Gaya Hidup

GAYA HIDUP
30 Juni 2020

4 Gaya Hidup Sehat untuk Tingkatkan Imunitas Tubuh, Yuk Lakukan!

Penuhi asupan makanan padat nutrisi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Di tengah pandemi virus, Moms sudah mengetahui pentingnya menjaga kesehatan. Kunci utama agar tubuh tetap bugar adalah memiliki gaya hidup sehat untuk tingkatkan imunitas tubuh.

Apalagi, bagi manusia yang terus-menerus hidup di bawah tekanan yang berlangsung sepanjang hari, menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak kortisol, hormon stres.

Menurut Cleveland Clinic, peningkatan kortisol ini menurunkan tingkat resistensi tubuh untuk melawan infeksi. Sehingga, daya tahan tubuh juga akan menurun.

Cari tahu lebih lanjut tentang apa saja gaya hidup yang sehat dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah infeksi dari virus berbahaya, berikut ini.

Baca Juga: Tetap Aktif, Ini Tips Tingkatkan Imunitas Tubuh Anak Selama Pandemi

Gaya Hidup Sehat untuk Imunitas yang Baik

Menurut dr. Diana Felicia Suganda, M.Kes, Sp.GK, Dokter Spesialis Gizi Klinik - RS Pondok Indah Bintaro Jaya, daya tahan tubuh yang baik dapat membantu mencegah seseorang dari serangan penyakit.

"Penyakit bisa dicegah, salah satunya dengan dengan meningkatkan daya tahan atau imunitas tubuh," terang dr. Diana dalam Webinar "Gizi Baik untuk Meningkatkan Imunitas" pada Rabu (10/6/2020).

Lebih lanjut, dalam webinar tersebut ia juga memberikan beberapa bentuk gaya hidup sehat untuk imunitas tubuh yang baik.

1. Makan Makanan Padat Nutrisi

gaya hidup sehat untuk imunitas tubuh-4

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi makanan padat nutrisi adalah hal utama untuk menjaga imunitas tubuh. Dokter Diana menjelaskan pentingnya melengkapi asupan makronutrien dan mikronutrien dengan komposisi tepat.

Gizi yang termasuk makronutrien yaitu karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara gizi yang termasuk mikronutrien adalah vitamin dan mineral.

"Pastikan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, dengan jumlah yang tepat, serta jadwal makanan yang teratur, dan mendapatkan berbagai variasi jenis makanan," jelasnya.

Dalam American Journal of Clinical Nutrition, mikronutrien tersebut termasuk seng, selenium, zat besi, vitamin A, C, E, dan B6, dan asam folat yang mempunyai pengaruh penting pada respons imun.

Baca Juga: Pentingnya Tingkatkan Imunitas Tubuh dari Infeksi Virus Corona Novel (COVID-19), Berikut Tipsnya

2. Lakukan Pola Hidup Bersih dan Sehat

gaya hidup sehat untuk imunitas tubuh-3

Foto: Orami Photo Stock

Di tengah pandemi virus corona, tanamkan kebiasaan pola hidup bersih dan sehat sebagai bentuk gaya hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh. Terutama dengan memakai masker dan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Mengutip Centers for Disease and Control Prevention, Moms perlu sering mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, terutama setelah berada di tempat umum, setelah menyeka hidung, batuk, atau bersin.

Jika sulit mendapatkan akses air dan sabun, Moms bisa menggunakan hand sanitizer, tetapi pastikan memiliki kandungan 70 persen alkohol untuk menghilangkan kuman secara lebih efektif.

3. Tidur yang Cukup

gaya hidup sehat untuk imunitas tubuh-2

Foto: Orami Photo Stock

Bagi Moms yang sering begadang, sebaiknya perlahan mulai kurangi kebiasaan tersebut. Orang dewasa butuh tidur selama 7-8 jam sehari sebagai gaya hidup sehat dalam melawan infeksi dan meningkatkan imunitas tubuh.

Mengutip Sleep Foundation, pertahankan jadwal tidur dan bangun di waktu yang sama, bahkan pada akhir pekan. Ini membantu mengatur jam tubuh konsisten sehingga Moms bisa memiliki kualitas tidur malam yang baik.

Baca Juga: Susah Tidur? Mungkin 6 Hal Ini Salah Satu Penyebabnya

4. Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

gaya hidup sehat untuk imunitas tubuh-1

Foto: Orami Photo Stock

Langkah terakhir yang penting dilakukan, adalah rutin berolahraga atau melakukan aktivitas fisik sebagai bentuk gaya hidup sehat untuk menjaga imunitas tubuh.

Pada Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia, latihan teratur dan aktivitas fisik dengan intensitas sedang akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Moms juga harus menjaga porsi agar tidak olahraga secara berlebihan.

Tidak hanya aktivitas fisik yang minimal bisa tingkatkan risiko penyakit menular, tetapi aktivitas fisik dengan intensitas tinggi juga dapat menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga meningkatkan risiko infeksi.

Moms bisa melakukan gerakan olahraga yang sederhana, seperti push up, sit up, squat, lompat tali, plank, atau stretching sebagai langkah awal untuk aktif bergerak.

Nah, itu dia Moms, beberapa bentuk gaya hidup sehat untuk meningkatkan imunitas tubuh agar mengurangi risiko infeksi virus yang bisa membahayakan jiwa.

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait