Kesehatan

KESEHATAN
18 Februari 2021

13 Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan Hingga Kulit

Manfaat minyak kayu putih juga sangat banyak untuk tubuh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Minyak kayu putih merupakan minyak atsiri yang dibuat dari penyulingan daun dan batang pohon kayu putih.

Jenis tanaman ini banyak terdapat di daerah tropis yang ada di Australia dan Asia Tenggara.

Manfaat minyak kayu putih juga sangat banyak untuk tubuh.

Salah satu manfaat minyak kayu putih yang paling terkenal adalah sifat antiseptic dan analgesiknya.

Tak hanya itu, minyak kayu putih juga sering diginakaan sebagai obat untuk mengobati luka di kulit, pilek dan juga pembengkakan di kulit.

Hal ini karena kayu putih dianggap sebagai obat anti-inflamasi yang baik.

Baca juga: Minyak Kayu Putih dan Obat Herbal Lianhua Membantu Menyembuhkan COVID-19?

Jurnal Hindawi menjelaskan, minyak atsiri adalah produk alami, yang berasal dari tanaman aromatik, yang secara tradisional digunakan di seluruh dunia untuk disinfeksi, sebagai zat anti-inflamasi, relaksasi, dan stimulasi.

Diantara minyak esensial lain, manfaat minyak kayu putih dianggap sebagai yang paling baik. Bahkan, banyak orang percaya minyak kayu putih sebagai pertolongan pertama untuk anak yang mengalami demam.

Karena kemampuan produk alami ini juga bisa sangat kuat, sehingga Moms tetap harus memperhatikan saat mengoleskan minyak ini pada tubuh.

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Wajah

Manfaat Minyak Kayu Putih

Foto: Orami Photo Stock

Minyak kayu putih terutama digunakan sebagai antiseptik.

Berdasarkan Journal of hygiene, epidemiology, microbiology and immunology menunjukkan bahwa minyak kayu putih memiliki kualitas antibakteri, yang akan membuat minyak bermanfaat untuk luka kecil dan goresan untuk membantu mencegah infeksi.

Hal ini mungkin memiliki efek antijamur dan antivirus pada kulit.

Selain itu, minyak kayu putih juga memiliki manfaat lain untuk wajah. Berikut manfaat minyak kayu putih untuk wajah.

1. Menyembuhkan Psioriasis

Psioriasis merupakan kondisi kulit yang gatal dan kemerahan.

Kondisi ini bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, termasuk wajah. Untuk mengatasi masalah ini, Moms dapat menggunakan minyak atsiri yang terbuat dari kayu putih.

Manfaat minyak kayu putih adalah menghilangkan rasa gatal dan tidak nyaman yang disebabkan oleh psioriasis. Karena minyak kayu putih memiliki sifat anti inflamashi sehingga dapat menghilangkan gatal dan juga pembengkakan di kulit.

Namun, Moms perlu ingat penggunaan minyak kayu putih hanyalah sebagai obat tambahan untuk penderita psioriasis.

Moms tetap harus menggunakan obat utama yang diberikan oleh dokter ya. Minyak kayu putih hanya digunakan sebagai terapi pelengkap selama pengobatan psioriasis.

2. Mengobati Jerawat

Salah satu manfaat minyak kayu putih untuk wajah adalah mengobati jerawat.

Melansir Healthline, minyak atsiri yang diambil dari ektrak tumbuhan, seperti kayu putih sudah sejak lama digunakan sebagai alternatif penyembuh jerawat.

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk mendukung mengenai hal ini.

Meskipun tidak ada cukup bukti untuk merekomendasikan penggunaan minyak esensial, seperti minyak kayu putih untuk jerawat, umumnya aman untuk dicoba, dan mungkin akan memberikan hasil yang positif.

Baca juga: Menghilangkan Kutu Rambut Cukup dengan Minyak Kayu Putih, Ini Caranya

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Kesehatan

minyak kayu putih bisa mengobati gigitan serangga

Foto: Orami Photo Stock

Sudah sejak lama, minyak kayu putih digunakan sebagai salah satu obat berbagai macam penyakit, termasuk gangguan penapasan dan juga nyeri di badan.

Biar tak penasaran, yuk Moms simak manfaat minyak kayu putih untuk kesehatan berikut ini.

3. Mencegah Infeksi

Manfaat minyak kayu putih yang paling utama adalah mencegah infeksi.

Kandungan yang ada di dalam minyak kayu putih dipercaya dapat melawan infeksi dari bakteri, virus, dan jamur, seperti tetanus (bakteri), influenza (virus), dan penyakit menular seperti kolera dan tifus.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, Moms hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih ke bagian yang mengalami infeksi.

Manfaat minyak kayu putih jug dapat melindungi Moms dari tetanus sebelum divaksin oleh dokter.

4. Melindungi Tubuh dari Gigitan Serangga

Manfaat minyak kayu putih sangat efektif untuk membunuh serangga yang ada di sekitar Moms.

Minyak kayu putih memiliki sifat insektisida yang sangat kuat sehingga larutannya yang disemprotkan atau diuapkan dengan bantuan vaporizer untuk mengusir nyamuk, semut, dan banyak jenis hama lainnya kecuali kecoa dari kamar.

Untuk merasakan manfaat minyak kayu putih ini dapat Moms rasakan dengan cara mencelupkan kelambu ke dalam larutannya untuk mendapatkan manfaat tambahan.

Larutan minyak kayu putih yang diencerkan juga bisa dioleskan pada tubuh untuk menjauhkan serangga.

Selain itu, minyak kayu putih juga dapat membunuh cacing di usus jika larutan encer yang sangat ringan dalam air dikonsumsi.

Baca juga: Digigit Serangga, Ini Cara Alami Mengatasinya

5. Meredakan Gangguan di Saluran Pernapasan

Manfaat minyak kayu putih juga bisa Moms rasakan saat mengalami masalah di saluran pernapasan. Minyak kayu putih disebut sebagai ahli dekongestan dan ekspektoran.

Dekongestan, memberikan kelegaan langsung pada hidung tersumbat, tenggorokan, dan organ pernapasan lainnya serta untuk batuk, infeksi, dan radang tenggorokan dan saluran pernapasan yang diakibatkan oleh laringitis, faringitis dan bronkitis.

6. Melancarkan Sistem Sekresi

Manfaat minyak kayu putih lainnya adalah dapat melancarkan sistem sekresi di dalam tubuh.

Kandungan yang ada di dalam minyak kayu putih dapat menciptakan efek pemanasan serta meningkatkan sirkulasi dan mengaktifkan sistem sekresi sekresi.

Minyak kayu putih juga bisa menjadi stimulant dan juga merangsang kelenjar Eccrine, mempromosikan keringat dan bertindak sebagai Sudorific.

Efek ini sangat bermanfaat bagi tubuh karena sangat penting untuk mengeluarkan racun dari tubuh, yang diketahui dapat dilakukan oleh keringat.

7. Mengurangi Nyeri Badan

Terlalu banyak bekerja atau kegiatan fisik bisa membuat Moms mengalami nyeri di badan. Jika mengalami kondisi ini Moms bisa mengatasinya dengan minyak kayu putih.

Baca juga: Persalinan dengan Obat Pereda Nyeri, Seperti Apa?

Salah satu manfaat minyak kayu putih adalah meredakan nyeri badan. Karena minyak kayu putih memiliki sifat analgesic yang dapat meredakan nyeri.

Cara menggunakannya juga cukup mudah, Moms hanya perlu menggosokkan minyak kayu putih di bagian yang sakit. Misalnya saat Moms sakit kepala, oleskan minyak kayu putih di bagian dahi.

Jika mengalami sakit gigi, Moms bisa menggunakan minyak kayu putih sebagai obat kumur. Selain itu, larutan minyak kayu putih juga dapat meredakan berbagai nyeri otot dan sendi.

8. Menurunkan Demam

Demam atau disebut juga hipertermia, pireksia, atau suhu tinggi adalah kondisi dimana suhu tubuh meningkat dari biasanya. Demam bisa menyerang anak-anak dan orang dewasa.

Peningkatan suhu tubuh dalam jangka pendek dapat membantu tubuh melawan penyakit. Namun, demam yang parah bisa menjadi gejala dari kondisi serius yang membutuhkan perhatian medis segera.

Saat Moms atau si kecil merasakan demam, bisa diatasi dengan mengoleskan minyak kayu putih. Salah satu manfaat minyak kayu putih adalah menurunkan demam. Hal ini karena minyak kayu putih dapat merangsang keluarnya keringat di tubuh.

9. Mengurangi Perut Kembung

Manfaat minyak kayu putih yang bisa Moms rasakan adalah meredakan perut kembung. Kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan gas di sistem pencernaan Moms.

Biasanya perut kembung juga ditandai dengan buang air besar lebih dari 10 kali per hari.

Perut kembung dapat disebabkan oleh berbagai hal, terlalu banyak konsumsi makanan yang mengandung gas sehingga sulit dicerna.

Bisa juga disebabkan oleh masalah kesehatan seperti sindrom iritasi usus besar, gastritis dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Baca juga: Ibu Hamil Stres dan Menangis, Normalkah?

10. Meredakan Sakit di Area Saraf (Neuralgia)

Manfaat minyak kayu putih lain adalah meredakan neuralgia. Suatu kondisi yang sangat menyakitkan di sekitar mulut, termasuk tenggorokan, telinga, amandel, pangkal hidung, laring, dan faring serta daerah sekitarnya menderita nyeri yang hebat.

Nyeri ini disebabkan oleh kompresi Glossopharyngeal atau saraf kranial kesembilan oleh pembuluh darah di sekitarnya, yang cenderung membengkak karena mengunyah, makan, tertawa, berteriak, atau kegembiraan atau gerakan lain di wilayah tersebut.

Kondisi ini dapat diatasi dengan minyak kayu putih. Sifat analgesik yang ada di dalam memberikan kelegaan yang luar biasa.

Sebagai analgesik, ini mengurangi rasa sakit di satu sisi sementara di sisi lain, ini mendinginkan dan melemaskan pembuluh darah, sehingga mengurangi pembengkakannya, dan mengurangi tekanan pada saraf kranial kesembilan, memberikan bantuan langsung dari rasa sakit.

11. Meredakan Stres

Minyak kayu putih juga disebut dapat menghilangkan stres. Karena aroma yang dikeluarkan oleh minyak atsiri ini dapat memberikan efek rileks pada tubuh saat menghirupnya.

Manfaat minyak kayu putih juga bisa dirasakan oleh Moms yang mengalami gangguan kecemasan. Seperti yang diketahui, saat mengalami stress karena kegiatan sehari-hari, Moms mungkin akan merasakan sakit perut, sakit kepala atau bahkan merasa lemas.

Kondisi ini dapat diatasi dengan cara mengoleskan minyak kayu putih ke seluruh badan.

Moms juga bisa mencampur minyak kayu putih dengan air dan dimasukan ke dalam humidifier untuk memberikan efek rileks.

Cara ini sangat cocok untuk Moms yang merasa lelah dengan pekerjaan sehari-hari.

Manfaat Minyak Kayu Putih untuk Rambut

minyak kayu putih untuk rambut

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat minyak kayu putih yang lain adalah sebagai perawatan di kulit kepala.

Kandungan yang ada di dalam minyak atsiri, seperti kayu putih dapat mengobati rambut rontok dan kondisi kulit kepala lainnya.

Baca juga: 23 Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bahan-Bahan Alami

Manfaat Minyak Kayu Putih dan Covid-19

bisa membantu mengatasi covid-19

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa waktu lalu banyak peneliti yang melakukan penelitian mengenai manfaat minyak kayu putih terhadap virus Corona jenis baru atau Covid-19.

Satu studi tahun 2020 menunjukan bahwa, ada kemungkinan minyak kayu putih untuk membantu mencegah perkembangan COVID-19.

Para peneliti menganggap sifat antiseptik dan anti-inflamasi minyak yang tinggi bisa dijadikan sumber untuk meneliti minyak kayu putih terhadap virus asal Wuhan, Cina ini secara khusus.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuan kemudian mengambil ekstrak minyak kayu putih untuk melihat bagaimana reaksinya pada protein manusia yang biasa diserang oleh jenis virus corona ini.

Hasil penelitian mengungkapkan aktivitas penghambatan yang “kuat”. Namun, minyak kayu putih tidak terbukti dapat mencegah masuknya virus corona baru ke dalam tubuh.

Studi tambahan diperlukan untuk membantu menentukan bagaimana orang dapat menggunakan minyak kayu putih dengan cara seperti itu, dan bagaimana efek potensial dapat bervariasi di berbagai kelompok usia dan demografi.

Baca juga: Jangan Panik, Mayoritas Kasus Virus Corona COVID-19 Ringan dan Bisa Disembuhkan

Penting untuk mengikuti pedoman Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) terbaru tentang pencegahan COVID-19, seperti menjaga jarak fisik, mencuci tangan, mengenakan penutup wajah, dan mendisinfeksi permukaan.

Moms mungkin bisa melengkapi pencegahan virus ini dengan mencoba manfaat minyak kayu putih.

Namun, Moms tetap harus melakukan protokol kesehatan untuk menjaga diri dari paparan virus Covid-19. Karena masih perlu studi klinis lebih lanjut dan uji coba pada manusia untuk menunjukan manfaat minyak kayu putih terhadap Covid-19.

Moms, demikian penjelasan mengenai manfaat minyak kayu putih. Jangan lupa untuk dicoba ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait