Kesehatan

KESEHATAN
8 April 2021

Penuh Khasiat, Ini 13 Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan Tubuh Hingga Ibu Hamil

Minyak ikan adalah suplemen makanan yang bisa dikonsumsi oleh banyak orang
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms, yuk cari tahu ragam manfaat minyak ikan untuk kesehatan yang penuh khasiat!

Pasti Moms sudah familiar dengan minyak ikan, bukan? Ya, minyak ikan merupakan salah satu suplemen makanan yang paling umum dikonsumsi masyarakat dari segala usia bahkan ibu hamil dan menyusui.

Sebab, minyak ikan mengandung asam lemak omega-3 yang baik untuk kesehatan tubuh maupun perkembangan janin dalam kandungan.

Apabila Moms tidak menyukai hidangan dengan bahan utama ikan, bisa mengonsumsi minyak ikan untuk membantu mencukupi kebutuhan asam lemak omega-3 dalam tubuh.

Lalu, apa itu minyak ikan, dan bagaimana manfaat minyak ikan untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasannya berikut ini.

Baca Juga: 6 Manfaat Minyak Ikan Sarden untuk Kesehatan Tubuh

Kandungan Nutrisi pada Minyak Ikan

manfaat minyak ikan

Foto: Orami Photo Stocks

Sebelum mencari tahu apa saja manfaat minyak ikan untuk kesehatan, ada baiknya mencari tahu seperti apa asal-usul minyak ikan.

Minyak ikan merupakan lemak atau minyak yang diekstrak dari jaringan ikan. Umumnya, minyak ikan diperoleh dari beberapa jenis ikan seperti herring, tuna, teri, dan mackerel.

Namun, tak jarang juga minyak ikan didapatkan dari hati ikan kod.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan masyarakat untuk mengonsumsi 1-2 porsi ikan per minggu. Sebab, asam lemak omega-3 yang terkandung pada daging ikan bisa memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, tak terkecuali pengobatan untuk sejumlah penyakit.

Sebaliknya, jika Moms tidak mengonsumsi 1-2 porsi ikan per minggu, maka tubuh akan kekurangan asam lemak omega-3. Namun, hal itu bisa disiasati dengan mengonsumsi suplemen minyak ikan.

Dalam satu ekor ikan, terdapat 30 persen minyak ikan yang terdiri dari omega-3. Sedangkan 70 persen lainnya adalah lemak ikan biasa. Selain itu, minyak ikan juga kaya vitamin A dan D.

Penting untuk dicatat bahwa jenis omega-3 yang ditemukan dalam minyak ikan memiliki manfaat kesehatan yang lebih besar daripada omega-3 yang ditemukan di beberapa sumber nabati lainnya.

Omega-3 utama dalam minyak ikan adalah asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA), sedangkan omega-3 dalam sumber nabati disebut asam alfa-linolenat (ALA).

Dalam jurnal berjudul The evidence for α-linolenic acid and cardiovascular disease benefits, dijelaskan bahwa meskipun ALA adalah asam lemak esensial, EPA dan DHA memiliki lebih banyak manfaat kesehatan.

Sementara itu, dalam jurnal berjudul The importance of the ratio of omega-6/omega-3 essential fatty acids, menyebut bahwa penting untuk mendapatkan omega-3 yang cukup, mengingat sejumlah pola makan yang tidak sehat telah mengganti omega-3 dengan lemak lainnya seperti omega 6.

Hal ini dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit.

Baca Juga: 11 Manfaat Minyak Ikan untuk Ibu Hamil

Manfaat Minyak Ikan untuk Kesehatan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, minyak ikan memiliki berbagai manfaat yang baik untuk tubuh.

Nah, agar mengetahui lebih lanjut terkait manfaat minyak ikan untuk kesehatan, yuk simak penjelasannya berikut ini!

1. Mendukung Kesehatan Jantung

manfaat minyak ikan

Foto: Orami Photo Stocks

Tahukah Moms, menurut WHO, penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia? Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung, salah satunya dengan mengonsumsi minyak ikan secara teratur.

Studi menunjukkan bahwa orang rutin mengonsumsi ikan memiliki tingkat penyakit jantung yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi ikan.

Sejumlah faktor risiko penyakit jantung dapat diredakan dengan mengonsumsi daging ikan atau minyak ikan. Berikut beberapa minyak ikan untuk kesehatan jantung yakni:

  • Dapat meningkatkan kadar kolesterol baik.
  • Dapat menurunkan trigliserida hingga 15-30 persen.
  • Membantu mengurangi tekanan darah terutama bagi mereka yang memiliki tekanan darah tinggi.
  • Mencegah plak yang menyebabkan arteri mengeras sekaligus membuat plak arteri lebih stabil.
  • Dapat mengurangi aritmia fatal. Aritmia merupakan irama jantung abnormal yang dapat menyebabkan serangan jantung pada kasus tertentu.

Meskipun minyak ikan untuk kesehatan dapat dirasakan langsung untuk mencegah risiko penyakit jantung, tapi belum ada bukti yang menunjukkan bahwa mengonsumsi minyak ikan dapat mencegah serangan jantung atau stroke.

Baca Juga: Minyak Ikan untuk Anak, Manfaat, Dosis, Hingga Sumber Terbaiknya

2. Membantu Mengobati Gangguan Mental Tertentu

Dalam jurnal Fatty acid composition of brain, retina, and erythrocytes in breast- and formula-fed infants, otak manusia terdiri dari 60 persen lemak.

Sebagian besar lemak tersebut adalah asam lemak omega-3. Oleh sebab itu, omega-3 sangat penting untuk fungsi otak.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gangguan mental tertentu memiliki kadar omega-3 yang lebih rendah dalam darah.

Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat mencegah timbulnya atau memperbaiki gejala beberapa gangguan mental. Misalnya, dapat mengurangi kemungkinan gangguan psikotik.

Selain itu, ada juga manfaat minyak ikan untuk kesehatan yang jika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi dapat mengurangi sejumlah gejala skizofrenia dan gangguan bipolar.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Menurut WHO, secara global, 39 persen orang dewasa mengalami kelebihan berat badan. Sedangkan 13 persen lainnya mengalami obesitas.

Padahal, obesitas dapat meningkatkan risiko penyakit lainnya termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker.

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan dapat membantu menurunkan berat badan. Jika dikonsumsi secara teratur, dapat meningkatkan komposisi tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung pada orang obesitas.

Sementara itu, penelitian oleh Nutritional Physiology Research Centre and the Australian Technology Network Centre menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dikombinasikan dengan diet atau olahraga rutin dapat membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Manfaat Minyak Peppermint untuk Rambut

4. Menyehatkan Mata

manfaat minyak ikan

Foto: Orami Photo Stocks

Sama halnya dengan otak, mata juga mengandalkan lemak omega-3 agar berfungsi normal dan baik. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi omega-3 yang cukup dapat terhindar dari penyakit mata.

Selain itu, ketika usia semakin bertambah, maka kesehatan mata akan semakin menurun yang dapat menyebabkan degenerasi makula. Menyantap ikan diketahui dapat menurunkan risiko tersebut.

Dalam studi yang dilakukan oleh Pharma Nutrition menemukan bahwa manfaat minyak ikan untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam dosis tinggi selama 19 minggu meningkatkan penglihatan pada pasien.

5. Mengurangi Peradangan

Peradangan atau inflamasi adalah cara sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi dan mengobati cedera. Tapi, peradangan yang kronis dapat menyebabkan penyakit serius seperti obesitas, diabetes, depresi, dan penyakit jantung.

Institute of Human Nutrition menyebutkan minyak ikan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengobati kondisi tubuh yang diakibatkan oleh peradangan kronis.

Misalnya, ketika Moms stres dan mengalami obesitas, minyak ikan akan mengurangi produksi dan ekspresi gen dari molekul inflamasi yang disebut sitokin. Selain itu, minyak ikan untuk kesehatan lainnya ialah dapat mengurangi nyeri sendi dan kaku secara signifikan.

Baca Juga: 9 Manfaat Minyak Bulus, Sebagai Obat dan Perawatan Kecantikan

6. Menyehatkan Kulit

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan selanjutnyaa ilah menjaga kesehatan kulit. Sebab, kulit mengandung banyak asam lemak omega-3.

Seiring berjalannya waktu, jika kulit tubuh tidak dirawat dengan baik, maka dapat menyebabkan penurunan kelembaban dan elastisitas kulit sehingga mudah keriput.

Bahkan, paparan sinar matahari yang berlebih juga mengakibatkan kanker kulit dan sejumlah kelainan kulit lainnya. Nah, minyak ikan dapat mencegah penyakit tersebut termasuk di antaranya psoriasis dan dermatitis.

7. Menyehatkan Ibu Hamil dan Janin di Awal Kehamilan

Dalam penelitian berjudul omega-3 fatty acids in health and disease and in growth and development minyak ikan untuk kesehatan sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan awal janin serta ibu hamil.

Oleh karena itu, penting bagi ibu hamil untuk memenuhi kebutuhan omega-3 selama kehamilan maupun menyusui. Pada ibu menyusui, minyak ikan bermanfaat untuk meningkatkan koordinasi tangan dan mata pada bayi.

Sementara itu, untuk ibu hamil, mengonsumsi minyak ikan secara teratur dapat meningkatkan perkembangan visual bayi dan membantu mengurangi risiko alergi.

Baca Juga: Memberikan Minyak Ikan untuk Bayi: Simak Saran dari Ahlinya!

8. Mengurangi Lemak Hati

manfaat minyak ikan

Foto: Orami Photo Stocks

Organ hati bertugas dalam memproses lemak dalam tubuh dan berperan dalam penambahan berat badan.

Jika organ hati tidak dijaga dengan baik, maka dapat meningkatkan risiko penyakit hati salah satunya non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD) yakni penumpukkan lemak di organ hati.

Dengan mengonsumsi minyak ikan, dapat meningkatkan fungsi hati dan inflamasi yang ampuh untuk mengurangi gejala NAFLD dan jumlah lemak di hati.

9. Memperbaiki Gejala Depresi

Projections of Global Mortality and Burden of Disease from 2002 to 2030 memprediksi bahwa depresi akan jadi penyakit terbesar kedua di dunia di tahun 2030.

Orang dengan depresi berat memiliki kadar omega-3 yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak mengalami depresi.

Selain itu, studi menunjukkan bahwa konsumsi minyak ikan untuk kesehatan dan suplemen omega-3 dapat memperbaiki gejala depresi.

10. Meningkatkan Perhatian dan Hiperaktif pada Anak

Sejumlah gangguan perilaku pada anak, seperti attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) menyebabkan anak menjadi hiperaktif karena kurangnya perhatiaan dari orang tua.

Manfaat minyak ikan untuk kesehatan dan kandungan omega-3 di dalamnya dapat meningkatkan persepsi hiperaktif, kurang perhatian, impulsif, dan agresi pada anak-anak. Sehingga mengonsumsi minyak ikan disarankan untuk anak sejak usia dini.

Baca Juga: Minyak Ikan untuk Anak, Manfaat, Dosis, Hingga Sumber Terbaiknya

11. Mencegah Gejala Penurunan Fungsi Otak

Fungsi otak akan menurun seiring dengan bertambahnya usia. Bahkan risiko penyakit Alzheimer pun meningkat bagi para lansia.

Namun, hal berbeda terjadi pada orang yang rajin mengonsumsi ikan. Mereka yang rutin menyantap ikan cenderung mengalami penurunan fungsi otak yang lebih lambat di usia tua.

Tak hanya itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa manfaat minyak ikan untuk kesehatan dapat meningkatkan daya ingat pada orang dewasa dan orang tua atau lansia.

12. Memperbaiki Gejala Asma dan Risiko Alergi

manfaat minyak ikan

Foto: Orami Photo Stocks

Siapa yang menyangka bahwa manfaat minyak ikan untuk kesehatan berikutnya ialah dapat membantu memperbaiki gejala asma dan risiko alergi?

Ya, asma dapat menyebabkan pembengkakan di paru-paru dan sesak napas. Hal ini dapat diatasi dengan banyak mengonsumsi minyak ikan, terutama pada bayi.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan dapat mengurangi gejala asma, terutama di awal kelahiran.

Penelitian berjudul Fish and Fish Oil Intake in Relation to Risk of Asthma: A Systematic Review and Meta-Analysis, menjelaskan bahwa asupan omega-3 dapat mengurangi risiko asma pada anak-anak sebanyak 24-29 persen.

Selain itu, mengonsumsi suplemen minyak ikan pada ibu hamil dapat mengurangi risiko alergi pada bayi.

13. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kesehatan tulang adalah hal penting yang perlu diperhatikan terlebih ketika lanjut usia. Sebab, saat usia bertambah, tulang mulai kehilangan mineral esensial dan membuatnya rapuh.

Jika tak segera ditangani, hal tersebut dapat mengakibatkan penyakit osteoporosis dan osteoarthritis.

Memang, mengonsumsi makanan kaya kalsium dan vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 juga bermanfaat untuk menguatkan tulang.

Orang dengan asupan omega-3 dengan tingkat darah yang lebih tinggi mungkin memiliki kepadatan mineral tulang (BMD) yang lebih baik.

Sejumlah penelitian lainnya menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat mengurangi gejala kerusakan tulang dan bisa mencegah penyakit tulang.

Itulah 13 minyak ikan untuk kesehatan. Apakah Moms tertarik untuk mengonsumsi minyak ikan secara teratur?

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25398754/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/12442909/
  • https://www.who.int/en/news-room/fact-sheets/detail/the-top-10-causes-of-death
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/7913291/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17490962/
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S221343441300042X
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16841861/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/1908631/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC1664601/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3827145/
  • https://www.healthline.com/nutrition/13-benefits-of-fish-oil#TOC_TITLE_HDR_16

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait