Kesehatan

28 Juli 2021

Sederet Manfaat Selada untuk Kesehatan, Bagus untuk Diet dan Kulit

Selain rasanya yang enak, banyak manfaat selada untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Karla Farhana

Manfaat selada ternyata banyak sekali untuk tubuh. Sayuran hijau ini memang sering sekali ditemukan dalam berbagai makanan.

Daun selada merupakan salah satu bahan wajib untuk berbagai jenis menu, seperti salad, burger atau roti lapis. Rasanya yang manis dan renyah dianggap dapat memperkaya cita rasa makanan-makanan tersebut. Di Indonesia, selada sering dijadikan lalapan dengan cocolan sambal terasi khas sunda.

Ada banyak jenis selada di dunia yang sering dijadikan campuran salah, yaitu selada bokor, romaine, selada kepala, selada keriting atau dikenal daun selada yang dalam bahasa Inggris disebut leaf lettuce dan yang terakhir steam lettuce atau selada cina.

9 Manfaat Selada untuk Kesehatan

Diantara kelima jenis selada tersebut, leaf lettuce merupakan jenis yang paling sering digunakan untuk berbagai jenis makanan. Baik di dalam maupun luar negeri. Melansir healthbenefitstimes.com berikut manfaat selada untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Metabolisme

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Daun selada memiliki peran penting untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh karena mengandung magnesium, zat besi dan kalium. Selain itu, daun selada juga kaya akan vitamin B komplek yang dapat meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh.

Baca Juga: Tren Salad Bar yang Kaya Akan Protein

2. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Kandungan vitamin C dan beta karoten yang ada di dalam daun selada menurut penelitian dapat mencegah pembentukan plak dalam dinding arteri yang dapat menyebabkan penyubtanan aliran darah.

Kalium dan serat juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selada juga memiliki kandungan serat, potasium, beta-karoten dan vitamin C yang membantu kondisi jantung.

3. Menurunkan Risiko Diabetes

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Indeks glikemik dalam selada cukup rendah, karena kandungan kalori dalam sayuran ini sedikit sehingga baik untuk penderita diabetes. Konsumsi selada secara rutin dapat menurunkan risiko diabetes.

Baca Juga: Resep Salad Buah Saus Yoghurt

4. Menurunkan Efek Inflamasi

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Keluhan seperti sakit gigi, migrain dan nyeri pada tubuh karena efek inflamasi dapat dikurangi dengan banyak konsumsi daun selada.

Hal ini dikarenakan selada memiliki kandungan anti-inflamasi dan berperan penting untuk mengendalikan peradangan.

5. Menekan Pertumbuhan Sel Kanker

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Daun selada mengandung berbagai nutrisi yang membantu mengendalikan berbagai jenis sel kanker. Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan yang ada di dalam daun selada dapat mengendalikan sel leukemia dan kanker payudara.

Demikian pula konsumsi selada sangat penting untuk menghilangkan 50% sel leukemia. Selada mengandung Vitamin A yang membantu mencegah kanker dan dapat kanker mulut dan paru-paru.

6. Mengatasi Insomnia

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Kondisi insomnia dan masalah tidur sudah menjadi hal yang umum saat ini. Konsumsi selada secara teratur membantu mengatasi masalah ini.

Hal ini dikarenakan lactuacarium yaitu cairan berwarna putih yang keluar saat daun selada dipotong. Ini membantu relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur.

Juga ditemukan bahwa lactuacarium memberikan sifat yang mirip dengan opium. Seseorang tidak perlu khawatir karena tidak memberikan efek samping beracun.

Baca Juga: Yuk Bikin Caesar Salad Sendiri di Rumah, Sehat dan Mudah!

7. Mengobati Diabetes

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Ekstrak selada memberikan kontrol pada kematian sel neuron yang disebabkan oleh kekurangan glukosa atau serum yang membantu melawan penyakit Alzheimer.

Neuron merupakan bagian vital tubuh yang berperan dalam pembuatan memori. Namun selada berperan sebagai pelindung saraf yang dapat membantu penyakit neurodegeneratif. Selada digunakan sebagai makanan untuk menangkal kemungkinan penyakit ini.

8. Menghilangkan Racun di Tubuh

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Selada mampu menghilangkan racun yang disebabkan oleh mineral yang ditemukan dalam selada. Kemampuan tersebut dapat menyeimbnangkan asam.

Selain itu, kemampuan selada yang dapat menghilangkan racun memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Karena hanya zat-zat baik saja yang tersisa di dalam tubuh.

9. Memiliki Sifat Anti-oksidan

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Studi menunjukkan bahwa selada mengandung antioksidan yang mengais radikal bebas. Antioksidan memiliki berbagai biokimia yang dapat ditemukan dalam makanan dan sangat penting untuk kesehatan manusia.

Antioksidan menghalangi radikal bebas yang diproduksi selama metabolisme sel. Radikal bebas bisa menyerang sel sehat, jaringan dan DNA di dalamnya.

Itu juga bisa mengubah sel sehat menjadi sel kanker yang bisa mengembangkan berbagai penyakit. Antioksidan melawan radikal bebas ini dan menetralkannya sebelum serangan radikal bebas terjadi.

Baca Juga: 3 Resep Salad Sehat yang Mudah

6 Manfaat Selada Air untuk Kesehatan

Selada air adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan nutrisi. Tanaman ini pertama kali dibudidayakan di Inggris pada awal tahun 1800-an seperti dilansir dari Healthline.com.

Kandungan nutrisi yang melimpah dalam selada air dapat memberikan manfaat untuk tubuh. Berikut 10 manfaat selada air untuk kesehatan.

1. Kaya akan Vitamin K yang Baik untuk Kesehatan Tulang

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Selada air rendah kalori, tetapi kaya akan nutrisi. Menurut Jurnal yang diterbitkan Center for Disease Control and Prevention menyebutkan bahwa selada air menduduki nomor satu dalam daftar US Centers for Disease Control’s Powerhouse Fruits and Vegetables.

Salah satu kandungan nutrisi yang paling tinggi dalam selada air adalah vitamin K yang hampir 100% RDI. Vitamin K berfungsi untuk kesehatan tulang dan menyembuhkan luka.

2. Kaya akan Anti-oksigen yang dapat Menurunkan Penyakit Kronis

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Selada air mengandung senyawa anti-oksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas merupakan penyakit yang dapat menyebabkan stress oksidatif.

European Journal of Medicine Chemistry menjelaskan stress oksidatif sering dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis seperto diabetes, kanker dan penyakit kardiovaskular. Konsumsi makanan kaya akan anti-oksidan seperti selada air dapat melindungi diri dari stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit kronis tersebut.

Baca Juga: 5 Sayuran Hijau Terbaik untuk MPASI Anak

3. Mengandung Senyawa yang Dapat Mencegah Jenis Kanker Tertentu

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Kandungan fitokomia yang ada di dalam selada air dapat mengurangi risiko terkena kanker tertentu. Selain itu, selada air juga mengandung senyawa antikanker yang disebut isothiocyanate yang telah terbukti dapat menangkal beberapa jenis kanker.

4. Dapat Menangkal Penyakit Osteoporosis

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Selada air mengandung banyak mineral yang baik untuk kesehatan tulang, seperti kalsium, magnesium dan fosfor. Pola makan seimbang dengan konsumsi sayuran padat nutrisi seperti selada air memberikan efek positif terhadap kesehatan tulang.

Jurnal Current Osteophorosis Report menjelaskan pola makan seimbang yang tinggi akan sayuran padat nutrisi memberik efek positif untuk kesehatan tulang. Selain itu, kandungan vitamin K yang tinggi di dalam selada air juga dapat membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Baca Juga: Penasaran dengan Manfaat Buah Plum? Simak 4 di Antaranya untuk Kesehatan Moms!

5. Dapat Meningkatkan Kesehatan Mata

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Kandungan lutein dan zeaxanthin merupakan anti-oksidan yang berasal dari family karetenoid. Beberapa studi menyebutkan bahwa lutein dan zeaxanthin sangat baik untuk kesehatan mata. Secara khusus jurnal Nutrients yang dipublikasikan dalam situs PubMend menyebutkan bahwa lutein dan zeaxanthin dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan cahaya biru.

Lutein dan zeaxanthin juga dipercaya daoat menurunkan risiko penyakit mata tua dan juga katarak. Hal ini dikarenakan selada air kaya akan kandungan vitamin C yang membantu menurunkan risiko katarak.

6. Dapat Dikombinasikan dengan Berbagai Jenis Makanan

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Selada air dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis makanan. Namun, cara terbaik untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kandungan yang ada di dalam selada air adalah dengan cara dimakan mentah atau dikukus sebentar.

Moms bisa menambahkan selada air ke dalam sup, salad atau roti lapis. Atau, Moms juga menjadikan selada air sebagai hiasan untuk makanan lainnya.

Baca Juga: Easy Meat Salad Recipe

5 Manfaat Selada untuk Diet

Selain memiliki rasa yang lezat dan renyah, selada juga dapat membantu Moms untuk menurunkan berat badan. Berikut 5 manfaat selada untuk diet. Jangan lupa masukan ke dalam menu diet harian ya Moms.

1. Rendah Kalori

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Menurut United States Department of Agriculture, dalam 100 gram selada mengandung 15 kalori. Sehingga, sayuran ini sangat baik untuk dimasukan ke dalam menu diet harian, Moms.

Baca Juga: 11 Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan yang Harus Moms Ketahui

2. Tidak Mengandung Lemak

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Faktanya, selada tidak hanya mengandung nol kalori, tetapi juga tidak mengandung lemak jenuh dan tidak jenuh.

3. Memiliki Kandungan Air yang Tinggi

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Salah satu jenis selada memiliki kandungan air yang tinggi yaitu hampir 96% dari jumlah keseluruhan. Sehingga, membuat selada lebih menyegarkan dibandingkan sayuran lainnya. Cocok buat diet kan Moms?

Baca Juga: Agar Salad Lebih Nikmat, Ini Dia Macam-Macam Saus Salad untuk Pelengkapnya

4. Mengatur Gula Darah

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Selada mengandung Lactucaxanthin, yang merupakan karotenoid anti-diabetes dan dapat mengontrol kadar gula darah. Sehingga sangat cocok untuk Moms yang sedang menjalani diet diabetes. Selain itu, selada air juga efektif mengontrol rasa lapar dalam tubuh.

5. Meningkatkan Imunitas

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Selada kaya akan vitamin A dan C yang baik untuk menambah sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Salah satu jenis selada yang kaya akan vitamin dan mineral esensial adalah selada Romaine.

Baca Juga: 6 Resep Salad Buah dari Berbagai Negara yang Cocok untuk Camilan

Manfaat Sayur Selada untuk Kesehatan

Konsumsi sayur selada merupakan salah satu kebiasaan yang baik untuk kesehatan. Selain itu, untuk mengolah selada juga terbilang tidak sulit. Karena sayuran yang satu ini dapat dikonsumsi tanpa harus dimasak. Tak berhenti sampai disitu, makan sayur selada setiap hari juga dapat membuat tubuh semakin sehat. Berikut, sederet manfaat sayur selada saat rutin dikonsumsi.

Baca Juga: 11 Manfaat Sayur Pakis untuk Kesehatan dan Tips Mengolahnya

1. Sumber Serat Alami

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Walaupun jus buah dan sayur baik untuk tubuh, tetapi konsumsi buah dan sayur secara utuh memiliki manfaat uang jauh lebih baik. Karena kandungan serat di dalam buah dan sayuran utuh lebih dibandingkan setelah diolah menjadi jus.

Sayur selada merupakan salah satu sumber serat alami untuk tubuh. Selain memberikan manfaat untuk kesehatan, sayur selada juga sangat enak untuk dikonsumsi bersama buah.

2. Menjaga Berat Badan

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Sayur selada sering dianggap sebagai bagian dari diet ketat. Namun, hal ini merupakan anggapan yang salah.

Memasukan sayuran hijau seperti selada untuk menu harian juga dapat membantiu mengontrol berat badan. Pola makan yang seimbang dan gaya hidup akto dapat membantu Moms sehat fisik maupun mental.

Baca Juga: Resep Salad Buah Lemon Keju, Segar!

Manfaat Selada untuk Kulit

xx manfaat selada

foto: freepik.com

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, manfaat selada pun sangat banyak untuk kecantikan. Ini dia!

1. Melindungi Diri dari Sinar UV

Kandungan vitamin A dalam selada dapat meningkatkan pergantian sel kulit. Sementara vitamin C yang terkandung di dalam selada dapat melindungi kulit dari bahaya radiasi sinar UV. Jurnal Dermato Endocrinoly juga menyebutkan vitamin C dapat menunda penuaan kulit.

2. Detoksifikasi Kulit

Selain itu, serat yang terdapan di dalam selada juga dapat mendetoksifikasi dan meningkatkan kesehatan kulit Moms. Selain dikonsumsi, manfaat selada untuk kulit juga dapat Moms rasakan dengan cara mencuci muka dengan sari dari daun selada setiap pagi.

Baca Juga: Benarkah Ada Manfaat Jus Sayuran untuk Tubuh? Begini Penjelasannya

3. Menyehatkan Kulit Kepala

Manfaat daun selada juga dapat membatu menyehatkan kulit kepala Moms. Hal ini dikarenakan selada memiliki kandungan vitamin K yang tinggi. Moms bisa keramas dengan sari daun selada untuk mendapatkan manfaat vitamin K bagi kesehatan rambut Moms.

4. Memelihara Kulit

Dilansir dari Syles at Life, vitamin A yang dikandung oleh selada pun sangat banyak. Sementara itu, vitamin A adalah salah satu nutrisi yang bisa membantu untuk memperbaiki dan juga meremajakan sel kulit.

Hal tersebut membuat kulit kita bisa terevitalisasi dengan baik dan lebih maksimal.

Dalam satu hari, Moms hanya butuh untuk mengonsumsi 5-6 lembar daun selada saja untuk mendapatkan manfaat selada yang satu ini.

Baca Juga: Manfaat Pijat Bayi Baru Lahir dan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

5. Mampu Mengencangkan Kulit

Tahukah Moms kalau salah satu manfaat dari selada adalah mengencangkan kulit? Untuk mengencangkan kulit wajah, Moms bisa dengan mudah melakukannya dengan mengonsumsi selada.

Moms bisa mengonsumsi selada dalam bentuk pasta, jus, atau bahkan selada yang sudah dijadikan sebagai produk masker wajah.

Jika Moms menggunakan jenis perawatan ini dengan rutin, selada bisa memberikan manfaat dalam memaksimalkan kecantikan kulit dan membuat kulit menjadi lebih kencang.

Perlu diketahui bahwa mengonsumsi selada ternyata bisa menciptakan efek samping pada beberapa orang dengan kondisi tertentu. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi selada terlalu banyak, hal ini bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti sakit perut, mual, pencernaan terganggu, dan alergi karena terlalu tinggi konsumsi pestisida.

Baca Juga: Ini Manfaat Sayur Kale untuk Kesehatan Tubuh, Moms Wajib Tahu!

Jadi gimana Moms, apakah Moms terkejut mengetahui manfaat daun selada yang sangat banyak ini? Siapa sangka sayuran hijau ini bisa membawa berbagai macam manfaat untuk kesehatan tubuh, bukan?

Selada adalah sayuran rendah kalori yang selalu menjadi pahlawan tanpa tanda jasa dalam membuat tubuh menjadi sehat dan metabolisme pun menjadi lebih baik.

Meski demikian, banyak yang menjadikan selada sebagai hiasan makanan saja dan kemudian membuangnya setelah selasai makan.

Nah, karena saat ini Moms sudah mengetahui banyak sekali manfaat selada, jangan lupa untuk memasukan selada dalam menu makanan di rumah agar semakin sehat.

  • https://www.healthbenefitstimes.com/lettuce/
  • https://www.healthline.com/nutrition/watercress-benefits
  • https://www.cdc.gov/pcd/issues/2014/13_0390.htm#table2_down
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/25942353/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/19968914/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/23571649/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3583891/
  • https://stylesatlife.com/articles/lettuce-leaves-benefits/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait