Kesehatan

21 Mei 2021

5 Cara Merawat Kaki Agar Kulit Mulus dan Terasa Halus

Mengetahui cara merawat kaki terbaik. Anti pecah-pecah, Moms!
placeholder

Foto: shutterstock.com

placeholder
Artikel ditulis oleh Floria Zulvi
Disunting oleh Karla Farhana

Cara merawat kaki agar mulus harus diketahui jika Moms ingin tampil lebih percaya diri dan sempurna. Ternyata cara merawat kaki bukanlah sebuah hal yang sulit lho, Moms!

Hal yang paling menyebalkan adalah ketika kita tidak sadar bahwa pakaian kitalah yang membuat kaki jadi tidak mulus. Lupa memakai lotion di kaki sehingga membuatnya pecah-pecah saat terkena sinar matahari dalam jangka waktu panjang, misalnya.

Dalam sebuah survey yang dilakukan National Foot Health Assessment, 20% orang dewasa di Amerika mengalami kaki pecah-pecah.

Nah, hal tersebut malah membuat percaya diri menurun drastis bukan? Jangan sampai salah, begini cara merawat kaki yang benar supaya mulusnya kembali seperti semula!

Cara Merawat Kaki Agar Mulus

Cara Merawat Kaki

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms kalau kaki yang pecah-pecah adalah salah satu cara kulit untuk melepaskan sel kulit mati?

Dilansir dari Healthline, kulit mati bisa terjadi karena kaki yang kurang lembap. Biasanya hal tersebut terjadi karena Moms sering memakai sepatu yang tertutup atau kaos kaki.

Kulit mati yang ada di ujung kaki biasanya terlihat kering, pecah-pecah atau terkelupas. Meski demikian, kondisi ini pada umumnya tidak membuat Moms merasa kesakitan kecuali Moms memiliki eksim atau infeksi lain.

Lalu, bagaimana cara merawat kaki agar mulus? Yuk ikuti tipsnya berikut ini!

Baca Juga: Jalan Kaki, Aktivitas Sederhana yang Punya 7 Manfaat Luar Biasa

1. Rendaman Air Cuka

Cara Merawat Kaki

Foto: Orami Photo Stock

Tahukah Moms bahwa rendaman cuka bisa menjadi cara merawat kaki yang kering dah pecah-pecah? Ya, rendaman cuka bisa membantu menghaluskan telapak kaki dan menghilangkan kulit mati, kering dah pecah.

Moms bisa menggunakan hampir semua jenis cuka. Cuka apel atau cuka putih sangat populer untuk metode ini. Mungkin Moms sudah memilikinya di dapur. Jadi tak usah susah membelinya lagi, bukan?

Cara membuatnya pun mudah. Gunakan air dingin untuk rendaman. Jangan menggunakan air hangat karena bisa membuat kulit menjadi lebih kering ya, Moms!

Gunakanlah 1:2 sebagai perbandingan ukuran. 1 untuk cuka dan 2 untuk air dingin. Rendam kaki selama 5 hingga 10 menit sebagai permulaan.

Jika menginginkan hasil yang lebih optimal, ketika Moms merendam kaki, gunakanlah batu apung untuk menghilangkan kulit kering.

Jangan lupa untuk menggunakan pelembap, patroleum jelly atau minyak kelapa usai Moms merendamkan kaki di air cuka, ya!

Moms perlu menggunakan cara ini beberapa kali dalam seminggu hingga kulit kembali seperti semula.

Baca Juga: 7 Manfaat Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Luar Biasa!

2. Jangan Pernah Lupa dengan Mosturizer

Agar kaki tetap cantik, cara merawat kaki agar mulus selanjutnya adalah dengan tidak lupa memakai mosturizer alias pelembap. Dengan memakainya, tentu saja membantu kulit Moms menjadi tetap lembap.

Pelembap ini pun berguna untuk membuat kulit tampak lebih sehat, indah dan juga cerah.

Moms pun bisa memilih sendiri losion yang disukai. Biasanya yang terbaik dibuat dengan bahan alami seperti minyak kelapa atau shea butter, Moms.

Moms perlu menggunakan pelembap tiap selesai mandi atau mencukur bulu kaki agar kulit kaki tetap halus dan juga lembut.

Air sendiri bisa mengurangi kelembapan alami kulit dan membuatnya jadi mudah kering dan juga iritasi. Hal tersebut pun berlaku usai Moms mencukur bulu kaki.

Jika Moms sering memilih pergi menggunakan dress atau rok, cobalah untuk selalu membawa losion agar kelembapan kulit bisa lebih terjaga, Moms.

Perlu diingat bahwa kelembapan kulit perlu dijaga setiap harinya.

3. Minyak Kelapa

Cara Merawat Kaki

Foto: Orami Photo Stock

Setelah melembapkan dengan lotion, Moms juga bisa menggantinya atau menambahkannya dengan minyak kelapa.

Minyak kelapa biasanya digunakan untuk mengobati kondisi kulit kering, eksim, dan psoriasis. Bahan ini bisa membantu kulit untuk mendapatkan kembali kelembapannya.

Dilansir dari jurnal yang berjudul Anti-Inflammatory and Skin Barrier Repair Effects of Topical Application of Some Plant Oils, minyak kelapa juga bagus untuk menghaluskan kulit.

Cobalah untuk memnggunakan minyak kelapa setelah merendam kaki. Zat antiperadangan dan antimicrobal bisa membantu agar kaki yang pecah-pecah tidak berdarah dan terserang infeksi.

Baca Juga: Tips Jalan Kaki untuk Ibu Hamil, Yuk Simak Moms!

4. Hilangkan Bulu Kaki

Bulu kaki memang membuat sebagian orang tidak percaya diri. Namun, tak sedikit perempuan yang bangga karena memiliki bulu kaki.

Untuk Moms yang tidak percaya diri dengan bulu kaki, mencukur bulu kaki bisa menjadi cara merawat kaki agar terlihat cantik dan mulus.

Mencukur bisa menjadi cara merawat kaki karena kaki akan terasa lebih mulus. Moms bisa menghilangkan bulu kaki dengan alat cukur biasa atau waxing.

Jika Moms ingin menghilangkan bulu kaki secara permanen, terapi laser pun bisa menjadi pilihan. Meski lebih mahal, namun Moms tidak perlu khawatir bulu kaki akan tumbuh lagi.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Cara Merawat Kaki

Foto: Orami Photo Stock

Cara merawat kaki agar mulus yang paling mudah namun sering diabaikan adalah minum air putih. Perlu diingat bahwa kulit terdiri dari sel yang sel sendiri terdiri dari air.

Dengan meminum air putih, kulit pun akan berfungsi secara maksimal. Termasuk melembapkan dan juga bisa regenerasi dengan sempurna,

Kulit yang tak mendapatkan air dengan cukup akan menjadi kering, kencang dan terlihat bersisik. Jangan samapi terjadi, sebaiknya Moms mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya, ya!

Nah itu dia Moms berbagai cara merawat kaki agar mulus dan terlihat cantik sepanjang waktu!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5796020/
  • https://www.healthline.com/health/how-to-remove-dead-skin-from-feet#methods
  • https://www.ipfh.org/images/research_materials/2012_National_Foot_Health_Assessment_June_2012.pdf
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait