Pernikahan & Seks

28 Juli 2021

Apakah Memasukkan Jari Ke Miss V Berbahaya? Cek Kebenarannya!

Cari tahu juga hukumnya menurut Islam
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Suami istri dapat melakukan hubungan seksual dengan berbagai cara. Bukan hanya mendapatkan kesenangan dari bertemunya dua kelamin saja, tapi juga bisa dengan cara memasukkan jari ke miss v atau dikenal juga dengan nama fingering.

Fingering juga dikenal sebagai penetrasi manual, petting berat, dan sejumlah istilah lainnya. Ini bisa menjadi aktivitas seksual yang menyenangkan dan juga bisa menjadi bagian dari foreplay yang akan memanaskan suasana.

Banyak orang beranggapan bahwa memasukkan jari ke miss v adalah seks yang sangat aman. Ini karena fingering jauh lebih kecil risikonya daripada bentuk penetrasi lainnya. Namun, penelitian menunjukkan bahwa Moms dapat tertular penyakit menular seksual (PMS) dari fingering, dikutip Planned Parenthood.

Baca Juga: 5 Makanan Peningkat Gairah Seksual yang Wajib Dicoba

Risiko Memasukkan Jari ke Miss V

Memasukkan Jari Ke Miss V -1

Foto: Orami Photo Stock

Ada sangat sedikit penelitian yang menjawab pertanyaan apakah memasukkan jari ke miss v merupakan faktor risiko penularan PMS. Logika mengatakan bahwa kemungkinan besar orang dapat tertular PMS dari jari seseorang.

Meski begitu, risikonya lebih rendah daripada aktivitas seks yang lain seperti seks oral atau. Namun, tentu saja memasukkan jari ke miss v tidak bebas risiko.

Sulit untuk melakukan studi tentang risiko fingering karena sangat sedikit orang yang hanya mengalami fingering sebagai metode yang mungkin untuk risiko penyebaran PMS.

Ada beberapa penelitian tentang keberadaan PMS di tangan dan di bawah kuku, terkait dengan penelitian apakah PMS dapat ditularkan melalui sebuah benda.

Data terbaik tentang apakah fingering dapat menjadi penularan PMS mungkin untuk human papillomavirus (HPV), menurut Sexually Transmitted Infection. Ini sangat umum dan mudah ditularkan, yang membuatnya lebih mudah dipelajari daripada PMS lainnya.

Beberapa penelitian telah menemukan HPV di bawah kuku orang dengan infeksi HPV genital. Jari-jari itu dapat mengekspos pasangan ke HPV.

Sebuah studi yang mengamati HPV dan fingering meneliti risiko HPV dari fingering pada gadis perawan dan menemukan bahwa risikonya relatif rendah. Namun, penelitian itu hanya melihat satu jenis HPV. Selain itu, jumlah perawan yang pernah mengalami vaginal fingering sedikit.

Oleh karena itu, terlalu dini untuk berasumsi bahwa fingering sepenuhnya aman. Itu terutama benar karena penelitian lain telah menemukan hubungan antara fingering anal dan HPV.

Selain itu, gesekan dan tekanan saat memasukkan jari ke miss v dapat menyebabkan iritasi pada area genital yang sensitif.

Tapi gatal dan kemerahan yang berlangsung selama beberapa minggu juga bisa menjadi tanda infeksi yang bisa memburuk jika tidak diobati, dilansir Kids Health.

Baca Juga: Tips Anti Canggung Membahas Seks dengan Suami

Cara Mengurangi Risiko

Memasukkan Jari Ke Miss V -2

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms dan Dads memang menikmati memasukkan jari ke miss v, ada cara untuk membuatnya lebih aman. Misalnya, Moms dapat bisa memakai sarung tangan atau kondom jari.

Moms juga dapat memastikan tangan dan jari bersih dengan mencuci tangan sebelum measukkan jari ke miss v, baik untuk Moms sendiri atau jika Dads yang melakukannya. Ini dapat mengurangi risiko penyebaran PMS.

Jika Moms memiliki kuku yang panjang, ada beberapa trik menggunakan sarung tangan untuk seks yang aman. Moms melapisi kuku dengan kapas sebelum mengenakan sarung tangan untuk meminialisi gesekan yang fatal.

Jika Moms atau Dads sedang menderita sakit flu, jangan memasukkan jari ke miss v. Sebab, virus penyebab cold sores dapat berpindah ke alat kelamin dan dapat berubah menjadi herpes genital.

Adanya penghalang semacam kondom antara alat kelamin/mulut/anus dan pasangan dapat menjadi cara aman saat melakukan fingering.

Perlu diingat bahwa jenis penghalang ini mengurangi risiko penularan PMS saat berhubungan seks, tetapi tidak sepenuhnya menghilangkan risiko sama sekali.

Cara terbaik untuk dilindungi diri dan pasangan adalah dengan selalu konsisten dan benar menggunakan metode penghalang dalam setiap tindakan seksual, termasuk saat memasukkan jari ke miss v, dilansir Centers for Disease Control and Prevention (CDC) .

Baca Juga: 3 Langkah untuk Kehidupan Seks yang Berkualitas

Hukum Fingering dalam Islam

Memasukkan Jari Ke Miss V -3

Foto: Orami Photo Stock

Menurut Konsultasi Syariah, suami-istri diperbolehkan untuk menikmati anggota badan masing-masing, agar bisa membangkitkan syahwat, selama menjauhi dubur dan kemaluan apalagi ketika haid atau nifas.

Oleh karena itu, tidak ada larangan bagi seorang suami untuk memasukkan jari ke miss v milik istrinya. Terlebih jika hal tersebut dalam rangka memuaskan pasangan

Pada dasarnya, hukum bervariasi saat berhubungan intim adalah boleh termasuk suami memasukkan jari ke dalam miss v istri untuk memberikan kesenangan saat bercinta. Hal tersebut seperti terdapat salah satu surat dalam Alquran:

Artinya: “Isteri-isterimu adalah ladangmu, maka datangilah ladangmu kapan saja dengan cara yang engkau sukai. Dan utamakanlah (yang baik) untuk dirimu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa engkau (kelak) akan menemui-Nya. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang beriman.” (QS Al-Baqarah: 223)

Jika yang disentuh adalah bagian luar kemaluan istri dan tidak sampai memasukkan jari terlalu dalam seperti memegang klitoris atau kegiatan semacamnya, maka para ulama menegaskan bahwa hal itu diperbolehkan.

Hanya saja perlu dipahami bahwa para ulama mengingatkan, perbuatan semacam ini tidak sejalan dengan akhlak yang mulia dan tabiat yang baik.

Sebab, Allah SWT telah memberikan syariat terbaik dalam masalah ini, dengan dihalalkannya jima’ atau hubungan intim. Sebagai hamba-Nya yang baik, selayaknya seseorang mencukupkan diri dengan hal-hal yang telah dihalalkan.

Catat hal-hal tekait memasukkan jari ke miss v di atas agar tidak mengubah kesenangan menjadi ketakutan karena meningkatkan berbagai risiko negatif ya.

  • https://pecihitam.org/memasukkan-jari-ke-miss-v-istri-saat-bercinta/
  • https://www.verywellhealth.com/can-fingering-give-me-an-std-3133099
  • https://www.plannedparenthood.org/learn/teens/ask-experts/can-i-get-any-sort-of-diseases-from-my-boyfriend-fingering-me
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/10616355/
  • https://kidshealth.org/en/teens/infections.html
  • https://konsultasisyariah.com/4876-hukum-memasukkan-jari-ke-vagina.html
  • https://helloclue.com/articles/sex/safer-sex-101
  • https://www.cdc.gov/condomeffectiveness/docs/Condoms_and_STDS.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait