Fashion & Beauty

FASHION & BEAUTY
26 November 2020

7 Manfaat Masker Kentang untuk Kecantikan, Yuk Coba!

Tahukah Moms kentang ternyata tak hanya berfungsi sebagai makanan harian, namun juga dapat digunakan sebagai perawatan wajah dan mengatasi berbagai permasalahan kulit.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Amelia Puteri

Tahukah Moms kentang ternyata tak hanya berfungsi sebagai makanan harian, namun juga dapat digunakan sebagai perawatan wajah dan mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Kentang merupakan umbi bawah tanah yang tumbuh di akar tanaman atau yang populer disebut Solanum tuberosum. Tanaman ini masih satu keluarga dengan tomat dan ubi.

Kentang adalah jenis umbi-umbian yang berasal dari Amerika Selatan lalu dibawa ke Eropa pada abad ke-16 hingga akhirnya menyebar di seluruh penjuru dunia dengan varietas yang beragam.

Umumnya, kentang diolah dengan cara direbus, dipanggang, digoreng, atau sebagai camilan sehari-hari. Mengonsumsi kentang dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Namun, kini kentang juga dijadikan sebagai salah satu bahan campuran produk kecantikan dan bahkan bisa dijadikan masker.

Sebab, menurut U.S. DEPARTMENT OF AGRICULTURE kentang tak hanya mengandung karbohidrat, tapi juga vitamin C, folate, vitamin B6, dan potasium yang bermanfaat bagi wajah.

Lalu, apa saja yang menjadi manfaat masker kentang? Yuk, cari tahu selengkapnya melalui artikel ini, Moms.

Baca Juga: 5 Cara Menyimpan Kentang Agar Tidak Mudah Busuk

Manfaat Masker Kentang

Banyak yang mengira bahwa kentang hanya berfungsi sebagai pengganti nasi atau pelengkap makanan yang kaya dengan karbohidrat.

Padahal, menurut ahli kulit dan rambut terkemuka di Delhi, Dr. Deepali Bhardwaj, menjelaskan bahwa jenis umbi-umbian yang satu ini mengandung mikronutrien yang penting untuk rambut dan kulit seperti vitamin A, C, B, zat besi hingga fosfor.

Selain itu, kentang juga jadi bahan alternatif untuk menenangkan saraf, melawan peradangan, hingga tekanan darah tinggi. Berikut ini sejumlah manfaat masker kentang yang perlu Moms ketahui.

1. Antioksidan

manfaat masker kentang

Foto: Orami Photo Stock

Melansir dari jurnal penelitian berjudul Chronic inflammation and oxidative stress as a major cause of age-related diseases and cancer, dijelaskan bahwa kentang mengandung senyawa seperti flavonoid, karotenoid, dan asam fenolik.

Senyawa ini bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh dengan menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

Ketika radikal bebas menumpuk, mereka dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti penyakit kanker kulit.

Dalam studi lainnya berjudul Antioxidant Contents and Antioxidant Activities of White and Colored Potatoes (Solanum tuberosum L.), dijelaskan bahwa kentang ungu memiliki antioksidan tiga hingga empat kali lebih banyak daripada kentang putih.

Hal ini membuat mereka berpotensi lebih efektif dalam menetralkan radikal bebas.

Baca Juga: Cara Tepat Memilih Masker Sesuai dengan Jenis Kulit

2. Memelihara Kulit

Pada 173 gram kentang terdapat 27% vitamin B6 yang baik untuk kesehatan, dan ini bisa menjadi manfaat masker kentang yang lainnya.

Dalam buku berjudul Role of vitamin B6 in skin health and diseases dijelaskan bahwa vitamin B6 diyakini penting untuk perkembangan dan pemeliharaan kulit.

Selain itu, vitamin B6 telah lama dianggap memiliki peran penting dalam metabolisme asam amino sebagai koenzim. Kekurangan vitamin B6 dapat dikaitkan dengan dermatitis.

3. Menjaga Kelembapan Kulit

manfaat masker kentang

Foto: Orami Photo Stock

Kulit lembap adalah dambaan setiap perempuan ya, Moms. Memiliki kulit yang lembap dan kenyal menandakan bahwa nutrisi yang dikonsumsi atau skin care yang dipakai terserap dengan baik.

Jika kulit lembap maka akan terhindar dari kerutan hingga penuaan.Nah, manfaat masker kentang selanjutnya dapat menjaga kelembapan kulit.

Kentang diperkaya dengan kalium yang bertugas untuk mengatur jumlah air dalam sel tubuh. Jika Moms memiliki kulit yang kering maka bisa menggunakan masker kentang untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Sebab, kalium dapat melembabkan kulit dan mengatasi gangguan lainnya. Kalium adalah elektrolit, artinya mengandung muatan listrik, yang dibutuhkan sel agar berfungsi normal.

Memakai masker kentang secara teratur dapat menjaga kelembaban kulit lebih lama.

Baca Juga: 5 Masker Wajah Alami Ini Mudah Dibuat Sendiri di Rumah

Manfaat Masker Kentang untuk Wajah

Kandungan vitamin C, vitamin B6, kalium, magnesium, manganese, phosphorus, dan folat pada kentang terbukti ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah.

Mulai dari jerawat hingga mencerahkan warna kulit. Berikut sejumlah manfaat masker kentang untuk wajah.

4. Menghilangkan Bintik-bintik Hitam

manfaat masker kentang

Foto: Orami Photo Stock

U.S. Food and Drug Administration (FDA) mengklaim bahwa manfaat masker kentang ampuh untuk menyamarkan bintik-bintik hitam pada kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar UV.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Moms bisa mencampurkan masker kentang dengan yogurt dan jus lemon untuk membuat masker wajah yang sekaligus berkhasiat untuk mencerahkan.

Baca Juga: Ini 12 Manfaat Masker Kunyit, Yuk Coba!

5. Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah momok bagi sebagian perempuan. Menghilangkan jerawat butuh trik dan cara khusus agar tidak menyebabkan infeksi apalagi luka dan bopeng.

Jerawat disebabkan oleh peradangan kulit, yang mungkin dipengaruhi oleh sitokin.

Dalam sebuah studi tahun 2013 berjudul Anti-inflammatory properties of potato glycoalkaloids in stimulated Jurkat and Raw 264.7 mouse macrophages, dengan uji coba tikus, ditemukan bahwa efek anti-inflamasi pada kentang dapat memulihkan jerawat.

Moms tinggal menempelkan masker kentang ke bagian wajah yang berjerawat, lalu tunggu hingga masker mengering dan bilas, dan Moms dapat merasakan manfaat masker kentang untuk wajah ini.

6. Melindungi Kulit dari Kerusakan

manfaat masker kentang

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan magnesium pada kentang mampu menjaga kolagen pada kulit wajah sehingga kulit terasa kenyal dan lembap. Selain itu, magnesium juga ampuh untuk mencerahkan warna kulit agar tidak kusam.

Ini juga merupakan manfaat masker kentang yang selanjutnya.

Tak hanya itu, magnesium juga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan eksternal, karena mengatur regenerasi dan perbaikan sel, mempercepat pemulihan saat kulit rusak, dan menguatkan jaringan kulit.

Baca Juga: 10 Manfaat Masker Baking Soda untuk Kulit, Bisa Atasi Jerawat!

7. Mencegah Munculnya Kerutan Pada Wajah

Kerutan pada wajah adalah salah satu permasalahan yang dihadapi perempuan saat bertambah usia. Meski kerutan tak bisa dihindari, namun kemunculannya bisa dicegah dan diminimalisir, Moms.

Radikal bebas adalah salah satu penyebab munculnya kerutan pada wajah. Kabar baiknya, manfaat masker kentang mengandung antioksidan yang tinggi dan mampu melawan radikal bebas sehingga mencegah munculnya kerutan pada wajah.

Meski demikian, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Baca Juga: Kreasikan Perkedel Kentang dengan Ayam, Ini Resepnya!

Cara Membuat Masker Kentang

Moms sudah mengetahui ragam manfaat masker kentang. Lalu, bagaimana cara membuat masker kentang?

Sebelum menggunakan kentang sebagai masker wajah, sebaiknya cuci dulu kentang sampai bersih lalu kupas kulitnya. Kemudian, haluskan kentang yang dengan cara diparut.

Atau, Moms juga bisa mengirisnya tipis-tipis lalu oleskan ke wajah dan tunggu hingga 20 menit. Cara ini ampuh untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit. Namun, ada beberapa cara lain yang bisa Moms gunakan untuk membuat masker kentang.

Berikut ini cara membuat masker kentang, mengutip dari berbagai sumber.

1. Kentang dan Mentimun

manfaat masker kentang

Foto: Orami Photo Stock

Campuran kentang dan timun terbukti ampuh untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, manfaat masker kentang ada pada kandungan antioksidan pada timun juga berkhasiat menghilangkan kantung mata.

Caranya pun sangat mudah dan sederhana, Moms.

Bahan-bahan:

  • 1/4 cangkir mentimun cincang
  • 1/8 cangkir kentang mentah
  • 1 putih telur
  • ¼ cangkir yogurt tawar
  • 1 sdt soda kue

Cara Membuat Masker Kentang dan Timun:

  1. Haluskan semua bahan dan buat pasta.
  2. Oleskan ke seluruh wajah dan biarkan selama 20-30 menit.
  3. Cuci dengan air hangat.
  4. Moms dapat menerapkan masker kentang ini tiga kali seminggu.

Baca Juga: Makan Kentang Goreng Setelah Bercinta Bisa Bikin Cepat Hamil, Benarkah?

2. Kentang dengan Kunyit

Masker kentang dan kunyit merupakan alternatif alami untuk menghilangkan bekas jerawat. Tak hanya itu, manfaat masker kentang ini juga efektif mencerahkan kulit karena kunyit dan kentang mengandung vitamin C melimpah.

Bahan-bahannya pun mudah ditemukan di rumah dan cara membuatnya pun sangat praktis.

Mengutip Kompasiana, berikut ini cara membuat masker kentang dan kunyit yang bisa dilakukan.

Bahan-bahan:

  • 1 buah kentang ukuran sedang
  • 2 ruas kunyit

Cara Membuat Masker Kentang dan Kunyit:

  1. Cuci dan kupas kentang lalu potong menjadi beberapa bagian.
  2. Masukan potongan kentang ke dalam blender lalu haluskan.
  3. Masukkan dua buah kunyit yang sudah dikupas kulitnya lalu campurkan ke dalam kentang dan haluskan secara bersamaan.
  4. Kini masker kentang dan kunyit sudah bisa dioleskan ke wajah lalu tunggu hingga masker mengering. Pastikan sebelum memakai masker cuci wajah dulu ya, Moms.
  5. Setelah kering, bilas dengan air bersih lalu keringkan wajah dengan handuk dengan cara ditepuk atau ditempelkan.
  6. Untuk hasil yang maksimal, lakukan perawatan ini dua minggu sekali dan di malam hari sebelum tidur.

Baca Juga: Resep : Sup Kentang Sayuran

3. Masker Kentang dan Tomat

manfaat masker kentang

Foto: Orami Photo Stock

Tomat dan kentang adalah dua bahan alami yang kaya dengan antioksidan. Manfaat masker kentang dan tomat ini berfungsi untuk menghambat masuknya radikal bebas ke kulit wajah dan menjauhkannya dari bakteri maupun kuman.

Sifat asam keduanya juga terbukti efektif untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Namun, bagi Moms yang berkulit kering masker ini akan membuat kulit menjadi lebih kering.

Oleh karena itu, Moms bisa menambahkan 1 sendok madu agar masker terasa lebih lembab di kulit.

Bahan-bahan:

  • 1 sdm kentang halus
  • 1 sdm jus tomat
  • 1 sdm madu

Cara Membuat Masker Kentang dan Tomat:

  1. Campurkan kentang yang sudah dihaluskan dengan jus tomat.
  2. Tambahkan madu, lalu aduk hingga merata dan membentuk pasta.
  3. Kemudian, oleskan masker kentang dan tomat pada wajah.
  4. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Selain Kentang, Ini 5 Makanan Pengganti Nasi yang Bisa Kita Coba

4. Masker Kentang dan Madu

Air kentang yang bersifat asam memiliki peran sebagai pemutih kulit alami. Memakai masker kentang secara teratur dapat mencerahkan kulit dan membuat kulit terasa lebih lembut serta kenyal.

Untuk manfaat masker kentang yang maksimal, campurkan juga madu dan air lemon yang berfungsi untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah, membuka pori-pori yang tersumbat hingga mengencangkan kulit.

Berikut cara membuat masker kentang dan madu.

Bahan-bahan:

  • 3 sdm air kentang
  • 2 sdm madu
  • Air lemon secukupnya

Cara Membuat Masker Kentang dan Madu:

  1. Campur semua bahan lalu aduk merata
  2. Oleskan ke wajah hingga leher selama 10-15 menit atau sampai masker mengering dan cuci bersih.
  3. Jika menggunakan lemon membuat kulit wajah perih, Moms bisa menghilangkan air lemon dari bahan masker agar kulit tidak iritasi.

Baca Juga: Cara Membuat Donat Kentang untuk Camilan Keluarga

5. Masker Kentang dan Susu

manfaat masker kentang

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat masker kentang dan susu ini ampuh untuk mengurangi minyak pada wajah dan menghilangkan kotoran.

Vitamin C yang banyak terkandung dalam kentang berperan untuk meningkatkan kadar kolagen dalam wajah. Hal ini penting agar elastisitas kulit tetap terjaga. Berikut cara membuat masker kentang dan susu.

Bahan-bahan:

  • Kentang rebus
  • 2 sdm susu murni
  • 1 sdm oatmeal
  • 1 sdm air lemon

Cara Membuat Masker Kentang dan Susu:

  1. Hancurkan kentang rebus lalu letakan dalam mangkuk
  2. Tambahkan 2 sendok makan susu murni, 1 sendok makan air lemon dan 1 sendok makan oatmeal. Kemudian aduk hingga merata.
  3. Selanjutnya, bersihkan wajah dan oleskan masker lalu tunggu hingga 30 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat.

Itulah manfaat dan cara membuat masker kentang. Apakah Moms tertarik untuk mencobanya?

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait