Kesehatan Umum

11 September 2021

Vitamin Daya Tahan Tubuh yang Perlu Moms Ketahui dan Penuhi Setiap Hari

Vitamin membantu Moms dan keluarga tetap sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Apakah Moms sedang mencari vitamin daya tahan tubuh?

Moms pasti setuju bahwa kesehatan diri sendiri dan keluarga termasuk prioritas sehingga perlu untuk diperhatikan. Hal ini karena kesehatan atau daya tahan tubuh yang bagus dapat mencegah Moms serta keluarga dari penyakit.

Ada beragam cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan, salah satunya dengan mengonsumsi vitamin daya tahan tubuh.

Namun, Moms juga perlu menerapkan gaya hidup sehat yang lainnya, seperti dengan memenuhi asupan nutrisi bergizi seimbang, istirahat cukup, dan berolahraga secara rutin.

Lalu, apa saja ya, vitamin daya tahan tubuh yang perlu Moms ketahui dan konsumsi setiap hari? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk.

Baca Juga: Tubuh Kekurangan Vitamin dan Mineral? Waspadai 9+ Penyakit Ini!

Vitamin Daya Tahan Tubuh

vitamin daya tahan tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Perlu Moms ketahui bahwa, sebaiknya vitamin daya tahan tubuh yang dikonsumsi bersumber dari makanan langsung. Jadi, bukan dalam bentuk suplemen, ya.

Hal ini karena tubuh akan menyerap dan menggunakan vitamin dan nutrisi dengan lebih baik jika berasal dari sumber makanan. Mengutip Cleveland Clinic, vitamin dalam bentuk suplemen, sering kali dipertanyakan seberapa banyak yang sebenarnya didapatkan.

Beberapa suplemen juga mungkin memiliki efek samping, terutama jika dikonsumsi sebelum operasi atau dengan obat lain. Selain itu, suplemen bisa menimbulkan masalah jika Moms atau anggota keluarga lainnya memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Jadi hingga saat ini, para ahli mengatakan bahwa yang terbaik adalah mendapatkan vitamin melalui makanan daripada suplemen.

Baca Juga: 11 Sumber Vitamin A yang Penting untuk Bayi

Macam-macam Vitamin Daya Tahan Tubuh

macam-macam vitamin daya tahan tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Sebagai pengetahuan Moms, di bawah ini ada beragam vitamin daya tahan tubuh beserta makanan sumber vitamin daya tahan tubuh yang sebaiknya dipenuhi setiap harinya.

Jangan lupa untuk biasakan anak-anak untuk mengonsumsinya juga ya, Moms.

1. Vitamin C

vitamin daya tahan tubuh-vitamin c

Foto: Orami Photo Stock

Sudah menjadi rahasia umum bahwa vitamin C adalah salah satu vitamin daya tahan tubuh yang terbaik sehingga perlu dipenuhi oleh Moms dan keluarga.

Vitamin C memainkan peran penting dalam sejumlah fungsi tubuh termasuk memproduksi kolagen, L-karnitin, dan beberapa neurotransmiter. Hal tersebut membantu memetabolisme protein dan aktivitas antioksidannya dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kanker.

"Dari penelitian yang berlangsung menunjukkan bahwa konsentrasi tinggi vitamin C dapat menghentikan pertumbuhan, atau bahkan membunuh berbagai sel kanker.

Hanya dengan memberi vitamin C intravena dosis tinggi terbukti efektif melawan kanker," ujar dokter Ronald Hoffman, MD, ahli onkologi di New York, dikutip dari Medical News Today.

Vitamin C bisa ditemukan di banyak buah dan sayuran, termasuk jeruk, stroberi, buah kiwi, paprika, brokoli, kangkung, dan bayam.

Baca Juga: Tak Hanya Lemas dan Lesu, Ini Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin C

2. Vitamin A

Vitamin-A-Market.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Tidak berbeda dengan vitamin C, vitamin A juga merupakan vitamin daya tahan tubuh yang baik untuk menjaga kesehatan. Vitamin A larut dalam lemak dan baik untuk menjaga penglihatan yang sehat, kulit, tulang, dan jaringan lain dalam tubuh.

Selain sebagai pelengkap kebutuhan tubuh, vitamin A juga berfungsi sebagai antioksidan dan melawan kerusakan sel.

"Melalui perannya dengan pertumbuhan dan pembelahan sel, vitamin A memiliki peran penting dalam pembentukan dan pemeliharaan normal jantung, paru-paru, ginjal, dan organ vital lainnya," ujar dokter Sherry Ross, pakar kesehatan wanita di Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, California, dikutip dari Live Science.

Dapatkan asupan vitamin A dari aneka makanan, seperti susu, keju, yoghurt, telur, hati sapi, minyak ikan, mangga, sayur bayam, dan wortel, labu, dan ubi jalar.

Baca Juga: Ini Dia Daftar Vitamin Ibu Hamil yang Paling Dibutuhkan

3. Vitamin B

vitamin daya tahan tubuh-vitamin b

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin B merupakan kelompok yang terdiri dari delapan nutrisi penting yang berperan penting dalam kinerja banyak organ dan sistem tubuh.

Meskipun mereka dapat bekerja bersama dalam tubuh, mereka juga melakukan fungsi unik mereka sendiri.

Delapan nutrisi vitamin B antara lain adalah thiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), pantothenic acid (vitamin B5), vitamin B6, biotin (vitamin B7), folate (vitamin B9), dan vitamin B12. Bersama-sama mereka membentuk vitamin B kompleks.

Jenis makanan yang mengandung vitamin B adalah susu, keju, telur, hati, daging ayam dan daging merah, tuna, mackerel, dan salmon, biji-bijian, sereal, dan gandum.

Baca Juga: 4 Gejala Kekurangan Vitamin B3 pada Anak, Waspada!

4. Vitamin E

vitamin daya tahan tubuh-vitamin e

Foto: Orami Photo Stock

Vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak dan ditemukan dalam banyak makanan, termasuk minyak nabati, sereal, daging, unggas, telur, buah-buahan, sayuran, dan minyak bibit gandum.

Vitamin E juga tersedia dalam bentuk suplemen yang bisa Moms konsumsi kapan dan di mana saja. Namun, sebaiknya konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu, ya.

Apalagi jika Moms atau anggota keluarga lainnya memiliki riwayat penyakit tertentu.

Selain itu, vitamin E punya peranan penting yang dibutuhkan untuk memaksimalkan fungsi banyak organ dalam tubuh.

Tidak hanya sebagai vitamin daya tahan tubuh, vitamin E juga merupakan antioksidan dan membantu memperlambat proses rusaknya sel-sel tubuh.

Baca Juga: Makanan Kaya Antioksidan Bantu Tingkatkan Kesuburan, Ini Penjelasannya!

5. Vitamin D

vitamin daya tahan tubuh-vitamin d

Salah satu sumber vitamin D untuk manusia adalah melalui sinar matahari. Tubuh manusia akan menghasilkan vitamin D sebagai respons terhadap paparan sinar matahari yang didapatkannya.

Selain itu, Moms juga dapat meningkatkan asupan vitamin D melalui makanan atau suplemen tertentu.

Vitamin D dapat digunakan sebagai vitamin daya tahan tubuh sehingga baik untuk dipenuhi, Moms.

Selain itu, vitamin D dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi, serta melindungi tubuh terhadap berbagai penyakit, seperti diabetes tipe 1.

Moms bisa mendapatkan asupan vitamin D melalui ikan berlemak, seperti salmon, mackerel, dan tuna, kuning telur, keju, hati sapi, jamur, susu, sereal, dan jus.

Baca Juga: Konsumsi Vitamin D Saat Program Hamil, Perhatikan Hal Berikut Ini!

Cara Memilih Vitamin Daya Tahan Tubuh

tips-memilih-vitamin-daya-tahan-tubuh.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Setelah mengetahui jenis-jenis vitamin daya tahan tubuh dan makanan apa saja yang sebaiknya dikonsumsi sebagai vitamin daya tahan tubuh, Moms perlu memahami tips dalam memilih vitamin daya tahan tubuh.

Aturan sederhana dapat membantu Moms saat memilih buah dan sayuran di toko bahan makanan atau pasar, yaitu semakin banyak warna buah dan sayuran, maka akan semakin baik.

“Cobalah untuk makan berbagai macam makanan, dan bertujuan untuk makan buah dan sayuran dari setiap warna pelangi,” jelas ahli diet terdaftar, Julia Zumpano, RD, LD.

“Piring Anda akan lebih menarik untuk dilihat, dan Anda akan memastikan bahwa Anda mendapatkan sebanyak mungkin vitamin dan nutrisi yang meningkatkan kesehatan,” lanjutnya.

Penting juga untuk diketahui bahwa cara membangun sistem kekebalan yang kuat ialah dengan mempertahankan kebiasaan makan yang sehat.

Dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang secukupnya. Jadi, jangan sampai mengonsumsi buah atau sayuran bervitamin dengan berlebihan, seperti makan banyak buah jeruk yang kaya vitamin C sekaligus agar terhindar dari masuk angin ya.

Baca Juga: Yuk Makan 6 Buah Warna Merah Ini Supaya Makin Sehat!

Mineral Juga Penting untuk Daya Tahan Tubuh

mineral daya tahan tubuh

Foto: Orami Photo Stock

Tidak hanya mengonsumsi vitamin, Moms juga perlu mempertimbangkan untuk memenuhi asupan mineral untuk daya tahan tubuh. Berikut jenis mineral daya tahan tubuh yang sebaiknya Moms ketahui dan konsumsi setiap hari:

1. Folat atau Asam Folat

Folat adalah bentuk alami dan asam folat adalah bentuk sintetis, mineral ini sering ditambahkan ke makanan karena manfaat kesehatannya.

Untuk mendapatkan lebih banyak folat, tambahkan lebih banyak kacang-kacangan dan lentil ke piring secara teratur, serta sayuran berdaun hijau.

Moms juga bisa memilih buah alpukat yang lezat sebagai sumber folat lainnya. Selain itu, Moms bisa mendapatkan asam folat dalam makanan yang diperkaya, sepeti pada pasta, roti, atau beras yang diperkaya.

Namun, jangan lupa untuk memeriksa kemasannya terlebih dahulu ya, Moms.

2. Zat Besi

Zat besi merupakan mineral yang membantu tubuh dalam membawa oksigen ke sel dan berperan dalam banyak proses sistem kekebalan.

Perlu Moms ketahui bahwa, tubuh dapat lebih mudah menyerap zat besi heme (alias zat besi dari produk hewani), yang melimpah dari daging merah, ayam, tiram, remis, kerang, tuna, dan sarden.

Zat besi juga dapat ditemukan pada kacang polong, brokoli, kubis, atau sereal yang diperkaya dengan zat besi tambahan.

Baca Juga: 9 Makanan Sumber Mineral Esensial untuk Anak

3. Selenium

Selenium tampaknya memiliki efek kuat pada sistem kekebalan yang penting untuk mencegah infeksi. Makanan hewani adalah sumber terbaik.

Namun, mengonsumsi makanan kaya selenium terlalu banyak bisa menjadi masalah, jadi sebaiknya batasa konsumsi sehingga tidak lebih dari satu atau dua hal ini dalam sehari.

Moms dapat memeroleh selenium dari makanan laut (seperti, tuna, halibut, sarden), daging dan hati unggas, atau keju.

4. Zinc atau Seng

Zinc atau seng dibutuhkan untuk produksi sel sistem kekebalan baru. Mineral ini dapat ditemukan terutama dalam makanan hewani, tetapi juga dapat ditemukan di beberapa makanan vegetarian.

Beberapa makanan dengan kandungan zinc atau seng, yaitu tiram, kepiting, daging sapi dan daging unggas tanpa lemak, kacang panggang, yoghurt, dan buncis.

Itulah beberapa vitamin daya tahan tubuh dan mineral daya tahan tumbuh serta sumber makanannya yang perlu Moms ketahui. Semoga dapat bermanfaat dan bisa Moms penuhi setiap harinya, ya.

  • https://health.clevelandclinic.org/3-vitamins-best-boosting-immunity/
  • https://www.livescience.com/51975-vitamin-a.html
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/219352#what_is_vitamin_C_and_why_do_we_need_it
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait