3-12 bulan

3-12 BULAN
6 November 2020

Segala Hal Tentang Perkembangan Bayi 16 Bulan yang Perlu Moms Ketahui

Kenali beragam perkembangan bayi 16 bulan baik kemampuan, stimulasi hingga jenis mainan edukatifnya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Amelia Puteri

Halo Moms dan Dads, pada perkembangan bayi 16 bulan, Si Kecil akan senang mendengar kalian menyanyikan lagu anak-anak, bahkan mungkin mencoba bernyanyi bersama. Kalian juga akan menemukan Si Kecil menjadi sangat akrab karena menyukai hal yang berulang.

Meskipun Moms dan Dads kagum dengan seberapa banyak yang dapat dilakukan bayi 16 bulan sekarang ini, kalian menemukan balita ini masih muda frustasi. Terkadang, perasaan Si Kecil akan membuatnya kewalahan sehingga ia mengalami tantrum.

Perlu diingat ya, kemampuan bayi 16 bulan yaitu belum belajar menyalurkan amarahnya ke hal lain seperti Moms maupun Dads. Tidak mungkin baginya untuk menghentikan aliran air mata dan amarah secepat kilat.

Jadi, ketika ia benar-benar mengalami tantrum, tetaplah tenang, dan bersiaplah untuk menawarkan pelukan dan kenyamanan.

Lalu, apa saja perkembangan bayi 16 bulan yang bisa Moms dan Dads ketahui?

Baca Juga: 5 Tahap Penting Perkembangan Motorik Bayi, Apa Sudah Sesuai?

Kemampuan Perkembangan Bayi 16 Bulan

perkembangan bayi 16 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Dilansir dari Medline Plus, ada beberapa kemampuan bayi 16 bulan, yaitu:

1. Keterampilan Motorik Kasar

Di usia ini, penting diketahui bahwa Si Kecil dapat berdiri sendiri dengan baik pada 12 bulan.

Selain itu, pada perkembangan bayi 16 bulan ini, bayi telah berjalan dengan baik saat bayi 12 bulan sampai 15 bulan. Jika seorang anak tidak berjalan dalam usia 18 bulan, bicarakan dengan dokter anak.

Tak hanya itu, Si Kecil bahkan bisa belajar berjalan mundur dan menaiki tangga dengan bantuan sekitar 16 hingga 18 bulan.

2. Keterampilan Motor Halus

Sementara, untuk perkembangan bayi 16 bulan dari segi keterampilan motorik halusnya, Si Kecil bisa membuat menara empat kubus, lalu mencoret-coret selama 15 hingga 18 bulan, dan juga dapat menggunakan sendok sampai 24 bulan.

Baca Juga: Tahapan Perkembangan Bahasa Pada Anak dari Usia ke Usia

3. Perkembangan Bahasa

Untuk perkembangan bahasanya, perkembangan bayi 16 bulan yaitu Si Kecil yang bisa menggunakan 2 sampai 3 kata (selain mama atau dada) pada 12 sampai 15 bulan.

Lalu, melansir Baby Centre, bayi dapat memahami dan mengikuti perintah sederhana, seperti "berikan ke ibu" pada usia 14 hingga 16 bulan, serta menyebutkan gambar benda dan hewan.

Tak hanya itu, Si Kecil juga dapat menunjuk ke bagian tubuh yang dinamai, dan mulai dapat menjawab ketika dipanggil dengan nama pada 15 bulan.

Pada usia 16 hingga 24 bulan, bayi bisa menggabungkan 2 kata. Ada rentang usia di mana anak-anak pertama kali dapat menggabungkan kata-kata menjadi kalimat.

4. Perkembangan Sosial

Untuk perkembangan sosial pada bayi usia 16 bulan, Si Kecil akan menunjukkan beberapa kebutuhan dengan menunjuk pada 12 sampai 15 bulan. Ia juga bisa mencari bantuan ketika dalam kesulitan.

Bayi usia 16 bulan dapat mendengarkan cerita saat diperlihatkan gambar dan dapat menceritakan tentang pengalaman terbaru dalam 24 bulan.

5. Tingkah Laku

Perkembangan kemampuan bayi 16 bulan yaitu Si Kecil selalu berusaha untuk lebih mandiri. Moms atau Dads mungkin akan memiliki masalah keamanan serta tantangan disiplin. Ajari Si Kecil batasan perilaku pantas dan tidak pantas.

Saat balita mencoba aktivitas baru, mereka bisa menjadi frustrasi dan marah. Menahan napas, menangis, menjerit, dan mengamuk mungkin sering terjadi.

Penting bagi seorang anak pada tahap ini untuk belajar dari pengalaman, serta mengandalkan batasan antara perilaku yang dapat diterima dan yang tidak dapat diterima.

Baca Juga: Perkembangan Bayi 4 Bulan dan Bentuk Stimulasinya, Ini Penjelasan Lengkapnya!

Stimulasi Perkembangan Bayi 16 Bulan

stimulasi perkembangan bayi 16 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Ada beberapa bentuk stimulasi fisik bagi perkembangan bayi 16 bulan. Berikut ini beberapa hal yang bisa Moms lakukan.

1. Stimulasi Fisik

Mengutip Emma's Diary, di usia ini Si Kecil menggunakan tubuh untuk menjelajah dan belajar. Ia bahkan mungkin berjalan, berlari hingga memanjat.

Lalu, Si Kecil juga akan memberitahu Dads dan Moms hal yang diinginkan dengan suara dan gerakan. Untuk itu, Moms dan Dads bisa melakukan stimulasi bayi 16 bulan sebagai berikut ini:

  • Berikan kesempatan untuk menjelajah alam bebas di tempat yang aman. Si Kecil akan senang menemukan hal-hal baru, seperti tongkat, batu, dan daun, serta menunjukkannya kepada kalian.
  • Dorong Si Kecil untuk menggunakan jari dan tangannya untuk bereksplorasi. Biarkan dia mencoret-coret, mengetuk mainan piano, atau memegang tongkat gelembung.
  • Tunjukkan pada Si Kecil cara menggunakan sendok dan garpu, jika ingin dia makan sendiri.

2. Stimulasi Bahasa

Pada perkembangan bayi 16 bulan dalam bahasa, Si Kecil menggunakan bahasa untuk memahami dunia disekitarnya. Ia dapat memahami pertanyaan dan arahan sederhana seperti, lempar bola ke arah Moms dan Dads.

Si Kecil juga berkomunikasi dengan menggabungkan suara dan tindakan, seperti menunjuk ke cangkir, dan mengatakan sesuatu untuk air.

Untuk menstimulasi bayi 16 bulan dalam hal bahasa, Moms dan Dads bisa melakukan hal-hal di bawah ini:

  • Ajukan pertanyakan kepada Si Kecil seperti "Apakah kamu ingin yogurt atau pisang untuk camilan?"
  • Ungkapkan tindakannya yaitu Moms dan Dads menunjuka ke burung yang terbang di langit.
  • Membaca, menyanyi, dan membuat sajak dan cerita. Ini membangun kecintaan akan bahasa dan kata-kata.
  • Batasi menonton TV. Anak-anak belajar lebih banyak dari menjelajahi dunia nyata mereka.

3. Stimulasi Emosi

Mengutip The Bump, pada perkembangan bayi 16 bulan dari segi emosi, saat Si Kecil mulai memahami bagaimana tindakannya memengaruhi orang lain. Ia mungkin mencoba menghibur seseorang yang tampak sedih.

Namun di sisi lain, perasannya kini sulit untuk ditangani, Si Kecil mungkin mulai mengamuk atau tantrum dan membutuhkan bantuan Moms juga Dads untuk menenangkan diri.

Untuk mengatasi hal tersebut Moms dan Dads bisa melakukan stimulasi emosi lewat:

  • Bacalah buku yang berbicara tentang perasaan. Hubungkan apa yang Moms dan Dads baca dengan pengalaman Si Kecil. Misal, Si Kecil dalam cerita itu juga tidak suka mengucapkan selamat tinggal kepada Dads.
  • Gunakan kata-kata perasaan seperti senang, bangga, marah, sedih dan lainnya. Stimulasi untuk perkembangan bayi 16 bulanini dapat membantu Si Kecil memahami apa yang dia atau orang lain rasakan dan mengapa.

Baca Juga: Jika Tepat, Berbicara dengan Bayi Membuatnya Pintar dan Ramah! Ini Tipsnya

4. Stimulasi Berpikir

Untuk menstimulasi berpikir bagi perkembangan bayi 16 bulan, biasanya ia akan merasa menjadi pemecah masalah yang baik, melakukan sesuatu berulang kali untuk mencari tahu cara kerjanya, menggunakan objek sebagaimana mestinya seperti berbicara di telepon mainan.

Si Kecil pun akan meniru apa yang dilakukan orang lain seperti mencoba menyikat gigi. Cara stimulasinya:

  • Biarkan Si Kecil mengulangi aktivitas yang sama. Bisa jadi ini membosankan untuk Moms atau Dads, tetapi hal ini merupakan bentuk latihan yang penting bagi dirinya.
  • Setelah Si Kecil mempelajari keterampilan baru, seperti melempar bola, tambahkan beberapa kesulitan seperti pantulkan bola kepadanya, atau siapkan keranjang cucian untuk dia masukkan bola.

5. Stimulasi Kemandirian

Saat Si Kecil di usia 16 bulan, kadang-kadang ia menjadi lebih lengket dan bertingkah seperti layaknya bayi di usia-usia awal. Walaupun, Si Kecil bisa berjalan dan bahkan berlari, kadang-kadang ia sedikit takut menjadi mandiri.

Untuk stimulasi perkembangan bayi 16 bulan yang berada di tahap ini, Moms dan Dads bisa lakukan beberapa hal, seperti:

  • Jadilah tempat yang aman untuk Si Kecil. Yakinkan dia bahwa kalian akan tetap ada untuknya bahkan saat ia menjelajah.
  • Berikan kenyamanan dan kepastikan saat dibutuhkan. Biarkan Si Kecil bertingkah seperti bayi kadang-kadang. Ini membuatnya lebih mungkin melewati tahap ini lebih cepat.

Baca Juga: Inilah Berat Badan Bayi Ideal Di Satu Tahun Pertama

Makanan Penambah Berat Badan

makanan penambah berat badan bayi 16 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Makanan yang mendukung perkembangan bayi 16 bulan adalah harus makan tiga kali dan dua kali kudapan per hari. Dokter anak mengatakan sebagian besar balita membutuhkan sekitar 1.000 kalori per hari yang dibutuhkan sekitar 40 kalori seitap inci badan mereka.

1. Buah-buahan

Pisang, sawo, mangga, custard apel adalah beberapa pilihan makanan enak yang bisa diberikan sebagai buah potong atau ditambahkan ke milkshake, custard atau es krim, untuk menunjang perkembangan bayi 16 bulan.

Moms bisa membuat smoothie dengan buah-buahan ini yang ditaburi madu bubuk kacang dan dadih. Pisang merupakan sumber energi dan karbohidrat alami, mengandung 105 kalori sebagai makanan penambah berat badan bayi 16 bulan.

2. Sayuran

Tambahkan banyak sayuran berdaun hijau ke dalam menu makanan Si Kecil. Bayam, wortel, labu, kacang-kacangan, dan lainnya merupakan sumber yang kaya akan mineral dan vitamin.

Cobalah untuk memasukkan satu porsi setiap sayuran ini setiap hari sebagai makanan penunjang perkembangan bayi 16 bulan. Kacang polong kaya akan vitamin dan serat makanan dan sumber makanan yang bagus untuk kalori.

3. Telur

Mengutip Parenting First Cry, telur adalah sumber protein yang kaya dan bermanfaat dalam hal menambah kalori juga. Telur bisa disajikan dengan direbus, digoreng atau dibuat menjadi omelet.

Cara hebat lainnya untuk menambahkan telur ke dalam makanan french toast adalah pilihan bagus lainnya untuk asupan karbohidrat dan kalori yang masuk ke dalam makanan penambah berat badan.

Baca Juga: Ketahui Penyebab Alergi Telur pada Bayi dan Cara Mengatasinya

4. Ikan / Daging / Unggas

Ikan adalah sumber Omega 3 yang bagus, yang sangat bermanfaat untuk perkembangan otak dan produksi hormon. Makanan ini kaya protein dan vitamin. Ayam tinggi kolesterol, niasin, magnesium, fosfor, Vitamin B6 dan B12.

Ikan bisa ditambahkan ke kari, dosa atau sandwich. Ayam bisa disajikan sebagai semur atau sup atau ditambahkan ke nasi dalam bentuk kari.

5. Alpukat

Alpukat padat dalam jumlah lemak dan kalori yang dimilikinya, dan komposisi ini menjadikannya makanan sehat yang ideal untuk balita dan anak-anak.

Salah satu makanan penambah berat badan untuk perkembangan bayi 16 bulan, alpukat rasanya enak dalam sup, saus, saus, olesan, dan smoothie. Teksturnya yang lembut dan lembut membuat anak-anak senang.

6. Pir

Sebuah sumber serat makanan untuk asupan makanan perkembangan bayi 16 bulan, vitamin C, vitamin B6 dan zat besi, buah pir bisa didapat dalam bentuk bubur.

Buat bubur apel dan pir untuk Si Kecil yang berusia 16 bulan dan taburi dengan bubuk kayu manis untuk menambah rasa.

Baca Juga: Alasan Moms Harus Makan Roti Gandum daripada Roti Putih

7. Gandum Utuh

Gandum utuh juga merupakan bahan bagus lainnya untuk pencernaan dengan rendah lemak. Moms bisa menggunakan gandum utuh dan membuat pancake atau bubur, untuk Si Kecil.

Melansir Parenting First Cry, sebagai alternatif, gandum pecah atau dalia juga bisa digunakan untuk membuat bubur dengan sedikit susu.

8. Oat

Oat kaya akan magnesium, tiamin, fosfor, dan mangan. Ini rendah kolesterol dan lemak jenuh. Oat bisa dikocok menjadi bubur, kheer atau pancake untuk balita. Taburi bubur dengan beberapa buah dan kacang kering untuk menambah rasa.

9. Susu atau Yogurt

Tambahkan susu berlemak penuh ke dalam bubur Si Kecil untuk kalori ekstra dan sebagai makanan penambah berat yang sehat untuk perkembangan bayi 16 bulan.

Baca Juga: 5 Resep dan Manfaat Yogurt untuk Anak

Tabel Berat Badan Bayi 16 Bulan

berat badan bayi 16 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Berapa berat badan bayi 16 bulan yang ideal? Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tabel berat badan bayi 16 bulan adalah 21,9,7 kg untuk anak perempuan dan 10,5 kg untuk anak laki-laki.

Sementara itu, tinggi rata-rata adalah 78,4 cm untuk perempuan dan 80 cm untuk anak laki-laki.

Mainan Edukatif Bayi 16 Bulan

mainan sensorik untuk perkembangan bayi 16 bulan

Foto: Orami Photo Stock

Nah, melansir Mom Junction, berikut ini referensi mainan edukatif untuk perkembangan bayi 16 bulan.

1. Mainan Dorong dan Tarik

Jika Si Kecil tengah belajar berjalan, mainan dorong yang sangat berat adalah cara yang bagus untuk memberinya sesuatu yang kokoh untuk bersandar saat ia tumbuh dalam kepercayaan diri.

Bila ia sudah berjalan sedikit demi sedikit, maka mainan tarik dapat mengembangkan keterampilan yang baru diperoleh ini lebih jauh, karena Si Kecil harus melihat ke belakang saat ia bergerak maju.

2. Mainan Tunggangan

Moms dan Dads, belajar menggunakan mainan duduk melalui tenaga dorong atau kayuh akan membangun kekuatan otot Si Kecil serta meningkatkan keseimbangan dan koordinasinya.

Sebagai mainan untuk menunjang tumbuh kembang pada perkembangan bayi 16 bulan, banyak dari mainan tunggangan ini dilengkapi dengan pegangan sehingga dapat mendorong Si Kecil lelah.

3. Mainan Aktivitas

Moms dan Dads, jenis mainan multi sensorik ini hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran mulai dari kubus sederhana hingga pusat aktivitas dan meja yang lebih besar.

Menggabungkan warna, bentuk, suara, dan tekstur, semuanya memberikan waktu yang menyenangkan dan membantu merangsang pemahaman Si Kecil tentang sebab dan akibat.

Baca Juga: 5 Ide Permainan Bola Untuk Membantu Perkembangan Bayi

4. Menyortir dan Menyusun Mainan

Si Kecil suka menyortir dan menumpuk. Mengambil barang dan meletakkannya di tempat kembali membantu mengembangkan koordinasi tangan-mata Si Kecil.

Membangun menara balok, dan kemudian merobohkannya lagi akan memberinya kesenangan, dan Moms juga Dads akan melihat dia tidak bosan dengang pengulangan.

Bila bermain balok, maka mulailah dengan bentuk yang lebih besar, lanjutkan ke potongan yang lebih kecil saat dia mengembangkan genggaman yang lebih terkontrol.

Menyortir dan menyusun mainan juga menjadi cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah sejak dini, terutama pada perkembangan bayi 16 bulan.

5. Krayon yang Bisa Dicuci

Ajak Si Kecil mencoret-coret menggunakan lembaran besar kertas kuat yang ditempel di meja untuk menghindari kecelakaan. Berikan beberapa krayon tebal atau pulpen yang bisa dicuci dengan warna primer dan lihat dia membuat coretan.

Menggambar dengan krayon melibatkan keterampilan motorik halus seperti menggenggam dan memegang, serta mendorong sisi kreatif Si Kecil pada perkembangan bayi 16 bulan.

Itu dia Moms, penjelasan mengenai perkembangan bayi 16 bulan yang dapat diketahui. Pastikan agar Si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal, serta mendapatkan berat badan dan tinggi badan yang sesuai dengan usianya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait