Kesehatan

30 April 2021

Manfaat Yoga untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Coba Moms!

Yoga memiliki banyak manfaat kesehatan untuk tubuh, baik secara fisik atau pun mental
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Moms mungkin sudah tidak asing lagi dengan yoga. Olahraga yang berasal dari India ini memang sudah cukup dikenal oleh banyak orang di dunia. Moms pun dapat mencobanya karena ada banyak manfaat yoga, baik bagi kesehatan tubuh secara fisik hingga kesehatan mental.

Dasar dari yoga adalah mengendalikan pikiran dan tubuh sehingga olahraga ini kerap dijadikan juga sebagai bentuk meditasi.

Siapa saja bisa mengikuti yoga, bahkan American Pregnancy Association mengungkapkan bahwa yoga cocok dilakukan untuk ibu hamil karena dapat meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas.

Jika Moms saat ini belum pernah mencoba olahraga yoga, sudah saat mencoba kelas-kelas yoga yang banyak dibuka untuk pemula.

Baca Juga: Benarkah Yoga Meningkatkan Peluang Hamil? Ini Faktanya

Manfaat Yoga untuk Kesehatan

Perlu Moms ketahui, terdapat beragam manfaat yoga. Apabila Moms berlatih yoga secara teratur, tubuh Moms bisa merasa lebih baik dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Menurut Hopkins' Medicine, jika seseorang sedang mengalami suatu penyakit, pulih dari operasi atau hidup dengan kondisi kronis, yoga dapat menjadi bagian integral dari perawatan dan berpotensi mempercepat penyembuhan.

Seorang terapis yoga dapat bekerja dengan pasien dan menyusun rencana individual yang bekerja sama dengan terapi medis dan bedah mereka.

Dengan cara itu, manfaat yoga dapat mendukung proses penyembuhan dan membantu orang tersebut mengalami gejala dengan lebih terpusat dan lebih sedikit kesusahan. Berikut manfaat yoga yang perlu Moms ketahui:

1. Meningkatkan Fleksibilitas, Kekuatan, dan Keseimbangan

Manfaat yoga untuk fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu manfaat yoga untuk kesehatan, yaitu dapat meningkatkan fleksibilitas, kekuatan, dan keseimbangan.

Gerakan lambat dan pernapasan dalam yoga akan meningkatkan aliran darah dan menghangatkan otot, sedangkan berpose saat yoga bisa membangun kekuatan.

Mengutip Healthline, ada sebuah studi baru-baru ini yang mengamati dampak yoga selama 10 minggu pada 26 atlet perguruan tinggi pria. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa melakukan yoga secara signifikan dapat meningkatkan beberapa ukuran fleksibilitas dan keseimbangan.

Studi lain menugaskan 66 peserta lansia untuk berlatih yoga atau senam, sejenis latihan beban tubuh. Setelah satu tahun, total fleksibilitas kelompok yoga meningkat hampir empat kali lipat dari kelompok senam.

Sebuah studi pada tahun 2013 juga menemukan bahwa, berlatih yoga dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan mobilitas pada orang dewasa yang lebih tua.

Dengan berlatih yoga selama 15-30 menit setiap hari, dapat membuat perbedaan besar bagi mereka yang ingin meningkatkan kinerja dengan meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan.

Baca Juga: Gangguan Keseimbangan pada Anak: Gejala dan Penyebabnya

2. Meredakan Nyeri Punggung

manfaat yoga-meredakan nyeri punggung

Foto: Orami Photo Stock

Yoga sama baiknya dengan peregangan dasar untuk meredakan nyeri dan meningkatkan mobilitas pada orang dengan nyeri punggung bawah. American College of Physicians merekomendasikan yoga sebagai pengobatan lini pertama untuk nyeri punggung bawah.

Namun, dikutip dari Very Well Health, pasien nyeri punggung sebaiknya harus melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum melakukan yoga sebagai salah satu metode perawatan mereka.

Umumnya, tidak disarankan untuk memulai program yoga pada pasien yang mengalami nyeri punggung atau leher akut.

Namun, setelah fase pertama penyembuhan yang ditandai dengan tidak adanya peradangan dan nyeri, beberapa gerakan yoga yang sederhana atau ringan mungkin akan berguna untuk membantu penyembuhan sakit punggung.

Baca Juga: 4 Cara Mengatasi Nyeri Punggung Saat Hamil

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat yoga-menyehatkan jantung

Foto: Orami Photo Stock

Latihan yoga teratur dapat mengurangi tingkat stres dan peradangan di seluruh tubuh, berkontribusi pada kesehatan jantung. Beberapa faktor penyebab penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi dan berat badan berlebih, juga bisa diatasi melalui yoga.

Selain itu, beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa memasukkan yoga ke dalam gaya hidup sehat dapat membantu memperlambat perkembangan penyakit jantung.

Sebuah penelitian mengikuti 113 pasien penyakit jantung, mengamati efek dari perubahan gaya hidup yang mencakup satu tahun pelatihan yoga yang dikombinasikan dengan modifikasi pola makan dan manajemen stres.

Peserta melihat penurunan 23% dalam kolesterol total dan 26% penurunan kolesterol LDL "jahat". Selain itu, perkembangan penyakit jantung berhenti pada 47% pasien.

Tidak jelas seberapa besar peran yoga dibandingkan dengan faktor lain, seperti diet. Namun manfaat yoga dapat meminimalkan stres, salah satu kontributor utama penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung Agar Tetap Sehat

4. Membantu Tubuh Rileks dan Tidur Lebih Nyenyak

manfaat yoga-tubuh rileks dan tidur nyenyak

Foto: Orami Photo Stock

Penelitian menunjukkan bahwa, manfaat yoga yang dilakukan rutin sebelum tidur yang konsisten dapat membantu Moms memiliki pola pikir yang benar dan mempersiapkan tubuh untuk tertidur dan tetap tertidur dengan nyenyak.

Meskipun cara kerjanya belum jelas, yoga telah terbukti meningkatkan sekresi melatonin, hormon yang mengatur tidur dan tubuh tetap terjaga.

Yoga juga memiliki efek signifikan pada semua penyebab umum masalah tidur, mulai dari kecemasan, depresi, nyeri kronis, hingga stres.

Baca Juga: Sering Susah Tidur? Lakukan 5 Tips Ini untuk Mengatasinya

5. Yoga Dapat Mengelola Stres

manfaat yoga-meredakan stres

Foto: Orami Photo Stock

Menurut National Institutes of Health, bukti ilmiah menunjukkan bahwa manfaat yoga mendukung manajemen stres, kesehatan mental, perhatian, makan sehat, penurunan berat badan, dan kualitas tidur.

Hal ini karena faktanya, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa itu dapat menurunkan sekresi kortisol, hormon stres utama

Saat digunakan sendiri atau bersama dengan metode lain untuk mengurangi stres, seperti meditasi, yoga bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengendalikan stres.

6. Bantu Meningkatkan Pernapasan

manfaat yoga-melatih pernapasan

Foto: Orami Photo Stock

Pranayama, atau pernapasan yoga, adalah latihan yoga yang berfokus pada pengendalian napas melalui latihan dan teknik pernapasan.

Sebagian besar jenis yoga menggabungkan latihan pernapasan ini, dan beberapa penelitian menemukan bahwa berlatih yoga dapat membantu meningkatkan pernapasan.

Menurut American Lungs Association, pada pasien yang menderita paru-paru, yoga mungkin dapat menjadi salah satu olahraga yang cukup aman dan bermanfaat bagi pernapasan. Namun, perlu adanya bimbingan ahli kesehatan agar lebih aman.

Praktik-praktik ini dapat meningkatkan kesehatan dan kapasitas paru-paru, sehingga ini bisa menjadi manfaat yoga yang juga dapat membantu seseorang mengatasi stres, kecemasan, dan depresi yang terkadang menyertai penyakit paru-paru.

Baca Juga: Infeksi Saluran Pernapasan Akut pada Anak, Ini Semua Hal yang Perlu Moms Ketahui!

7. Memperbaiki Postur Tubuh

manfaat yoga untuk postur tubuh.jpg

Foto: Orami Photo Stock

International Journal of Multidisciplinary mengungkapkan, ada banyak manfaat yoga yang dilihat dari sudut pandangan ilmiah.

Studi ini menunjukkan, rutin berolahraga yoga mampu melatih kekuatan otot, fleksibilitas, hingga mampu mencegah kolesterol tinggi.

Berkaitan dengan memperbaiki postur tubuh seseorang, manfaat yoga satu ini juga sudah diungkapkan dalam International Journal of Indian Psychology.

Dalam studi ini menunjukkan bahwa, postur tubuh dapat semakin baik karena yoga meningkatkan fleksibilitas.

Berlatih yoga juga membuat Moms menjadi lebih mampu mengenali tubuh saat membungkuk atau memiliki postur tubuh yang buruk sehingga ada keinginan untuk memperbaikinya.

“Postur tubuh yang buruk dan terjadi pada banyak orang ketika menghabiskan waktu duduk di kursi dan bekerja di depan komputer. Yoga bisa menjadi cara untuk mengatasi permasalahan tersebut,” ungkap Julie Gudmestad, instruktur Iyengar Yoga yang sudah bersertifikasi dan ahli terapi fisik di Portland, Oregon.

Itulah beberapa manfaat yoga bagi kesehatan tubuh secara fisik dan mental. Coba berlatih yoga yuk, Moms!

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait