Kesehatan

KESEHATAN
24 Desember 2020

12+ Manfaat Bunga Pepaya, Bisa Mencegah Stroke!

Moms, cari tahu yuk apa saja sih manfaat bunga pepaya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Pohon pepaya dipercaya sebagai salah satu tumbuhan yang semua bagiannya seperti manfaat bagi manusia, temasuk bunga papaya. Walaupun belum banyak yang tahu, ternyata banyak manfaat bunga pepaya untuk kesehatan, khususnya bagi wanita.

Bunga pepaya kaya akan vitamin dan mineral penting untuk tubuh. Selain itu, bunga papaya juga memiliki sifat antioksidan dan folat, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan untuk pengobatan.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah papaya antara lain, vitamin A, Vitamin E dan Vitamin C. Sama seperti buahnya, bunga papaya juga sumber serat makanan yang baik untuk tubuh. Journal of Nutrition and Metabloism menjelaskan serat memiliki kontribusi terhadap keseimbangan energi.

Konsumsi bunga pepaya yang sudah diolah menjadi sayur dapat membantu menurunkan kadar insulin dalam tubuh. Manfaat bunga pepaya sangat baik untuk seseorang yang memiliki masalah dengan gula darah atau penderita diabetes.

Ekstrak dari bunga pepaya yang dicampur madu dapat digunakan untuk mengatasi masalah pernafasan seperti batuk dan suara serak di tenggorokan.

Baca Juga: Masker Pepaya Membuat Wajah Bercahaya

Manfaat Bunga Pepaya untuk Kesehatan

xx manfaat bunga pepaya

foto: pinterest.com

Selain itu, bunga prepaya juga mengandung berbagai jenis senyawa vital yang bermanfaat bagi tubuh antara lain menurunkan kolesterol, memeriksa tekanan darah dan mencegah stroke. Berikut manfaat bunga pepaya untuk kesehatan.

1. Melancarkan Pencernaan

Bunga pepaya kaya akan tanin, yaitu enzim yang memperlancar sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Jika Moms memiliki masalah kesulitan mencerna makanan atau menderita sembelit akut, maka bunga pepaya adalah yang makanan yang terbaik. Selain itu, bunga pepaya juga sangat ramah terhadap liver.

Perlu diingat, bunga pepaya hanya dapat dikonsumsi dalam keadaan sudah dimasak atau matang. Jangan pernah konsumsi bunga pepaya dalam mentah karena bersifat racun dan dapat membahayakan kesehatan Moms.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat bunga pepaya yang lain adalah menambah nafsu makan. Jika anak Moms sulit untuk makan, bisa mencoba untuk menambahkan bunga pepaya di makanan mereka agar nafsu makannya meningkat.

Bunga pepaya sangat meningkatkan nafsu makan. Cara ini sudah lama digunakan oleh masyarakat Indonesia dan merupakan pengobatan kuno untuk meningkatkan nafsu makan.

Makan bunga pepaya matang sebagai hal pertama di pagi hari dan kemudian rasa lapar akan segera datang.

3. Menurunkan Berat Badan

Bunga pepaya membantu menurunkan berat badan. Bunga pepaya memiliki semua Vitamin penting seperti Vitamin A, Vitamin B dan Vitamin C yang bermanfaat bagi kesehatan dan membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Selain itu, bunga pepaya juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Mengkonsumsi bunga pepaya setiap hari bisa sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Salah satu bagian terbaik dari manfaat bunga pepaya adalah, membantu mengurangi berat badan secara bertahap sehingga tidak menimbulkan efek samping.

4. Mencegah Stroke

Bunga pepaya kaya akan antioksidan yang dapat membantu menurunkan risiko paparan radikal bebas ke dalam tubuh. Bunga pepaya mengandung enzim yang membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Sehingga, dipercaya mampu membantu mencegah risiko stroke jantung.

Stroke terjadi ketika suplai darah ke bagian otak terganggu atau berkurang, sehingga jaringan otak tidak mendapatkan oksigen dan nutrisi. Sel-sel otak mulai mati dalam beberapa menit.

Kondisi ini merupakan keadaan darurat yang harus segera mendapat perawatan medis. Penanganan medis terhadap stroke harus segera dilaukan untuk mengurangi kerusakaan otak dan komplikasi lainnya.

Baca Juga: Makan Pepaya untuk Ibu Hamil Berbahaya, Benarkah?

5. Mengontrol Kolesterol

Kolesterol merupakan zat yang ada di dalam tubuh. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk membangun sel yang sehat. Namun, kadar kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit, khususnya yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Hal ini karena kebiasaan makan yang tidak sehat dapat membuat penumpukan lemak di arteri.

Bunga pepaya sangat bermanfaat untuk melawan kolesterol. Bunga ini memiliki kandungan folat dan antioksidan yang tinggi yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

6. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat bunga pepaya juga bisa dirasakan oleh penderita diabetes. Karenapara dokter percaya bahwa mengkonsumsi bunga pepaya secara rutin merupakan makanan yang sangat efektif untuk penderita diabetes.

Berdasarkan penelitian, bunga pepaya memiliki semua vitamin dan mineral esensial di dalamnya. Ia juga dikenal untuk menghasilkan insulin dalam tubuh yang membantu memecah gula secara alami.

Jurnal BMC Complementary Medicine and Therapies menjelaskan ekstrak tumbuhan pepaya memiliki efek hipoglikemik dan anti oksidan. Hal ini tentu baik untuk penderita diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah.

7. Mencegah Kanker

Meskipun tidak ada bukti substansial tentang apa yang menyebabkan kanker, namun diyakini bahwa radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh adalah salah satu alasan utama di baliknya.

Radikal bebas merangsang sel untuk berkembang biak dengan cepat yang menyebabkan kanker di dalam tubuh. Karenanya bunga pepaya sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Hal ini karena bunga pepaya kaya akan antioksidan dan flavonoid.

Kedua senyawa ini dapat menghalangi masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Selain itu, senyawa ini juga memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh dan membantu membangun sistem kekebalan yang lebih kuat.

8. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Bunga pepaya memiliki beberapa senyawa penting yang dapat membantu metabolisme tubuh. Metabolisme penting bagi tubuh karena banyak energi yang dikonsumsi tubuh untuk menjalankan fungsi sehari-hari.

Semakin tinggi metabolisme tubuh, semakin cepat makanan dicerna dan energi dilepaskan dalam tubuh. Sistem ini dapat membantu mencegah penumpukan lemak karena energi yang tidak terpakai sebagian besar diubah menjadi lemak dan disimpan di dalam tubuh. Konsumsi bunga pepaya secara rutin dapat membantu meningkatkan fungsi metabolisme dalam tubuh.

9. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Bunga pepaya membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Karena salah satu kandungan nutrisi yang ada di dalam bunga pepaya memiliki sifat pengencer darah. Hal ini dapat membantu jantung memompa darah pada tingkat normalnya dan secara tidak langsung meningkatkan sirkulasi darah.

Baca Juga: 3 Manfaat Buah Pepaya untuk Balita

10. Cocok untuk Kesehatan Hati

Bunga pepaya sarat dengan vitamin dan serat esensial yang sangat baik untuk hati. Kandungan ini dapat membantu hati membuang racun dari tubuh dan diyakini sebagai makanan ramah hati.

Karena itu, konsumsilah bunga pepaya secara rutin untuk menghilangkan zat limbah dari dalam tubuh.

11. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat bunga pepaya untuk orang yang menderita tekanan darah tinggi.

Biasanya, pada tekanan darah tinggi, darah mengental dan jantung kesulitan memompa darah. Ini bisa menjadi kondisi ekstrim dan salah satu dari sedikit penyebab serangan jantung.

Mengkonsumsi bunga pepaya secara rutin membantu pengenceran darah dan secara tidak langsung membantu jantung untuk memompa darah pada kecepatan normalnya. Ini membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali dan meningkatkan sirkulasi darah yang tepat dalam tubuh.

12. Mengatasi Penyakit Asma

Manfaat bunga pepaya juga bisa dirasakan oleh penderita asma. Penyakit asma disebabkan oleh adanya peradangan pada saluran pernaspan sehingga saluran menjadi bengkak dan menghasilkan banyak lendir. Hal ini membuat penderitanya merasa sesak napas.

Bunga pepaya menganduk efek anti inflamasi atau peradangan yang cukup kuat dan dapat bekerja langsung pada saluran pernapasan. Penderita asma disarankan untuk konsumsi air rebusan bunga pepaya untuk mendapatkan manfaat bagi tubuh. Sehingga Moms dapat bisa kembali bernapas dengan tenang.

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Pepaya Jepang

Manfaat Bunga Pepaya untuk Organ Intim Wanita

xx manfaat bunga pepaya

foto: pinterest.com

Manfaat bunga pepaya untuk organ intim wanita bisa dirasakan baik yang masih lajang maupun yang sudah menikah. Salah satu manfaat bunga pepaya adalah dapat mengurangi rasa nyeri di organ intim saat menjelang menstruasi.

Caranya sangat mudah, Moms hanya perlu konsumsi air rebusan bunga pepaya dua kali dalam sehari. Ramuan ini dianggap ampuh untuk mengatasi rasa nyeri yang Moms rasakan ketika waktu menstruasi datang.

Selain itu, manfaat bunga pepaya juga bisa mengencangkan vagina pasca melahirkan. Caranya juga sangat mudah, Moms hanya perlu mencampurkan 1 genggam bunga pepaya dengan 1 cm jahe dan juga sedikut air. Tumbuk hingga halus, kemudian ambil sarinya. Tambahkan air panas hingga menjadi satu gelas.

Agar mendapat hasil yang lebih baik, Moms juga bisa menambahkan satu butir kuning telur ke dalam ramuan tersebut.

Manfaat Bunga Pepaya untuk Ibu Hamil

xx manfaat bunga pepaya

foto: pinterest.com

Bunga pepaya juga dapat dirasakan manfaatnya oleh ibu hamil. Karena kandungan vitamin A yang ada di dalam bunga pepaya dapat membantu proses pembentukan sistem penglihatan pada janin. Seperti yang diketahui, vitamin A merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan mata. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin A dapat membantu memperbaiki kesehatan mata, termasuk pada janin.

Tak hanya itu, manfaat bunga pepaya untuk ibu hamil juga dapat menangkal radikal bebas, sehingga janin dapat tumbuh dengan baik. Terpapar radikal bebas dapat menyebabkan penyakit degenaratif pada tubuh.

Baca Juga: Ini Dia 10 Manfaat Pepaya Bagi Ibu Hamil yang Sayang untuk Dilewatkan

Manfaat Bunga Pepaya untuk Kecantikan

xx manfaat bunga pepaya

foto: pinterest.com

Manfaat buah naga untuk kecantikan wajah adalah dapat menghilangkan jerawat di wajah. Caranya Moms hanya perlu mengolah bunga pepaya menjadi masker untuk menghilangkan jerawat di wajah. Jerawat merupakan salah satu masalah kecantikan yang paling mengganggu bagi setiap wanita ya Moms.

Olahan Bunga Pepaya

Selain banyak manfaat untuk tubuh, bunga pepaya juga dapat diolah menjadi berbagai hidangan yang rasanya sangat lezat. Salah satunya adalah oseng bunga pepaya khas manado.

Namun, saat mengolah bunga pepaya Moms harus pastikan tidak meninggal rasa pahit saat dimasak. Untuk mengurangi rasa pahit, Moms bisa meremas bunga pepaya dengan garam hingga sarinya keluar, kemudian bilas hingga bersih.

Cara lain untuk menghilangkan rasa pahit dari bunga pepaya, Moms bisa merebusnya bersama daun jambu hingga bunga pepaya empuk. Kemudian pisahkan daun jambu dengan bunga pepaya. Bilas hingga bersih dan bunga pepaya bisa diolah menjadi panganan yang lezat.

Tumis bunga pepaya biasanya akan disajikan bersaama masakan Manado lain, seperti ikan cakalang atau ayam rica-rica. Selain itu, tumis bunga pepaya juga bisa disajikan dengan sambal dabu-dabu khas Manado.

Manfaat bunga pepaya memang banyak sekali untuk tubuh ya Moms. Mulai dari kesehatan tubuh, menjaga organ intim wanita dan juga kecantikan. Selain itu, bunga pepaya juga bisa Moms olah menjadi masakan yang cocok untuk sajian di rumah.

Baca Juga: Sering Dibuang, Ternyata Ini 6 Manfaat Biji Pepaya Moms!

Saat ingin mendapatkan manfaat bunga pepaya, pastikan mengkonsumsi dalam keadaan sudah dimasak. Karena bunga pepaya yang dikonsumsi dalam keadaan mentah akan membahayakan tubuh.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait