2-3 tahun

2-3 TAHUN
1 Desember 2020

Serba-serbi Perkembangan Bayi 17 Bulan: Emosi, Sosial, Logika, Imajinasi, dan Lainnya!

Si Kecil terus tumbuh dan mencapai kemampuan baru hingga saat ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Fia Afifah R
Disunting oleh Amelia Puteri

Melewati usia 1 tahun dan menjelang 2 tahun, perkembangan bayi 17 bulan menunjukkan banyaknya kemampuan baru yang dimiliki. Itu adalah hasil dari daya jelajahnya yang akan terus mengalami perkembangan seiring pertumbuhannya.

Saat ini, Si Kecil menunjukkan kegembiraan saat menjelajah tetapi juga memiliki kecemasan berpisah yang meningkat.

Meski begitu, beberapa bayi begitu teguh pendirian saat ingin melakukan segala sesuatu sendiri.

Tak jarang bayi juga menunjukkan rasa marah akibat beberapa hal, seperti penguasaan motorik kasar dan bahasa reseptif yang cepat namun masih terbatas dalam hal komunikasi ekspresif.

Selain itu, ketangkasan motorik, perhatian, menunda kepuasan dan kerja sama dengan teman bermain pun dapat menjadi alasan kemarahan bayi, menurut penelitian di National Center for Biotechnology Information.

Baca Juga: Tahapan Perkembangan Bayi 1 Tahun: Ia Sudah Bukan Bayi Kecil Lagi!

Perkembangan Bayi 17 Bulan

Perkembangan Bayi 17 Bulan -1

Foto: Orami Photo Stock

Memiliki tubuh yang terus bertumbuh, bayi pun memiliki perkembangan kemampuan yang berbeda dengan sebelumnya. Perubahannya pun dapat Moms amati setiap harinya.

  • Berjalan. Perkembangan bayi 17 bulan Moms ini adalah yang paling mencolok. Selain mulai lancar berjalan, Si Kecil juga belajar menaiki tangga.
  • Mengoceh. Sebagian besar bayi berusia 17 bulan mengatakan setidaknya dua hingga tiga kata. Bayi mungkin akan berbicara menurut bahasanya sendiri.
  • Tumbuh gigi. Gigi atas bayi akan komplit pada sekitar 16 hingga 22 bulan, dan gigi bawah akan sekitar 17 hingga 23 bulan.
  • Toilet training. Jika bayi menunjukkan tanda-tanda kesiapan, Moms dapat membeli kursi toilet dan mengajaknya untuk duduk di atasnya. Baca juga buku-buku tentang toilet training sebagai pengenalan.
  • Membuat kebisingan. Anak-anak menjerit karena banyak alasan, misalnya saat bahagia atu minta perhatian. Moms dapat menghentikan perilaku ini dengan mengalihkan perhatiannya dengan hal lain.
  • Menunjukkan rasa sayang. Apakah Si Kecil suka mencium atau memeluk Moms tiba-tiba? Bisa jadi itu adalah bentuk cintanya kepada Moms.

Nah, itu dia Moms beberapa perkembangan bayi 17 bulan yang terlihat. Selanjutnya, seperti apa bentuk stimulasi yang bisa dilakukan?

Baca Juga: Jangan Biarkan Sembarang Orang Mencium Bayi, Ini 5 Bahaya Kesehatan yang Mengintai!

Stimulasi Perkembangan Bayi 17 Bulan

Perkembangan Bayi 17 Bulan -2

Foto: Orami Photo Stock

Dengan perkembangan bayi 17 bulan, Si Kecil menunjukkan hal-hal yang mengejutkan.

"Antara 12 bulan dan 2 tahun, anak-anak mulai melakukan sesuatu sendiri, melihat sebab dan akibat, dan secara aktif terlibat dengan orang lain di lingkungan mereka," kata Robert Myers, Ph.D., seorang psikolog anak dan remaja, pendiri Child Development Institute, dan asisten profesor di University of California, Irvine School of Medicine.

Keterlibatan orang tua sangat penting untuk perkembangan bayi berusia 17 bulan. Tidak perlu mengeluarkan banyak mainan, karena kegiatan sederhana juga berfungsi dengan baik.

"Saya bisa duduk dengan seorang anak dengan satu blok dan menghasilkan 100 aktivitas berbeda karena ini semua tentang bermain-main dan berinteraksi dengan mereka," jelas Roni Cohen Leiderman, Ph.D., dekan Mailman Segal Center for Human Development di Nova Southeastern University, dan penulis bersama Let's Play and Learn Together.

Apa saja yang bisa dilakukan sebagai stimulasi perkembangan bayi 17 bulan?

  • Tiup gelembung. Pathways membagikan aktivitas gelembung tiup untuk bayi sebagai kegiatan yang bisa menstimulasi perkembangan bayi 17 bulan.
  • Ember air dan mainan. Isi ember dengan balok dengan berbagai ukuran, tekstur, dan warna. Biarkan bayi menjelajahi ember dengan semua indranya.
  • Membuat musik. Pada stimulasi perkembangan bayi 17 bulan ini, gunakan instrumen perkusi yang ada di rumah seperti mainan kerincingan, sendok, pot dan wajan. Ini akan mengasah koordinasi, keterampilan mendengarkan, dan eksplorasi musik. "Temukan nada-nada yang menyenangkan untuk dimainkan yang memiliki irama meriah," saran Robert.
  • Membuat rumah-rumahan. Buat benteng dari kotak kardus, bermain terowongan, atau rumah bermain sebagai perkembangan bayi 17 bulan. Buat pintu masuk dan pintu keluar, dan ajak anak untuk masuk dan keluar. Dengan ini, bayi akan mempelajari keterampilan sosial, keterampilan motorik kasar, dan dapat menjelajahi lingkungan.
  • Bermain telepon. Berikan telepon kepada bayi dan simpan satu untuk Moms. Berpura-puralah menelepon dan melakukan percakapan dengan menggunakan suara-suara lucu. Keterampilan yang dipelajari oleh anak adalah pengembangan bahasa dan sosial.
  • Ambil objek. Beri tugas untuk Si Kecil seperti memintanya untuk mengambil sepatunya, membawakan bola, atau menemukan cangkirnya. Selain dapat belajar mengikuti arahan, ini juga menciptakan rasa kemandirian, memahami arah, dan keterampilan mengingat.
  • Lewati terowongan. Bagilah potongan-potongan puzzle menjadi dua. Letakkan tumpukan di kedua ujung terowongan, sehingga bayi harus bolak-balik melalui terowongan untuk menyelesaikan tugasnya. Ini juga menjadi stimulasi perkembangan bayi 17 bulan yang bisa dilakukan. Bayi akan mempelajari perhatian berkelanjutan, pemrosesan sensorik, hingga cara menyelesaikan urutan multi-langkah.

Dengan mengetahui ragam stimulasi ini, dapat membantu optimalkan perkembangan bayi 17 bulan.

Baca Juga: 4 Permainan Sensori untuk Stimulasi Indera Penglihatan Bayi 0-12 Bulan, Yuk Coba!

Makanan Penambah Berat Badan Bayi 17 Bulan

Perkembangan Bayi 17 Bulan -3

Foto: Orami Photo Stock

Untuk menunjang perkembangan bayi 17 bulan, Moms harus terus memberikan tiga makanan seimbang dan dua kudapan sehat per hari. Ukuran porsi balita sekitar seperempat dari ukuran orang dewasa.

Sebuah penelitian di Journals Plos mengungkapkan, gaya pengasuhan anak juga memberi efek pada perilaku makan anak.

Orang tua yang terlalu protektif bermanfaat saat pengasuhan makanan, seperti memodelkan asupan makanan sehat, serta praktik yang lebih tidak menguntungkan seperti tekanan.

Data longitudinal pada praktik pengasuhan dan hubungannya dengan makan sehat pada anak-anak diperlukan untuk menginformasikan komunikasi dan intervensi untuk orang tua, memperkuat strategi pemberian makan yang memiliki efek positif pada perilaku makan anak, dan menangani gaya pengasuhan yang memiliki efek negatif yang tidak diinginkan.

Salah satu hal yang ikut menjadi fokus Moms selain makanan bernutrisi juga adalah makanan yang menambah berat badan bayi . Karena aktivitasnya yang meningkat juga ikut membuat berat badannya sulit untuk bertambah.

"Jika Anda melihat ASI dan susu formula, sekitar setengah kalori berasal dari lemak. Bayi dan anak kecil memiliki kebutuhan lemak yang lebih besar," kata Jill Castle, ahli diet terdaftar di New Canaan, Connecticut.

Menurutnya, lemak tidak hanya membantu otak dan sistem saraf berkembang secara normal, tetapi juga membantu tubuh mudah menyerap vitamin penting seperti A, D, E, dan K.

Ada beberapa pilihan makanan bergizi yang mengandung lemak dan kalori sehat yang dapat membantu kebutuhan bayi dan bantu optimalkan perkembangan bayi 17 bulan.

  • Minyak zaitun: Dibandingkan dengan empat kalori yang ditemukan dalam satu gram protein atau karbohidrat, setiap gram lemak nabati yang ditemukan dalam minyak zaitun mengandung sekitar sembilan kalori.
  • Mentega kacang. Kacang tidak hanya bergizi tinggi dan penuh lemak sehat, The Journal of Allergy and Clinical Immunology juga merekomendasikan kacang untuk diperkenalkan kepada bayi yang berusia 6 bulan untuk membantu mencegah alergi makanan.
  • Susu. Tetapi Moms bisa mempekenalkan susu murni antara usia 1 dan 2 tahun, dan makanan turunan susu seperti keju atau yogurt.
  • Avokad. Memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang ringan membuat alpukat menjadi makanan yang mudah untuk dikonsumsi bayi. Alpukat juga memiliki lemak sehat yang baik untuk menaikkan berat badan bayi.
  • Pisang. Pisang memiliki jauh lebih banyak kalori daripadasemangka, apel, atau stroberi. Pisang juga memiliki potasium dan serat yang baik sebaga makanan penambah berat badan.
  • Hummus. Kaya protein dan serat yang juga mengandung dengan lemak sehat, makanan pokok Mediterania ini memiliki konsistensi yang halus.
  • Pir: Seperti pisang, pir memiliki kandungan kalori lebih tinggi dari buah-buahan lainnya.

Baca Juga: Kapan Gula Garam Boleh Ditambahkan pada Makanan untuk Bayi?

Tabel Berat Badan Bayi Umur 17 Bulan

Perkembangan Bayi 17 Bulan -4

Foto: Orami Photo Stock

Di Amerika, rata-rata bayi memiliki berat sekitar 3,3 kg saat lahir. Selanjutnya, banyak orang tua bertanya-tanya tentang berat badan bayinya karena khawatir tidak sesuai perkembangan bayi 17 bulan.

Grafik ini akan memberi gambaran tentang bagaimana berat dan tinggi badan anak yang ideal untuk bayi.

Angka-angka dalam bagan ini hanyalah patokan. Kemungkinan berat dan tinggi badan anak lebih tinggi atau lebih rendah dari rata-rata. Namun, jangan khawatir karena yang lebih penting adalah Si Kecil tumbuh dengan sehat.

World Health Organization (WHO) memiliki patokan pertumbuhan untuk anak-anak di bawah 2 tahun, dan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) untuk anak-anak usia 2 dan lebih tua.

Di Amerika Serikat, rata-rata bayi memiliki berat sekitar 3,3 kg saat lahir. Anak perempuan biasanya memiliki berat 3,2 kg, sedikit lebih kecil daripada anak laki-laki dengan berat 3,3 kg pada saat lahir. Rata-rata bayi yang baru lahir memiliki panjang 49,5 cm, dengan anak perempuan berukuran 49 cm dan anak laki-laki memiliki tinggi 50 cm.

Sebagian besar bayi mengalami penurunan berat badan selama beberapa hari pertama kehidupannya. Namun, dalam beberapa minggu bayi akan kembali ke berat lahir semula. Sampai usia 3 bulan, kebanyakan bayi mendapat sekitar satu ons setiap hari.

Pada usia 4 bulan, sebagian besar bayi telah menggandakan berat lahirnya, dan pada 1 tahun sebagian besar telah memiliki berat badan tiga kali lipat dari berat lahir. Sebagian besar bayi juga tumbuh sekitar 25 cm pada ulang tahun pertamanya.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Mainan Bayi Ramah Lingkungan

Mainan Edukatif untuk Perkembangan Bayi 17 Bulan

Perkembangan Bayi 17 Bulan -5

Foto: Orami Photo Stock

Pada perkembangan bayi 17 bulan, akan terlihat saat memiliki pemikiran sendiri dan juga menggunakan imajinasinya untuk menikmati semua jenis permainan.

Bayi akan senang meniru Moms, dan terus mencoba melakukan beberapa hal sendiri tanpa meminta bantuan.

Ini juga merupakan usia di mana kosa kata mulai bertambah banyak, karena Si Kecil akan berbicara lebih banyak dan mendapatkan kata-kata baru dengan kecepatan tinggi. Tentu waktu belajar akan sangat praktis.

Jadi, pilih mainan dan permainan untuk dimainkan yang dapat membuatnya berinteraksi secara fisik. Ini adalah mainan-mainan edukatif yang membuat waktu bermain bayi 17 bulan lebih menyenangkan dan juga mendukung pertumbuhannya.

  • Bermain pura-pura. Bayi akan terus mencintai mainan yang meniru rutinitas harian. Dari set mainan memasak hingga telepon, semua akan membantunya mengembangkan imajinasinya. Ini juga merupakan cara yang hebat untuk melakukan kegiatan bersama. Ketika Moms memasak, Si Kecil dapat bergabung dan memasak di ‘dapur’-nya.
  • Blok besar dan kecil. Bermain dengan balok akan membantu perkembangan bayi 17 bulan dengan meningkatkan keterampilan tangannya dengan meraih, menumpuk, dan menyortir. Bayi bisa membuat benteng ukuran balita dan ruang persembunyian. Blok kecil dapat digunakan untuk membangun menara atau apa pun yang disukainya.
  • Instrumen mainan. Kebanyakan bayi menyukai musik, terutama ketika bisa membuat suara sendiri. Memberi anak sesuatu untuk diguncang, bersuara atau digulingkan tidak hanya akan menjadi sumber kesenangan, tetapi juga akan mendorong ekspresi dirinya. Moms bisa membuatnya sendiri dengan peralatan rumah, seperti panci atau susuk, juga sendok dan mangkuk plastik.
  • Puzzle. Ini akan menjadi cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan memecahkan masalah, melatih koordinasi tangan-mata dan pengenalan bentuk. Kepuasan menempatkan sesuatu di tempat yang tepat dan mendapatkan hasil yang sempurna akan meningkatkan percaya dirinya.
  • Set kereta. Mainan ini adalah cara terbaik bagi anak untuk menggunakan ketangkasannya. Dengan menyatukan, melacak dan menghubungkan rel, bayi akan belajar keterampilan motorik halus untuk membantunya memanipulasi objek yang lebih kecil.
  • Permainan artistik. Permainan kreatif dan artistik adalah cara yang bagus untuk mendorong anak menggunakan imajinasinya dan mengekspresikan dirinya sebagai perkembangan bayi 17 bulan. Ajak anak untuk mencorat-coret atau mewarnai menggunakan krayon.

Dukung perkembangan bayi 17 bulan dengan nutrisi dan stimulasi terbaik.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait