Kesehatan

19 April 2021

11+ Manfaat Leunca untuk Kesehatan, Bisa Mengatasi Kram Menstruasi hingga Jerawat Membandel!

Suka makan leunca? Moms juga akan menyukai khasiat selain kelezatannya ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Jika Moms suka mengkonsumsi masakan Sunda, pasti tidak asing dengan lalapan yang bernama leunca. Hadir bersama sayuran hijau lainnya, leunca memberi sensasi saat dimakan bersama teman makan lainnya, terutama saat dicocolkan dengan sambal yang menggugah selera.

Meski banyak yang memakannya secara mentah sebagai lalapan, ada juga yang memasukkannya ke dalam masakan untuk mendapatkan rasa yang lebih kaya. Selain itu, banyak negara yang sudah merasakan manfaatnya secara tradisinal dan turun temurun untuk kesehatan.

Baca Juga: Hemat Uang dan Menyehatkan, Yuk Tanam Sayuran Sendiri di Rumah

Mengenal Leunca

Leunca -1.jpg

Foto: Growingproduce.com

Dilansir Health Benefits Times, leunca atau yang memiliki nama ilmiah Solanum Americanum ini umumnya dikenal sebagai American black nightshade, small-flowered nightshade atau glossy nightshade.

Ini adalah tanaman asli di sekitar Pasifik Tropis dan Samudra Hindia. Leunca adalah tumbuhan tahunan yang berumur pendek, tegak dan menyebar luas yang biasanya tumbuh setinggi 1–1,5 meter. Bentuknya bulat bundar berkilau, berdiameter 5–10 milimeter yang mengandung banyak biji kecil di dalamnya.

Leunca awalnya berwarna hijau berubah menjadi hitam kebiruan atau hitam keunguan saat sudah matang dan juga mudah rontok. Daging dengan butiran sklerotik 0-4 (-8) dan sekitar 40-100 biji. Bijinya diskoid, panjang 1,5–2 mm, berwarna krem, sering disertai dengan warna ungu.

Banyak daerah bahkan negara yang percaya bahwa leunca memiliki manfaat terutama untuk kesehatan, misalnya:

  • Jus daun leunca digunakan untuk mengobati keluhan mata terutama konjungtivitis di Tanzania.
  • Daun leunca yang ditumbuk digunakan untuk mengobati luka dan masalah kulit di Kamerun dan Brasil.
  • Buah leunca digunakan untuk mengobati cacing pada unggas di Nigeria.
  • Leunca telah digunakan untuk mengobati asma di Hawaii.
  • Telah digunakan untuk mengobati dermatofitosis dan infeksi protozoa di Guatemala.
  • Leunca digunakan sebagai moluskisida dan untuk mengobati gangguan pencernaan di Puerto Rico.
  • Buah beri direkomendasikan sebagai afrodisiak di Jawa Barat.

Meski baru dipercaya turun-temurun, namun ternyata banyak yang mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan. Sehingga masih banyak yang percaya bahwa leunca bermanfaat untuk kesehatan secara tradisional.

Baca Juga: Jangan Dibuang! Sampah Sayuran Ini Bisa Ditanam Lagi

Manfaat Kesehatan dari Leunca

Leunca -2.jpg

Foto: Easyayurveda.com

Di bawah ini adalah beberapa manfaat kesehatan yang didapatkan saat seseorang mengkonsumsi leunca, beberapa di antaranya telah melalui tahapan penelitian untuk membuktikan khasiatnya.

1. Pencegahan Kanker

Kanker dianggap sebagai salah satu penyakit paling menakutkan bagi banyak orang. Solasonine, solasodine, solamargine, dan solanine dalam leunca diklaim dapat mencegah terjadinya sel kanker yang tidak terkendali.

Solasodine berperan untuk meredakan nyeri, menurunkan suhu tubuh, anti inflamasi, dan anti shock. Solamargine dan solanine sebagai antibakteri, dan solanine sebagai anti mitosis. Zat tersebut dapat mengatasi berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, leher rahim, perut, dan kanker saluran pernafasan.

2. Menyembuhkan Demam

Solanum terdiri dari fosfor, vitamin A, C dan Vit B, zat besi, kalsium dan zat gizi mikro lainnya. Orang yang menderita panas tubuh bisa makan daun dari leunca hitam yang dimasak untuk menenangkan panas tubuh dan mampu mengatasi demam dengan baik.

Ekstrak solanum juga dapat menyembuhkan demam dan nyeri badan serta nyeri sendi akibat demam sebelumnya. Kandungan-kandungan tersebut dapat meredakan demam dengan cara alami, serta membuat orang yang demam merasa nyaman karena nyeri sendi yang tidak terlalu terasa.

3. Menghilangkan Rasa Sakit

Manfaat paling umum yang dirasakan saat mengkonsumsi leunca adalah kekuatannya untuk meningkatkan kekebalan dan kemampuan menghilangkan rasa sakit karena mengurangi peradangan dan pembengkakan di tubuh.

Dan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Pakistan Journal of Nutrition juga menyatakan manfaat tersebut akan didapat saat mengkonsumsi daun dan juga buah leunca.

4. Meredakan Sakit Punggung

Leunca hitam ternyata cukup bermanfaat untuk meredakan sakit punggung, pegal, nyeri otot, pinggang kaku dan asam urat. Dan juga bagi orang yang menderita rematik, leunca juga bermanfaat untuk menyembuhkan rematik dan segala gejalanya.

Bahkan sudah sejak lama Nigeria telah menggunakan leunca sebagai obat herbal yang alami untuk menyembuhkan rematik dan juga asam urat. Kandungan yang dimiliki leunca dapat bersifat meredakan tegang pada otot.

5. Mencegah Penyakit Kudis

Penyakit kudis merupakan kelainan pada mulut karena kekurangan vitamin C. kudis dapat menyerang siapa saja, baik anak-anak atau pun orang dewasa yang tidak memiliki cukup kandungan vitamin C di dalam tubuhnya.

Mengkonsumsi leunca dapat mencegah penyakit kudis karena mengandung vitamin C dalam jumlah yang baik dan juga bermanfaat sebagai obat pencegah penyakit kudis. Selain itu, mengkonsumsi leunca juga dapat membantu tubuh untuk mengatasi berbagai masalah infeksi mulut.

6. Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Biji buah leunca hitam yang dikeringkan alami dengan udara dan matahari terbuka, dan kemudian dijadikan bubuk serta dicampur dengan susu dan diminum pada malam hari, akan membuat seseorang tidur lebih nyenyak.

Selain dapat membantu seseorang mendapatkan tidur yang nyenyak, leunca juga dapat menenangkan kelelahan pada tubuh. Biji leunca ini baik jika penderita TBC dan penderita diabetes memasukkannya dalam daftar makanannya setiap hari.

Baca Juga: 6 Sayuran yang Bisa Mencegah Penyakit Autoimun, Bisa Jadi Pilihan!

7. Menyembuhkan Penyakit Limpa

Leunca -3.jpg

Foto: Stories.rbge.org.uk

Leunca adalah obat yang juga bisa digunakanan untuk mengatasi penyakit limpa. Leunca memiliki aktivitas antibakteri dan karenanya dapat membunuh bakteri penyebab penyakit di dalam tubuh. Ini melawan mikroorganisme dan mencoba meningkatkan respons kekebalan dalam tubuh.

Ini juga dapat mendukung otot limpa dan menenangkan sakit maag. Ini juga dapat menurunkan panas tubuh. Dengan campuran leunca, biji jintan, bubuk kunyit, minyak jahe dan garam yang dimasak, semua khasiat tersebut diklaim bisa didapatkan.

8. Membantu Mengatasi Nyeri Tubuh dan Kram Menstruasi

Kram menstruasi dan infeksi perut tidak dapat dihindari, terutama bagi perempuan yang sedang haid. Tapi alih-alih bergantung pada obat penghilang rasa sakit, Moms bisa mengandalkan leunca. Sebab, leunca memiliki agen antipiretik, yang paling sering ditemukan pada obat penghilang rasa sakit.

Ini akan menargetkan area nyeri dan memberikan bantuan untuk menyembuhkannya. Tanaman ini juga membantu mengatasi sakit lambung. Leunca juga dapat membantu mengobari radang sendi dengan memastikan untuk mengonsumsi ramuan yang dibuat dengan leunca untuk mengatasi peradangan.

9. Dapat Membantu Dalam Pencegahan Penyakit Kuning

Daun tanaman ini kaya akan antioksidan dan membantu memperkuat hati seseorang yang mengkonsumsinya secara teratur. Itulah mengapa ketika seseorang menderita penyakit kuning atau penyakit hati lainnya, meminum ekstrak tumbuhan leunca hitam disarankan.

Ini dimaksudkan untuk mendapatkan pemulihan yang lebih cepat dan lebih baik. Sebab, penyakit kuning jika tidak mendapatkan perawatan dan pengobatan yang baik, akan mengganggu pada sistem kekebalan tubuh seseorang, terutama anak-anak yang masih dalam tahap pertumbuhan.

10. Mengatasi Masalah Kulit di Wajah

Sifat antioksidan dan antimikroba dalam tanaman leunca juga memiliki peran utama. Kualitas terapeutik pada leunca akan membantu regenerasi sel-sel kulit baru yang memberi seseorang kesan kecantikan yang terlihat awet muda.

Selain itu, seseorang orang dengan masalah kulit, luka bakar, dan bisul dapat mengoleskan pasta yang dibuat dengan daun dari tanaman ini sebagai efek menenangkan. Selain itu, jika Moms memiliki masalah jerawat, menggunakan masker wajah dari leunca juga bisa sangat membantu.

11. Dapat Membantu Mengobati ISK

Fitokimia dan sifat antimikroba dalam leunca membuatnya sangat cocok untuk orang-orang yang memiliki penyakit infeksi saluran kemih (ISK) berulang. Mengkonsumsinya meningkatkan sekresi vagina dan pengeluaran urin, yang membantu mengeluarkan bakteri dan virus yang tumbuh di dalam vulva.

ISK adalah kondisi ketika ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra mengalami infeksi. Jika tidak ditangani dengan baik, ISK dapat memicu urosepsis yakni kondisi saat bakteri di ginjal yang sudah terinfeksi menyebar ke dalam darah.

12. Dapat Meredakan Kepanikan

Leunca hitam bersifat diuretik, dan itulah alasan mengapa ini dapat membantu seseorang dapat tenang dalam situasi yang paling cemas. Kualitas oksidatif tanaman ini menjaga kadar oksigen tetap tinggi dalam tubuh, sehingga penyebab stress dapat dikendalikan.

Saat panik, biasanya seseorang akan merasa was-was, tubuh yang gemetaran, keringat bercucuran hingga sulit untuk bernafas. Bahkan serangan panik bisa terjadi secara spontan, dan bukan terjadi sebagai reaksi dari sesuatu.

Tetapi sebelum Moms manfaat kesehatan dari leunca, ada baiknya untuk menghubungi dokter terlebih dahulu agar mengetahui apakah Moms akan memperoleh manfaat dari tanaman ini dan sebanyak apa dosisnya.

  • https://www.healthbenefitstimes.com/black-nightshade/
  • https://www.healthshots.com/healthy-eating/superfoods/foods-to-increase-immunity-4-teas-to-brew-your-way-to-good-health/
  • https://www.researchgate.net/publication/316986041_Nutritional_Potential_of_the_Leaves_and_Seeds_of_Black_Nightshade-Solanum_nigrum_L_Var_virginicum_from_Afikpo-Nigeria
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait