14 Januari 2024

10+ Rekomendasi Menu Makanan Sehat Sehari-hari, Bisa Dicoba!

Supaya tak bosan, coba rekomendasi menu makanan sehat berikut ini yuk, Moms
10+ Rekomendasi Menu Makanan Sehat Sehari-hari, Bisa Dicoba!

3. Oatmeal Panggang Blueberry

Oatmeal (Orami Photo Stock)
Foto: Oatmeal (Orami Photo Stock)

Oatmeal merupakan salah satu makanan yang enak untuk disantap saat pagi hari.

Teksturnya lebih mudah saat dikonsumsi ya Moms. Tapi, kalau Moms bosan dengan menu oatmeal yang itu-itu saja, bisa mencoba menu blueberry baked oatmeal ini.

Nutrisi yang ada di dalam oatmeal sangat baik untuk tubuh. Karena satu porsi oatmeal mengandung sekitar 60 gram karbohidrat, 16 gram protein dan juga 10 gram serat.

Kandungan ini akan semakin bagus manfaatnya jika ditambah dengan blueberry yang mengandung 14 gram gula alami dan juga 21 gram karbohidrat.

Selain itu, penambahan telur untuk merekatkan oatmeal dan blueberry sebelum dipanggang menambah nilai nutrisi dari menu makanan satu ini ya Moms.

Baca juga: 5+ Resep Avocado Toast Lezat untuk Sarapan Sehat

Menu Makanan Sehat untuk Makan Siang

Menemukan ide menu makan siang yang sehat adalah sesuatu yang berharga.

Karena di siang hari, biasanya Moms akan merasa lapar yang berlebih karena kesibukan di pagi hari.

Saat makan siang, sebaiknya Moms pilih makanan yang mengenyangkan sehingga bisa fokus saat sore hari.

Nah, Moms berikut daftar menu makanan sehat yang cocok dikonsumsi saat istirahat pada siang hari.

4. Sup Sayuran Bening

Sup Sayuran Bening (Orami Photo Stock)
Foto: Sup Sayuran Bening (Orami Photo Stock)

Sup sayuran dengan kuah bening merupakan salah satu menu makanan sehat yang cocok disantap siang hari.

Campuran wortel, buncis, kentang dan daun bawang dapat memberikan asupan nutrisi yang sesuai kebutuhan.

Mulai dari karbohidrat, protein hingga serat terdapat dalam hidangan yang satu ini.

Selain itu, Moms juga bisa menambahkan ayam sebagai lemak tambahan di sup tersebut.

Cara membuat menu makanan sehat ini juga cukup mudah lho, Moms. Jangan lupa untuk dicoba di rumah ya Moms.

5. Pecel

Pecel (Orami Photo Stock)
Foto: Pecel (Orami Photo Stock)

Selain rasanya yang enak, pecel merupakan salah satu hidangan yang cukup sehat lho, Moms.

Campuran sayuran seperti kangkung, bayam, kacang panjang dan tauge sangat baik untuk asupan nutrisi harian.

Sayurannya kaya akan vitamin dan mineral termasuk potassium.

Selain itu, kacang merupakan salah satu sumber karbohidrat dan lemak yang baik untuk tubuh.

Moms bisa mengkonsumsi pecel dengan nasi atau lontong, tetapi jangan ditambah gorengan ya. Karena akan mengalami kelebihan asupan kalori di dalam tubuh.

Selain itu, pastikan jangan terlalu banyak menggunakan sambal kacang karena lemaknya terlalu tinggi.

Baca Juga: 15+ Makanan yang Mengandung Karbohidrat, Enak dan Sehat!

6. Tuna dengan Kacang Putih dan Salad Adas

Tuna (Orami Photo Stock)
Foto: Tuna (Orami Photo Stock)

Menu makanan sehat satu ini juga bisa dimasukan ke dalam daftar makan siang Moms.

Cara membuatnya juga cukup mudah, Moms hanya perlu mencampurkan kacang, tuna dan juga bawang Bombay di dalam mangkuk besar.

Kemudian siapkan dressing dari campuran mayonaise dan mustard. Jangan lupa untuk menambahkan daun adas kering dan cuka sebagai aroma.

Sajikan campuran tuna dengan bayam segar kemudian siram dengan dressing yang sudah Moms siapkan.

Hidangan ini sangat kaya akan nutrisi lho, Moms. Kandungan Omega-3 yang ada di dalam tuna juga memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh lho, Moms.

7. Roti Isi Telur Selada

Telur Dadar Bayam (Orami Photo Stock)
Foto: Telur Dadar Bayam (Orami Photo Stock)

Jika ingin makan siang yang lebih simpel, Moms bisa mencoba menu roti isi telur dan selada.

British Medical Journal menjelaskan, telur merupakan salah satu makanan yang aman untuk dikonsumsi.

Untuk roti, sebaiknya Moms pilih yang terbuat dari gandum atau biji-bijian lainnya. Karena jenis roti ini dianggap lebih baik dibandingkan dengan roti putih biasa.

Menu ini akan semakin sehat karena tambahan selada yang kaya akan mineral, vitamin dan juga serat.

Moms juga bisa menambahkan sayuran lain seperti timun atau tomat agar lebih segar saat dinikmati.

8. Sate Daging Sapi Tanpa Lemak dengan Selada Air dan Timun

Sate Daging Sapi (Orami Photo Stock)
Foto: Sate Daging Sapi (Orami Photo Stock)

Biasanya daging sapi merupakan salah satu jenis makanan yang dihindari saat menjalani pola hidup sehat.

Padahal, daging sapi merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik untuk tubuh.

Baca juga: 23 Makanan Sehat untuk Jantung, Ada Buah, Sayuran, dan Kacang-kacangan!

Hanya saja, saat ingin konsumsi daging sapi, pilih yang kandungan lemaknya rendah seperti sirloin.

Agar lebih sehat, Moms dapat mencoba menu sate daging sapi tanpa lemah dengan selada air dan timun.

Rasa daging sapi yang gurih akan semakin nikmat jika disantap dengan selada dan juga timun lho, Moms.

Saat menjalankan pola hidup sehat, khususnya saat menurunkan berat badan, Moms mungkin akan...

Konten di bawah ini disajikan oleh advertiser.
Tim Redaksi Orami tidak terlibat dalam materi konten ini.


FOLLOW US

facebook
twitter
instagram
spotify
tiktok

Orami Articles — Artikel Seputar Parenting, Kesehatan,
Gaya Hidup dan Hiburan

Copyright © 2024 Orami. All rights reserved.

rbb