Kesehatan

21 Juli 2021

Norovirus: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobatinya

Ternyata sakit perut bisa disebabkan oleh norovirus juga, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Adeline Wahyu

Moms mungkin pernah merasakan sakit perut yang cukup hebat. Hal ini bisa disebabkan karena tertular norovirus atau virus perut dan usus yang sangat menular.

Clinical Microbiology Reviews menjelaskan norovirus adalah patogen yang bisa masuk ke dalam tubuh manusia dan bisa menular dengan cepat.

Penyebaran virus ini terbilang cukup cepat. Karena dapat disebankan oleh kontak langsung dan tidak langsung terhadap orang yang terinfeksi. Karena penyebarannya yang sangat cepat, si kecil juga mungkin bisa terinfeksi di berbagai tempat seperti rumah sakit, sekolah dan pusat penitipan anak.

Baca juga: Cina Diserang Wabah Norovirus, Ini Kronologi dan Penjelasan Lengkapnya

Penyebab Norovirus

Penyebab Norovirus

Foto: Orami Photo Stock

Beberapa orang mungkin memiliki pengalaman dengan virus ini. Karena ini adalah penyakit umum pada lambung dan saluran usus. Ada banyak faktor yang membuat Moms terpapar virus ini.

Beberapa penyebab yang sering terjadi antara lain, keracunan makanan dan minuman, menyentuh orang atau barang yang sudah terpapar virus dan terakhir kontak langsung dengan orang yang terinfeksi virus ini.

Selain itu, Moms juga akan terpapar virus ini juka menggunakan barang yang sama dengan orang yang terinfeksi. Karena partikel kecil dalam norovirus akan mudah sekali masuk ke dalam tubuh.

Moms mungkin tidak akan menyadari ketika partikel-partkel itu turun ke dalam kerongkongan Moms. Mereka akan mudah melewati perut dan masuk ke dalam usus.

Usus adalah sweet spot norovirus, di mana reproduksi cepat tampaknya terjadi. Sementara itu, sistem kekebalan tubuh Moms akan secara otomatis menyerang benda asing tersebut dan antibodi akan mengarahakn apsukan untuk menghancurkannya.

Biasanya, antibody akan membantu menyerang virus selama tiga hari hingga dua minggu. Jika gejala tersebut terus terjadi dalam tubuh melebihi waktu normal, sebaiknya Moms segera menghubungi dokter.

Baca juga: Anak Sering Mengeluh Sakit Perut? Kenali 5 Penyebabnya Disini!

Gejala Norovirus

Gejala Norovirus

Foto: Orami Photo Stock

Gejala infeksi norovirus mulai terjadi antara 12 sampai 48 jam setelah terpapar.

Jurnal StatPearls menjelaskan gejala yang sering terjadi pada orang terinfeksi norovirus termasuk mual, muntah dan diare.

Selain itu, gejala lain yang mungkin juga akan Moms alami adalan kram atau nyeri perut, tinja berair atau diare, demam ringan, panas dingin, sakit kepala, sakit di seluru badan.

Semua gejala tersebut biasanya terjadi antara 24 hingga 72 jam. Jika sudah lebih dari kisaran waktu tersebut, sebaiknya Moms segera temui dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Selain itu, Moms juga disarankan untuk menenemui dokter jika gejala disertai dengan diare yang sangat parah atau bahkan mengeluarkan darah. Karena buang air besar yang berlebihan dapat menurunkan kadar cairan di dalam tubuh.

Jika tubuh mengalami dehidrasi, sistem kekebalan tubuh ikut menurun. Hal ini akan semakin parah pada lansia dan orang yang memiliki penyakit tertentu atau penerima transplantasi organ induk.

Menurut CDC, sekitar 30% kasus tidak menimbulkan gejala sama sekali, terutama pada anak-anak.

Baca juga: 12 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah Sampai ke Pinggang, Hati-hati!

Cara Mengatasi Norovirus

Pengobatan Norovirus

Foto: Orami Photo Stock

Tidak ada obat khusus untuk norovirus. Karena ini bukan infeksi bakteri, jadi konsumsi antibiotik tidak akan terlalu membantu Moms. Namun, Moms bisa melakukan beberapa hal berikut ini untuk menghilangkan norovirus di dalam tubuh.

1. Istirahat

Saat Moms mengalami beberapa gejala norovirus sebaiknya mulai istirahat di rumah. Karena jika Moms memaksakan diri, virus ini akan semakin berbahaya. Biarkan tubuh istirahat minimal tiga hari.

2. Banyak Minum Air Putih

Moms juga sebaiknya banyak konsumsi air putih atau air yang mengandung elektrolit. Hal ini sangat bagus untuk mengganti elektrolit.

Selain itu, larutan hidrasi oral, seperti Pedialyte, direkomendasikan untuk segala usia. Larutan ini juga sangat diperlukan pada bayi dan anak-anak.

Selain itu, jauhi minuman manis, karena ini dapat memperburuk diare. Sementara untuk orang dewasa sebaiknya menghindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol.

3. Jaga Asupan Makanan

Untuk bayi yang terpapar norovirus sebaiknya tetapi diberi susu formula untuk menghilangkan dehidrasi.

Sementara untuk orang dewasa sebaiknya menjaga asupan nutrisi dengan mengkonsumsi beberapa makan seperti sup bening, telur, kentang, sayur dan protein seperti ayam dan ikan.

Baca juga: 13 Bahan yang Bisa Moms Jadikan Obat Sakit Perut Alami

Cara Mencegah Norovirus

Cara mencegah norovirus

Foto: Orami Photo Stock

Norovirus sangat menular dan persisten. Tidak ada vaksin untuk mencegahnya, tetapi ada beberapa hal yang dapat Moms lakukan untuk menurunkan risiko penularan.

1. Jaga Kebersihan Setelah Menggunakan Toilet

Cuci tangan setelah menggunakan toilet, mengganti popok, atau merawat orang sakit. Gunakan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik.

Jika tidak memiliki akses ke sabun dan air, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol, seperti handsanitizer atau tissue basah antibakteri.

2. Gunakan Sarung Tangan Saat Merawat Orang Sakit

Saat merawat orang sakit, kenakan sarung tangan dan gunakan kantong plastik untuk membuang bahan atau popok yang kotor.

Gunakan disinfektan atau larutan pemutih klorin pada permukaan yang terkontaminasi. Tangani pakaian yang terkontaminasi dengan hati-hati dan cuci segera.

3. Hindari Konsumsi Makanan dan Minuman dari Orang Sakit

Moms juga sebaiknya jangan konsumsi makanan dan minuman yang disiapkan orang sakit. Karena virus ini dapat ditularkan melalui sentuhan tangan penderita.

4. Cuci Tangan Sebelum Konsumsi atau Menyiapkan Makanan

Moms sebaiknya membiasakan cuci tangan sebelum menyiapkan atau konsumsi makanan. Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu cara paling ampuh mencegah penularan virus apapun.

Baca juga: 5 Obat Sakit Perut Alami untuk Anak

5. Jaga Kebersihan Makanan

Selain menjaga kebersihan diri, Moms juga sebaiknya menjaga kebersihan makanan yang akan dikonsumsi. Cuci bersih semua produk yang akan Moms konsumsi, seperti sayur, buah atau protein seperti ayam, ikan atau daging.

6. Hindari Konsumsi Makanan Setengah Matang

Saat Moms sudah mengalami gejala norovirus, sebaiknya menghindari makanan yang tidak dimasak secara sempurna. Kalau Moms suka sushi atau sashimi sebaiknya dihindari dulu, hingga gejalanya hilang.

7. Tetap Berada di Rumah

Jika Moms sakit, tetap di rumah. Hal ini sangat penting, apalagi Moms yang bekerja di layanan makanan, perawatan kesehatan, atau pendidikan. Anak-anak yang sakit tidak boleh bersekolah, penitipan anak, atau kegiatan lainnya.

8. Tunda Rencana Bepergian

Saat Moms mengalami gejala atau terpapar norovirus, sebaiknya tunda rencana untuk bepergian hingga benar-benar pulih. Karena menggunakan layanan umum akan memperburuk kondisi Moms yang terpapar norovirus.

Ingat, Moms tetap masih bisa menyebarkan virus hingga dua minggu setelah gejala mereda. Karena ada banyak jenis virus yang berbeda, sekali sudah terpapar tidak menjamin bahwa Moms akan kebal dengan virus ini.

Baca juga: Sering Mengeluh Sakit Perut, Apakah Mungkin Balita Sakit Maag?

Waktu Penyembuhan Norovirus

waktu penyembuhan norovirus

Foto: Orami Photo Stock

Waktu penyembuhan Moms yang terinfeksi norovirus berbeda-beda tergantung dengan kondisi tubuh masing-masing. Jika sistem kekebalan tubuh Moms, waktu penyembuhannya mungkin akan memerlukan waktu yang cukup lama.

Data CDC menyebutkan bahwa, dalam setahun ada 50 ribu anak yang meninggal karena virus ini. Biasanya hal ini menyerang anak-anak di negara berkembang.

Sementara, orangtua atau orang dengan kondisi medis tertentu mungkin memerlukan perawatan lanjutan di rumah sakit untuk penyembuhan norovirus.

Kendati demikian, norovirus dengan gejala ringan mungkin akan sembuh dalam waktu tiga hari. Asalkan Moms tetap menjaga makanan dan kebersihan.

Baca juga: Cara Menggunakan Masker yang Benar untuk Mencegah Virus, Simak di Sini!

Demikian penjelasan mengenai penyebab, gejala dan juga cara mengatasi norovirus. Semoga bermanfaat ya.

  • https://www.healthline.com/health/norovirus#recovery-time
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait