Trimester 1

23 Maret 2021

13 Buah yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil, Catat!

Jenis buah-buahan ini akan berbahaya jika dikonsumsi berlebih oleh ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dresyamaya Fiona
Disunting oleh Adeline Wahyu

Selama masa kehamilan, Moms harus banyak mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin agar buah hati tumbuh dengan baik dalam janin. Tetapi, rupanya ada buah yang tidak boleh untuk ibu hamil konsumsi, lho.

Lalu, apa saja buah yang tidak boleh untuk ibu hamil atau sebaiknya dihindari, dan mengapa demikian? Yuk, simak bersama dalam artikel ini!

Buah yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil

Dari sekian banyak jenis buah-buahan, rupanya ada beberapa buah yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Meski di satu sisi buah-buah ini memiliki manfaat yang banyak dan sangat baik bagi ibu hamil, namun jangan lupa juga beberapa memiliki risiko cukup berbahaya bagi Moms dan calon bayi.

Beberapa buah-buahan tidak boleh dikonsumsi karena berbagai alasan, diantaranya ada yang membuat kadar asam dalam perut meningkat hingga yang paling fatal adalah berisiko membuat janin tumbuh cacat atau keguguran.

Tentu saja banyak ibu hamil merasa sangat takut apabil mengalami keguguran ya, Moms.

Lantas, apa saja buah yang tidak boleh untuk ibu hamil? Yuk kita tengok.

1. Anggur, Membuat Hormon Tidak Stabil

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil anggur.jpg

Foto: freepik.com

Mengonsumsi anggur memang menyegarkan ya Moms, tapi anggur menjadi buah yang tidak boleh untuk ibu hamil karena anggur memiliki kandungan resveratrol yang mampu membuat hormon tidak stabil.

Resveratrol adalah senyawa yang merupakan bagian dari antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah.

Seperti yang Moms tahu, masa hamil adalah masa yang cukup sensitif bagi wanita karena adanya perubahan hormon-hormon tertentu, salah satunya progesteron.

Dengan mengonsumsi anggur, hormon akan semakin tidak stabil. Ini tentu akan merugikan Moms sehingga baiknya jangan mengonsumsi buah anggur dulu saat hamil.

Baca Juga: Wajib Dikonsumsi, Ini Dia 5 Buah untuk Ibu Hamil agar Selalu Sehat

2. Nanas, Berisiko Sebabkan Keguguran

Nanas, buah yang menyegarkan dan biasa disantap dengan bumbu rujak ini rupanya termasuk dalam kategori buah yang tidak boleh untuk ibu hamil, lho.

Nanas dipercaya menjadi buah yang sangat berisiko terhadap ibu hamil karena kandungan bromelain-nya dapat memecah protein.

Bromelain dapat melunakkan serviks (leher rahim) yang merupakan bagian ujung rahim yang menyempit dengan ujung inferior (bawah) mengarah ke vagina pada sistem reproduksi wanita. Bisa dibilang, serviks adalah penghubung mulut rahim dengan vagina.

Hal ini pun didukung oleh penelitian berjudul Jurnal Ecology of Food and Nutrition tahun 2010, yang menyatakan bahwa banyak ibu hamil mengalami ketakutan akan keguguran, terutama yang yang disebabkan oleh pemanasan tubuh atau karena pendarahan rahim.

Salah satu fungsi kanalis servikalis ini adalah sebagai tempat lewatnya bayi saat proses persalinan. Jika serviks menjadi lunak karena buah nanas, dapat mengakibatkan persalinan dini atau keguguran.

Oleh karena itu, tak salah apabila Moms sangat menjaga dan berhati-hati terhadap buah yang tidak boleh untuk ibu hamil.

3. Semangka, Bisa Sebabkan Diabetes Gestasional

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil semangka.jpg

Foto: freepik.com

Meski memiliki banyak manfaat seperti menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan ginjal, mencegah kanker, mencegah asma, meningkatkan kesehatan mata, mencegah dehidrasi dengan kandungan airnya yang banyak, menjaga kesehatan rambut dan kulit, membuang racun, dan meredakan asam lambung, rupanya semangka termasuk dalam buah yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Hal ini dikarenakan sifat diuretik pada buah berwarna merah satu ini.

Sifat diuretik ini dapat membuang nutrisi ibu hamil dan janinnya yang mana sangat dibutuhkan bagi tubuh mereka. Ini menjadikan semangka buah yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Tak hanya itu, kadar gula dalam semangka juga membuat kadar glukosa dalam darah meningkat. Jika kadar glukosa ibu hamil meningkat, dapat menyebabkan terserang diabetes gestasional.

Baca Juga: 4 Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil, Catat!

4. Pisang, Tak Disarankan pada Ibu Hamil dengan Diabetes

Pasti Moms tidak menyangka jika buah pisang masuk ke dalam salah satu buah yang tidak boleh untuk ibu hamil, bukan? Padahal, pisang dipercaya mampu mengatasi sembelit bagi ibu hamil.

Tapi ternyata buah pisang masuk ke dalam jenis buah yang tidak boleh untuk ibu hamil dalam kondisi tertentu, yaitu jika sang ibu penderita diabetes.

Buah pisang mengandung chitinase yaitu semacam lateks yang sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Terlebih, pisang juga mengandung gula yang cukup tinggi.

Tak hanya gulanya yang berbahaya, pisang juga mengandung protein tinggi sehingga akan berbahaya bagi janin apabila terlalu berlebih.

Berdasarkan penelitian Jurnal Ecology of Food and Nutrition tahun 2010, makanan berprotein tinggi sebisa mungkin dihindari karena akan menyebabkan pertumbuhan bayi yang berlebihan yang juga akan menyulitkan persalinan nantinya.

5. Durian, Ada Kandungan Alkohol

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil durian.jpg

Foto: freepik.com

Terbayang ya Moms aroma durian yang sangat menggoda apalagi jika ditambah dengan es? Namun, nyatanya Moms hanya boleh mengonsumsi durian saat tidak hamil saja, nih.

Sebab, mengonsumsi buah durian saat hamil ternyata memiliki risiko yang cukup besar. Durian menjadi buah yang tidak boleh untuk ibu hamil selanjutnya.

Buah durian mengandung alkohol dan kandungan asam yang berasal dari asam arachidonat. Tak hanya itu, buah durian juga mengandung karbohidrat dan gula yang tinggi sehingga membuat janin kelebihan berat badan jika Moms mengonsumsinya berlebihan.

Tentu janin yang kelebihan berat badan akan menyulitkan proses persalinan, ya.

6. Pepaya, Mengandung Lateks yang Bisa Sebabkan Kontraksi

Biasanya, ibu hamil senang mengonsumsi rujak yang punya buah pepaya mentah di dalamnya. Tetapi, pepaya mentah ini ternyata dilarang untuk dikonsumsi saat hamil, lho.

Hampir sama seperti durian, pepaya juga mengandung lateks yang dapat menyebabkan kontraksi, dan menjadikan pepaya sebagai buah yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Berdasarkan penelitian Adebowale Adebiyi, dkk dalam jurnal British Journal of Nutrition tahun 2002, mengonsumsi pepaya dengan kematangan normal mungkin tidak menimbulkan bahaya yang berarti.

Namun, mengonsumsi pepaya mentah atau setengah matang (yang mengandung lateks konsentrasi tinggi sehingga menghasilkan kontraksi uterus) bisa jadi tidak aman untuk kehamilan.

Selain lateks, pepaya juga mengandung papain yang dapat menyebabkan induksi persalinan.

Induksi persalinan adalah proses stimulasi untuk merangsang kontraksi rahim sebelum kontraksi alami terjadi dan ditujukan untuk mempercepat proses kelahiran. Efek samping di beberapa kasus lainnya adalah lateks dan papain juga dapat menyebabkan alergi.

7. Kurma, Berat Badan Bisa Naik

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil kurma.jpg

Foto: freepik.com

Kurma memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil, seperti mengatasi sembelit, memberikan energi bagi Moms, menyehatkan tulang dan gigi janin, dan menurunkan risiko bayi lahir cacat.

Namun, mengonsumsi buah kurma secara berlebihan dapat menjadi buah yang tidak boleh untuk ibu hamil, karenanya sebaiknya tidak dilakukan ya, Moms.

Konsumsi kurma berlebih berisiko mengalami kenaikan berat badan di atas rata-rata, gula darah tinggi, dan diabetes gestasional karena kurma memiliki kandungan gula yang sangat tinggi.

Baca Juga: Resep Air Nabeez, Air Kurma untuk Memperlancar ASI

8. Melon, Risiko Prematur Hingga Cacat Janin

Tak perlu khawatir, Moms, sebab tidak semua jenis melon dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil. Melon yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil adalah melon jenis cantaloupe dan melon merah.

Buah melon jenis ini dapat menyebabkan kelahiran prematur hingga cacat karena kulit luarnya bisa saja tercemar bakteri.

Salah satu bakterinya adalah bakteri salmonella yang dapat membuat ibu hamil terancam terkena virus TORCH atau Toxoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV).

Journal of Ethnic Foods oleh Rian Diana, dkk tahun 2009 menyebutkan ada alasan kesehatan dan sosial budaya yang menyebabkan ibu hamil menolak makanan tertentu.

Sebagian besar ibu hamil patuh dan menghindari makanan yang dianggap tabu, baik mereka tahu alasannya atau tidak karena dikhawatirkan dapat memengaruhi kesehatan diri sendiri dan bayi.

Virus TORCH ini tidak berbahaya bagi tubuh normal tetapi sangat berbahaya bagi ibu hamil. Karena itu, untuk menghindari melon sebagai buah yang tidak boleh untuk ibu hamil, perhatikan jenis buahnya, ya.

9. Nangka, Membuat Perut Terasa Panas

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil nangka.jpg

Foto: freepik.com

Meski harumnya sangat menggugah, buah nangka sebaiknya tidak dikonsumsi saat Moms sedang hamil. Memang, buah nangka memiliki banyak sekali kandungan senyawa yang bermanfaat.

Menurut studi fitokimia dalam Jurnal Food Research International tahun 2011 oleh Manjeshwar Shrinath, dkk dalam buah nangka terdapat flavonoid, sterol, dan prenilflavon yang mungkin bertanggung jawab atas berbagai sifat farmakologis.

Selain itu, nangka menjadi buah yang tidak boleh untuk ibu hamil karena mengandung senyawa yang bisa membuat perut terasa panas.

Rasa panas ini timbul karena lambung yang iritasi akibat produksi asam lambung yang meningkat karena buah nangka mengandung serat tinggi sehingga membuat perut (organ lambung) bekerja lebih berat dalam menghasilkan asam lambung untuk mencernanya.

Ditambah lagi, nangka juga tidak boleh dikonsumsi jika ibu hamil penderita maag dan diabetes. Maka nangka masuk ke dalam buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

10. Mangga Matang, Kandungan Gulanya Tinggi

Sama dengan buah durian, mangga matang juga termasuk dalam buah yang tidak boleh untuk ibu hamil karena mengandung gula yang tinggi. Kandungan gula yang tinggi ini berisiko terhadap ibu hamil dan janinnya terutama jika ibu hamil penderita diabetes.

Sedangkan bagi janinnya ditakutkan mengalami kelebihan berat badan yang akhirnya menyulitkan proses persalinan.

Baca Juga: 8 Jenis Mangga di Indonesia yang Enak dan Nikmat

11. Kelapa, Mengganggu Stabilitas Cairan Ketuban

Buah yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil kelapa.jpg

Foto: freepik.com

Sebenarnya air kelapa sangat bermanfaat bagi ibu hamil seperti memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi saluran kencing, melancarkan sirkulasi darah, dan mengatasi konstipasi. Namun ternyata air kelapa masuk ke dalam daftar buah yang tidak boleh untuk ibu hamil, lho!

Meminum air kelapa juga dapat mengurangi kelelahan.

Tetapi, kelapa juga rupanya memiliki efek buruk seperti menyebabkan alergi di beberapa kasus ibu hamil, meningkatkan reaksi alergi bagi tubuh, memicu diare, meningkatkan kadar gula, menurunkan kualitas air ketuban karena mengganggu keseimbangan cairan elektrolit sehingga air ketuban tidak sehat.

Apabila cairan ketuban terganggu kualitasnya, tentu akan sangat membahayakan kesehatan janin, terlabih jika Moms melakukan persalinan caesar.

12. Buah Persik

buah persih adalah buah yang tidak boleh untuk ibu hamil.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Buah yang tidak boleh untuk ibu hamil lainnya yakni buah persik.

Tahukah Moms? Buah persik dianggap buah yang panas. Mengonsumsi buah persik dalam jumlah banyak dapat menghasilkan panas dalam tubuh yang dapat menyebabkan perdarahan internal bahkan keguguran.

Jika Moms mengidam buah persik, bisa memakannya dalam jumlah sedang tetapi tanpa kulitnya karena folikel kecil di kulitnya dapat menyebabkan iritasi di tenggorokan.

Hal ini memicu peradangan tenggorokan hingga membuat Moms kesulitan untuk menelan akibat infeksi buah persik.

Bahkan ada sebagian orang yang alergi terhadap buah persik. Jadi coba cek terlebih dahulu apakah Moms alergi atau tidak, ya.

13. Jus yang Diperas Ulang

5 Buah yang Tidak Boleh untuk Ibu Hamil - Jus Buah.jpg

Foto: Orami Photo Stocks

Jus instan atau jus yang diperas ulang sebaiknya dihindari selama kehamilan. Ini termasuk dalam buah yang tidak boleh untuk ibu hamil.

Menurut American Pregnancy Association, wanita hamil harus memilih jus yang dipasteurisasi. Jus perasan segar di restoran, bar jus, atau kios buah tidak boleh dipasteurisasi ulang untuk melindungi dari bakteri berbahaya, termasuk salmonella dan E. coli.

Beberapa toko juga menjual jus mentah yang tidak dipasteurisasi dalam wadah berpendingin. Carilah jus buah yang sehat untuk mendapat nutrisi yang cukup.

Jus buah dalam kotak dan botol di supermarket dengan kandungan jelas boleh menjadi ide untuk Moms.

Baca Juga: 9 Manfaat Daun Pepaya Jepang

Selain buah yang tidak boleh untuk ibu hamil, segala jenis kecambah mentah termasuk kacang hijau, dan lobak juga sebaiknya dihindari selama kehamilan.

Buah atau sayuran mentah yang belum dicuci juga masuk ke dalam daftar buah yang tidak boleh untuk ibu hamil. Cuci semua buah dan sayuran sebelum memakannya untuk menghindari sisa pestisida atau bakteri pada kulit buah.

Produk herbal yang mengandung buah-buahan dalam bentuk pil, atau terbuat dari jamu juga hindari ya Moms.

Jamu-jamuan tersebut dengan kandungan yang tidak jelas belum tentu aman untuk dikonsumsi selama kehamilan.

Nah, Moms, itulah beberapa jenis buah yang tidak boleh untuk ibu hamil. Sebenarnya, jenis buah dan sayur apapun baik untuk ibu hamil, asalkan dikonsumsi dengan porsi yang wajar dan tidak berlebihan.

Apabila Moms masih merasa kurang yakin, Moms bisa konsultasikan dengan dokter kandungan, ya.

Produk Rekomendasi

Komentar

Yuk, ngobrol dan sharing pendapat dengan moms lainnya.

member-image

Beri Komentar...

Artikel Terkait