Kesehatan

KESEHATAN
4 Maret 2020

6 Camilan Sehat untuk Dimakan Setelah Olahraga

Konsumsi beberapa snack di bawah ini untuk mendapatkan nutrisi yang tepat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Berolahraga merupakan aktivitas yang sehat dan baik untuk semua orang. Saat berolahraga, otot akan menggunakan simpanan glikogennya sebagai bahan bakar. Hal ini menyebabkan otot-otot kehabisan glikogen.

Setelah berolahraga, tubuh kita akan mencoba membangun kembali simpanan glikogennya dan memperbaiki serta menumbuhkan kembali protein otot tersebut.

Berdasarkan Journal of the International Society of Sports Nutrition, periode setelah olahraga sering dianggap sebagai bagian paling penting dari penentuan waktu gizi.

Mengonsumsi nutrisi yang tepat setelah berolahraga dapat membantu tubuh mendapatkan kembali apa yang dibutuhkannya lebih cepat. Sangat penting untuk mengonsumsi karbohidrat dan protein setelah berolahraga.

Camilan Sehat Setelah Olahraga

Nah, untuk Moms yang hobi berolahraga, sebaiknya konsumsi beberapa camilan sehat di bawah ini usai berolahraga.

1. Kuaci dan Kurma

camilan sehat usai olahraga

Foto: pinterest.com

"Kurma mengandung kalium tinggi, yang bagus untuk membantu merevitalisasi tubuh pasca berolahraga dan juga membantu membuang kelebihan garam dan air," kata Laurel House, pelatih pribadi bersertifikat, sekaligus penulis buku QuickieChick's Cheat Sheet to Life, Love, Food, Fitness, Fashion, and Finance.

Jangan lupa tambahkan biji bunga matahari juga sebagai camilan sehat usai berolahraga, untuk mendapatkan asupan protein untuk tubuh.

2. Yoghurt dengan Buah Beri

camilan sehat usai olahraga

Foto: pcrm.org

Yoghurt dengan buah beri padat nutrisi dan memiliki jumlah protein yang mudah dicerna untuk membantu memulihkan dan memperbaiki otot setelah berolahraga.

Jenis yoghurt rendah lemak dapat mengandung hampir 15 gram protein; tambahkan beberapa buah beri sebagai topping untuk menambahkan karbohidrat.

3. Popcorn

camilan sehat usai olahraga

Foto: foodandwine.com

Moms pasti tidak menyangka jika popcorn juga masuk dalam daftar camilan sehat setelah berolahraga.

“Sekantong kecil popcorn rendah lemak atau bebas lemak menjadi makanan yang baik untuk dikonsumsi usai melakukan olahraga,” jelas Marta Montenegro, ahli fisiologi olahraga dan spesialis nutrisi kebugaran.

Popcorn adalah salah satu sumber biji-bijian terbaik untuk mengisi kembali penyimpanan glikogen setelah berolahraga, juga memberi nutrisi pada otot dan membantu pemulihan.

Tapi ingat untuk tidak menambahkan butter, margarin, atau karamel pada popcorn Moms ya! Cukup pakai sedikit garam atau kayu manis bubuk sebagai penambah rasa.

4. Susu Cokelat

camilan sehat usai olahraga

Foto: dilettante.com

Susu coklat tanpa lemak! 1 gelas dengan berat 8 ons menyimpan 140 kalori dan mengandung 8 1/2 gram protein. Rasanya sangat enak lagi, cocok untuk Moms yang baru saja selesai berolahraga.

5. Buah Apel dengan Almond dan Saus Kacang

camilan sehat usai olahraga

Foto: pinterest.com

Camilan sehat setelah olahraga ini menghasilkan protein, yang merupakan sesuatu yang memang dibutuhkan usai melakukan aktivitas fisik saat berolahraga.

6. Ubi Manis

camilan sehat usai olahraga

Foto: delish.com

Dengan kandungan 100 kalori, 24 gram karbohidrat, 4 gram serat, dan 2 gram protein, ubi manis merupakan pilihan yang tepat untuk dijadikan sebagai camilan usai berolahraga.

Selain itu, camilan satu ini juga mengandung vitamin B6, C, D, zat besi, magnesium, dan potasium. Sangat lengkap bukan?

Itu dia Moms beberapa camilan sehat yang bisa dikonsumsi usai berolahraga. Pastikan Moms mengisi kembali energi yang keluar saat berolahraga ya.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait