06 Oktober 2023

20 Jus untuk Ibu Hamil dan Janin yang Sehat dan Menyegarkan

Selain segar, juga punya banyak manfaat.

Salah satu memenuhi asupan gizi untuk janin dan Moms selama kehamilan, yaitu dengan konsumsi jus untuk ibu hamil.

Ada banyak makanan dan minuman bergizi yang bisa dikonsumsi ibu hamil, termasuk juga jus buah.

Moms perlu tahu apa saja jus untuk ibu hamil yang baik untuk kesehatan Moms dan janin.

Selain membantu Si Kecil dalam kandungan bisa tumbuh secara maksimal, jus untuk ibu hamil juga berguna untuk menjaga kesehatan dan stamina para bumil, nih!

Untuk itu, simak daftar jus untuk ibu hamil di bawah ini, ya Moms!

Baca Juga: 15+ Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil, Dijamin Menyehatkan!

Daftar Jus untuk Ibu Hamil yang Baik untuk Kandungan

Beragam buah dengan kandungan kaya akan gizi cocok disajikan menjadi menu jus untuk ibu hamil.

Berikut ini beberapa jus yang bisa dipilih.

1. Jus Apel

Jus Apel
Foto: Jus Apel (rawito.co.uk)

Jus apel bisa jadi pilihan jus untuk ibu hamil di trimester 1.

Biasanya, Moms di awal kehamilan mungkin akan mengalami masalah pencernaan.

Untuk membantu masalah ini, campurkan sedikit seledri atau bayam dengan jus apel.

Kombinasi pektin dalam apel dan asam oksalik pada bayam dapat membersihkan kotoran di usus besar yang telah mengendap berhari-hari.

Zat pektin dalam apel juga membantu menurunkan kadar kolesterol yang mengganggu fungsi jantung.

2. Jus Alpukat

Punya manfaat yang baik untuk ibu hamil dan janin, jus alpukat jadi pilihan jus untuk ibu hamil selanjutnya.

Melansir data dari U.S Department of Agriculture, kandungan kalori, lemak dan minyak yang tinggi di dalam alpukat tidak saja menjadi sumber energi yang dibutuhkan ibu hamil, tapi juga mengurangi kadar kolesterol dan menjaga kelenturan otot-otot sendi. 

Kandungan asam amino di dalamnya juga dibutuhkan untuk mencegah kecacatan pada janin.

Baca Juga: 15 Manfaat Buah Bengkoang untuk Kesehatan dan Ibu Hamil

3. Leci

Buah Leci
Foto: Buah Leci (Tasteofhome.com)

Selain kandungan protein, lemak, vitamin C, fosfor, dan zat besi, buah leci mengandung sukrosa dan glukosa yang melimpah.

Mengonsumsi buah leci pada malam hari dapat menambah cadangan energi untuk keesokan harinya.

4. Blewah

Kandungan beta-karoten, pro-vitamin A, magnesium, mangan, seng dan krom pada blewah dapat mengurangi peradangan dan memulihkan luka peradangan jaringan usus.

Gula alami dan enzim yang dikandung blewah mempunyai fungsi penyerapan yang baik pada usus akibat makan yang tergesa-gesa.

5. Jus Wortel untuk Ibu Hamil

Jus Wortel
Foto: Jus Wortel (Orami Photo Stock)

Jus untuk ibu hamil berikutnya adalah jus wortel.

Jus wortel dapat menjadi tambahan energi instan saat ibu hamil merasa letih dan lesu.

Selain itu, jus wortel juga dapat mengurangi kadar gula darah pada ibu hamil yang memiliki diabetes serta mencegah darah tinggi dan pre-eklampsia.

Wortel mengandung vitamin B dan asam folat yang baik untuk perkembangan sistem saraf dan otak bayi.

Folat juga dapat mengurangi risiko cacat lahir pada saraf seperti spina bifida.

Centers for Disease Control and Prevention menganjurkan agar ibu hamil mengonsumsi asam folat setiap hari saat hamil.

Sebanyak 400 mcg pada 3 bulan pertama kehamilan, 600 mcg pada 4 - 9 bulan kandungan, dan 500 mcg saat menyusui.

6. Pepaya

Suka buah pepaya? Moms bisa pilih jus untuk ibu hamil yang satu ini, terutama menggunakan pepaya yang matang.

Pepaya yang sudah matang kaya akan vitamin A, B dan C.

Selain itu, buah tropis ini juga merupakan sumber beta karoten, kolin, kalsium, magnesium, asam folat, potasium, dan serat yang baik dan dibutuhkan oleh ibu hamil.

7. Jus Jeruk

Jus Jeruk
Foto: Jus Jeruk (Freepik.com/azerbaijan_stockers)

Jeruk tidak hanya enak dimakan langsung buahnya, tapi juga jadi jus untuk ibu hamil yang punya banyak manfaat.

Seperti yang kita ketahui, jeruk mengandung vitamin C yang sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Jeruk juga dapat menghilangkan sumbatan lendir di tenggorokan, rongga hidung, paru-paru dan perut.

Bahkan, jeruk berguna juga untuk membersihkan liver dan menghilangkan rasa sakit di tubuh akibat influenza.

Campuran sari jeruk nipis dan madu bisa digunakan untuk menyembuhkan radang tenggorokan dan amandel.

The American College of Obstetrics and Gynecology (ACOG) merekomendasikan ibu hamil untuk mengonsumsi 600 mikrogram asam folat per hari.

Baca Juga: 10 Jenis Jeruk yang Segar dan Bernutrisi, Ada Favorit Moms?

8. Jus Buah Pir

Perut sering mual karena kadar asam yang tinggi? Coba konsumsi jus untuk ibu hamil yang satu ini.

Jus buah pir baik untuk ibu hamil, karena mampu membantu mengatasi rasa tidak enak di perut akibat kadar asam yang berlebihan yang berasal dari makanan berkalori tinggi, berminyak dan pedas.

Membantu membersihkan mulut dan gigi, serta mencegah infeksi sehingga membantu menghilangkan bau...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb