Kesehatan

13 Juli 2021

7 Manfaat Temulawak, Bisa Cegah Penuaan!

Manfaat temulawak bisa dirasakan oleh tubuh. Rempah ini bisa digunakan untuk cegah penuaan juga, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Widya Citra Andini

Manfaat temulawak sudah tidak diragukan lagi. Sedari dulu manfaat temulawak sudah dipakai oleh manusia dan dijadikan berbagai macam jenis obat.

Temulawak merupakan salah satu rempah-rempah asli Indonesia yang bentuknya mirip dengan kunyit. Jenis tanaman ini mampu mengobati berbagai macam penyakit yang berbeda.

Cara pengobatan alami yang menggunakan temulawak sudah dilakukan sejak 4.000 tahun lalu.

Dalam pengobatan Ayurvedic dan tradisional Tiongkok, para ahli menganggap temulawak sebagai obat anti-inflamasi dan penyembuh luka yang efektif.

Baca Juga: 7 Manfaat Kunyit Asam Selain untuk Nyeri Haid

Di Indonesia, temulawak sering dijadikan sebagai bahan yang ada dalam jamu. Selain sebagai bahan jamu, tentunya juga sering dimanfaatkan sebagai bahan untuk pengobatan tradisional.

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan

Memang apa saja sih manfaat temu lawak sampai banyak digunakan? Yuk, cari tahu!

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

manfaat temulawak

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari laman Incorpore Medical Center, ditemukan fakta bahwa manfaat temulawak salah satunya adalah untuk pencernaan.

Temu lawak mampu merangsang produksi empedu di kantong empedu yang dapat membantu memperlancar pencernaan.

The German Commission E, badan yang menentukan ramuan mana yang aman diresepkan di Jerman, mendukung temulawak untuk mengobati berbagai masalah pencernaan termasuk gangguan pencernaan, kembung, gas, dan dispepsia.

Sebuah studi tahun 2006 yang diterbitkan dalam Clinical Gastroenterology and Hepatology memeriksa pasien yang menderita kolitis ulseratif.

Pasien yang mengonsumsi temu lawak harian mengalami tingkat kambuhan yang jauh lebih rendah daripada pasien yang menggunakan plasebo selama enam bulan.

Baca Juga: 6 Manfaat Kunyit Putih untuk Kesehatan

2. Mengurangi Sakit Akibat Osteoartritis

manfaat temulawak

Foto: Orami Photo Stock

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2009 oleh Journal of Alternative dan Complementary Medicine memeriksa pasien penderita artritis lutut yang diberikan ekstrak temu lawak lokal atau ibuprofen setiap hari selama enam minggu.

Pada akhir penelitian, penelitian menunjukkan bahwa temu lawak lokal bekerja sama baiknya dengan ibuprofen untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi di lutut tanpa efek samping yang merugikan.

3. Mencegah Kanker

manfaat temulawak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat temulawak selanjutnya dapat membantu mencegah, mengendalikan, atau bahkan membunuh beberapa jenis kanker termasuk kanker payudara, usus besar, dan prostat.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2001 dalam jurnal ilmiah "The Prostate," menemukan bahwa curcumin ternyata dapat menghambat pertumbuhan kanker prostat.

Selain itu, juga memiliki potensi untuk mencegah perkembangan kanker menjadi lebih parah.

Baca Juga: Tambahkan 6 Rempah Ini dalam Perawatan Kulit Moms Agar Tetap Awet Muda

Meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut, tampaknya temu lawak memiliki potensi yang kuat untuk melawan berbagai kanker.

Pusat Medis Universitas Maryland menjelaskan bahwa temulawak dapat bekerja dengan menghentikan pertumbuhan pembuluh darah yang memasok pertumbuhan kanker.

Selain itu, kandungan antioksidan di dalamnya juga bantu melindungi sel dari kerusakan.

Wah, ternyata banyak manfaat temulawak yang biasanya kita temukan! Jadi, Moms ingin rutin mengonsumsi jamu temulawak mulai sekarang?

Selain menjaga kesehatan tubuh dengan minum jamu, pastikan Moms tetap di rumah dan sebisa mungkin mengurangi kegiatan di luar.

Baca Juga: 17 Manfaat Buah Durian, Bisa Mencegah Penuaan dan Menjaga Kesehatan Tulang, Luar Biasa!

4. Menunda Penuaan

manfaat temu lawak

Foto: Orami Photo Stock

Menjadi tua adalah sebuah hal yang menakutkan bagi kebanyakan orang. Melihat kulit yang mulai keriput dan kendur, serta risiko penyakit di usia menjadi hal yang banyak ditakutkan.

Namun, tahukah Moms kalau salah satu manfaat temulawak adalah menunda penuaan?

Dalam sebuah jurnal yang berjudul Curcumin, Inflammation, Ageing and Age-related Diseases, disebutkan bahwa temu lawak sendiri adalah sebuah rempah yang sangat populer untuk digunakan sebagai suplemen anti-penuaan.

Baca Juga: Gejala Depresi dan Kelelahan Hampir Sama, Ini Cara Bedakannya

5. Bantu Menghadapi Depresi

manfaat temu lawak

Foto: Orami Photo Stock

Depresi adalah sebuah kondisi yang menyerang mental. Kondisi ini sama buruk dan berbahayanya dengan kondisi yang menyerang fisik manusia.

Depresi sendiri bukanlah sebuah hal yang bisa disepelekan. Sayangnya, banyak orang yang belum menyadari bahayanya kondisi ini ketika dimiliki oleh seseorang.

Ternyata, manfaat temu lawak yang lain adalah bisa membantu kita dalam melawan kondisi depresi.

Dalam sebuah studi yang berjudul Efficacy and Safety of Curcumin in Major Depressive Disorder: A Randomized Controlled Trial dilakukan penelitian acak terhadap 60 orang yang memiliki depresi. Mereka dipisah dalam 3 kelompok.

Grup pertama diberikan Prozac, grup kedua diberikan 1 gram temulawak, dan grup ketiga diberikan Prozac dan juga temulawak.

Setelah 6 minggu, grup yang menggunakan temulawak sendiri menunjukkan kemajuan yang mirip dengan Prozac. Sementara grup yang mengonsumsi keduanya mengalami kemajuan kondisi yang sangat baik.

Dalam sebuah studi yang lain, temulawak sendiri bekerja dengan baik sebagai antidepresan, Moms!

Sebuah jurnal yang berjudul Antidepressant Activity of Curcumin: Involvement of Serotonin and Dopamine System menunjukkan beberapa bukti.

Disebutkan bahwa temulawak sendiri bisa mendorong otak untuk memproduksi dan melepaskan serotonin dan juga dopamin, yaitu hormon bahagia.

Baca Juga: 11 Contoh Kuku yang Tidak Sehat, Bisa Jadi Tanda Anemia Hingga Penyakit Jantung

6. Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung

manfaat temu lawak

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat temulawak yang lain adalah bisa mengurangi risiko tubuh terkena penyakit jantung. Penyakit jantung adalah kondisi nomor 1 yang menyebabkan kematian di seluruh dunia.

Para peneliti pun mempelajari penyakit ini selama berpuluh tahun dan mempelajari alasan penyakit ini bisa hadir di tubuh manusia.

Tentu saja, ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang bisa terkena penyakit jantung. Namun, obat-obatan tradisional ternyata bisa membantu kita untuk mencegah hadirnya penyakit ini.

Dilansir dari sebuah jurnal yang berjudul The Protective Role of Curcumin in Cardiovascular Diseases, manfaat temulawak sendiri bisa membantu tubuh mencegah munculnya penyakit jantung.

Para peneliti menduga bahwa manfaat utama dari temulawak dalam mencegah penyakit jantung sendiri karena rempah ini bisa meningkatkan fungsi endotelium yang merupakan lapisan pembuluh darah.

Baca Juga: Ini Bedanya Alzheimer dan Demensia, Terkadang Memang Membingungkan ya

7. Mencegah dan Mengobati Alzheimer

manfaat temu lawak

Foto: Orami Photo Stock

Alzheimer adalah sebuah penyakit nerodegeneratif paling umum di dunia yang bisa menjadi penyebab utama demensia.

Sayangnya, hingga saat ini masih belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan kondisi ini.

Meski demikian, mencegah adalah hal yang terbaik untuk dilakukan daripada mengobati. Karenanya, kita harus senantiasa menjaga kesehatan tubuh dari sekarang.

Dalam sebuah jurnal yang berjudul The Effect of Curcumin (Turmeric) on Alzheimer's Disease: An Overview diketahui bahwa manfaat temulawak sendiri bisa digunakan untuk mencegah penyakit Alzheimer.

Meski demikian, masih belum bisa diketahui dengan pasti mengapa temulawak bisa digunakan sebagai ramuan untuk mencegah Alzheimer.

Para peneliti pun masih harus mempelajari manfaat temulawak untuk pengobatan Alzheimer lebih dalam lagi.

Nah, itu dia Moms manfaat temu lawak yang bisa Moms manfaatkan untuk kesehatan tubuh. Yuk, jaga tubuh dan kesehatan kita mulai hari ini. Jangan tunda sampai besok ya!

Sumber:

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19678780
  • https://www.cghjournal.org/article/S1542-3565(15)01195-7/fulltext
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/20205886/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23832433/
  • https://link.springer.com/article/10.1007/s00213-008-1300-y
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19233493/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait