Gratis Ongkir minimum Rp 200.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

  • Harga Terbaik
  • Brand Pilihan
  • Promo ANZ 30% Semua produk




Mengenal Garis Evaporasi dalam Test Pack

Bagikan


Mengenal Garis Evaporasi dalam Test Pack

Moms mungkin merasa asing dengan istilah garis penguapan atau garis evaporasi, tetapi isitlah ini sangat umum. Garis evaporasi adalah garis pada hasil test pack yang disebabkan oleh penguapan urine pada hasil tes kehamilan.

Bila urine pada tes kehamilan menguap dan mulai hilang lalu mengering, maka akan menghasilkan garis samar. Garis ini biasanya tidak berwarna, dan sangat samar, dan bisa muncul pada tes kehamilan apa pun.

Terkadang garis evaporasi bisa muncul pada hasil tes kehamilan positif maupun negatif, yang bisa membingungkan beberapa wanita.  

Baca Juga: Test Pack Positif Tetapi Tidak Hamil, Mengapa?

Timbulnya Garis Evaporasi

Maureen Stephens, BS, RN, seorang pakar kesuburan yang mengkhususkan diri dalam perawatan kebidanan dan medis/bedah, garis penguapan tidak akan rancu dengan garis tes kehamilan samar (valid positif) jika tes dibaca dalam interval waktu reaksi lima menit. Penjelasan lain untuk hasil test pack samar meliputi:

Baca Juga: Hasil Test Pack Samar, Apakah Ini Tanda Kehamilan?

Tes kehamilan terlalu awal: Jika Moms melakukan tes kehamilan terlalu dini, lebih awal dari tujuh sampai sepuluh hari setelah ovulasi, kadar hCG mungkin tidak cukup untuk menghasilkan garis yang sangat akurat. Jika Moms melihat hasil tes positif yang samar, selalu lakukan tes kehamilan ulang.

Tes sensitivitas lebih rendah: Test pack yang berbeda memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda. Periksalah tingkat sensitivitas tes pack yang Moms gunakan dan cobalah untuk membeli tes kehamilan dengan sensitivitas yang lebih tinggi sehingga Moms bisa memperoleh hasil yang akurat lebih cepat.

Sampel urine encer: Sampel urin mungkin mengalami "pengenceran" karena sering buang air kecil atau banyak minum cairan. Urine pertama di pagi hari disarankan untuk tes kehamilan karena mengandung jumlah hormon hCG terkonsentrasi yang paling banyak.

Menunggu terlalu lama untuk membaca hasilnya: hasil test pack mungkin salah ditafsirkan dengan garis penguapan. Garis penguapan juga bisa terlihat sangat mirip dengan hasil tes kehamilan positif, jadi sangat mudah untuk salah menafsirkannya. Karena itu, bacalah instruksi penggunaan dengan sangat hati-hati untuk memastikan bahwa Moms membaca hasilnya dalam jangka waktu yang ditentukan.

Kehamilan kimia: ditunjukkan saat penanaman telur yang telah dibuahi dan produksi hCG terjadi. Kehamilan kimiawi, menurut definisi, segera diikuti oleh keguguran sebelum tanda kehamilan lainnya dapat dideteksi.

Susunan kimia urine: Urine setiap orang memiliki susunan kimia unik yang berbeda. Beberapa urine wanita akan lebih cenderung mengembangkan garis penguapan daripada yang lain. Beberapa garis evaporasi dapat segera muncul, beberapa mungkin memerlukan beberapa menit atau bahkan berjam-jam untuk muncul, dan beberapa mungkin bahkan tidak akan pernah muncul sama sekali.

Jika Moms membaca garis samar pada tes kehamilan yang mungkin merupakan garis penguapan, langkah terbaik adalah melakukan beberapa tes kehamilan ulang. Pastikan juga Moms membaca hasilnya dalam jangka waktu yang ditentukan.

Baca Juga: Seberapa Akurat Tes Kehamilan?

(ROS)

Sumber: early-pregnancy-tests.com, healthline.com, conceiveeasy.com

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.