Kesehatan Umum

31 Agustus 2021

11 Obat Sakit Kepala Alami, Yuk Coba Moms!

Jangan melulu minum obat apotek, obat alami sakit kepala juga ampuh, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Saat sakit kepala, biasanya cara tercepat untuk menghilangkannya adalah dengan minum obat. Coba obat sakit kepala alami berikut ini yuk, Moms.

Banyak hal yang bisa menyebabkan sakit kepala, di antaranya tekanan darah rendah, stres, kurang istirahat, atau bahkan pengaruh hormon.

Namun, obat pereda sakit kepala yang banyak beredar bukan tidak mungkin akan memperburuk kondisi tubuh Moms karena kandungan kimia yang tinggi.

Lalu, bagaimana sih efektivitas obat alami untuk sakit kepala? Apakah obat sakit kepala alami yang terbuat dari herbal lebih ampuh? Begini penjelasannya!

Baca Juga: Sakit Kepala pada Ibu Hamil Trimester 3 Umum Terjadi, Ketahui Penyebab dan Rekomendasi Obatnya!

Obat Sakit Kepala Alami

Mengapa tidak mencoba obat sakit kepala alami? Setiap orang tentu tak asing dengan sakit kepala ringan dan mungkin sakit kepala berat hingga tak mampu untuk melakukan aktivitas harian seperti biasanya.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya Moms mencari tahu apa penyebab sakit kepala tersebut. Karena ternyata, penyebab sakit kepala setiap orang bisa berbeda-beda, lho!

Menanggulangi rasa sakit kepala berbeda-beda setiap jenisnya. Jadi jangan sampai salah untuk mengobatinya, ya! Meski demikian, Moms tak perlu khawatir! Karena pada umumnya obat alami untuk sakit kepala bisa efektif membantu agar Moms bisa kembali mengerjakan aktivitas harian.

Berikut beberapa obat sakit kepala alami yang bisa Moms praktikan di rumah ketika ada keluarga yang mengalami pusing atau sakit.

1. Makanan Mengandung Magnesium

obat sakit kepala alami-magnesium

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan magnesium dipercaya menyembuhkan sakit kepala lebih ampuh daripada obat yang mengandung bahan kimia lainnya. Jadi, banyak yang menggunakan makanan mengandung magnesium sebagai obat sakit kepala alami.

Rutin mengonsumsi 200-600 mg magnesium per hari akan mencegah Moms dari berbagai jenis sakit kepala.

Beberapa contoh makanan yang mengandung magnesium adalah kacang-kacangan, biji-bijian, dan sayuran hijau seperti brokoli. Olahan susu, daging, dan cokelat juga termasuk di antaranya.

2. Air Putih

obat sakit kepala alami-minum air

Foto: Orami Photo Stock

Air putih bisa menjadi obat sakit kepala alami, lho! Hal tersebut dikarenakan kurangnya asupan cairan dalam tubuh atau sering disebut dehidrasi akan memicu gangguan kesehatan, salah satunya sakit kepala.

Untuk itu, jika Moms ingin terhindar dari migrain, ada baiknya Moms memastikan minum paling sedikit dua liter per hari.

Baca Juga: Air Es Bikin Gemuk? Ini Mitos dan Fakta Seputar Air Es

3. Kopi

obat sakit kepala alami-minum kopi

Foto: Orami Photo Stock

Sebagaimana diketahui, kopi mengandung kafein. Dalam jumlah wajar, efek kafein pada tubuh akan menenangkan sistem saraf ketika Moms terserang sakit kepala. Minumlah kopi paling banyak dua gelas sehari sebagai obat sakit kepala alami.

Selain itu, satu penelitian dalam jurnal National Library of Medicine, menemukan ada juga manfaat kopi sebagai kontributor terbesar untuk asupan antioksidan dan mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Eits, tapi jangan terlalu banyak mengonsumsinya ya, Moms! Terlalu banyak minum kopi bisa membuat kesulitan tidur atau bahkan jantung jadi berdebar-debar karena kafeinnya!

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Ngantuk di Pagi Hari Selain Minum Kopi, Coba Yuk!

4. Es Batu

obat sakit kepala alami-air es

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka es batu bisa menjadi obat sakit kepala alami? Pada saat Moms terserang sakit kepala, rendamlah tangan Moms di air yang berisi es batu.

Hal tersebut dikarenakan, terdapat saraf di tangan yang langsung terhubung dengan pusat sakit kepala lho, Moms!

Es batu bisa meregangkan saraf yang tegang yang mengakibatkan sakit kepala. Tidak percaya? Yuk, coba di rumah!

Baca Juga: 6 Manfaat Es Batu untuk Wajah dan Cara Penggunaannya

5. Jahe

obat sakit kepala alami-jahe

Foto: Orami Photo Stock

Obat sakit kepala alami yang lainnya adalah jahe. Rempah-rempah memang memiliki segudang khasiat, termasuk jahe yang sering digunakan sebagai bumbu penyedap masakan.

Kandungan gingerol dalam jahe bisa membantu memperlancar peredaran darah dalam tubuh. Sirkulasi peredaran darah yang baik menuju otak akan mengurangi risiko terserang sakit kepala.

Beberapa studi klinis telah menguji efek jahe pada penderita migrain. Sebuah studi yang diterbitkan dalam laman Sage Journals tahun 2018 menemukan bahwa mengonsumsi suplemen ekstrak jahe 400 mg dengan ketoprofen (obat antiinflamasi nonsteroid) mengurangi gejala migrain lebih baik daripada mengonsumsi ketoprofen saja.

Selain itu, menurut penelitian dalam Phytotherapy Research tahun 2014 menemukan bahwa 250 mg suplemen bubuk jahe menurunkan gejala migrain serta obat resep sumatriptan.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Jahe, Bisa Atasi Mual saat Hamil

6. Kentang

obat sakit kepala alami-kentang

Foto: Orami Photo Stock

Kandungan kalium dalam kentang juga bermanfaat sebagai obat sakit kepala alami. Namun, perhatikan cara penyajian kentang. Biasakan kurangi makanan yang digoreng.

Sebaiknya, konsumsilah kentang yang direbus atau dipanggang.

Baca Juga: Mau Panen Kentang Sendiri? Ini Cara Menanam Kentang di Rumah!

7. Aroma Mint dan Lavender

obat sakit kepala alami-minyak esensial

Foto: Orami Photo Stock

Jika sakit kepala Moms tergolong ringan seperti sakit kepala akibat jam tidur yang tidak teratur, cobalah menggunakan aromaterapi untuk relaksasi. Karena aroma terapi juga bisa dijadikan obat sakit kepala alami yang ampuh.

Kondisi tubuh yang rileks akan meregangkan saraf-saraf yang tegang dan bisa mengurangi nyeri sakit kepala.

Pilihlah essential oil yang mengandung aroma lavender dan mint. Minyak esensial juga bisa juga untuk memijit bagian kepala yang sakit.

Baca Juga: Amankah Menggunakan Minyak Esensial saat Hamil?

8. Jam Tidur yang Teratur

obat sakit kepala alami-jam tidur

Foto: Orami Photo Stock

Jika bahan-bahan alami tidak membantu Moms meredakan sakit kepala, cobalah perhatikan durasi dan kualitas tidur Moms.

Jika terserang sakit kepala seusai pulang kantor, tidurlah segera. Jika perlu, tambah sedikit durasi tidur Moms, paling tidak 7 sampai 8 jam.

9. Yoga

obat sakit kepala alami - yoga

Foto: Orami Photo Stock

Berlatih yoga adalah cara terbaik untuk menghilangkan stres, meningkatkan fleksibilitas, mengurangi rasa sakit, dan meningkatkan kualitas hidup Moms secara keseluruhan.

Melakukan yoga juga dapat membantu mengurangi intensitas dan frekuensi sakit kepala yang Moms alami. Ini juga menjadi obat sakit kepala alami yang patut dicoba.

Dalam International Journal of Yoga yang menyelidiki efek terapi yoga pada 60 orang dengan migrain kronis. Frekuensi dan intensitas sakit kepala berkurang lebih banyak pada mereka yang menerima terapi yoga dan perawatan konvensional, dibandingkan dengan mereka yang menerima perawatan konvensional saja.

Studi lain yang dikutip dari laman U.S National Library of Medicine menemukan bahwa orang yang berlatih yoga selama 3 bulan mengalami penurunan yang signifikan dalam frekuensi sakit kepala, tingkat keparahan dan gejala terkait, dibandingkan dengan mereka yang tidak berlatih yoga.

Baca Juga: Serba-serbi Tentang Sakit Kepala pada Anak

10. Akupunktur

obat sakit kepala alami - akupunktur

Foto: Orami Photo Stock

Obat sakit kepala alami lainnya yang dapat Moms coba, yakni akupunktur. Akupunktur adalah teknik pengobatan Tradisional Tiongkok yang melibatkan memasukkan jarum tipis ke dalam kulit untuk merangsang titik-titik tertentu pada tubuh.

Praktik pengobatan ini telah dikaitkan dengan pengurangan gejala sakit kepala dalam banyak penelitian.

Sebuah tinjauan dari 22 penelitian termasuk lebih dari 4.400 orang menemukan bahwa akupunktur sama efektifnya dengan obat migrain biasa.

Studi lain dalam Journal of Cephalalgia menemukan bahwa akupunktur lebih efektif dan lebih aman daripada topiramate, obat antikonvulsan yang digunakan untuk mengobati migrain kronis.

Baca Juga: Akupresur, Teknik Pijat yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

11. Batasi Paparan Cahaya

obat sakit kepala alami - batasi paparan sinar

Foto: Orami Photo Stock

Siapa sangka, cahaya yang sangat terang atau berkedip-kedip bisa saja menyebabkan Moms mengalami sakit kepala. Untuk itu, jika Moms rentan terhadapnya, tutupi jendela dengan tirai gelap di siang hari.

Kenakan juga kacamata hitam di luar ruangan atau Moms dapat menambahkan layar anti-silau ke komputer dan menggunakan lampu neon spektrum siang hari.

Dengan demikian, sakit kepala pun dapat diatasi tanpa minum obat-obatan.

Biasanya apa penyebab sakit kepala yang sering Moms alami?

Penyebab Sakit Kepala

penyebab sakit kepala

Foto: Orami Photo Stock

Usai mengulas mengenai obat sakit kepala alami, tak lengkap rasanya jika belum membahas penyebab dari penyakit sakit kepala itu sendiri.

Dilansir dari Mayo Clinic, kebanyakan sakit kepala bukanlah hal yang patut dikhawatirkan karena tidak berbahaya. Namun, bukan tidak mungkin sakit kepala menjadi salah satu pertanda dari penyakit ganas yang butuh penanganan cepat.

Sakit kepala sendiri dibagi menjadi 3 golongan, yakni:

1. Sakit Kepala Primer

Sakit kepala primer adalah jenis yang tidak memiliki penyebab lain di baliknya. Sakit kepala ini murni dikarenakan adanya masalah dengan struktur di kepala yang terlalu sensitif dengan rasa sakit.

Sakit kepala ini pun melibatkan pembuluh darah otot, saraf di kepala dan juga leher.

Biasanya penyebab dari sakit kepala primer adalah gangguan pada otot leher dan kepala, aktivitas kimia di otak dan juga gangguan pada pembuluh darah dan atau saraf.

Baca Juga: Sakit Kepala Bagian Atas? Cari Tahu Penyebab dan Cara Menanggulanginya di Sini

2. Sakit Kepala Sekunder

Tentunya berbeda dengan sebelumnya, sakit kepala sekunder pada umumnya disebabkan oleh aktifnya saraf rasa sakit di bagian kepala yang dikarenakan satu penyakit tertentu.

Ada berbagai hal penyebab sakit kepala sekunder seperti flu, infeksi telinga, sinusitis, masalah gigi, terlalu banyak mengonsumsi MSG, mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu dingin secara tiba-tiba, menggunakan penutup kepala terlalu ketat atau perubahan hormon pada perempuan yang mengonsumsi pil KB.

Namun, ada beberapa hal yang meski jarang terjadi, namun bisa juga menjadi penyebab sakit kepala sekunder.

Penyebab tersebut antara lain, gegar otak, aneurusa otak, meningitis, serangan panik, keracunan karbon monoksida, radang pada otak, dan lain sebagainya.

Agar tubuh terasa baik dan tidak terserang sakit kepala, ada beberapa cara pencegahan sakit kepala yang bisa dilakukan, yakni;

  • Istirahat cukup
  • Kurangi konsumsi obat
  • Mengurangi stres
  • Makan dengan teratur
  • Hindari pemicu sakit kepala
  • Mengurangi konsumsi kafein

Nah, bagaimana Moms penjelasan mengenai penyebab sakit kepala serta obat sakit kepala alami?

Jika Moms memiliki resep khusus seperti penggunaan essential oil dan lainnya sebagai obat alami untuk sakit kepala, jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

Apabila sakit kepala sudah diobati dan tidak juga berujung sembuh, jangan ragu dan segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat ya, Moms.

  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/14988447/
  • https://journals.sagepub.com/doi/10.1177/0333102418776016
  • https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/ptr.4996
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22019576/
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/17501846/
  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4097897/
  • https://www.webmd.com/migraines-headaches/5-ways-to-get-rid-of-headache
  • https://www.healthline.com/nutrition/headache-remedies
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait