Gratis Ongkir minimum Rp 250.000* Lihat detil

DIREKTORI

Belanja Berdasarkan Kategori :
Belanja Berdasarkan Kategori
DIREKTORI BELANJA
  • Promo & Highlights

  • Kebutuhan Bayi

  • Perlengkapan Bayi

  • Perawatan Pribadi

  • Supermarket

  • Rumah & Dekorasi

  • Kosmetik

  • Alat Kecantikan

  • Pakaian & Aksesoris

  • Kesehatan

  • Mainan & Media

  • Gadget & Elektronik

Pasca Melahirkan | Feb 17, 2019

Cara Terbaik Memperbaiki Metabolisme Tubuh

Bagikan


Rasanya sudah membatasi makanan tapi berat badan masih terus bertambah. Apa alasannya? Bisa jadi ada satu hal yang luput dari perhatian Moms, yaitu sistem metabolisme. Bagaimana cara mengaturnya agar metabolisme membaik dan tubuh jadi lebih sehat dan langsing?

Berikut trik yang bisa Moms coba :

Makan dengan Jumlah Kalori yang Tepat

Foto : Unsplash

Sebenarnya metabolisme adalah proses kimia tubuh yang mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi ‘bahan bakar’ untuk energI beraktivitas sehari-hari. Basal Metabolic Rate atau BMR adalah jumlah kalori yang dibakar tubuh secara alami saat tidur. Jadi kesimpulannya adalah, Moms harus paham jumlah kalori yang harus dikonsumsi sehari-harinya untuk mempertahankan berat badan.

Jangan Melewatkan Jam Makan, Apalagi Sarapan

Foto : Unsplash

Pasti Moms sudah sering dengar kalau jangan melewatkan jam sarapan. Ini benar sekali, karena fungsi sarapan adalah menyiapkan metabolisme sepanjang hari, dan akan terus berjalan lancar, selama Moms makan rutin setiap tiga jam. Menurut Shreya Katyal, Nutrisionist, Dietician, dan Founder of Health& U,jika Moms bangun tidur pagi sekali tapi baru sarapan menjelang siang hari, artinya Moms sudah melewatkan waktu terbaik buat membakar kalori. Setiap orang disarankan mengonsumsi makanan sekitar 5 kali sehari, dengan porsi yang disesuaikan. Dan sebaiknya jangan ada sesi yang terlewat.

Baca juga : Mulai Hidup Sehat di 2019, Ganti Menu dengan 7 Makanan dan Minuman Ini

Hitung Kalori Tubuh yang Terbakar

Untuk membakar kalori tentunya Moms tak bisa diam saja. Harus aktif bergerak. Ingin mengurangi bobot tubuh? Pangkas 500 kalori per hari dengan mengurangi porsi makan, lebih banyak berolahraga atau langsung lakukan keduanya. Dengan begini, akan berkurang 0,5-1 kg per minggu.

Baca juga : Jadi Gemuk Usai Melahirkan, Ini Cara Agar Tubuh Ideal Kembali

Berolahragalah Lebih Rutin

Foto : Unsplash

Melakukan olahraga kardio tiga sampai lima kali dalam seminggu bisa menambah rate metabolisme tubuh. Maksudnya meskipun Moms tak sedang nge-gym saat itu, namun tubuh tetap membakar kalori. Dan yang seru, Moms bisa meningkatkan rate ini dengan sistem Tabata. Proses latihannya adalah dalam empat menit, yaitu 20 detik latihan berat dan 10 detiknya untuk istirahat. Lakukan gerakan ini dalam berbagai variasi, seperti lompat tali, sprints, squat atau jogging.

Baca juga : Pilih Mana, Stroller Bayi Standar atau Jogging?

Mengonsumsi Makanan Berbumbu

Coba masak makanan Moms dengan bumbu cabe merah dan hijau, atau bubuk Tabasco, yang ternyata bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Mengapa? Karena di dalamnya ada kandungan capsaicin, yaitu salah satu kandungan yang ampuh memompa metabolisme.

Tidak Tidur Larut Malam

Tubuh butuh tidur untuk mengembalikan fungsi dan kesehatannya. Penelitian membuktikan kalau orang yang jam tidurnya kurang dari 6-7 jam sehari akan lebih mudah merasa stres dan menimbun lebih banyak lemak. Menurut Dr. Scott Kutscher, Assistant Professor of Sleep and Neurology at Vanderbilt University Medical Center, sama dengan olahraga dan pola makan, jam tidur juga wajib jadi prioritas karena memegang peranan penting dalam metabolisme.

Selamat mencoba trik di atas, semoga tubuh makin bugar dan lancar beraktivitas setelahnya, ya Moms.

Bagikan

Artikel Terkait



Newsletter

Dapatkan diskon dan penawaran spesial setiap hari melalui email kamu dengan berlangganan newsletter.