Rupa-rupa

23 Juli 2021

11+ Cara Memulai Self Love di Kehidupan Sehari-hari, Tidak Mudah Tapi Harus Dicoba!

Yuk mulai cintai diri sendiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Ria Indhryani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Self love adalah istilah yang sering dilontarkan bahkan dalam percakapan normal. Moms pasti sering mendengar atau mengatakan kepada teman atau sekitar Moms mengatakan ‘kamu perlu lebih mencintai diri sendiri”, “mengapa kamu tidak mencintai dirimu sendiri?”, atau “kamu tidak bisa mencintai orang lain jika kamu tidak mencintai dirimu sendiri dulu”. 

Perkataan seperti ini memang sering terlontar ketika harus memberikan saran tentang tentang cara menjalani hidup yang lebih memuaskan dan cara untuk lebih percaya diri. Self love juga mencakup cara untuk menjadi lebih sukses atau cara untuk merasakan sesuatu selain apa yang mereka rasakan.

Banyak orang terutama wanita, mungkin tidak tahu persis apa arti self love. Beberapa secara keliru percaya bahwa self love itu sama dengan narsisisme atau memiliki rasa egoisme yang besar.

Sangat sulit untuk mencintai diri sendiri, terutama karena budaya manusia yang tampaknya mencampurkan gagasan self love dengan membeli krim wajah yang mahal, karena Moms pantas mendapatkannya, lalu memposting foto selfie. Hal-hal seperti ini tidak selalu menumbuhkan rasa keterhubungan dan penerimaan diri yang dalam.

Baca Juga: 4 Cara Jitu Meningkatkan Rasa Percaya Diri di Kantor

Pengertian Self Love

self love

Foto: cheatsheet.com

Jadi, apa yang kita dimaksud dengan ‘self love’? Self love atau mencintai diri sendiri berarti menjunjung tinggi kesejahteraan dan kebahagiaan diri sendiri. Self love berarti memenuhi kebutuhan Moms sendiri dan tidak mengorbankan kesejahteraan Moms untuk menyenangkan orang lain. Singkatnya, self love atau mencintai sendiri berarti tidak menerima kurang dari yang pantas Moms terima.

Dikutip dari Bustle, seorang psikoterapis di Denver, Colorado Arianna Smith, LPC, EMDR, mengatakan bahwa pada dasarnya self love merupakan keyakinan yang tak tergoyahkan dan tanpa kompromi bahwa seseorang layak untuk dicintai, dihormati, aman, dan dimiliki. Rasa akan self love ini tentu saja terlepas dari pikiran, perasaan, atau tindakan.

“Salah satu yang termudah, tetapi paling sulit, ukuran self love atau mencintai diri sendiri adalah dengan melihat seberapa besar kita menghormati batasan dan kebutuhan kita sendiri,” ujar psikoterasi yang memiliki pengalaman ekstensif dalam mendorong seseorang untuk mencintai dan menerima diri mereka sendiri.

Smith mengatakan bahwa self love adalah kata kerja. Self love berarti komitmen terus-menerus untuk tampil untuk diri sendiri setiap hari, bahkan ketika Moms merasa tidak pantas mendapatkannya.

“Salah satu cara terbaik untuk mengenali self love adalah jika kita tidak memberi diri kita cinta dan rasa hormat. Self love adalah bagaimana kita memperlakukan tubuh kita, pikiran kita, hati kita, dan waktu kita,” jelasnya.

Ada beberapa pertanyaan yang dapat Moms tanyakan pada diri Moms sendiri untuk memberikan semacam ukuran tentang self love. Apakah Moms secara konsisten kurang tidur? Apakah Moms terus berteman atau memiliki hubungan relationship dengan orang yang tidak cocok untuk Moms? Apakah Moms memercayai semua pikiran negatif tentang diri Moms sendiri tanpa bertanya-tanya? Apakah Moms secara konsisten mengatakan ‘ya’, ketika Moms lebih suka mengatakan ‘tidak’?

Ketika Moms menyadari bahwa diri Moms tidak merawat pikiran, tubuh, hati, atau waktu dengan baik, Smith berkata bahwa sangat mudah untuk berubah self love menjadi rasa malu dan rasa bersalah.  Moms mungkin mengkompensasi lebih banyak pikiran atau perilaku yang tidak mencerminkan self love, tetapi ini sangat normal.

Baca Juga: Gampang Minder, Ini 5 Zodiak yang Paling Tidak Percaya Diri!

Cara Memulai Self Love

Memang cukup sulit untuk mengerti bagaimana self love dalam arti sebenarnya. Namun, terdapat beberapa cara sederhana dan mudak dilakukan sehari-hari untuk memulai self love.

1. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

self love

Foto: deepinmummymatters.com

Kita disosialisasikan untuk menjadi kompetitif, jadi membandingkan diri dengan orang lain adalah hal yang wajar. Tetapi itu bisa berbahaya.

Tidak ada gunanya membandingkan diri Moms dengan orang lain di planet ini karena hanya ada satu yang seperti Moms. Sebaliknya, fokuslah pada diri sendiri dan perjalanan Moms. Pergeseran energi, sendirian, akan membantu Moms merasa bebas dan lebih self love.

2. Biarkan Diri Melakukan Kesalahan

Kita berulang kali diberi tahu sejak usia muda "tidak ada yang sempurna, semua orang membuat kesalahan”. Akan tetapi semakin tua, semakin banyak tekanan yang mungkin dirasakan untuk tidak boleh gagal.

Kurangi waktu luang Moms!  Buatlah kesalahan agar Moms bisa belajar dan berkembang. Rangkullah masa lalu Moms. Moms harus terus berubah dan berkembang dari siapa Moms terdahulu menjadi siapa Moms hari ini dan menjadi siapa Moms kelak.

Jadi, lupakan suara di kepala Moms yang mengatakan Moms harus sempurna. Lakukan kesalahan, banyak sekali!  Pelajaran yang akan Moms peroleh tidak ternilai harganya dan begitulah Moms bisa memulai self love.

3. Jangan Khawatir Tentang Pendapat Orang Lain

self love

Foto: freepik.com

Dalam nada yang sama, jangan khawatir tentang apa yang masyarakat pikirkan atau harapkan tentang Moms. Moms tidak bisa membuat semua orang bahagia, jadi ini hanya membuang-buang waktu dan hanya akan memperlambat perjalanan Moms untuk menjadi yang terbaik dan juga self love. 

Baca Juga:Selalu Sendirian? Jangan-Jangan Anda Karyawan Bermasalah

4. Fisik Bukanlah Segalanya

Ini dasar!  Begitu banyak hal di dunia ini ingin mengalihkan perhatian Moms dari kebenaran yang kuat. Kadang-kadang bahkan seksisme internal Moms sendiri menegaskan pikiran tentang ketidakmampuan. Moms berharga karena diri Moms, bukan karena tubuh Moms.

Jadi, kenakan apa yang membuat Moms merasa nyaman. Jika banyak atau sedikit, kenakan yang membuat Moms merasa percaya diri, nyaman, dan bahagia.

5. Hindari Orang-Orang Toxic

self love

Foto: aconsciousrethink.com

Tidak semua orang bertanggung jawab atas energi yang mereka keluarkan ke dunia. Jika ada seseorang yang membawa racun ke dalam hidup Moms dan mereka tidak mau bertanggung jawab, itu mungkin berarti Moms harus menjauh dari mereka.

Jangan takut melakukan hal tersebut. Hal ini memang membebaskan dan penting, meski mungkin menyakitkan. Lindungi energi Moms, tidak kasar atau salah jika Moms menjauh dari situasi atau ditemani orang-orang yang menguras tenaga Moms atau toxic people.

6. Hadapi Ketakutan Diri

Seperti berbuat salah, perasaan takut itu wajar dan manusiawi. Jangan menolak ketakutan Moms dan pahami. Latihan sehat ini benar-benar dapat membantu kesehatan mental Moms. Menginterogasi dan mengevaluasi ketakutan Moms membantu mendapatkan kejelasan dan mengungkap masalah dalam hidup yang menyebabkan merasa cemas.

Baca Juga: Membangun Kepercayaan Diri dan 5 Manfaat Lain Senam Bagi Anak

7. Yakin Dengan Suara Hati

self love

Foto: netdoctor.co.uk

Moms mungkin begitu sering meragukan diri sendiri dan kemampuan untuk melakukan apa yang benar, ketika sebagian besar waktu Moms benar-benar mengetahui apa yang terbaik di dalam hati. Ingatlah bahwa perasaan Moms sangat valid.

Moms tidak kehilangan kontak dengan kenyataan.  Moms mengenal diri Moms sendiri lebih baik daripada orang lain. Jadi, jadilah sahabat terbaik diri Moms sendiri dan self love. 

8. Perhatikan Diri Sendiri

Jangan merasa buruk melakukan dalam melakukan suatu hal. Wanita, khususnya, dapat terbiasa mendahulukan orang lain. Meskipun ada waktu dan tempat untuk melakukannya, hal ini tidak boleh menjadi kebiasaan yang merugikan kesehatan mental atau emosional Moms.

Temukan waktu untuk mengurangi tekanan. Tanpa dekompresi dan refreshing, Moms dapat membebani diri sendiri dengan serius. Baik menghabiskan hari di tempat tidur atau di luar ruangan di alam, temukan apa yang membantu Moms mendekompresi dan mendedikasikan waktu untuk self love.

9. Rasakan Sakit & Sukacita Semaksimal Mungkin

self love

Foto: moneycrashers.com

Biarkan diri Moms merasakan segala sesuatu sepenuhnya. Bersandarlah pada rasa sakit, nikmati kegembiraan Moms dan jangan membatasi perasaan. Seperti ketakutan, rasa sakit dan kegembiraan adalah emosi yang akan membantu Moms memahami diri sendiri dan pada akhirnya menyadari bahwa semua itu memang harus terjadi dan kembali self love.

Baca Juga: Moms, Mari Mengajari Balita Menghadapi Rasa Kecewa dengan 5 Cara Berikut

10. Tunjukkan Keberanian di Depan Umum

Biasakan untuk mengungkapkan pikiran. Keberanian itu seperti otot, ia tumbuh semakin sering dilatih. Jangan menunggu izin untuk duduk di meja. Bergabung dalam percakapan.  Kontribusikan pikiran Moms. Ambil tindakan dan ketahuilah bahwa suara Moms sama pentingnya dengan suara orang lain.

11. Perluas Pola Pikir dari Hal Sederhana

self love

Foto: twenty20.com

Cobalah untuk memperhatikan setidaknya satu hal kecil yang indah di sekitar Moms setiap hari. Catat itu dan syukuri itu. Begitulah sederhananya merasakan self love. Bersyukur tidak hanya memberi Moms perspektif, itu penting untuk membantu Moms menemukan kegembiraan.

12. Sayangi Diri Sendiri

Dunia ini penuh dengan kata-kata kasar dan kritik, jangan menambahkan kata-kata itu dalam hidup Moms. Berbicaralah dengan ramah kepada diri sendiri, dan jangan menyebut diri Moms orang jahat.

Rayakan diri Moms sendiri. Moms telah datang sejauh ini dan berkembang pesat. Jangan lupa rayakan diri dan tidak hanya di hari ulang tahun!

Baca Juga: Mama, Begini Cara Mengajarkan Anak Menghargai Sesama

Itulah beberapa cara untuk memulai self love. Self lobe adalah hal sederhana dalam menjaga diri sendiri seperti merawat teman yang sedang kesusahan.

Mulailah self love dengan memperlakukan diri sendiri secara lebih baik, tidak mencela dan mengkritik diri sendiri. Bagi banyak orang, terutama mereka yang tumbuh dalam rumah tangga yang kurang cinta atau di mana cinta bertambah dan berkurang, self love akan membutuhkan banyak energi.

Begitulah self love bagai latihan dan keterampilan yang membutuhkan kerja keras. Self love berarti memberi diri Moms apa yang dibutuhkan tubuh, otak, dan jiwa untuk maraton dalam hidup. Ini bukan hedonisme dan bukan mengejar ketertarikan fisik atau emosional. Praktik self love adalah praktik menyehatkan diri sendiri.

Jangan ragu untuk memulainya ya Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait