Kesehatan

KESEHATAN
19 Desember 2020

Sehat dan Segar! Inilah 13 Manfaat Beras Kencur

Jamu paling populer ini bukan cuma segar tapi juga terbukti sehat.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Agnes
Disunting oleh Amelia Puteri

Indonesia yang kaya akan rempah-rempah telah menggunakan berbagai racikan sebagai obat tradisional.

Minuman rempah racikan ini akrab dikenal sebagai jamu dan telah menjadi andalan masyarakat Indonesia semenjak dahulu kala.

Walaupun kepopuleran jamu menurun dan saat ini menjadi lebih sulit dicari, jamu mengalami perubahan bentuk dan dipasarkan menjadi lebih modern dan cenderung instan, misalnya dalam bentuk bubuk atau kemasan siap minum.

Salah satu jamu yang paling populer karena rasanya yang segar dan khasiatnya yang menyehatkan adalah beras kencur.

Seperti namanya, bahan utama beras kencur adalah beras yang dihaluskan dan sari kencur. Agar semakin enak dan sehat, beras kencur biasanya ditambahkan jahe, kunyit, dan asam jawa, dan gula aren atau gula merah sebagai pemanis.

Inilah manfaat beras kencur yang sudah terbukti secara ilmiah.

Baca Juga: Resep Jamu Beras Kencur untuk Tubuh Sehat

Manfaat Beras Kencur untuk Kesehatan

Bagi sebagian orang, terutama anak-anak, jamu bukanlah minuman favorit karena rasa rempah-rempah yang begitu kuat dan pahit.

Biasanya jamu diminum sebagai obat tradisional ketika gejala-gejala penyakit mulai muncul, seperti masuk angin, pilek, pegal, batuk, dan sebagainya.

Lain halnya dengan beras kencur. Minuman jamu satu ini cukup manis dan rasanya segar sehingga juga disukai anak-anak. Apa saja manfaat beras kencur untuk kesehatan?

1. Mengandung Antioksidan

Beras kencur memiliki kandungan antioksidan

Foto: Sweetrip.id

Karena bahan beras kencur yang terdiri dari beras, jahe, kencur, asam jawa, dan kunyit, manfaat beras kencur untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi.

Kandungan antioksidan dalam tiap rempah-rempah yang digunakan mampu melawan radikal bebas dan stres oksidatif yang dapat mengganggu kesehatan.

Antioksidan polifenol yang terkandung dalam kencur, jahe, dan asam jawa terbukti mampu meningkatkan daya ingat, menurunkan gula darah, dan menurunkan level kolesterol jahat.

Walaupun masih diperlukan penelitian lebih lanjut, polifenol yang terkandung dalam beras kencur menunjukkan dampak positif dalam memperlambat atau mencegah penyakit neurodegeneratif, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

2. Mencegah Kanker

Jahe, kencur, asam jawa, dan kunyit menambah manfaat beras kencur untuk kesehatan dengan kemampuannya untuk mencegah hingga melawan sel kanker.

Dalam studi tes tabung, kencur yang memiliki kandungan bahan aktif galangin, dapat membunuh atau mencegah sel kanker.

Hasil berbagai studi menunjukkan galangin dapat membunuh sel kanker usus, payudara, saluran empedu, kulit, dan liver. Namun, studi ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Sedangkan pada jahe, zat antikanker yang terkandung di dalamnya adalah gingerol, yang dalam beberapa studi juga mampu membunuh beberapa jenis sel kanker.

Kurkumin dalam kunyit juga disinyalir memiliki efek pencegah kanker yang efektif, khususnya pada saluran pencernaan seperti kanker kolorektal.

Penelitian pada jurnal Cancer Prevention Research pada 44 orang yang memiliki luka di usus besar yang terkadang bersifat kanker, diberikan 4 gram kurkumin setiap hari selama 30 hari.

Hasilnya luka pada usus besar berkurang hingga 40%.

3. Meningkatkan Kesuburan Pria

Kencur dapat meningkatkan kesuburan pria

Foto: Freepik.com

Beberapa penelitian skala kecil menemukan kencur bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria.

Manfaat beras kencur untuk kesehatan pria ini masih membutuhkan penelitian dalam skala yang lebih besar pada manusia, namun penelitian 3 bulan pada 66 pria yang memiliki kualitas sperma yang rendah menunjukkan dampak yang positif.

Pada studi ini, kelompok pria yang meminum suplemen ekstrak kencur dan pomegranate menunjukkan peningkatan pergerakan sperma sebanyak 62% dibandingkan dengan kelompok plasebo yang hanya meningkat sebanyak 20%.

Sedangkan, studi pada hewan menunjukkan hasil serupa, yaitu adanya peningkatan jumlah sperma dan pergerakan setelah diberikan ekstrak kencur.

4. Baik Untuk Kesehatan Lambung

Manfaat beras kencur untuk kesehatan lambung didukung oleh kehadiran jahe yang memiliki kemampuan untuk mengosongkan lambung dan mempercepat proses pencernaan.

Meminum beras kencur dapat membantu mengurangi sakit perut yang disebabkan oleh gangguan pencernaan. Salah satu penyebab utama yang menimbulkan gangguan pencernaan adalah lambatnya proses peleburan makanan di lambung.

Jahe dapat membantu para penderita gangguan pencernaan, yang biasanya tidak diketahui secara pasti penyebabnya, dengan mempercepat pengosongan lambung.

Efek pengosongan lambung ini pernah diteliti di tahun 2011, di mana salah satu kelompok diberikan kapsul berisi jahe dan kelompok lainya diberikan kapsul plasebo.

Kemudian kedua kelompok diberikan sup setelah satu jam. Hasilnya, perut mereka yang menerima kapsul jahe kosong dalam 12 menit, sedangkan mereka yang menerima plasebo dalam 16 menit.

Baca Juga: 8 Rempah yang Dilarang untuk Ibu Hamil, Hindari Ya!

5. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Beras kencur dapat mencegah penyakit jantung

Foto: Freepik.com

Kadar kolesterol dalam darah yang tidak terkontrol dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, khususnya yang berkaitan dengan penyakit jantung.

Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh adalah dengan mengonsumsi makanan-makanan yang mampu membantu metabolisme kolesterol dalam darah.

Komponen-komponen dalam beras kencur memberikan manfaat beras kencur untuk kesehatan tubuh dengan menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL.

Efek antioksidan dalam jahe, kencur, asam jawa, dan kunyit dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Fungsi jahe untuk menurunkan kolesterol telah diteliti pada manusia dan hewan. Beberapa penelitian tersebut menunjukkan hasil positif dalam menurunkan kolesterol setelah mengonsumsi jahe bubuk secara rutin.

Selain jahe, kunyit dengan kandungan kurkumin juga membantu mencegah penyakit jantung dengan cara meningkatkan kinerja fungsi endotelium, yaitu sel yang melapisi pembuluh darah dan kelenjar limpa.

Disfungsi endotelium adalah salah satu penyebab utama penyakit jantung karena terkait fungsinya yang mengatur tekanan darah, penyumbatan darah, dan faktor lainnya.

Kurkumin dapat menjaga fungsi endotelium serta mengurangi inflamasi dan oksidasi yang juga menjadi faktor penyakit.

6. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat beras kencur untuk kesehatan otak dengan kandungan antioksidan dalam bahan-bahannya. Stres oksidatif dan inflamasi yang kronis dapat mempercepat proses penuaan organ-organ dalam tubuh.

Kedua faktor ini dipercaya mempengaruhi penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer.

Dalam beberapa studi pada hewan menunjukkan kandungan antioksidan dan senyawa bioaktif dalam jahe, kencur, dan kunyit menghalangi respon inflamasi yang terjadi di otak.

Studi lain juga membuktikan jahe dapat meningkatkan fungsi otak secara langsung.

Kandungan kurkumin dalam kunyit juga mampu membantu membersihkan plak di otak yang terbentuk dari sisa protein. Plak yang disebut sebagai amyloid ini juga menjadi salah satu penyebab penyakit Alzheimer.

Kurkumin juga mampu meningkatkan salah satu hormon pertumbuhan yang berfungsi di otak. Peran hormon ini cukup krusial dan turunnya level hormon di otak dikaitkan dengan penyakit seperti depresi dan Alzheimer.

7. Membantu Melawan Bakteri

Kencur dan jahe mampu mencegah infeksi

Foto: Freepik.com

Jahe dalam beras kencur mampu mencegah perkembangan beberapa tipe bakteri sehingga mencegah dan menurunkan risiko infeksi. Manfaat beras kencur untuk kesehatan ini berkat kandungan gingerol di dalam jahe.

Salah satu penelitian menemukan jahe efektif melawan bakteri mulut yang menyebabkan gingivitis dan periodontitis. Keduanya adalah penyakit peradangan pada gusi.

Selain jahe, kencur juga dapat membunuh bakteri seperti E. coli, Staphylococcus aureus, dan Salmonella Typhi.

Namun, kemampuan kencur ini masih dalam tahap tes tabung dan memerlukan penelitian lebih lanjut dalam skala yang lebih besar.

Baca Juga: 7 Rempah-rempah untuk Meningkatkan Kesuburan

Manfaat Beras Kencur Bagi Tubuh

Setelah meminum jamu seperti beras kencur, efek yang biasanya langsung terasa di tubuh adalah rasa hangat dan lega. Salah satu alasannya mungkin karena jahe yang merupakan salah satu bahannya.

Rempah seperti jahe, kencur, dan kunyit yang digunakan dalam beras kencur memang memiliki peranan besar dalam membawa manfaat bagi orang yang meminumnya. Apa saja manfaat beras kencur bagi tubuh?

8. Mengurangi Sakit Akibat Menstruasi

Beras kencur dapat membantu mengurangi sakit menstruasi

Foto: Freepik.com

Rasa kram dan sakit perut karena menstruasi dapat mengganggu kegiatan dan tidak nyaman.

Manfaat beras kencur bagi tubuh salah satunya adalah mengurangi rasa sakit dari dalam, termasuk rasa sakit saat menstruasi, dengan mengambil manfaat dari jahe yang merupakan salah satu bahan beras kencur.

Manfaat ini diteliti pada 150 wanita yang diminta untuk mengonsumsi jahe atau obat pereda rasa sakit pada 3 hari pertama menstruasi.

Hasilnya, kelompok yang mengonsumsi bubuk jahe sebanyak 250 mg atau setara 4 dosis harian, merasakan efek yang sama dengan kelompok yang meminum obat pereda sakit.

Studi-studi berikutnya juga mengambil kesimpulan bahwa jahe lebih efektif dibandingkan plasebo dan sama efektifnya dengan obat pereda sakit seperti kafein dan ibuprofen.

9. Mengurangi Rasa Sakit

Kandungan dalam kencur juga memberikan manfaat beras kencur bagi tubuh yang sedang terasa sakit seperti pegal, sakit otot setelah olahraga, atau tidak enak badan.

Rasa sakit di tubuh merupakan salah satu gejala terjadinya peradangan. Kencur, jahe, dan kunyit yang memiliki efek anti radang juga bekerja untuk mengurangi hingga menyembuhkan rasa sakit.

10. Mengurangi Mual

Beras kencur dapat mengurangi mual

Foto: Freepik.com

Manfaat beras kencur bagi tubuh juga dapat dirasakan oleh Moms yang sedang hamil, karena jahe di dalam beras kencur juga efektif menekan rasa mual.

Beberapa studi telah meneliti efek jahe terhadap 1278 orang wanita hamil. Hasil penelitian menunjukkan dampak positif jahe dalam mengurangi hingga mengatasi rasa mual hanya dengan mengonsumsi sekitar 1-1,5 gram jahe.

Tidak hanya rasa mual karena hamil (morning sickness), jahe juga mampu mengurangi rasa mual setelah operasi atau kemoterapi.

Hal ini mungkin ada kaitannya dengan manfaat jahe yang mampu mempercepat pengosongan lambung. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

Baca Juga: Tambahkan 6 Rempah Ini dalam Perawatan Kulit Moms Agar Tetap Awet Muda

11. Menurunkan Gula Darah

Manfaat beras kencur bagi tubuh juga dapat menurunkan level gula dalam darah. Rempah-rempah seperti jahe, kencur, dan asam jawa dalam beras kencur, mampu menurunkan kadar gula dalam darah karena kandungan polifenol.

Walaupun masih memerlukan penelitian lebih lanjut, salah satu studi menunjukkan hasil positif jahe untuk membantu menurunkan gula darah para penderita diabetes tipe 2.

Dalam studi tersebut 41 partisipan diberikan 2 gram bubuk jahe setiap hari menunjukkan hasil gula darah puasa turun 12%.

Selain itu, level HbA1c (hemoglobin A1c) yang menjadi salah satu indikator gula darah jangka panjang, menunjukkan penurunan hingga 10% dalam waktu 12 minggu.

12. Meringankan Gejala Arthritis

Beras kencur membantu meringankan gejala radang sendi

Foto: Freepik.com

Arthritis atau radang sendi adalah salah satu penyakit yang menyerang seiring bertambahnya usia dan adanya degenerasi di sendi-sendi tubuh. Gejala yang dirasakan penderita umumnya adalah rasa sakit di sendi dan kaku.

Manfaat beras kencur bagi tubuh salah satunya adalah mencegah peradangan sendi dan meringankan gejala radang sendi.

Kandungan anti inflamasi dalam beras kencur dapat mencegah, memperlambat, atau meringankan peradangan yang terjadi.

Beberapa studi pada penderita arthritis dan osteoarthritis yang mengonsumsi ekstrak jahe, kencur, dan kunyit masing-masing menunjukkan efek yang cukup signifikan dalam mengurangi rasa sakit di persendian.

Baca Juga: Bolehkah Memberikan Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Anak?

13. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat beras kencur bagi tubuh juga sebagai salah satu solusi meningkatkan nafsu makan. Salah satu bahan dalam beras kencur bertanggung jawab atas efek ini, yaitu jahe.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jahe mampu mengosongkan lambung lebih cepat. Efek ini dapat membuat perut terasa lebih cepat lapar.

Tentunya beras kencur akan bermanfaat bagi Moms atau anggota keluarga yang memiliki masalah dengan nafsu makan, entah karena sedang tidak enak badan atau untuk Si Kecil yang seringkali sulit diajak makan.

Dengan banyaknya manfaat beras kencur untuk kesehatan, Moms dan keluarga dapat mengonsumsi beras kencur secara rutin untuk menjaga kesehatan. Coba yuk, Moms!

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait