Program Hamil

27 Agustus 2021

Ini Perbedaan Jerawat Tanda Hamil dan Haid, Jangan sampai Terkecoh ya Moms!

Waktu serta durasi kemunculan menjadi salah satu perbedaan jerawat tanda hamil dan haid
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Banyak Moms kesulitan mencari tahu apakah mereka hamil, mengalami PMS, atau akan memulai menstruasi. Biasanya Moms awal kehamilan dan PMS bisa jadi perubahan suasana hati, sakit punggung namun bagaimana dengan jerawat? Adakah perbedaan jerawat tanda hamil dan haid?

International Journal of Women’s Dermatology pada 2017 mengungkap sejumlah wanita usia 20-30 tahun dilaporkan mengalami jerawat saat hamil. Dilansir dari Mayo Clinic, jerawat yagn timbul saat hamil disebabkan oleh produksi sebum atau minyak yang berlebihan.

Sebum sendiri merupakan zat yang dipicu oleh peningkatan produksi hormon estrogen dan progesterone selama hamil. Utamanya, pada periode-periode awal kehamilan. Jerawat juga menjadi salah satu tanda Moms sedang hamil muda.

Tapi, ingat Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah Moms hamil adalah dengan tes kehamilan. Alat tes kehamilan di rumah tersedia tanpa resep di apotek dan sebagian besar toko kelontong.

Perbedaan Jerawat Tanda Hamil dan Haid

Perbedaan jerawat tanda hamil dan menstuasi

Foto: Orami Photo Stock

Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology pada 2014 mengungkap sebanyak 65 persen wanita mengalami jerawat di wajah saat menstruasi. Jadi, jerawat saat menstruasi sama seperti jerawat saat hamil karena juga dipicu factor hormon.

Selain faktor hormon, muncul jerawat saat hamil maupun haid juga bisa dipicu oleh tersumbatnya folikel rambut oleh sel kulit mati, peradangan dan manifestasi bakteri. Namun, ada sedikti perbedaan jerawat tanda hamil dan haid, yaitu:

1. Waktu dan Durasi Kemunculan

Moms, perbedaan jerawat tanda hamil dan haid bisa dikenali dari waktu dan durasi kemunculan. Jerawat saat hamil biasanya menetap di kulit dalam jangka waktu yang cukup lama. Kemunculan jerawat saat hamil juga diikuti oleh gejala-gejala lain seperti warna kulit yang berubah menjadi lebih gelap.

Pada kandugnan masih berusia muda, biasanya Moms akan mengalami jerawat. Hal ini terjadi karena pada masa ini kulit memproduksi sebum.

Sementara itu, jerawat haid biasanya memiliki durasi kemunculan yang lebih sebentar ketimbang jerawat saat hamil. Beberapa Moms merasakan kemunculan jerawat haid sejak pramenstruasi dan akan hilang saat menstruasi datang atau selesai.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Aman Mengatasi Jerawat Saat Hamil

2. Kondisi Jerawat

Perbedaan jerawat tanda hamil dan haid lainnya adalah kondisi jerawat. Jerawat saat hamil cenderung akan keras saat disentuh. Lantaran, produksi sebum yang terlalu banyak sehingga menyebabkan pengerasan. Kemudian, jerawat saat hamil cenderung lebih sakit saat kita sentuh. Hal ini terjadi karena benjolan tersebut sangat keras apalagi jika tumbuh sekitar area yang sensitif pada wajah.

Perbedaan jerawat tanda hamil dan haid lainnya yaitu saat hamil kemungkinan jerawat akan muncul pada wajah terdapat area yang disebut dengan Zona T. Daerah ini meliputi dahi, hidung, dan dagu. Wanita hamil akan mengalami perubahan hormon yang luar biasa hingga menyebabkan munculnya jerawat. Jerawat yang muncul di Zona T, padahal tidak sedang menstruasi, bisa jadi adalah tanda awal kehamilan. Terutama jika jerawat muncul pada area dagu.

Pada jerawat yang timbul karena haid bisa muncul dengan lebih bervariasi. Ada yang muncul berupa jerawat besar dan hanya pada beberapa bagian wajah. Namun ada juga wanita yang mengalami jerawat berbentuk kecil-kecil atau bruntusan yang muncul secara merata pada wajah

Kendati pada umumnya jerawat tanda hamil dan haid muncul di wajah, tidak menutup kemungkinan jerawat timbul di area kulit lainnya, seperti punggung, dada, dan bahu.

3. Sulit Dihilangkan dengan Obat Jerawat

Moms, perbedaan jerawat tanda hamil dan haid sendiri juga terletak dari tidak mudahnya diobati. Ya, jerawat hormon biasanya punya ciri-ciri yang mirip dengan jerawat batu. Nah, jerawat batu biasanya akan hilang dengan berbagai macam obat jerawat batu yang ada di apotik. Tapi, tidak dengan jerawat yagn menjelang haid karena jerawat ini memang tidak disebabkan oleh penyumbatan kotoran atau minyak berlebih, tetapi akibat ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang terganggu.

Itulah mengapa jerawat menjelang haid sulit disembuhkan dengan obat jerawat. Jerawat haid akan sembuh dengan sendirinya segera setelah masa haid. Sedangkan, jerawat hamil biasanya akan hilang begitu saja seusai melahirkan sama seperti pregnancy glow yang hanya bisa didapati saat Moms hamil.

Baca Juga:Apa Itu Jerawat Hormonal dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Perbedaan Tanda Hamil dan Haid

Perbedaan jerawat tanda hamil dan menstuasi

Foto: Orami Photo Stock

Selain perbedaan jerawat tanda hamil dan haid, ada juga beberapa perbedaan tanda hamil dan haid yang perlu Moms ketahui:

1. Pendarahan atau Bercak

Bercak ringan (pendarahan tidak cukup untuk merendam pembalut atau tampon) kadang-kadang terjadi sekitar waktu implantasi embrio ke dalam rahim pada awal kehamilan. Ini dikenal sebagai pendarahan implantasi. Ini tidak sama dengan pendarahan hebat yang mungkin dialami beberapa wanita di awal menstruasi.

2. Kelelahan

Kelelahan umum terjadi pada wanita pada tahap awal kehamilan, tetapi juga terjadi sebagai tanda PMS pada banyak wanita. Namun, kelelahan PMS umumnya hilang begitu periode dimulai.

Baca Juga:Ini Cara Mengatasi Jerawat Akibat Salah Memilih Skin Care

3. Mengidam Makanan

Banyak wanita mengalami mengidam makanan atau nafsu makan meningkat sebelum awal menstruasi. Mengidam makanan dan keengganan juga khas kehamilan, meskipun mengidam makanan kehamilan seringkali lebih spesifik dan intens daripada selama PMS atau sebelum menstruasi.

4. Mual dan/atau Muntah

Mual dan muntah lebih khas pada awal kehamilan dan bukan merupakan gejala umum PMS atau mendekati periode menstruasi. Karena itu, jika Moms sedang hamil, kemungkinan besar Moms akan mengalami gejala-gejala ini.

Baca Juga:Cara Mengatasi Jerawat Bruntusan yang Tak Kunjung Hilang

5. Kram

Kram dan nyeri perut atau panggul terjadi pada banyak wanita sebelum, atau bahkan selama periode menstruasinya. Gejala-gejala ini seringkali sangat mengganggu bagi wanita dengan PMS. Namun, beberapa wanita mungkin mengalami kram saat kehamilan di masa awal.

6. Merasa Kembung

Kembung adalah hal yang wajar karena retensi cairan, yang dapat memberikan rasa kenyang. Berat badan mungkin meningkat dan kemudian menurun ketika menstruasi dimulai. Sedangkan, Moms mungkin lebih sering kembung selama kehamilan, terutama setelah makan karena hormon yang terus berfluktuasi.

Baca Juga:Kenapa Sih Kulit Sering Berjerawat? Ketahui 5 Penyebabnya

7. Sakit kepala

Sakit kepala terjadi karena perubahan hormonal dan mereda saat menstruasi dimulai. Sedangkan, saat hamil, perubahan kadar hormon dapat menyebabkan sakit kepala mendadak yang berlangsung lebih lama dan bisa sangat menyakitkan.

8. Merasa Bergas

Lonjakan hormon memperlambat saluran pencernaan, yang dapat membuat wanita mengalami gas. Namun, mereka sering dapat mengendalikannya agar tidak keluar. Sedangkan saat hamil, karena Moms tidak memiliki kendali atas otot, menjadi sulit untuk mengontrol gas dan mungkin mengeluarkannya.

Banyak wanita yang memiliki jerawat saat hamil dan haid. Bahkan, beberapa yang sudah memiliki jerawat memburuk saat hamil.

Setelah mengetahui perbedaan jerawat tanda hamil dan haid, The American College of Obstetricians and Gynecologists menjelaskan jika Moms mengalami jerawat tanda hamil dan haid maka cuci wajah dua kali sehari dengan pembersih ringan dan air hangat.

Jika memiliki rambut berminyak, keramaslah setiap hari dan usahakan agar rambut tak menempel di wajah. Hindari memencet atau memencet luka jerawat untuk mengurangi kemungkinan bekas luka. Terakhir pilih kosmetik yang bebas minyak.

  • https://medlineplus.gov/ency/article/000052.htm
  • https://wajahjerawat.com/perbedaan-jerawat-tanda-hamil-dan-haid
  • https://www.sehatq.com/forum/cotton-bud-q15289
  • https://www.acog.org/womens-health/faqs/skin-conditions-during-pregnancy?utm_source=redirect&utm_medium=web&utm_campaign=int
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/weird-early-pregnancy-symptoms
  • https://www.healthline.com/health/womens-health/pms-symptoms-vs-pregnancy-symptoms#cramping
  • https://www.medicinenet.com/pms_vs_pregnancy_differences_and_similarities/article.htm
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4142818/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5555287/
  • https://www.mayoclinic.org/healthy-lifestyle/pregnancy-week-by-week/expert-answers/pregnancy-acne/faq-20058045’
  • https://parenting.firstcry.com/articles/pms-symptoms-vs-pregnancy-symptoms-period-pregnant/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait