Resep

9 Juni 2021

Mengenal Main Course, Appetizer, dan Dessert, Apa Bedanya?

Jangan tertukar lagi ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Cholif Rahma
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Istilah Main Course, Appetizer, Dessert, sering kali ditemukan ketika kita mengunjungi restauran berbintang ya, Moms. Biasanya ada pada saat makan siang dan makan malam.

Pengunaan istilah main course, appertizer, dessert, datang dari budaya atau kebiasaan masyarakat Barat yang menyukai makanan dengan banyak variasi. Walau demikian, harus diperhatikan urutan makanannya agar mendapatkan kenikmatan rasa yang maksimal.

Kebiasaan ini sering disebut Full Course Meal atau makanan dengan menu lengkap. Dalam rangkaian full course meal, Moms akan disuguhi berbagai macam menu makanan. Full course meal biasanya dimulai dengan makanan pembuka sebelum hidangan utama, seperti amuse-bouche atau sup, diikuti dengan hidangan utama, dan diakhiri dengan permen, kopi, dan teh.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut seputar main course, appertizer, serta dessert.

Baca Juga: Tak Perlu Bingung Lagi Mengajak Si Kecil Makan Di Luar, 5 Restoran Ini Hadirkan Pilihan Menu Anak

Perbedaan Antara Appetizer, Main Course, Dessert

Bukan hanya sekedar istilah dalam full course meal saja, urutan antara appetizer, main course, dessert, juga menentukan daftar makanan apa saja yang akan disajikan oleh chef kepada tamu.

Adapun perbedaan ketiganya menurut Indonesian Chef Association adalah:

1. Appetizer

sausage and bacon.jpg

Foto: pinterest.com

Rangkaian pertama dari Main Course, Appetizer, Dessert, tentu saja adalah Appetizer.

Appetizer merupakan hidangan pembuka yang pertama kali akan disajikan untuk membuka rangkaian full course meal. Seperti namanya, appetizer diambil dari apetite atau nafsu makan.

Appetizer juga disebut Hor’s D’oeuver dalam Bahasa Prancis. Hidangan ini berfungsi merangsang nafsu makan sebelum menikmati hidangan utama. Disajikan dalam porsi kecil, satu atau dua gigitan (bit size). Komposisinya sebanyak 50-75 gr.

Baca Juga: Resep Sosis Telur Gulung yang Pasti Disukai Anak-Anak

2. Main Course

main course.jpg

Foto: pinterest.com

Main course atau hidangan utama yang dihidangkan dengan baik dan bertujuan untuk memuaskan dan menyenangkan para tamu atau pengunjung.

Hidangan ini biasanya merupakan hidangan yang paling mengenyangkan dan padat komposisinya, di antara Main Course, Appetizer, Dessert.

Main course disebut juga main dish atau groce piece. Adapun komposisi dari seporsi main course, biasanya meliputi:

  • Komposisi hewani 175 – 225 gr
  • Sayuran 75 gr
  • Garniture atau kentang 75 gr
  • Saus 50-95 cc

Sayur yang dihidangkan pada main course adalah sayuran continental. Pada umumnya seperti buncis, bunga kol, lobak putih, brokoli, dan sebagainya. Selain kentang, karbohidrat main course juga bisa dari pasta atau nasi.

3. Dessert

dessert.jpg

Foto: pinterest.com

Dessert adalah hidangan penutup yang disajikan setelah hidangan utama (main course). Sebagai hidangan penutup, dessert juga biasa disebut dengan hidangan pencuci mulut. Sajian dessert sering juga dikenal dengan nama The Final Couse atau The Last Course dan rasa manis atau disebut sweet.

Biasanya, komposisi hidangan dessert adalah sebanyak 100-120 gr.

Kata hidangan penutup merupakan pengalih bahasa dari kata "dessert" dalam bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Perancis Kuno "desservir" yang artinya “untuk membersihkan meja."

Kata dessert sering digunakan pada Inggris-Hiberno, American English, Canadian English, Australian English dan bahasa Perancis.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Minuman dan Dessert Regal yang sedang Hits

Berbagai Macam Menu Main Course, Appetizer, Dessert

Setelah tahu apa saja perbedaan dari main course, appetizer, dan dessert, kini Moms juga harus tahu apa saja menu dari ketiga rangkaian makanan tersebut.

1. Menu Appetizer

cold-appetizers-CAT.jpg

Foto: pinterest.com

Menu hidangan pembuka appetizer ternyata terdiri dari dua jenis lho, Moms. Ada hot appetizer dan cold appetizer. Jika Moms mengikuti full course meal yang sudah ada di paket restoran, biasanya Moms tidak bisa memilih jenis appetizer.

Walaupun demikian, dua-duanya sama-sama enak, kok! Karena sudah disesuaikan dengan bahan-bahan yang bisa menggugah selera makan.

Macam-macam menu makanan cold appetizer akan disajikan secara dingin atau segar. Contohnya adalah, fruit salad, cocktail, vegetable salad, sorbet, dan masih banyak lagi.

Sedangkan menu makanan hot appetizer, akan melalui proses pemasakan dan disajkan dalam keadaan panas. Contohnya adalah, risoles, soup, croquette, dan sosis.

Baca Juga: 3 Resep Sorbet Tanpa Susu untuk Balita dengan Intoleransi Laktosa

2. Main Course

main course example.jpg

Foto: pinterest.com

Main course biasa dihidangkan dalam porsi yang jauh lebih banyak dibandingkan porsi appetizer karena terdiri dari banyak bahan. Baik dihidangkan saat makan siang (lunch) ataupun makan malam (dinner).

Menu makanan main course umumnya terdiri atas beberapa kondimen, antara lain seperti:

  • Lauk pauk hewani: Seperti ikan (tuna, kakap, tenggiri, lele, patin), unggas (kalkun, ayam, bebek, puyuh) ,dan juga seafood (gurita, cumi, lobster, udang, kepiting), yang diolah dengan berbagai macam rempah dan dihidangkan dengan saus dalam porsi lumayan besar (175-225 gram).
  • Karbohidrat: Jenis karbohidrat yang digunakan biasanya adalah nasi, kentang, berbagai macam mie dan pasta yang diolah dengan berbagai macam cara atau bisa juga berupa roti dalam porsi 75 gram.
  • Sayuran: Jenis yang digunakan biasanya seperti bunga kol, brokoli, buncis, lobak, asparagus, sawi dalam jumlah porsi 75 gram.

Seluruh kondimen main course harus di susun dalam dinner plate sebagai hidangan utama. Adapun kombinasi antara karbohidrat, sayuran dan lauk-pauk tersebut harus sesuai dengan aroma, warna, dan rasa sehingga dapat menggugah selera makan.

Di antara Main Course, Appetizer, Dessert, bisa dikatakan bahwa menu main course adalah yang paling beragam dan kompleks.

Menu main course juga bisa menyesuaikan tema menu hari itu. Misalnya, ketika menyediakan menu Western, biasanya main course terdiri dari steak atau pasta. Sedangkan jika Indian, akan disediakan Kari atau nasi rempah.

3. Dessert

dessert 2.jpg

Foto: pinterest.com

Sama dengan appetizer, dessert atau hidangan penutup juga dibagi ke dalam dua jenis, yaitu:

  • Hidangan penutup dingin (cold dessert): Adalah dessert yang disajikan dengan suhu dingin. Meski disajikan dingin, tidak menutup kemungkinan bila proses pegolahannya melalui proses pemanasan sebelum disajikan secara dingin. Penyajian dessert dalam suhu dingin harus benar-benar memperhatikan suhu ruang agar tidak cepat meleleh, tak terkecuali alat hidangnya. Contoh: ice cream, pudding, fruit pie, cake, fruit sorbet.
  • Hidangan penutup panas (hot dessert): Adalah dessert yang disajikan pada temperatur panas atau hangat. Sesuai namanya, proses akhirnya harus dipanaskan terlebih dahulu. Penyajian hot dessert harus benar-benar panas atau hangat termasuk alat hidang yang digunakan. Contoh: banana flambe, souffles, apple pie.

Fungsi dessert dalam rangkaian full course meal yaitu sebagai hidangan yang menyegarkan setelah menyantap hidangan utama (main course) yang kadang memiliki aroma atau rasa yang berminyak atau terlalu heavy.

Pada awalnya, dessert berupa buah-buahan segar tanpa proses pengolahan. Saat ini, hidangan dessert mulai bervariasi dengan mengambil dasar (basic) dari beberapa hidangan seperti cake, pie, ice cream dan sebagainya yang dipadukan dengan sauce, buah, syrup, cream atau perpaduan antara bahan dasar, sehingga menciptakan hidangan dessert yang lezat dan menarik.

Tujuannya adalah tetap untuk menetralkan perasa ketika selesai menyantap main course.

Baca Juga: Resep Churros Ice Cream Sandwich, Kreasi Churros yang Lezat

Itu dia Moms perbedaan antara main course, appetizer, dessert, yang wajib Moms ketahui!

  • https://www.venueandmenu.com/recipe-categories/main-courses
  • https://www.webstaurantstore.com/blog/2578/full-course-meal.html#full-course
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait