Kesehatan

31 Mei 2021

5 Posisi Tidur untuk Mengurangi Nyeri Haid, Yuk Coba Malam Ini!

Nyeri haid bisa diminimalisir dengan posisi-posisi tidur ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Debora
Disunting oleh Intan Aprilia

Mengetahui posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid dapat membantu Moms menjalani masa menstruasi dengan lebih nyaman.

Tidak perlu diragukan lagi, selama haid, ada beberapa kondisi yang dapat membuat rasa tidak nyaman, seperti kram perut dan perut kembung.

Nyeri haid yang tak tertahankan atau disebut juga dismenore adalah sesuatu yang normal dialami oleh wanita saat periode menstruasi. Beberapa wanita juga dapat mengalami mual, muntah, sakit kepala, atau diare.

Kondisi ini kerap kali membuat Moms merasa kesulitan untuk beraktivitas hingga tidak nyaman saat mau tidur. Nah, memahami posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid akan membuat Moms lebih rileks.

Baca Juga: 7 Pola Makan Ini Dapat Membantu Mengurangi Nyeri Haid

Kualitas Tidur Berkurang saat Haid

Kualitas Tidur Berkurang saat Haid

Foto: Orami Photo Stock

Sebelum mengetahui posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid, ketahui kaitan antara kualitas tidur yang berkurang saat mengalami nyeri haid.

Dilansir dari National Sleep Foundation, banyak wanita yang memiliki kualitas tidur buruk selama dan sesaat sebelum menstruasi, paling sering disebabkan oleh kram perut.

Gejala lainnya, seperti sakit kepala, payudara empuk atau nyeri, mual atau diare, depresi atau kecemasan, dan lainnya juga membuat kesulitan tidur.

Namun, bukan hanya rasa sakit dan gejala fisik lainnya yang bisa membuat Moms sulit tertidur. Perubahan hormon yang terjadi selama menstruasi juga memengaruhi seberapa baik dan seberapa banyak tidur.

Maka dari itu, pahami tips-tips memiliki kualitas tidur yang baik saat haid dan posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid.

Baca Juga: 6 Pose Yoga untuk Meredakan Nyeri PMS

Posisi Tidur untuk Mengurangi Nyeri Haid

Ada beberapa posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid. Sebenarnya, Moms tidak perlu khawatir ketika nyeri haid menyerang.

Kondisi ini umum terjadi karena produksi berlebih atau kepekaan terhadap prostaglandin, hormon yang memengaruhi rahim.

Nah, lebih baik simak penjelasan tentang posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid berikut ini, yaitu:

1. Posisi Tidur seperti Janin

Posisi Tidur seperti Janin.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid yang paling disarankan adalah the fetal pose, atau tidur dalam posisi janin.

Nah, pernahkah Moms melihat janin yang tidur di dalam rahim? Posisi yang sama itulah yang harus dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri haid.

Moms akan meringkuk mirip dengan janin di dalam kandungan. Ternyata, posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid ini sangat efektif dilakukan, karena otot-otot di sekitar area perut menjadi lebih rileks.

Nah, manfaat yang akan Moms dapatkan, yaitu kram perut akan membaik dengan sendirinya.

“Tidur dalam posisi janin akan menghilangkan tekanan dari otot perut. Semakin sedikit terjadinya ketegangan di perut, maka akan lebih sedikit rasa sakit dan kram yang dialami saat nyeri haid,” ungkap Dr. Lisa Mindley, dokter kandungan bersertifikat.

Selain itu, tidur dalam posisi seperti janin dapat mencegah terjadinya kebocoran di malam hari. Tidur dalam posisi janin, dengan kedua kaki saling menempel, membuat Moms cenderung tidak bocor, bahkan saat haid pertama yang sedang banyak-banyaknya.

Nah, cara mencegah kebocoran saat sedang tidur, sebaiknya hindari tidur tengkurap. Posisi tidur tengkurap memberikan tekanan pada perut, yang menyebabkan lebih banyak darah keluar.

Jadi, apabila Moms rentan bocor atau tidak ingin mengotori seprai, tetaplah berbaring dengan posisi miring.

Baca Juga: Migrain Saat Menstruasi, Kenapa Bisa Terjadi?

2. Tidur dengan Bantal di Bawah Lutut

Tidur dengan Bantal di Bawah Lutut.jpg

Foto: chicagotribune.com

Posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid berikutnya, yaitu tidur dengan meletakkan bantal di bawah lutut.

Nah, Moms dapat mengambil bantal bulat, berbaring telentang, dan letakkan bantal di bawah lutut.

Pastikan kaki Moms tetap lurus, tidak boleh lebih tinggi atau lebih rendah tingginya. Jika tidak, maka memengaruhi aliran darah Moms secara keseluruhan.

Jika Moms tidak memiliki bantal bulat, cukup gulung handuk dan menyimpannya di bawah lutut.

Setelah beberapa menit, Moms akan merasakan manfaat yang didapatkan dengan posisi tidur seperti ini. Sebab, otot-otot akan semakin rileks dan tubuh Moms menjadi lebih nyaman. Kualitas tidur yang lebih baik pun akan didapatkan.

3. Child’s Pose

Child’s Pose.jpg

Foto: blissbabyyoga.com

Bagi Moms yang pernah mengikuti olahraga yoga, tentunya tidak asing dengan posisi child’s pose.

Posisi satu ini ternyata juga bisa menjadi posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid, lho, Moms.

Sering disebut mirip dengan posisi janin, namun sebenarnya child’s pose adalah posisi yang berbeda. P

osisi ini melibatkan melipat ke depan dan meletakkan kepala di kasur dengan lutut melengkung di bawah Moms, yang akhirnya mampu meredakan kram menstruasi.

Selain itu, posisi ini juga mampu mengurangi sakit kepala yang sering terjadi saat menstruasi. Child’s pose mampu merilekskan tubuh dan pikiran Moms.

Faktanya, yoga secara umum dapat menjadi cara yang efektif untuk melawan kram saat menstruasi, terutama dalam pose yang melibatkan melipat dengan cara melepaskan punggung bawah.

Baca Juga: Yoga Hamil, Apa Manfaatnya untuk Janin?

4. Tidur Telentang

Tidur Telentang.jpg

Foto: Orami Photo Stock

Posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid berikutnya, yaitu tidur telentang. Posisi tidur seperti ini mampu membantu meredakan kram perut.

Nah, cara yang bisa dilakukan agar hasilnya lebih efektif, yaitu menggunakan aroma terapi dan sedikit pijatan untuk meredakan rasa nyeri.

Dikutip dari Iranian Journal of Nursing and Midwifery Research, para peneliti menemukan pijatan secara signifikan mengurangi rasa nyeri haid.

Terapi pijat untuk menstruasi melibatkan penekanan titik-titik tertentu. Moms dapat memijat di sekitar perut dan punggung menggunakan minyak esensial.

Minyak lavender dan kayu manis disebutkan membantu meredakan kram saat nyeri haid, meskipun tidak ada banyak bukti signifikan secara klinis untuk mendukung keefektifannya. Namun, tidak ada salahnya untuk mencobanya, lho, Moms!

Di samping itu, tidur dengan posisi telentang juga paling baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Ketika Moms tidur telentang, maka mendistribusikan berat badan secara merata.

Posisi tidur seperti ini juga membantu meminimalkan tekanan dan memastikan keselarasan pada kepala, leher, dan tulang belakang.

5. Menempelkan Bantalan Hangat

Menempelkan Bantalan Hangat.jpg

Foto: everydayhealth.com

Posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid juga bisa dilakukan dengan menempelkan bantalan hangat. Nah, Moms bisa tidur dengan posisi telentang agar manfaatnya bisa dirasakan dengan maksimal.

Tempelkan bantalan yang hangat di perut bagian bawah dapat membantu meringankan nyeri haid.

Sensasi panas pada bagian bawah perut tersebut dapat membantu otot rahim lebih rileks, artinya mengurangi kram.

Moms juga dapat melakukan beberapa tips berikut ini sebelum tidur, yaitu:

  • Minum air hangat adalah cara alami yang efektif meredakan nyeri haid. Air hangat mampu mengatasi kram, karena cairan panas meningkatkan aliran darah ke kulit dan dapat mengendurkan otot yang kram.
  • Secangkir teh chamomile panas juga dapat membantu menghangatkan dan membuat tubuh lebih rileks. Jika kram pada malam hari, bisa mencoba mandi air hangat.
  • Minum air rebusan jahe juga bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit saat nyeri haid dan mengurangi kram perut. Jahe bersifat antiinflamasi dan mengandung antioksidan yang tinggi.

Baca Juga: Review Essential Oil Belli To Baby Lavender, Bikin Anak Tidur Lebih Nyenyak

Itulah beberapa posisi tidur untuk mengurangi nyeri haid yang dapat dicoba. Jadi, jangan takut lagi susah tidur saat menstruasi, ya!

  • https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3093183/
  • https://www.sleepfoundation.org/insomnia/pms-and-insomnia
  • https://www.teenvogue.com/story/best-period-sleeping-position-for-cramps
  • https://www.healthshots.com/healthy-eating/nutrition/these-golden-diet-rules-will-help-you-sleep-better-and-beat-insomnia/
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait