Scroll untuk melanjutkan membaca

OLAHRAGA & KEBUGARAN
09 September 2022

16 Manfaat Renang bagi Tubuh, Termasuk Meningkatkan Kualitas Tidur dan Melancarkan Pernapasan

Berenang punya banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental
16 Manfaat Renang bagi Tubuh, Termasuk Meningkatkan Kualitas Tidur dan Melancarkan Pernapasan

Selain menyenangkan, renang juga bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan, manfaat renang sangat dibutuhkan segala usia.

Beberapa manfaat renang, misalnya melatih otot, menurunkan berat badan, hingga meredakan stres.

Bahkan, melansir National Health Service, tujuan renang secara rutin adalah untuk meminimalkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Berenang juga merupakan olahraga yang minim cedera. Sebab, saat berenang, seluruh berat badan ditopang oleh air (mengapung).

Yuk, simak manfaat renang, agar Moms semakin semangat melakukan olahraga ini bersama keluarga!

Baca Juga: 4 Manfaat Daun Karet Kebo, Tanaman Hias yang Punya Manfaat untuk Kesehatan

Manfaat Renang untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Renang untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Foto: Manfaat Renang untuk Kesehatan Fisik dan Mental (https://www.swimming.org/justswim/8-benefits-of-swimming/)

Foto: olahraga renang (Orami Photo Stock)

Semua orang dapat memetik manfaat renang jika dilakukan secara teratur dan benar, mulai dari usia anak-anak, dewasa, hingga lansia.

Berikut ini rangkuman tentang manfaat renang untuk kesehatan tubuh:

1. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Foto: Menurunkan Berat Badan

Foto: berenang (Orami Photo Stock)

Berenang harus dalam kondisi tubuh yang stabil dan fit agar bisa merasakan khasiatnya.

Melansir Obesityaction, berenang adalah latihan fisik ideal bagi:

  • Orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.
  • Orang yang tidak dapat melakukan olahraga menahan beban seperti berjalan, jogging atau berlari.

Berenang yang menggabungkan tubuh bagian bawah dan tubuh bagian atas secara bersamaan, sama dengan latihan seluruh tubuh.

Saat berada di dalam air, seseorang tidak hanya melakukan latihan kardio yang baik, namun juga membantu tubuh menjadi lebih bugar.

Agar manfaat renang untuk menurunkan berat badan lebih optimal, pastikan juga membarenginya dengan pola makan yang sehat ya, Moms.

2. Terapi Radang Sendi

Terapi Radang Sendi

Foto: Terapi Radang Sendi (Orami Photo Stock)

Foto: olahraga air (Orami Photo Stock)

Penderita radang sendi atau arthritis cukup sulit menentukan olahraga yang tepat, karena untuk bergerak saja terasa nyeri.

Berenang bisa menjadi pilihan latihan fisik apabila Moms menderita radang sendi, lho.

Selain merangsang sirkulasi darah, berenang juga dapat mengurangi kekakuan otot, juga rasa sakit.

Daya apung air akan mengurangi beberapa hal, meliputi:

  • Dampak sakit atau nyeri pada sendi
  • Membantu membangun kekuatan
  • Kebugaran kardiovaskular berperan penting membuat persendian lebih fleksibel

Tujuan melakukan renang pun bisa membuat otot menjadi lebih kuat seiring bertambahnya usia.

Baca Juga: Makan Sebelum Olahraga vs Setelah Olahraga, Lebih Baik Mana?

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Foto: Meningkatkan Kesehatan Jantung

Foto: ilustrasi jantung sehat (Orami Photo Stock)

Sudah sejak lama diketahui, berenang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular.

Latihan fisik berupa renang melibatkan semua otot, sehingga mendorong jantung untuk bekerja meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Hal ini pun menghasilkan efek domino, seperti:

Selain itu, American Heart Association menyarankan agar melakukan latihan fisik intensitas sedang dengan durasi 2 setengah jam tiap minggu.

Nah, berenang termasuk di dalamnya untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

4. Menjaga Kesehatan Otak dan Mental

Menjaga Kesehatan Otak dan Mental

Foto: Menjaga Kesehatan Otak dan Mental

Foto: ilustrasi anak cerdas (Orami Photo Stock)

Selain mendukung kesehatan fisik, ternyata tujuan berenang juga dapat meningkatkan kinerja otak, terutama pada anak-anak.

Studi di Journal of Speech, Language, and Hearing Research menerangkan tentang manfaat renang yang berdampak meningkatkan pembelajaran pada anak-anak.

Penelitian dilakukan terhadap anak-anak berusia 6–12 tahun dengan membandingkan 3 aktivitas serpeti:

  • Mewarnai
  • Berenang
  • Latihan fisik seperti crossfit

Hasilnya, akurasi pembelajaran kata-kata oleh anak-anak setelah berenang lebih tinggi dibandingkan dengan mewarnai dan crossfit.

Temuan ini menyiratkan, berenang yang merupakan olahraga aerobik, sangat bermanfaat bagi otak muda yang sedang berkembang.

Bahkan jika berenang dilakukan dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: Mengenal kardiomegali, Penyakit Pembesaran Jantung yang Membahayakan

5. Mendukung Kehamilan Tetap Sehat

Mendukung Kehamilan Tetap Sehat

Foto: Mendukung Kehamilan Tetap Sehat

Foto: ibu hamil berenang (Orami Photo Stock)

Saat hamil, Moms tetap perlu melakukan olahraga untuk mendukung kehamilan tetap sehat dan kuat. Salah satu olahraga yang disarankan adalah berenang.

Jika dilakukan dengan benar, manfaat renang saat hamil dapat dirasakan secara maksimal.

Mengutip Baby Center, jenis latihan aerobik seperti berenang tidak hanya memberi benefit bagi ibu, tetapi juga calon bayi dalam kandungan.

Seseorang yang benang dapat membuat badan lebuh dan mengobati penyakit yang muncul di kala kehamilan.

6. Menguatkan Otot Ibu Hamil

Menguatkan Otot Ibu Hamil

Foto: Menguatkan Otot Ibu Hamil

Foto: kolam renang (Orami Photo Stock)

Berenang diketahui dapat memperkuat jantung dan membantunya lebih efisien dalam memompa darah.

Di luar itu, dalam kehamilan pun ini termasuk olahraga minim cedera untuk membantu meredakan nyeri ligamen perut bagian bawah.

Berenang dapat membantu memperkuat otot dan mencegah ketegangan punggung akibat perut yang membesar.

Dengan rutin berenang, ini akan membantu menjaga berat badan yang sehat selama kehamilan.

Membenamkan diri dalam air akan mengurangi pembengkakan pada bagian lengan dan kaki ibu hamil juga, lho.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Meningkatkan Kualitas Tidur

Foto: Meningkatkan Kualitas Tidur (dana.org)

Foto: tidur nyenyak (Orami Photo Stock)

Kalau Moms termasuk yang sulit tidur nyenyak di malam hari, berenang mungkin bisa jadi solusi!

Mengutip National Sleep Foundation, olahraga secara teratur termasuk berenang dapat meningkatkan kualitas tidur, lho.

Rasa lelah sehabis berenang bisa membantu untuk mendapatkan tidur nyenyak.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak yang kelelahan setelah berenang pun bisa membuat tidurnya menjadi lebih pulas di malam hari.

Baca Juga: 5 Manfaat Masker Madu untuk Wajah, Bisa Bikin Glowing!

8. Membakar Kalori Lebih Banyak

Membakar Kalori Lebih Banyak

Foto: Membakar Kalori Lebih Banyak (freepik.com)

Foto: memasak (Orami Photo Stock)

Berenang menggunakan hampir semua otot utama, seperti otot perut, dada, bisep, trisep, glutes, paha belakang, dan paha depan.

Artinya, manfaat renang secara rutin dapat membakar kalori lebih banyak.

Adapun kalori yang dibakar sekitar 350-420 kalori per jam, lebih besar dari berjalan, yang membakar sekitar 177-279 kalori per jam.

Selain itu, sesi renang yang menyenangkan juga akan membantu melepas hormon endorfin.

Ini adalah zat kimia alami dalam tubuh yang berperan meningkatkan rasa bahagia.

Hormon endorfin juga dikaitkan bisa menghilangkan stres dan meningkatkan kualitas tidur.

9. Terapi untuk Penderita Asma

Terapi untuk Penderita Asma

Foto: Terapi untuk Penderita Asma (Orami Photo Stock)

Foto: olahraga di alam terbuka (Orami Photo Stock)

Melansir Healthline, udara dingin dan kering dapat memperparah gejala asma yang rentan dialami anak-anak.

Dengan mengajak anak-anak melakukan olahraga air berupa berenang, akan membantu mengendalikan keparahan gejala asma.

Ini disebabkan karena kelembapan udara yang tinggi di sekitar area kolam renang membuat saluran napas menjadi tidak kering.

Artinya, risiko terjadinya serangan asma menjadi lebih kecil.

10. Melancarkan Pernapasan

Melancarkan Pernapasan

Foto: Melancarkan Pernapasan

Foto: menghirup udara (Orami Photo Stocks)

Tidak hanya itu, dengan menahan napas saat berenang akan membantu mengembangkan kapasitas paru-paru.

Tujuan renang ini mendorong kemampuan anak-anak dalam mengontrol pernapasan mereka.

Untuk dapat memperoleh manfaat maksimal, hindari berenang di kolam yang mengandung klorin yang tinggi ya, Moms!

Kadar klorin atau kaporit untuk menjernihkan air, dikhawatirkan dapat menyebabkan penyempitan paru-paru.

Hal ini dapat turut memicu terjadinya gangguan pernapasan seperti sesak atau napas pendek.

Baca Juga: 7 Manfaat Jogging dan Tipsnya agar Tidak Cedera

11. Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Foto: Meningkatkan Kebugaran Tubuh

Foto: tubuh bugar (Orami Photo Stocks)

Pedoman NHS merekomendasikan bagi siapapun yang berusia 19-64 tahun, harus melakukan latihan aerobik setidaknya 150 menit dalam seminggu.

Ini mencakup latihan fisik apa saja seperti berjalan, berlari dan High Intensity Interval Training (HIIT).

Kalau Moms memilih olahraga berenang, durasi olahraga bisa dipangkas menjadi 75 menit saja.

Dengan catatan, Moms harus melakukan latihan berenang cepat yang tergolong dalam olahraga intensitas berat.

Selain lebih bugar, olahraga air ini juga akan memperkuat otot terutama pada bagian lengan, paha dan tubuh bagian atas.

12. Membuat Tubuh Lebih Fleksibel

Membuat Tubuh Lebih Fleksibel

Foto: Membuat Tubuh Lebih Fleksibel

Foto: gaya renang (Orami Photo Stocks)

Salah satu manfaat renang yang terbesar adalah benar-benar melatih seluruh tubuh, dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Gaya apa pun yang dipakai ketika berenang bisa bermanfaat, contohnya gaya dada, gaya punggung, gaya bebas atau gaya kupu-kupu.

Setiap gaya tersebut mengharuskan seseorang untuk menggerakkan hampir semua anggota tubuh.

Melakukan gerakan-gerakan peregangan yang berulang-ulang, akan melatih tubuh menjadi lebih fleksibel.

Baca Juga: 9 Gerakan Olahraga di Rumah yang Bisa Moms Coba!

13. Meredakan Stres Pikiran

Meredakan Stres Pikiran

Foto: Meredakan Stres Pikiran

Foto: renang gaya mengapung (Orami Photo Stocks)

Tetap aktif tidak hanya penting bagi kesehatan fisik, namun juga mental. Nah, berenang dapat membantu dalam hal ini.

Seperti Moms ketahui, ada banyak faktor penyebab stres, contohnya:

  • Masalah pekerjaan
  • Hubungan dengan orang lain
  • Masalah keuangan

Mengutip Swimming, manfaat renang telah terbukti dapat mengurangi gejala depresi dan kecemasan.

Hampir setengah juta orang dewasa di Inggris dengan masalah kesehatan mental, mengaku bahwa jumlah konseling kesehatan mental mereka berkurang karena berenang.

Selain itu, berenang dan berada di air dapat membantu relaksasi.

14. Dukung Pertumbuhan Tubuh Balita

Dukung Pertumbuhan Tubuh Balita

Foto: Dukung Pertumbuhan Tubuh Balita (Orami Photo Stock)

Foto: ibu dan anak berenang (Orami Photo Stocks)

Pengaruh renang terhadap pertumbuhan tubuh juga perlu disoroti, khususnya pada anak-anak.

Berenang juga memberikan manfaat bagi anak-anak usia balita, lho.

Untuk itu, Moms perlu mengenalkan kegiatan menyehatkan ini kepada Si Kecil. Bahkan bisa dimulai sejak ia berusia 1 tahun.

Selain menyehatkan badan, tujuan renang juga akan merangsang gerakan motoriknya.

Secara tak langsung, ini memaksimalkan perkembangan otot dan sendinya, serta membuat tubuhnya menjadi lentur.

15. Melatih Percaya Diri Anak

Melatih Percaya Diri Anak

Foto: Melatih Percaya Diri Anak

Foto: ibu dan anak bahagia (Orami Photo Stocks)

Berenang dapat melatih percaya diri dan kemandirian anak, lho! Anak akan lebih berani berada di dalam air dan tentunya menjadi bekal saat besar nanti.

Ini pun sebagai ajang untuk melatih kemampuan sosial anak guna beradaptasi dan menumbuhkan rasa kebersamaan dengan teman-temannya.

Secara tak sadar, berenang juga membuat anak-anak lebih bahagia terutama ketika bermain air.

Sekaligus untuk meningkatkan bonding atau quality time bersama-sama orang sekitarnya.

Baca Juga: Lokasi Hingga Cara, Berikut 18 Arti Mimpi Berenang

16. Olahraga Ramah Difabel

Olahraga Ramah Difabel

Foto: Olahraga Ramah Difabel

Foto: anak berenang (Orami Photo Stocks)

Perlu dikenali bahwa manfaat renang juga bisa dirasakan bagi mereka para difabel. Olahraga air ini melatih kepercayaan diri dan keterampilan sosial bagi kaum penyandang cacat.

Melalui sarana air, ini pun menjadi salah satu metode yang sering dipakai untuk pengobatan atau terapi tertentu.

Tentunya dengan berada dalam pantauan orang yang lebih ahli dan berpengalaman ya, Moms!

Itulah manfaat renang bagi semua kalangan dan rentang usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Apakah ada Moms yang sudah merasakan beberapa manfaat renang di atas?

  • https://www.nhs.uk/live-well/exercise/
  • https://pubs.asha.org/doi/10.1044/2021_JSLHR-20-00359
  • https://www.heart.org/en/healthy-living/fitness/fitness-basics/aha-recs-for-physical-activity-in-adults
  • https://www.obesityaction.org/community/article-library/swimming-for-weight-loss/
  • https://www.sleepfoundation.org/professionals/sleep-americar-polls/2013-exercise-and-sleep
  • https://www.swimming.org/justswim/swimming-improves-mental-health/
  • https://www.babycenter.com/pregnancy/diet-and-fitness/swimming-while-pregnant_7822