Kesehatan Umum

11 Oktober 2021

5+ Penyebab Badan Kurus, Apa Saja Ya?

Simak tips menambah berat badan yang sehat berikut ini
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Riskita
Disunting oleh Amelia Puteri

Beberapa orang menginginkan badan yang agak berisi karena menilai bahwa tubuhnya terlalu kurus. Namun, hal ini tak bisa diwujudkan dengan mudah. Lalu, apa saja yang menjadi penyebab badan kurus?

Meski sudah makan banyak, tetapi berat badan tak juga naik. Terkadang, kondisi ini pun membuat Moms frustasi dan badan yang terlalu kurus juga bisa menurunkan percaya diri.

Ternyata, ada berbagai penyebab badan kurus, lho. Mulai dari faktor keturunan, aktivitas fisik, hingga penyakit yang menyertainya. Berikut penjelasannya yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga: 7+ Makanan Tinggi Kalori, Cocok untuk Menambah Berat Badan!

Penyebab Badan Kurus

Inilah beberapa penyebab badan kurus yang perlu Moms pahami.

1. Faktor Genetik

penyebab badan kurus - faktor genetik

Foto: Orami Photo Stock

Salah satu penyebab badan kurus, yakni faktor genetik. Hal ini pun dibenarkan oleh Michael Cowley, direktur Monash University Obesity and Diabetes Institute yang mengatakan bahwa 70% postur tubuh dipengaruhi oleh faktor genetik.

Jadi, jika Moms dan Dads memiliki postur tubuh yang kurus, kemungkinan akan melahirkan keturunan dengan postur tubuh yang sama.

Selain itu, kebiasan sehari-hari, seperti kebiasaan makan, meniru porsi makan orang tua, atau kebiasaan orang tua yang menjalankan pola hidup sehat juga bisa memengaruhi seseorang memiliki badan yang kurus.

Baca Juga: Berat Badan Turun Saat Hamil, Normalkah?

2. Sistem Metabolisme

Faktor pendukung bagi mereka yang bertubuh kurus meski makan banyak adalah metabolisme tubuh.

Banyak yang mempengaruhi cepat atau lambatnya sistem metabolisme dalam tubuh. Mulai dari usia, jenis kegiatan, sampai dengan pengaruh hormon dalam tubuh.

Semakin cepat metabolisme seseorang, maka asupan makanan tidak akan ditimbun dalam bentuk lemak, tapi energi.

3. Aktivitas

penyebab badan kurus - aktivitas

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab badan kurus selanjutnya, yakni pengaruh aktivitas. Misalnya, seseorang yang memiliki aktivitas padat dan sering bergerak biasanya akan tetap kurus meski mereka makan dalam jumlah banyak.

Hal ini karena sumber makanan yang dimakan tidak menjadi lemak, tetapi terus dibakar dalam aktivitas yang aktif.

Aktivitas fisik yang dimaksud bukan hanya pergi olahraga ke gym Moms, naik turun tangga, membersihkan rumah, atau berjalan kaki juga termasuk dari bagian dari aktivitas aktif.

Intinya, seseorang yang banyak berdiri akan membakar lebih banyak kalori daripada orang yang lebih banyak duduk (tidak aktif).

Baca Juga: 9 Cara Menambah Berat Badan dengan Sehat dan Aman

4. Hipertiroidisme

Hipertiroidisme juga bisa menjadi penyebab badan kurus. Kondisi ini ditandai dengan tiroid yang terlalu aktif sehingga menyebabkan kelebihan hormon tiroid dalam tubuh.

Perlu Moms ketahui, hormon tiroid bertanggung jawab atas banyak elemen metabolisme manusia, termasuk pengaturan laju metabolisme.

Jadi, seseorang yang menderita hipertiroidisme akan memiliki metabolisme yang terlalu aktif yang pada akhirnya sering membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Apabila masalah ini tidak diobati, hipertiroidisme dapat menyebabkan kesulitan menambah berat badan, bahkan ketika asupan makanan meningkat.

5. Diabetes Tipe 1

penyebab badan kurus - diabetes

Foto: Orami Photo Stock

Diabetes tipe 1 adalah jenis kondisi autoimun di mana tubuh menghancurkan sel-sel di pankreas yang bertanggung jawab untuk produksi insulin.

Insulin sendiri merupakan hormon yang bertanggungjawab untuk metabolisme glukosa.

Ketika diabetes tipe 1 ini tidak dikelola, maka dapat menyebabkan kadar glukosa darah tinggi, yang kemudian diekskresikan dalam urin.

Ekskresi glukosa berlebih inilah yang dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak disengaja sehingga bisa menjadi salah satu penyebab badan kurus.

Baca Juga: Sudah Tahu Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2? Yuk Simak

6. Penyakit Radang Usus

Penyakit radang usus (IBD) adalah istilah umum untuk serangkaian kondisi yang ditandai dengan peradangan usus.

Kondisi ini, seperti penyakit Crohn dan kolitis ulserativa, dapat berdampak negatif pada kemampuan seseorang untuk mempertahankan berat badan.

Kondisi ini dapat membatasi jenis dan jumlah makanan yang dapat dimakan seseorang. Bahkan terkadang, juga dapat menyebabkan sering diare sehingga menyebabkan penurunan berat badan dalam beberapa kasus.

Hingga para penderitanya cenderung memiliki badan yang kurus.

7. Gangguan Makan

penyebab badan kurus - gangguan makan

Foto: Orami Photo Stock

Penyebab badan kurus lainnya, yakni adanya gangguan makan.

Meskipun ada banyak jenis gangguan makan yang berbeda, orang dengan gangguan makan apapun cenderung membatasi asupan makanan mereka sehingga mengalami kesulitan mempertahankan berat badan yang sehat.

Dalam bentuknya yang paling ekstrem, anoreksia nervosa menyebabkan penurunan berat badan yang ekstrem dan terkadang ketidakmampuan untuk menambah berat badan sepenuhnya.

Kondisi lain, seperti bulimia, juga dapat mempersulit seseorang untuk mempertahankan kalori yang cukup untuk mempertahankan berat badan mereka.

Baca Juga: Waspadai Anoreksia, Ketakutan Berlebihan Menjadi Gemuk Setelah Makan

8. Obat-obatan dan Perawatan Tertentu

Obat-obatan dan perawatan tertentu yang menyebabkan hilangnya nafsu makan, mual, muntah, dan diare dapat membuat Moms mengalami penyebab badan kurus.

Misalnya, obat-obatan seperti antibiotik dan perawatan seperti kemoterapi yang umumnya diketahui menyebabkan efek samping gastrointestinal.

Biasanya, orang yang memerlukan jenis perawatan ini akan mengalami penurunan berat badan dan kesulitan menambah berat badan selama menjalani perawatan mereka.

Hal ini pun didukung oleh salah satu penelitian yang dipublikasikan dalam The British Journal of Nutrition.

Peneliti mengatakan bahwa pasien kanker yang menerima kemoterapi memiliki risiko tinggi malnutrisi sekunder akibat penyakit dan pengobatan, dan 40-80% pasien kanker menderita malnutrisi dengan derajat yang berbeda, tergantung pada subtipe tumor, lokasi, stadium dan strategi pengobatan.

Tips Menambah Berat Badan

Meski bagi beberapa orang yang memiliki badan kurus cenderung kesulitan dalam menambah berat badan. Namun, ada tips yang bisa diterapkan untuk mengatasi penyebab badan kurus.

1. Menambah Massa Otot

tips menambah berat badan - olahraga

Foto: Orami Photo Stock

Jika Moms termasuk individu yang memiliki badan kurus dan ingin sedikit berisi, cobalah untuk rutin berolahraga sehingga massa otot bertambah.

Jenis olahraga yang disarankan, yakni latihan kardio dan latihan beban. Karena otot lebih berat daripada lemak, maka latihan beban ini dapat membantu Moms dalam meningkatkan berat badan secara keseluruhan.

2. Makan Lebih Sering

tips menambah berat badan - makan lebih sering

Foto: Orami Photo Stock

Cara lain yang bisa Moms lakukan untuk menambah berat badan, yakni makanlah dengan lebih sering. Dengan makan lebih sering, maka tubuh Moms akan mendapatkan asupan kalori yang lebih tinggi dari biasanya.

Memecah makanan yang lebih besar menjadi makanan yang lebih kecil dan lebih sering dapat memungkinkan Moms untuk mendapatkan lebih banyak kalori tanpa harus menderita perasaan yang tidak nyaman pada perut.

Sebagai rekomendasi, Moms dapat mengonsumsi makanan dari biji-bijian yang mengandung kalori tinggi dan lemak sehat.

Mulailah setiap makan dengan setidaknya secangkir biji-bijian, dan cobalah untuk memasukkan berbagai lemak, seperti minyak, kacang-kacangan, atau bumbu lainnya.

Terakhir, selesaikan dengan protein tanpa lemak dan setidaknya beberapa porsi sayuran.

Baca Juga: 12 Makanan Penambah Berat Badan yang Enak dan Bernutrisi!

3. Konsumsi Suplemen

tips menambah berat badan - konsumsi protein shake

Foto: Orami Photo Stock

Mengonsumsi protein shake dan suplemen juga dapat membantu Moms dalam menambah kalori ekstra pada asupan harian.

Shake pengganti makanan cenderung mengandung lebih tinggi kalori dan biasanya ditujukan untuk menjaga berat badan bagi orang yang tidak bisa mengonsumsi makanan biasa.

Selain itu, beberapa protein shake juga diformulasikan khusus untuk membangun massa tubuh. Jadi, Moms bisa mempertimbangkannya jika ingin menambah berat badan.

Itu dia Moms, penyebab badan kurus dan tips menambah berat badan yang sehat. Tertarik mencobanya?

  • https://familydoctor.org/healthy-ways-to-gain-weight-if-youre-underweight/
  • https://www.researchgate.net/publication/225300106_Gastrointestinal_symptoms_and_weight_loss_in_cancer_patients_receiving_chemotherapy
  • https://www.healthline.com/health/why-cant-i-gain-weight
Produk Rekomendasi

TOOLS PARENTING

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait