Balita dan Anak

BALITA DAN ANAK
2 Juni 2020

Ciri-Ciri Anak Mengalami Depresi, Orang Tua Harus Waspada

Depresi tidak hanya bisa terjadi pada orang dewasa, tetapi juga pada anak-anak. Waspadai ciri-cirinya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Serenata Kedang
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Melihat buah hati tertawa dan bahagia merupakan kebahagiaan bagi semua orang tua. Namun, Moms mungkin pernah mengalami masa di mana Si Kecil terlihat sedikit berbeda dari biasanya. Hati-hati, sebab hal tersebut bisa menjadi tanda anak mengalami depresi.

Tidak hanya pada orang dewasa, depresi juga bisa terjadi pada anak-anak, lho. Perlu diketahui sebelumnya bahwa gejala depresi yang dialami pada anak bisa terlihat dalam bentuk yang berbeda.

Dilansir dari National Institute of Mental Health, depresi merupakan sebuah masalah serius yang memengaruhi kondisi cara berpikir dan bertindak dari seseorang.

Ciri-Ciri Anak Depresi

Depresi akan menjadi sangat berbahaya apabila tidak cepat diatasi. Sebelum terlambat, alangkah baiknya apabila Moms mengetahui ciri-ciri anak depresi. Simak terus penjelasannya pada artikel di bawah ini, yuk.

1. Anak Terlihat Murung dan Sedih

Ciri-Ciri Anak Mengalami Depresi, Orang Tua Harus Waspada 1.jpg

Foto: Pixabay.com

Ciri-ciri anak depresi yang pertama dan paling mudah diketahui adalah anak terlihat murung dan sedih. Anak-anak tentunya jarang menunjukkan ekspresi wajah yang murung dan sedih. Sebab, mereka cenderung selalu gembira karena belum memiliki beban pikiran.

Untuk itulah, orang tua diminta sigap melihat perbedaan dalam ekspresi wajah sehari-hari Si Kecil. Apabila memang Si Kecil bersikap berbeda dari biasanya, Moms bisa coba ajak berbicara dan tanyakan apa yang membuatnya murung dan sedih.

Baca Juga: Ketahui Masalah Bipolar dan Depresi Anak dari Giginya

2. Mudah Marah

Ciri-Ciri Anak Mengalami Depresi, Orang Tua Harus Waspada 2.jpg

Foto: Freepik.com

Tentu Moms akan bertanya-tanya jika tiba-tiba Si Kecil menjadi cepat marah, bukan? Perlu diketahui bahwa hal ini bisa jadi salah satu gejala awal anak mengalami depresi.

Anak yang mudah marah biasanya merasakan sebuah kondisi di mana keinginannya ada yang tidak terpenuhi, sehingga memunculkan rasa amarahnya. Tanyakan secara baik-baik apa keinginan Si Kecil untuk menenangkan perasaannya.

3. Tampak Tidak Tenang dan Gelisah

Ciri-Ciri Anak Mengalami Depresi, Orang Tua Harus Waspada 3.jpg

Foto: Freepik.com

Tanda anak mengalami depresi berikutnya adalah anak terlihat tidak tenang dan selalu gelisah. Anak yang mengalami kondisi ini biasanya tidak bisa duduk tenang dan berjalan kesana kemari mengitari rumah.

Kegelisahan ini terjadi karena anak menyimpan sesuatu yang membuatnya merasa tidak nyaman. Namun, jangan membentak anak yang terlihat gelisah ya, Moms. Usahakan membuat anak tenang sebelum menanyakan hal apa yang membuatnya gusar.

4. Kehilangan Nafsu Makan

Ciri-Ciri Anak Mengalami Depresi, Orang Tua Harus Waspada 4.jpg

Foto: Freepik.com

Kehilangan nafsu makan juga bisa jadi salah satu ciri-ciri anak depresi lainnya. Perlu Moms perhatikan bahwa kehilangan nafsu makan bukan selamanya berasal dari penyakit, tetapi bisa jadi karena ada hal yang mengganggu pikirannya.

Kehilangan nafsu makan tidak hanya membuat tubuh rentan sakit, tetapi juga jadi mudah marah, tersinggung, yang jika dibiarkan lama-lama bisa menjadi gejala depresi.

Baca Juga: 3 Tingkatan Depresi dan Cara Mendeteksinya

5. Mengalami Perubahan Pola Tidur

Ciri-Ciri Anak Mengalami Depresi, Orang Tua Harus Waspada 5.jpg

Foto: Pexels.com

Seorang anak yang mengalami gejala depresi biasanya akan mengalami perubahan dalam pola tidurnya. Untuk itu, perhatikan jam tidur Si Kecil, apakah ia tidur lebih lama dari biasanya atau tidak bisa tidur sama sekali.

Untuk mengatasi gejala yang satu ini, Moms bisa mengajari Si Kecil teknik relaksasi. Salah satu teknik relaksasi yang mudah untuk diajarkan adalah dengan mengurangi pikiran negatif dan mengubahnya jadi pikiran yang positif.

6. Anak Sulit Berkonsentrasi

Ciri-Ciri Anak Mengalami Depresi, Orang Tua Harus Waspada 6.jpg

Foto: Freepik.com

Kondisi ini bisa terlihat saat Moms sedang mengajak anak mengobrol atau membuat pekerjaan rumah bersama. Anak akan sulit fokus bahkan sulit untuk mengingat secara detail.

Jangan khawatir, keadaan seperti ini bisa diselesaikan dengan cara bertahap. Moms and Dads harus mulai untuk mencoba meluangkan waktu bersama guna menciptakan suasana hati yang positif.

Dengan suasana dan pikiran yang positif, anak bisa meningkatkan kemampuannya dalam berkonsentrasi dan menghilangkan gejala depresi tersebut.

Baca Juga: Gejala Depresi dan Kelelahan Hampir Sama, Ini Cara Bedakannya

7. Menarik Diri dari Pergaulan Teman Sebaya

Ciri-Ciri Anak Mengalami Depresi, Orang Tua Harus Waspada 7.jpg

Foto: Freepik.com

Salah satu ciri-ciri anak depresi yang paling berbahaya adalah kondisi ketika sang buah hati merasa tidak nyaman dan menarik diri dari pergaulan teman sebayanya. Situasi ini bisa memberikan dampak buruk, mengingat usia anak-anak sangat membutuhkan sosialisasi.

Salah satu cara mengatasi anak yang mengalami gejala depresi seperti ini adalah dengan mengajaknya bermain bersama. Selain mengatasi gejala depresi, Moms juga bisa menghibur anak sehingga rasa percaya dirinya kembali muncul.

Moms, itulah 7 ciri-ciri anak depresi yang patut diwaspadai. Tentunya, kondisi ini akan membuat Si Kecil jadi tidak nyaman dan jika dibiarkan akan mengganggu perkembangannya.

Untuk itu, sebagai orang tua, selalu biasakan diri mengamati anak-anak sehingga bisa mendeteksi jika ada hal aneh terjadi.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait