Kesehatan Umum

8 Oktober 2021

10 Cara Menjaga Kesehatan Mental, Yuk Coba!

Kesehatan mental sama pentingnya dengan kesehatan fisik, lho
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Defara Millenia
Disunting oleh Adeline Wahyu

Saat ini, isu kesehatan semakin menjadi perhatian masyarakat. Tak heran jika banyak yang mencari cara menjaga kesehatan mental.

Kesehatan mental sama pentingnya harus dijaga seperti kesehatan fisik. Apabila mental sehat, Moms bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan baik, lebih percaya diri, serta lebih produktif dalam bekerja atau belajar.

Terlebih lagi kondisi pandemi COVID-19 lebih rentan mengalami gangguan kesehatan mental.

Sebuah penelitian Journal Plus One membuktikan bahwa, adanya kebijakan melakukan aktivitas di rumah selama pandemi COVID-19, secara tak sadar berimbas pada kesehatan mental seseorang.

Untuk mencegahnya, yuk simak penjelasan mengenai cara menjaga kesehatan mental di bawah ini.

Baca Juga: 12 Manfaat Kulit Sapi untuk Kesehatan, Mengobati Sakit Maag Hingga Menurunkan Berat Badan

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Kondisi kesehatan mental seseorang dapat memengaruhi pemikiran, suasana hati, hingga perilaku.

Jika terjadi gangguan kesehatan mental, bisa berimbas pada aktivitas sehari-hari. Bahkan, pada kondisi yang lebih berat, penderitanya dapat melakukan percobaan bunuh diri.

Berikut ini cara menjaga kesehatan mental yang bisa Moms lakukan:

1. Meditasi

meditasi

Foto: Orami Photo Stock

Cara menjaga kesehatan mental yang pertama adalah rutin melakukan meditasi.

Meditasi adalah cara meningkatkan kemampuan kognitif, termasuk meningkatkan perhatian, memori, kelancaran verbal, fungsi eksekutif, kecepatan pemrosesan, fleksibilitas kognitif, serta kreativitas.

Dengan melakukan meditasi, Moms akan lebih mudah untuk mengatur emosi sehingga dapat terhindar dari kondisi stres.

Sebuah penelitian Journal Science Direct membuktikan bahwa, seseorang yang mengikuti kegiatan meditasi dapat mengelola stres dengan lebih baik dibandingkan orang yang tidak mengikuti meditasi.

2. Melakukan Journaling

Rutin melakukan journaling tentu bukan hanya bermanfaat menata hidup dan rencana menjadi lebih baik. Aktivitas ini ternyata menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mental, lho.

Menulis journaling sangat penting dalam membantu mengidentifikasi pembicaraan diri otomatis negatif dan menemukan akar kecemasan.

Melansir Journal of Management Education, menulis journaling terbukti membantu siswa mengelola stres dan kecemasan mereka. Tak hanya itu, aktivitas ini juga meningkatkan keterlibatan mereka dan meningkatkan kreativitas di kelas.

Baca Juga: 6 Penyebab Telinga Bayi Bau, Jangan Dianggap Sepele!

3. Selalu Berpikir Positif

senyum

Foto: Orami Photo Stock

Pola pikir positif dapat membuat Moms lebih percaya diri, memperbaiki suasana hati, dan bahkan mengurangi kemungkinan berkembangnya kondisi seperti hipertensi, depresi, dan gangguan terkait stres lainnya.

Berpikir positif bukan berarti Moms mengabaikan situasi hidup yang tidak menyenangkan.

Berpikir positif adalah dapat ditunjukkan ketika Moms menghadapi ketidaknyamanan dengan cara yang lebih positif dan produktif. Pikiran positif akan menuntun Moms untuk memikirkan hal terbaik yang akan terjadi, bukannya yang terburuk.

Misalnya, jika terjadi masalah jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu penyebabnya. Dengan begitu, Moms tidak akan mudah cepat marah.

4. Menghirup Aromaterapi

Cara menjaga kesehatan mental juga bisa Moms lakukan dengan menghirup aroma terapi sambil meregangkan tubuh.

Melansir International Journal of Nursing Practice menjelaskan aromaterpadapat menurunkan kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

Moms dapat memilih aroma bunga untuk meningkatkan mood sebagai salah satu terapi di saat pikiran sedang penat. Moms juga dapat menggunakan difusser atau lilin aromaterapi untuk melakukan hal ini.

Baca Juga: Moms, Lakukan 7 Cara Ini agar Anak-anak Memiliki Gigi Sehat dan Bersih

5. Konsumsi Makanan Bergizi

makanan bergizi

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi makanan bergizi bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik bagi kesehatan mental.

Karbohidrat dapat meningkatkan hormon yang membangun suasana hati agar positif. Seperti karbohidrat, sayur dan buah dapat memberi makan sel tubuh termasuk mengontrol suasana hati lebih positif.

Sedangkan protein dapat meningkatkan zat kimia di otak yang membantu tubuh tetap waspada. Selain itu, pastikan tubuh mendapatkan pasokan lemak sehat seperti dari ikan dan kacang-kacangan.

6. Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein adalah stimulan yang ditemukan dalam kopi, teh, cokelat, dan minuman energi. Dosis tinggi dapat meningkatkan kecemasan.

Orang memiliki ambang batas yang berbeda untuk berapa banyak kafein yang dapat mereka toleransi. Jika Moms menyadari bahwa kafein membuat gelisah atau cemas, pertimbangkan untuk menguranginya.

Baca Juga: Marasmus, Kekurangan Gizi pada Anak yang Dapat Berakibat Fatal

7. Olahraga Rutin

olahraga

Foto: Orami Photo Stock

Tubuh yang aktif bergerak tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga berkontribusi positif pada kesehatan mental. Aktif bergerak dapat meningkatkan harga diri, memotivasi diri sendiri, dan mengubah kimia di otak menjadi lebih positif.

Tak perlu yang susah, coba rutin beranjak dari tempat duduk setiap 20 menit untuk jalan kaki mengambil minum atau ke kamar mandi.

Fisik dan mental juga makin prima jika seseorang rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Pilih jenis olahraga di luar ruangan karena menghirup udara di luar ruangan bisa membantu meredakan stres.

8. Sosialisasi

Cara menjaga kesehatan mental selanjutnya adalah menghabiskan waktu bersama keluarga atau teman.

Dukungan sosial dari teman dan keluarga sering dianggap efektif untuk menghilangkan stres pikiran. Ambil bagian dalam sebuah kelompok pertemanan membuat Moms juga dianggap bisa membantu dalam masa-masa sulit.

Sebuah studi menemukan bahwa bagi wanita khususnya, menghabiskan waktu bersama teman dan anak-anak membantu melepaskan oksitosin, pereda stres alami. Efek ini disebut "tend and befriend" dan merupakan kebalikan dari respons fight-or-flight.

Moms mungkin tidak bisa keluar rumah, tetapi teknologi saat ini memberi kita kemudahan untuk tetap terhubung dengan orang lain untuk mencegah diri mengalami stress.

Misalnya, mengikuti sesi olahraga dan ibadah online. Berkabar dengan keluarga dan teman melalui video call atau menggunakan layanan konferensi video.

Baca Juga: Cara Menurunkan Berat Badan setelah Melahirkan, Salah Satunya Konsumsi Air Mineral yang Cukup

9. Tidur Cukup

tidur

Foto: Orami Photo Stock

Pada dasarnya, manusia membutuhkan tidur karena pada saat itulah tubuh bekerja memperbaiki segala jenis kerusakan, baik dalam hal fisik maupun mental.

Kurang istirahat dan tidur dapat membuat Moms menjadi cepat marah, tidak sabar, sulit berkonsentrasi, murung, stres, dan depresi. Terlalu sedikit tidur juga dapat membuat Moms terlalu lelah melakukan hal-hal yang diinginkan dan menjadi tidak produktif.

10. Nikmati Udara Luar

Melansir Urban Forestry & Urban Greening menunjukkan bahwa, melihat pemandangan alami, seperti pohon, halaman, dan taman, dapat mengurangi gejala stress dan memiliki efek positif pada kesehatan mental.

Cobalah rutin ke luar rumah atau ke taman selama 20 menit untuk menghirup udara segar.

Moms bisa berjalan-jalan di taman sekitar rumah sebentar atau mulai bercocok tanam sederhana di halaman rumah. Atau Moms juga bisa bermain bersama hewan peliharaan di sekitar halaman rumah.

Baca Juga: 10 Cara Merapikan Gigi Tanpa Menggunakan Behel, Yuk Coba!

Nah itu dia Moms cara menjaga kesehatan mental yang bisa dilakukan. Dicoba yuk, Moms!

  • https://journals.plos.org/plosone/article?id=10.1371/journal.pone.0244809
  • https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/S0889159112004758
  • https://www.researchgate.net/publication/254116871_Student_Well-Being_Interventions
  • https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/24238073/
  • https://www.researchgate.net/publication/291012449_Stress_Recovery_and_Restorative_Effects_of_Viewing_Different_Urban_park_Scenes_in_Shanghai_China
  • https://www.healthline.com/health/mental-health
  • https://medlineplus.gov/howtoimprovementalhealth.html
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait