Kesehatan

1 April 2021

8 Manfaat Daun Kari dan Cara Mengolahnya, Intip Yuk!

Selain bisa diolah jadi makanan, daun kari juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Istihanah
Disunting oleh Amelia Puteri

Daun kari merupakan bagian dari pohon kari yang berasal dari India. Tanaman ini memiliki aroma khas mirip jeruk dan juga rasa yang unik.

Kendati demikian, daun ini tidak sama dengan bubuk kari yang selama ini digunakan untuk memasak.

Selain digunakan untuk memasak, banyak sekali manfaat daun kari untuk tubuh lho Moms.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Manfaat Daun Kari

Tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan karena mengandung zat pelindung tanaman, seperti alkaloid, glikosida dan senyawa fenolik.

Penelitian menunjukkan bahwa daun kari mengandung banyak senyawa, antara lain linalool, alpha-terpinene, myrcene, mahanimbine, caryophyllene, murrayanol, dan alpha-pinene.

Banyak dari senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan melindungi dari paparan radikal bebas.

Jurnal Biomed Research International antioksidan dalam tanaman ini dapat menangkap radikal bebas dan menekan stress oksidatif atau suatu kondisi yang terkait dengan perkembangan penyakit kronis.

Ekstrak daun kari telah terbukti memberikan efek antioksidan yang kuat dalam beberapa penelitian.

Dalam sebuah penelitian menggunakan tikus menunjukkan bahwa pengobatan oral dengan ekstrak tanaman ini yang kaya antioksidan terlindung dari kerusakan perut akibat pengobatan dan mengurangi penanda stres oksidatif, dibandingkan dengan kelompok placebo.

Penelitian pada hewan lain menunjukkan bahwa ekstrak daun kari dapat membantu melindungi dari kerusakan oksidatif yang diinduksi pada sistem saraf, jantung, otak, dan ginjal.

Baca Juga: 15 Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan, Bisa Mengobati Kanker Payudara

1. Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Daun Kari sangat baik untuk kesehatan

Foto: healthline.com

Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Menambahkan daun kari ke dalam makanan dapat membantu mengurangi beberapa faktor risiko ini.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tanaman ini dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung dalam beberapa cara. Misalnya, penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak tanaman ini dapat membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi.

2. Mencegah Penyakit Alzheimer

Daun Kari dapat mencegah penyakit alzheimer

Foto : healthshots.com

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kari dapat membantu melindungi kesehatan sistem saraf, termasuk otak.

Jurnal Phytotherapy Research: PTR menyebutkan bahwa Alzheimer adalah penyakit otak progresif yang ditandai dengan hilangnya neuron dan tanda stres oksidatif.

Penelitian telah menunjukkan bahwa tanaman ini mengandung zat yang dapat membantu melindungi dari kondisi neurodegeneratif seperti penyakit Alzheimer.

Sebuah studi pada tikus menemukan bahwa pengobatan oral dengan dosis tinggi ekstrak daun kari meningkatkan kadar antioksidan pelindung otak, termasuk glutathione peroksidase (GPx), glutathione reductase (GRD), dan superoxide dismutase (SOD), dalam sel-sel otak.

Ekstrak tersebut juga mengurangi jumlah kerusakan oksidatif di sel otak, serta enzim yang terkait dengan perkembangan penyakit Alzheimer.

3. Memiliki Efek Anti Kanker

Daun Kari memiliki sifat kanker

Foto : hundustantimes.com

Tanaman ini mengandung senyawa yang memiliki efek antikanker yang signifikan.

Sebuah studi tabung reaksi yang melibatkan tiga sampel ekstrak kari dari daun kari yang ditanam di lokasi berbeda di Malaysia menemukan bahwa semuanya menunjukkan efek antikanker yang kuat dan menghambat pertumbuhan jenis kanker payudara yang agresif.

Studi tabung reaksi lain menemukan bahwa ekstrak tanaman ini mengubah pertumbuhan dua jenis sel kanker payudara, serta menurunkan viabilitas sel. Ekstrak juga menyebabkan kematian sel kanker payudara.

Selain itu, ekstrak tanaman ini telah terbukti menjadi racun bagi sel kanker serviks dalam penelitian tabung reaksi.

Dalam sebuah penelitian pada tikus dengan kanker payudara, pemberian ekstrak daun kari secara oral mengurangi pertumbuhan tumor dan menghambat penyebaran sel kanker ke paru-paru.

Melalui penelitian-penelitian tersebut terbukti bahwa ekstrak daun kari memiliki efek antikanker yang efektif. Jika ingin mendapatkan manfaat ini, Moms bisa mencampur tanaman ini dalam berbagai menu makanan.

Baca Juga: 5 Manfaat Daun Bidara. Ternyata Baik untuk Lambung!

4. Mengontrol Kadar Gula Darah

Daun Kari dapat mengontrol gula darah

Foto : taatas.com

Penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa ekstrak daun kari dapat membantu mengurangi kadar gula darah tinggi dan melindungi terhadap gejala yang berhubungan dengan diabetes, termasuk nyeri saraf dan kerusakan ginjal.

5. Memiliki Sifat Pereda Nyeri

Daun Kari memiliki sifat pereda nyeri

Foto : ministryofcurry.com

Penelitian pada hewan pengerat telah menunjukkan bahwa pemberian ekstrak kari secara oral secara signifikan mengurangi rasa sakit yang diinduksi.

6. Memiliki Efek Anti Inflamasi

Daun Kari memiliki sifat anti inflamasi

Foto : herbalskart.com

Daun kari mengandung beragam senyawa anti-inflamasi, dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak tanaman ini dapat membantu mengurangi gen dan protein yang berhubungan dengan peradangan.

7. Memiliki Sifat Anti Bakteri

Daun Kari memiliki sifat anti bakteri

Foto : happilyf.com

Sebuah studi tabung reaksi menemukan bahwa ekstrak daun kari menghambat pertumbuhan bakteri yang berpotensi berbahaya, termasuk Corynebacterium tuberculosis dan Streptococcus pyogenes.

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Pepaya Jepang

8. Menurunkan Berat Badan

Daun Kari dapat membantu menurunkan berat badan

Foto : freedelivers.com

Daun kari dianggap bagus untuk detoksifikasi tubuh dan mengurangi berat badan. Tak heran, kalau banyak ahli merekomendasikan tanaman herbal ini saat Moms sedang menjalani program diet rendah kalori.

Selain itu, sifat antioksidan dan antibakteri dari daun ini juga meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh.

Menurut ahli kesehatan dan ahli gizi, tanaman ini juga membantu mengelola diabetes, mengontrol gula darah, dan meningkatkan kesehatan usus secara keseluruhan.

Baca Juga: Harum, Ini 13 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan dan Kecantikan

Cara Mengolah Daun Kari

Daun kari telah digunakan sejak zaman kuno dalam masakan tradisional India. Rasanya yang unik sering digambarkan membawa aroma jeruk yang halus dengan sedikit rasa pedas.

Daunnya biasanya ditambahkan ke hidangan untuk menghasilkan rasa yang kuat dan kaya dan populer digunakan dalam hidangan daging, kari, dan resep tradisional India lainnya.

Biasanya, tanaman ini dijual di beberapa toko khusus tetapi lebih sering ditemukan dalam bentuk kering di bagian bumbu di toko bahan makanan.

Tanaman ini dapat diolah menjadi berbagai jenis menu masakan. Karena daun kari sangat mudah untuk dimasak dengan berbagai cara. Berikut cara mengolah daun kari yang bisa Moms coba di rumah.

Baca Juga: 16 Manfaat Daun Saga Bagi Kesehatan yang Patut Dicoba

1. Resep Ayam Daun Kari

Resep Masakan Daun Kari

Foto : oventales.com

Rasa unik dari daun kari dapat dipadukan dengan berbagai bahan masakan. Berikut resep ayam daun kari dari overtales.com yang bisa Moms coba di rumah.

Bahan-bahan:

  • 500 gr ayam fillet
  • 2 sdm santan instan berbentuk krim

Bahan Marinate:

  • ¼ cup Yogurt
  • 1 tangkai daun kari
  • 1 sdt jahe parut
  • 1 sdt bawang putih parut
  • ½ sdt kunyit
  • ½ sdt garam
  • 1 sdt garam masala
  • 1 buah cabai hijau besar, potong serong

Bahan Bumbu:

  • 2 tangkai daun kari sekitar 20 -25 lembar daun kecil
  • 2 cabai hijau serrano atau sejenisnya
  • 1 sdm minyak

Cara Membuat:

  1. Potong ayam menjadi bentuk kotak-kotak.
  2. Haluskan bumbu untuk marinated (untuk pengasinan). Kemudian masukin bumbu ke ayam dan aduk rata untuk melapisi semua potongan. Tutup dan sisihkan selama 10 menit.
  3. Panaskan wajan kemudian masak ayam yang sudah di-marinate hingga mendidih.
  4. Kecilkan api dan masak selama 10 hingga 15 menit sampai potongan ayam matang. Buka tutupnya dan biarkan sisa jus mengering.
  5. Tambahkan santan instan kemudian aduk kembali hingga merata.
  6. Di tempat terpisah, panaskan minyak kemudian tumis daun kari dengan irisan cabai hingga layu.
  7. Siapkan piring saji. Letakan ayam kemudian siram dengan tumisan daun kari dan cabai.
  8. Nikmati ayam daun kari dengan nasi hangat.

2. Resep Teh Daun Kari

Teh Daun Kari

Foto : herzindagi.com

Daun kari juga bisa diolah menjadi teh yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Melansir food.ndtv.com berikut cara mengolah daun teh menjadi minuman kesehatan.

Bahan-bahan :

  • 10 lembar daun kari
  • 1 ruas jahe, memarkan
  • 3 gelas air
  • Lemon
  • Madu

Cara Membuat:

  1. Bersihkan daun dari kemudian rebus bersama dengan jahe yang sudah dimemarkan selama 20 menit dengan api kecil. Rebus hingga air menjadi setengah.
  2. Matikan api kemudian diamkan selama 10 menit dan biarkan tertutup.
  3. Tuangkan teh ke dalam cangkir kemudian tambahkan perasan lemon dan juga madu.

Baca Juga: Tak Hanya Nikmat Jadi Lalapan, Ketahui Manfaat Daun Kenikir Berikut!

Cara Menyimpan Daun Kari

cara menyimpan daun kari.jpeg

Foto: wanderglobe.com

Jika memiliki banyak daun kari, Moms juga bisa menyimpannya sebagai persediaan di rumah. Langkah pertama setelah membeli tanaman ini adalah mencabutnya dari batangnya dan mencucinya.

Kemudian sebarkan di atas tisu dapur dapur dalam satu lapisan dan keringkan dengan lembut. Moms juga bisa membiarkannya selama beberapa jam di atas handuk dapur agar kering diangin-anginkan.

Jika Moms ingin menyimpan daun kari di lemari es, bungkus dengan tissue dapur untuk menyerap kelembapan ekstra, lalu masukkan ke dalam wadah kedap udara.

Jangan lupa untuk memeriksa tanaman ini saat akan digunakan ya Moms. Jika sudah menghitam sebaiknya di buah. Selain itu, saat tetesan air sudah banyak di tissue dapur jangan lupa untuk menggantinya. Cara ini dapat menjaga daun kari agar tidak cepat busuk.

Moms, demikian penjelasan mengenai manfaat, cara mengolah dan menyimpan daun kari. Semoga bermanfaat ya Moms.

Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait