02 Januari 2024

14 Ciri-ciri Hamil 6 bulan dan Hal yang Harus Dihindari

Apa saja yang harus diperhatikan saat hamil 6 bulan? Simak penjelasannya.

2. Karbohidrat

Moms yang sedang hamil 6 bulan disarankan untuk mengonsumsi karbohidrat baik.

Namun, perlu diingat bahwa ini tergantung pada penambahan berat badan Moms selama hamil 6 bulan ini.

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat sehat dan cocok untuk Moms yang sedang hamil 6 bulan antara lain:

  • Kentang
  • Pasta (seperti spaghetti)
  • Jagung manis
  • Biji-bijian dan kacang-kacangan
  • Gandum

Makanan-makanan ini mengandung karbohidrat yang penting bagi kehamilan dan juga menyediakan nutrisi yang sehat.

Penting untuk memilih sumber karbohidrat yang sehat dan tidak berlebihan dalam mengonsumsinya, sesuai dengan kebutuhan Moms selama hamil 6 bulan ini.

Baca Juga: 10 Sumber Karbohidrat Kompleks untuk Ibu Hamil

3. Sayuran

Sudah bukan rahasia lagi, sayuran merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil 6 bulan.

Untuk itu, Moms bisa mencoba sayuran ini saat hamil 6 bulan:

Konsumsi sayuran saat hamil ini akan menghasilkan dunia yang baik untuk Si Kecil dan juga Moms.

4. Buah-buahan

Tentu, tidak ada salahnya menyegarkan hari selama hamil 6 bulan dengan menikmati buah-buahan segar.

Buah adalah makanan yang baik saat hamil 6 bulan. Berikut beberapa buah yang bisa Moms coba:

Buah-buahan ini adalah sumber nutrisi yang baik yang akan membantu dalam perkembangan dan pertumbuhan bayi.

Selain itu, buah juga memberikan rasa segar dan kepuasan selama kehamilan 6 bulan.

Pastikan untuk mencuci buah dengan baik sebelum mengonsumsinya dan pilih buah-buahan yang segar dan matang.

5. Cairan

Moms harus minum banyak air dan jus buah selama hamil 6 bulan ini.

Para ahli merekomendasikan 6 hingga 8 gelas cairan setiap hari untuk mengisi kembali tubuh Moms dan juga memberi bayi mineral penting yang ada dalam air.

Jus buah segar akan memberi Moms nutrisi yang diperlukan untuk memiliki kehamilan dan bayi yang sehat.

Baca Juga: Bahayakah Minum Susu setelah Minum Obat? Ini Kata Dokter!

Bentuk Perut Hamil 6 Bulan

Bentuk perut hamil 6 bulan (Orami Photo Stocks)
Foto: Bentuk perut hamil 6 bulan (Orami Photo Stocks) (https://www.freepik.com/free-photo/6-month-pregnancy-portrait-happy-young-good-looking-pregnant-mother-with-blond-long-hair-cozy-clothes_8812898.htm#page=1&query=6%20month%20pregnancy&position=0)

Saat Moms hamil 6 bulan ini tentu akan resah tentang ukuran atau bentuk perut hamil 6 bulan.

Namun, Moms tak perlu khawatir karena semua wanita memiliki bentuk perut hamil 6 bulan yang berbeda-beda.

Nah, mengenai bentuk perut hamil 6 bulan, dilansir Hopkins Medicine, tergantung dari berat badan dan besarnya Si Kecil dalam kandungan.

Namun, saat hamil 6 bulan, Si Kecil akan mencapai besaran 15 inci atau seukuran sayur kol.

Bentuk perut hamil 6 bulan Moms pun akan meningkat secara signifikan.

Pertumbuhan fisik bayi disesuaikan dengan perkembangan lain, termasuk mampu merespons suara yang sudah dikenal seperti suara Moms.

Pada minggu ke 25, Moms mungkin terbiasa merasakan gerakan membalik, menendang, dan gerakan bayi lainnya.

Pantangan Ibu Hamil 6 Bulan

Pantangan hamil 6 bulan (Orami Photo Stocks)
Foto: Pantangan hamil 6 bulan (Orami Photo Stocks) (Orami Photo Stock)

Banyak Moms sering mengidam makanan yang agak tidak sehat saat hamil.

Meskipun boleh saja menikmati junk food, berikut ini beberapa makanan pantangan atau larangan ibu hamil 6 bulan dihindari:

1. Makanan Laut Mentah

Moms mungkin mendambakan sushi saat hamil secara tiba-tiba tetapi hindarilah.

Karena ikan mentah mengandung metilmerkuri tingkat tinggi, hal itu dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan seperti listeriosis yang dapat berbahaya bagi Si Kecil yang belum lahir.

2. Daging Kurang Matang

Moms, larangan atau pantangan ibu hamil 6 bulan juga daging tapi yang dalam keadaan kurang matang.

Sehingga, selalu pastikan memasak daging dengan baik karena bakteri yang disebutkan di atas dapat hadir dalam daging yang kurang matang.

Jika Moms memasak daging untuk makan, berhati-hatilah untuk memasaknya dengan baik.

Ini memastikan Moms mencerna daging dengan baik dan menghindari risiko listeriosis. Hindari juga makan daging di luar rumah.

3. Makanan Pedas

Tentu ada saatnya Moms ingin makan sesuatu yang pedas. Namun, makanan pedas termasuk dalam larangan atau pantangan ibu hamil 6 bulan.

Ini bisa menimbulkan sensasi terbakar di perut dan menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Kafein

Tak perlu dikatakan, yang terbaik adalah menghindari minuman berkafein seperti kopi dan minuman berenergi.

Namun, menurut National Health Service, ibu hamil bisa membatasi asupan kafein hingga 200 miligram sehari, sekitar 2 cangkir kopi instan.

Kadar kafein yang tinggi dalam kehamilan dapat menyebabkan bayi memiliki berat badan lahir rendah, yang dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan di kemudian hari.

5. Alkohol dan Tembakau

Bukan rahasia lagi bahwa Moms harus benar-benar menjauh dari alkohol dan tembakau saat hamil.

Konsumsi alkohol atau tembakau dapat menyebabkan cacat permanen pada bayi.

Baca Juga: Penyebab Bayi Batuk Sampai Muntah Menurut Dokter Anak

Rekomendasi Vitamin

Suplemen ibu hamil 6 bulan (Orami Photo Stocks)
Foto: Suplemen ibu hamil 6 bulan (Orami Photo Stocks)

Dilansir dari Tommys.org, setidaknya ada dua vitamin hamil 6 bulan yang sangat penting bahkan hingga waktu persalinan, yaitu asam folat dan vitamin D.

Jika Moms anemia, mungkin penting untuk mengonsumsi suplemen zat besi juga.

Meskipun menu harian sudah sehat dan memberi Moms sebagian besar vitamin dan mineral yang dibutuhkan, asam folat dan vitamin D sangat penting bagi Si Kecil dalam kandungan.

Jika tes darah menunjukkan mengalami anemia maka dokter atau bidan akan meresepkan suplemen zat besi saat hamil.

Jika mereka tidak menunjukkan ini, tidak perlu mengambil suplemen zat besi dalam kehamilan.

Baca Juga: Preeklampsia pada Ibu Hamil: Kenali Ciri, Penyebab dan Komplikasinya

Sementara itu ada beberapa hal yang harus Moms lakukan saat hamil 6 bulan, ini demi kehamilan sehat...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb