Kesehatan Umum

18 Agustus 2021

9 Manfaat Minum Jahe, Bisa Atasi Mual saat Hamil

Cari manfaat minum jahe dan cara membuatnya di sini, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Cari tahu manfaat minum jahe beserta cara mengolahnya di sini, Moms!

Memasuki musim hujan seperti saat ini, akan lebih enak jika sambil mengonsumi minuman hangat seperti jahe kan Moms?

Berasal dari Asia Tenggara, jahe umum ditemukan dalam makanan dan obat-obatan di seluruh dunia. Tanaman jahe kaya akan bahan kimia alami yang dapat meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh.

Jahe juga termasuk tanaman yang telah digunakan untuk mengobati penyakit selama ribuan tahun dan dipercaya secara turun temurun.

Jahe tidak hanya menjadi tambahan yang enak untuk masakan karena rasanya yang pedas dan unik, tapi juga bagus untuk kesehatan saat diolah menjadi minuman hangat yang menyegarkan.

Baca Juga: Konsumsi Jahe untuk Ibu Hamil, Ini Manfaat dan Bahayanya

Manfaat Minum Jahe

Seperti kebanyakan pengobatan herbal, diperlukan lebih banyak penelitian untuk lebih memahami dan membuktikan kegunaan jahe dan manfaat minum jahe.

Ada beberapa manfaat minum jahe yang didukung oleh beberapa penelitian. Di antaranya:

1. Antiinflamasi

manfaat minum jahe untuk antiinflamasi.jpg

Foto: freepik

Kuman, bahan kimia, dan pola makan yang buruk dapat menyebabkan terlalu banyak peradangan dan dapat membahayakan tubuh. Perubahan pola makan dan gaya hidup mungkin diperlukan untuk melawan peradangan kronis.

Salah satu manfaat minum jahe adalah dapat membantu mencegah dan menyembuhkan peradangan.

Journal of Natural Product mencatat, air jahe dapat mengurangi reaksi alergi. Sebuah penelitian kecil juga menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen jahe setiap hari akan mengalami lebih sedikit nyeri otot akibat peradangan setelah berolahraga.

Biasanya, peradangan akan hilang begitu tubuh memperbaiki dirinya sendiri. Tapi, saat mengalami stres oksidatif, hal itu bisa menyebabkan peradangan kronis.

Ini menyebabkan tubuh merusak sel, jaringan, dan organ yang sehat. Peradangan kronis dapat menyebabkan penyakit seperti serangan jantung atau nyeri kronis seperti artritis.

Sebuah penelitian pada 2001 di Clinical Trial yang dilakukan pada pasien dengan osteoartritis di lutut menemukan, 63 % dari orang yang mengonsumsi ekstrak jahe dua kali sehari selama enam minggu mengalami penurunan nyeri lutut karena peradangan, dibandingkan dengan 50 % pada kelompok kontrol lain.

2. Antioksidan

Manfaat minum jahe lainnya didapat dari sifat antioksidan pada jahe. Ini dapat membantu mencegah penyakit jantung, penyakit neurodegenerative seperti Parkinson, Alzheimer, dan Huntington, kanker, dan juga gejala penuaan.

“Akar jahe memiliki salah satu tingkat antioksidan tertinggi dibandingkan makanan lain,” kata Chika Anekwe, MD, MPH, seorang dokter pengobatan obesitas di Rumah Sakit Umum Massachusetts di Boston.

Sebuah studi kecil tahun 2017 oleh Cancer Management and Research menguji efek antioksidan jahe pada pasien kanker yang menerima kemoterapi.

Mereka yang mengonsumsi ekstrak jahe setiap hari memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi dan tingkat stres oksidatif yang lebih rendah daripada kelompok plasebo.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Cancer Research juga menemukan bahwa jahe dapat membantu mengendalikan beberapa jenis kanker.

Ini akan menjadi manfaat minum jahe yang baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Amankah Minum Jahe Merah Saat Hamil? Simak Penjelasannya di Sini

3. Gula Darah yang Seimbang

manfaat minum jahe bagi gula darah.jpg

Foto: freepik

Salah satu studi Iranian Journal of Pharmaceutical Research menemukan bahwa jahe meningkatkan gula darah pada penderita diabetes.

Ini dan temuan lain menunjukkan bahwa manfaat minum jahe salah satunya adalah dapat membantu mengobati masalah kesehatan yang disebabkan oleh diabetes kronis.

Manfaat minum jahe pada penderita diabetes ini adalah dengan meningkatkan pengambilan glukosa dalam sel otot tanpa insulin. Sebuah studi pada 2015 di jurnal Iran menguji efek jahe pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Hasilnya, mengonsumsi 2 g bubuk jahe per hari meningkatkan indikator gula darah.

4. Membantu Penurunan Berat Badan

Manfaat minum jahe pada penurunan berat badan bisa didapatkan bila dikombinasikan dengan diet sehat dan olahraga.

National Institute of Health menemukan bahwa pria yang minum minuman jahe panas setelah makan merasa lebih kenyang lebih lama.

Gula darah yang seimbang juga bisa mencegah makan berlebihan. Kedua manfaat minum jahe ini dibutuhkan bagi Moms yang sedang berusaha mempertahankan berat badan ideal.

Tinjauan literatur pada tahun 2019 dalam laman National Library of Medicine juga menyimpulkan bahwa suplemen jahe secara signifikan mengurangi berat badan, rasio pinggang-pinggul, dan rasio pinggul pada orang dengan kelebihan berat badan atau obesitas.

Baca Juga: 10 Manfaat Teh Chamomile untuk Kesehatan Fisik dan Mental

5. Mengobati Mual

jahe bermanfaat untuk mengatasi mual.jpg

Foto: freepik

Salah satu manfaat minum jahe yang paling ampuh adalah membantu gejala mual dan muntah.

Jahe mengandung senyawa yang disebut gingerol yang dikenal untuk meningkatkan motilitas lambung (perjalanan makanan ke seluruh tubuh) dan menekan kejang otot. Ini bisa membantu menenangkan perut dan mengurangi gejala mual dan muntah.

Jahe juga merupakan obat herbal yang aman dan efektif untuk ibu hamil yang mengalami mual di pagi hari.

Sebuah studi pada 2009 dari The Journal of Alternative and Complementary Medicine menguji keefektifan kapsul jahe pada ibu hamil yang mengalami mual dan muntah.

Baca Juga: 8 Minuman dan Makanan Pereda Mual, Moms Wajib Tahu!

Hasilnya, ibu hamil yang mengonsumsi empat kapsul jahe sebanyak 250 mg setiap hari selama empat hari berturut-turut mengalami lebih sedikit rasa mual dan muntah dibandingkan ibu hamil lain yang menerima plasebo.

Meskipun minum jahe dianggap aman, tetapi Moms perlu membicarakan dengan dokter kandungan terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya saat hamil.

Selain itu, disarankan agar ibu hamil yang mendekati persalinan atau yang pernah mengalami keguguran tidak mengonsumsi jahe. Hal ini karena jahe dikontraindikasikan dengan riwayat pendarahan vagina dan gangguan pembekuan darah.

6. Meredakan Nyeri Haid

Jahe juga bisa menjadi obat untuk kram menstruasi. Manfaat minum jahe adalah dapat berfungsi untuk menekan produksi bahan kimia yang membuat rahim berkontraksi hingga menyebabkan nyeri haid yang biasa dirasakan oleh beberapa perempuan.

Dalam sebuah studi tahun 2015 oleh Oxford Academic , para ilmuwan meninjau penelitian sebelumnya yang mengamati efek jahe pada nyeri haid, dan menyimpulkan bahwa 750 hingga 2000 mg bubuk jahe dapat membantu meredakan nyeri selama tiga hingga empat hari pertama siklus menstruasi.

7. Mengobati Gangguan Pencernaan

khasiat minum jahe.jpg

Foto: freepik

Jahe dapat merangsang enzim pencernaan yang bertanggung jawab untuk memindahkan makanan ke seluruh tubuh lebih cepat yang akan mencegah penumpukkan gas.

"(Ini) membantu tubuh memecah gas dan membuang gas secara lebih efektif," ujar Dr. Chika.

Sebuah studi pada 2008 di jurnal Eropa menguji efek jahe pada orang sehat. Para peneliti menyimpulkan manfaat minum jahe didapatkan saat mengonsumsi tiga kapsul jahe 1.200 mg setiap hari.

Hal ini dapat mempercepat pengosongan lambung dan mendorong lebih banyak kontraksi antral, yang diperlukan untuk memecah dan mencerna makanan.

Baca Juga: Bisa Dipakai Memasak, Ini 6 Langkah Cara Menanam Jahe

8. Menurunkan Kolesterol

Tak hanya sampai di situ, manfaat minum jahe berikutnya, yakni dapat menurunakan kolesterol, lho.

Seperti yang Moms ketahui, kadar kolesterol LDL (jahat) yang tinggi pada tubuh berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Fakta ini dibuktikan oleh sebuah Journal of Clinical & Medical Biochemistry yang dilakukan pada tahun 2018 terhadap 60 orang dengan hiperlipidemia, 30 orang yang menerima 5 gram bubuk jahe setiap hari mengalami penurunan kadar kolesterol LDL (jahat) sebesar 17,4% selama periode 3 bulan.

Dalam sebuah penelitian lain yang lebih tua dari tahun 2008, yakni Saudi Medical Journal menunjukkan bahwa orang yang menerima 3 gram bubuk jahe (dalam bentuk kapsul) setiap hari juga mengalami penurunan yang signifikan pada sebagian besar penanda kolesterol.

Kadar kolesterol LDL (buruk) mereka turun 10% selama 45 hari.

Baca Juga: Konon Berkhasiat Atasi Virus Corona, Ini 11 Manfaat Jahe Merah

9. Mengatasi Penyakit Osteoartritis

air jahe untuk osteoartritis

Foto: Orami Photo Stock

Osteoarthritis (OA) merupakan masalah kesehatan yang umum terjadi. Kondisi ini ditandai dengan degenerasi sendi di tubuh, yang menyebabkan gejala seperti nyeri sendi dan kekakuan.

Moms yang mungkin mengalaminya mungkin bisa rutin mengonsumsi air jahe karena sebuah tinjauan literatur dalam laman Science Direct menemukan bahwa orang yang menggunakan jahe untuk mengobati osteoarthritis mereka mengalami pengurangan rasa sakit dan kecacatan secara signifikan.

Baca Juga: 7+ Manfaat Bunga Pacar Air Sebagai Obat Tradisional

Cara Membuat Air Jahe

resep teh jahe.jpg

Foto: freepik

Setelah tahu berbagai manfaat minum jahe, sekarang saatnya Moms membuatnya!

Jahe segar adalah bahan utama yang terbaik untuk membuat air jahe. Banyak produk yang mengandung rasa jahe atau jahe buatan, tetapi Moms akan mendapatkan manfaat maksimal dari air jahe yang dibuat sendiri. Selain itu, membuat air jahe juga mudah disiapkan.

Untuk mencari tahu jahe terbaik dan segar, cari yang akarnya berwarna krem dan biasanya panjangnya beberapa sentimeter yang kokoh saat digengggam. Untuk membuat air jahe, Moms harus memasak jahe dalam air dan membuat teh.

Moms dapat membiarkan kulitnya menempel saat direbus karena tidak akan memakannya secara langsung dan banyak nutrisi yang berada tepat di bawah kulit.

Moms dapat menggunakan lebih banyak atau lebih sedikit air atau jahe, tergantung seberapa kuat air jahe yang diinginkan.

Perbandingan air dengan jahe di bawah ini setara dengan 1 gram ekstrak jahe. Ini yang harus Moms lakukan:

  • Cuci bagian akar jahe yang akan digunakan.
  • Parut jahe hingga menghasilkan 1/2 sendok teh jahe.
  • Rebus 4 gelas air di atas kompor.
  • Tambahkan jahe setelah air mendidih.
  • Angkat air jahe dari api dan biarkan jahe terendam dalam air selama 10 menit.
  • Saring potongan jahe dari air dan buang jahe.
  • Minum air jahe panas atau dingin.

Air jahe ini akan lebih enak jika ditambahkan dengan satu sendok teh madu atau perasan lemon, tetapi jangan berlebihan dengan menambahkan pemanis.

Jika ingin minum air jahe setiap hari, moms dapat membuatnya dalam jumlah banyak dan menyimpannya di lemari es.

Baca Juga: 7 Manfaat Kunyit Asam Selain untuk Nyeri Haid

Sungguh menyenangkan saat bisa mendapatkan dua kebaikan dalam satu cara, misanya mendapatkan manfaat minum jahe dan mengonsumsinya saat hujan. Nikmat kan, Moms?

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19271742/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/11710709/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5293358/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19531649/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4277626/
  • https://academic.oup.com/painmedicine/article/16/12/2243/2460294
  • https://europepmc.org/article/med/18403946
  • https://www.liebertpub.com/doi/abs/10.1089/acm.2008.0406
  • https://www.healthline.com/nutrition/11-proven-benefits-of-ginger#3.-May-help-with-weight-loss
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/29393665/
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S106345841401276X
  • https://www.researchgate.net/publication/23278110_Investigation_of_the_effect_of_ginger_on_the_lipid_levels_A_double_blind_controlled_clinical_trial
  • https://www.longdom.org/open-access/effects-of-ginger-on-ldlc-total-cholesterol-and-body-weight-2471-2663-1000140..pdf
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24615565/
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/322257#_noHeaderPrefixedContent
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait