Kesehatan

KESEHATAN
23 April 2020

4 Dampak Terlalu Banyak Minum Suplemen Vitamin C

Sebagian besar gejalanya ringan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Mengonsumsi multivitamin menjadi salah satu cara untuk menjaga daya tahan tubuh. Apalagi di tengah kondisi pandemi virus corona, wajar jika banyak orang mulai berburu suplemen vitamin.

Tetapi, Moms tentu tahu bahwa mengonsumsi sesuatu yang berlebihan dapat memberikan beberapa efek pada tubuh. Termasuk jika Moms terlalu banyak minum suplemen vitamin.

Salah satu jenis suplemen vitamin yang sedang banyak dicari adalah suplemen vitamin C. Moms mungkin juga termasuk orang yang mencari suplemen vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Lalu, apa saja efek samping dari terlalu banyak minum suplemen vitamin C secara berlebihan? Berikut ini penjelasannya.

Baca Juga: Berapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan Tubuh Dalam Sehari?

Fungsi Vitamin C untuk Tubuh

terlalu banyak minum suplemen vitamin C-1

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Medline Plus, vitamin C diperlukan untuk pertumbuhan dan perbaikan jaringan di semua bagian tubuh. Beberapa manfaat dari konsumsi vitamin C seperti:

  • Membentuk protein penting yang digunakan untuk membuat kulit, tendon, ligamen, dan pembuluh darah
  • Menyembuhkan luka dan bentuk jaringan parut
  • Memperbaiki dan memelihara tulang rawan, tulang, dan gigi
  • Membantu penyerapan zat besi

"Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air. Karena tubuh tidak memproduksi atau menyimpan vitamin C, penting untuk mengonsumsi vitamin C dalam pola makan Anda," jelas Katherine Zeratsky, R.D., L.D., ahli diet, mengutip Mayo Clinic.

Pada data Kementerian Kesehatan Indonesia dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013, disebutkan kebutuhan vitamin C per hari seseorang yaitu sebagai berikut:

  • Bayi usia 0 bulan hingga anak usia 12 tahun (40-45 mg/hari)
  • Anak remaja usia di atas 12 hingga 18 tahun (65-90 mg/hari)
  • Orang dewasa +18 tahun (75-90 mg/hari)

Baca Juga: Suplemen Vitamin untuk Bayi, Perlukah?

Dampak Terlalu Banyak Minum Suplemen Vitamin C

Ada beberapa dampak yang bisa dialami seseorang jika mengonsumsi terlalu banyak minum suplemen vitamin C. Karena itu, minum dalam jumlah yang tepat sangat direkomendasikan.

Berikut ini beberapa dampak yang bisa dialami pada tubuh.

1. Masalah Pencernaan

terlalu banyak minum suplemen vitamin C-2

Foto: Orami Photo Stock

Dalam Institute of Health, vitamin C memiliki toksisitas rendah dan tidak diyakini menyebabkan efek samping serius jika dikonsumsi tinggi.

Tetapi, keluhan yang paling umum dialami adalah diare, mual, kram perut, dan gangguan gastrointestinal lainnya, karena efek osmotik dari vitamin C yang tidak diserap dalam saluran pencernaan.

2. Sakit Kepala

terlalu banyak minum suplemen vitamin C-3

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Drugs, beberapa efek samping dari vitamin C bisa terjadi dan biasanya tidak memerlukan perhatian medis, salah satunya sakit kepala.

Sakit kepala adalah dampak ringan karena terlalu banyak asupan suplemen vitamin C. Meskipun dapat mereda, tetapi jika mengkhawatirkan, Moms dapat menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan tepat.

Baca Juga: 3 Manfaat Suntik Vitamin C untuk Kulit, Tertarik Mencobanya

3. Insomnia

terlalu banyak minum suplemen vitamin C-4

Foto: Orami Photo Stock

Efek samping karena terlalu banyak minum suplemen vitamin C mungkin akan menimbulkan gejala yang tak begitu terlihat atau gejalanya ringan. Hal ini seperti disampaikan oleh David Katz, MD, direktur Pusat Penelitian Pencegahan Universitas Yale di New Haven.

"Mungkin ada tanda-tanda kekhawatiran, tetapi itu akan menjadi tanda yang sangat halus," katanya, mengutip WebMD.

Gejala yang cukup ringan ini mungkin termasuk sulit tidur atau insomnia, susah berkonsentrasi, atau masalah saraf seperti mati rasa atau kesemutan, lebih mudah marah.

4. Batu Ginjal

terlalu banyak minum suplemen vitamin C-5

Foto: Orami Photo Stock

Dalam jurnal Advances in Nutrition, asupan vitamin C dalam jumlah tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan risiko batu ginjal, meskipun buktinya beragam dan tidak konsisten.

Karena itu, hindari konsumsi terlalu banyak minum suplemen vitamin C, terutama bagi Moms yang rentan terhadap pembentukan batu ginjal. Meskipun secara umum, vitamin C aman dikonsumsi, bahkan dalam dosis besar.

Itu dia Moms, beberapa dampak dari terlalu banyak minum suplemen vitamin C. Agar terhindari dari risiko ini, sebaiknya konsumsi sumber vitamin C yang alami, ya!

Artikel Terkait