Program Hamil

18 Januari 2021

Ingin Cek Hamil atau Tidak? Ini 6 Test Pack yang Bagus untuk Moms

Ikuti juga tips memilih test pack yang bagus di bawah ini ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Adeline Wahyu

Setiap hari yang dilewati sambil bertanya-tanya apakah Moms sedang hamil atau tidak, bisa terasa seperti saat-saat terpanjang dalam hidup.

Ada banyak emosi yang datang saat mengantisipasi datangnya kehamilan.

Entah itu berupa pengharapan atau tidak, hal pertama yang mungkin akan Moms lakukan jika merasakan tanda-tanda kehamilan adalah melakukan cek kehamilan dengan menggunakan test pack yang bagus dan akurat.

Menggunakan test pack yang bagus di rumah, dapat memberi Moms jawaban cepat untuk pertanyaan besar yang Moms ajukan ini.

Hal ini juga dapat memberi tahu Moms jika nyatanya, Moms perlu menjadwalkan janji temu dengan dokter atau bidan.

Sheryl Ross, MD, OB-GYN di Santa Monica, California, mengatakan test kehamilan yang paling akurat adalah test kehamilan yang dilakukan di dokter dengan menggunakan sample darah dan urin.

Menurutnya, test darah yang dilakukan sepuluh hari setelah ovulasi akan memberikan hasil 99% akurat.

Terdapat dua jenis tes darah untuk melihat kehamilan, yaitu:

  • Tes serum darah kualitatif. Tes ini akan memastikan apakah ada Human chorionic gonadotropin (hCG) atau tidak dan pada dasarnya menawarkan hasil ya (hamil) atau tidak (tidak hamil). Tes darah hCG kualitatif sama akuratnya dengan tes urine di rumah.
  • Tes serum darah kuantitatif. Tes ini juga dikenal sebagai tes beta hCG untuk mengukur jumlah hCG yang tepat dalam darah seseorang. Karena tes ini dapat mendeteksi jumlah jejak hCG, tes ini sangat akurat. Dokter menggunakan tes ini bersama dengan ultrasound. Menurut jurnal The American College of Obstetricians and Gynecologists tes ini juga bermanfaat untuk mendiagnosis keguguran dini.

"Akan tetapi, test di rumah dengan menggunakan test pack yang bagus yang dibeli di toko juga bisa memberikan hasil 99% akurat jika digunakan dalam situasi yang tepat. Biasanya, 99% efektif sejak hari kita melewatkan menstruasi dan seterusnya. Sebaliknya, akan kurang efektif sebelum itu," katanya seperti dikutip dari Insider.

Namun karena kunjungan dokter seringkali kurang nyaman dan lebih mahal, kebanyakan orang akan memilih tes pack yang bagus yang dijual di toko dan dapat dilakukan di rumah.

Sayangnya, hal ini tidak sesederhana kedengarannya karena ada banyak pilihan.

Bagaimana Moms memilih test pack yang bagus dan paling akurat? Yuk, kita simak, Moms.

Baca Juga: Apakah Bisa Pakai Test Pack untuk Memeriksa Hamil 1 Minggu?

Cara Memilih Test Pack yang Bagus

memilih test pack yang bagus.jpeg

Foto: parenting.firstcry.com
Pada umumnya tidak ada satu test pack pun yang benar-benar sempurna atau paling baik di luar sana. Namun, tentu tidak susah memilih test pack yang bagus untuk Moms.

Cara beberapa test pack melakukan pengukuran kehamilan itu akan bervariasi. Berikut beberapa tips untuk memilih test pack yang bagus untuk Moms.

1. Test Pack Digital atau Analog

Testpack Digital.jpeg

Foto: parenting.firstcry.com

Memilih test pack yang bagus, hal pertama yang harus dilakukan adalah putuskan apakah Moms lebih suka alat test pack 'analog' biasa atau digital. Keduanya sama-sama akurat, tetapi perbedaannya terletak pada cara Moms membaca hasilnya.

Test pack digital secara harfiah menjelaskan apakah Moms hamil atau tidak dengan tulisan. Sementara itu, test pack analog menganjurkan Moms untuk menginterpretasi arti baris yang tertera pada test pack tersebut.

Bahkan garis tipis pun mungkin masih bisa menunjukkan hasil yang positif.

Beberapa orang mungkin sedikit kesulitan dalam membaca hasil test pack analog karena gambar garisnya yang terkadang bisa saja tidak terlihat jelas atau redup.

Meskipun demikian, test pack analog umumnya lebih murah daripada tes digital.

Jadi, test pack digital akan menghilangkan tebakan dari analisis pada test pack analog. Akan tetapi, tes tersebut tidak selalu lebih akurat.

"Saya secara pribadi merekomendasikan test pack yang bagus adalah tes non-digital. Apalagi ada biaya yang harus dipertimbangkan untuk test pack digital. Bahkan test pack yang bagus dan mahal sekalipun berpotensi tidak akurat jika dilakukan terlalu cepat. Kita juga harus selalu mengecek tanggal kedaluwarsa, terutama jika produk tersebut sedang diobral di toko," saran Ross.

2. Test Pack Bermerek atau Generik

Test pack strip reguler .jpeg

Foto: amazon.co.uk
Beberapa wanita hanya merasa nyaman dengan test pack yang bagus, yang diproduksi oleh brand ternama atau bermerek.

Tetapi, test pack dari brand atau merek generik telah terbukti sama akuratnya dengan test pack merek ternama, selama Moms mengujinya tujuh hari setelah melewatkan masa menstruasi.

Intinya, Moms akan menghemat uang dengan menunggu beberapa hari dan menggunakan test pack biasa. Sayangnya, apakah Moms bersedia untuk berhemat demi menunggu kabar bahagia tersebut?

3. Test Pack Deteksi Dini atau Deteksi Reguler

Test Pack Deteksi Dini.jpeg

Foto: chemistwarehouse.com.au

Test pack yang bagus selanjutnya adalah tes pack deteksi dini.

Moms mungkin pernah melihat iklan untuk test pack kehamilan yang menjamin hasil deteksi dini atau hingga tujuh hari sebelum Moms benar-benar melewatkan menstruasi.

Jika Moms memilih test pack untuk deteksi dini, Moms akan menghabiskan sedikit lebih banyak uang yang akan sepadan jika Moms merasa terlalu cemas untuk menunggu beberapa hari!

Namun tidak ada jaminan test pack dini yang digadang-gadangkan dapat mendeteksi kehamilan lebih cepat tersebut akan akurat.

Seperti seharusnya, idealnya Moms harus menunggu untuk melakukan tes kehamilan sampai seminggu setelah periode yang terlewat untuk hasil yang paling akurat.

Jika Moms tidak ingin menunggu sampai Moms melewatkan menstruasi, Moms harus menunggu setidaknya satu hingga dua minggu setelah berhubungan seks.

Jika Mom hamil, tubuh Moms membutuhkan waktu untuk mengembangkan tingkat HCG yang terdeteksi dan American Pregnancy menyebutkan bahwa biasanya membutuhkan waktu 7-12 hari setelah implantasi telur berhasil.

Ross juga menyarankan hal yang sama yaitu menunggu haid yang terlewat dan menguji urine di pagi hari sebagai cara yang paling akurat, selain pergi ke dokter kandungan.

Kegunaan HPT dipertanyakan. Dokter perlu menyadari keterbatasan merek HPT saat ini.

"Jika memeriksa beberapa hari sebelum menstruasi, apakah itu digital atau non-digital; bermerek atau standar; deteksi dini atau reguler; itu tidak akan seakurat jika kita melakukan tes sehari setelah menstruasi diharapkan datang."

Baca Juga: Hasil Test Pack Positif, Kenapa Bisa Berubah jadi Negatif?

Rekomendasi Test Pack yang Bagus

Dari beberapa merek test pack yang beredar, terdapat beberapa pilihan merk yang bagus karena dianggap cukup akurat. Merek test pack yang bagus itu adalah sebagai berikut.

1. Sensitif

Sensitif Test Pack.png

Foto: Sensitif Indonesia

Sensitif adalah salah satu test pack yang bagus dari merek lokal. Produk test pack merek Sensitif memiliki beberapa varian mulai dari test pack Sensitif strip yang tergolong analog, Sensitif compact dan Sensitif digital.

Sensitif Digital mengklaim bahwa mereka satu-satunya test kehamilan yang memberikan hasil pasti dan akurat yaitu dengan menampilkan tulisan "YES" - Hamil atau "NO" - Tidak Hamil.

Tidak hanya itu, mereka juga menklaim bahwa produk ini memiliki hasil 99,9% akurat.

Sensitif Digital sangat sensitif sehingga bisa digunakan 5 hari sebelum telat haid. Praktis dan nyaman dipegang karena berbentuk stik dan ada tutup di bagian ujung testnya, Sensitif Digital dapat disimpan secara higienis.

2. Andalan

Andalan Strip adalah salah satu test pack yang bagus, yang dipasarkan oleh DKT Indonesia.

Test pack yang bagus ini juga menklaim memiliki tingkat akurasi 99%, di mana Moms hanya perlu mencelupkan test pack dalam urine selama 30 detik dan hasilnya akan terlihat dalam waktu 1–3 menit.

Dengan menjadi program keluarga berencana mikik swasta yang terbesar di Indonesia, DKT Indonesia juga memasarkan IUD dan juga kondom.

Itu artinya, produk test pack ini cukup baik dan bisa menjadi pilihan Moms bukan?

Baca Juga: Hasil Testpack Negatif Tapi Hamil, Bisa Jadi Ini 6 Penyebabnya

3. Onemed

onemed testpack.jpeg

Foto: Instagram/OneMed

Test pack yang bagus selanjutnya adalah Onemed. Review dari beberapa pengguna produk test pack ini mengatakan bahwa Onemed pantas masuk menjadi salah satu jajaran merek test pack yang bagus.

Selain hasil garisnya yang jelas, packaging dari produk ini cukup unik karena menyediakan formulir tentang hasil test kehamilan yang bisa diisi setelah mendapatkan hasil tesnya.

Produk ini sendiri mengklaim memiliki akurasi 99,9% dengan sensitifitas 20 mIU.

Onemed memiliki dua varian jenis test pack yang dijual yaitu bentuk strip seharga Rp1.000, serta bentuk stick dengan nama produk OneMed Siklus seharga kurang lebih Rp17.000. Murah sekali bukan?

4. Akurat

Merek test pack yang bagus yang diproduksi oleh merek lokal lainnya dengan harga cukup terjangkau adalah Akurat. Merek ini menyedikan dua varian yaitu strip dan compact.

Akurat mengclaim dapat mendeteksi kehamilan lebih cepat yaitu satu minggu setelah berhubungan.

Selain itu, produk ini juga menjanjikan dapat memberikan hasil dalam waktu 1-3 menit dengan tingkat akurasi 99%.

Baca Juga: 3 Hal Yang Harus Dilakukan Ketika Mengetahui Hasil Test Pack Positif

5. HCG

Test pack merk hcg.jpeg

Foto: Alibaba.com

Daftar test pack yang bagus urutan kelima adalah HCG.

Bentuk test pack HCG berbeda dari yang lain, karena jika Moms memilih produk HCG Colloidal Gold Rapid Screen Test, maka Moms akan mendapat strip pengujian yang mirip dengan model rapid test.

Untuk melakukannya, Moms akan mendapatkan pipet untuk mengambil sampel urine dan setelah itu bisa meneteskan sampel urine tersebut ke test pack HCG ini.

Produk ini menklaim dapat memberikan keakuratan mencapai 99% dan memiliki sensitivitas mencapai 20 mlU/ml.

Seperti biasa, Moms hanya perlu menunggu sampai tanda garis kehamilan muncul.

6. Woman Choice

test pack woman choice.jpeg

Foto: Instagram/WomanChoice

Merek test pack yang bagus terakhir adalah Woman Choice Pregnancy Test Strip yang sudah dilengkapi dengan wadah urine sehingga lebih praktis.

Seperti test pack lainnya, merek asal Kanada ini mengklaim memiliki akurasi 100% sama dengan hasil laboratorium.

Test pack dari Women Choice hadir dalam bentuk strip dan juga varian lainnya yang berbentuk compact.

Keunggulan dari test pack ini adalah kemampuan mendeteksi kehamilan dalam waktu 40 detik. Sangat cepat bukan?

Itu dia Moms rekomendasi test pack yang bagus yang bisa Moms gunakan, beserta cara memilihnya. Semoga Moms bisa menemukan yang terbaik ya!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait