah dibuang habis.

Kendati demikian, kismis tetap memiliki nilai gizi yang tinggi serta bis amemberikan manfaat kesehatan.

Moms perlu tahu bahwa mengonsumsinya secara berlebihan pun tidak baik karena bisa memicu timbulnya beragam risiko seperti yang sudah disebutkan.

Terlebih kismis yang bisa menyebabkan obesitas pada bayi yang masih di dalam kandungan bisa menyebabkan proses persalinan menjadi lebih sulit dan meningkatkan kemungkinan Moms melakukan operasi caesar.

Jadi, para Moms harus tetap berhati-hati ketika mengonsumsi kismis ya!

Baca Juga: 5 Resep MPASI dari Kismis yang Wajib Moms Kenalkan Pada Bayi

Efek Samping Makan Kismis

efek samping buah kismis

Foto: Orami Photo Stock

Meski manfaat kismis sangatlah beragam, namun Moms perlu ingat bahwa mengonsumsi sesuatu yang berlebihan bukanlah hal yang baik.

Usai mengetahui manfaat kismis, Moms perlu mengetahui apa saja efek samping yang bisa timbul ketika terlalu banyak makan kismis.

1. Dehidrasi

Ketika mengonsumsi kismis secara berlebihan tanpa didampingi dengan banyak air, hal tersebut bisa menyebabkan dehidrasi, gangguan pencernaan serta gangguan lambung.

Baca Juga: Ini Dia 13 Jenis Anggur di Penjuru Dunia, Sudah Pernah Coba yang Mana, Moms?

2. Alergi Kismis

Jika seseorang yang memiliki alergi terhadap kismis mengonsumsi makanan ini, maka kemungkinan reaksi yang akan terjadi adalah mual, gatal di area mulut, diare, atau shock yang dikarenakan alergi

3. Kenaikan Berat Badan

Kismis memiliki kalori yang tinggi. Jadi, jika Moms mengonsumsinya secara berlebihan, si manis ini malah bisa meningkatkan berat badan.

Nah, manfaat kismis memang tak diragukan lagi. Namun jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsinya ya, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait